Topic outline

  • Kuliah Elektronika Daya

    Elektronika Daya Merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro, D3 Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Mekatronika. Pokok bahasan lebih menekankan pada penggunaan rangkaian elektronika untuk pengendalian peralatan listrik yang berdaya besar. Lingkup materi meliputi penggunaan komponen-komponen elektronika, pembahasan materi penyearah daya, penyearah terkendali, AC Regulator, DC Chopper, Rangkaian Inverter dan aplikasinya. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami materi sebagai bekal untuk mata kuliah praktik dan bekerja di dunia usaha/industri.

    • Pengantar Elektronika Daya

      Elektronika Daya merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari dan membahas aplikasi elektronika yang berkaitan dengan peralatan listrik yang berdaya  cukup besar. Berbagai peralatan dan aplikasi nyata di industri yang menggunakan sumber listrik dengan kapasitas daya yang besar seperti motor listrik, pemanas, pendingin, fun, kompresor, pompa, konveyor dan aplikasi-aplikasi lainnya. Elektronika daya mulai populer setelah berbagai pengaturan secara konvensional kurang dapat memenuhi kebutuhan industri. Pengaturan berbagai aplikasi di industri secara konvensional tidak efektif dan menimbulkan rugi-rugi yang cukup besar sehingga diperlukan mekanisme pengaturan yang lebih baik. Salah satu pilihan adalah dengan menggunakan perangkat elektronika.

      Download Materi Lengkap

      • SAKLAR ELEKTRONIK

        Komponen yang banyak digunakan dalam aplikasi elektronika daya pada umumnya sama dengan aplikasi elektronika biasa. Perbedaan utama adalah pada kapasitas dayanya saja yaitu arus, tegangan dan daya yang digunakan. Komponen semikonduktor yang biasa digunakan pada aplikasi elektronika daya terdiri dari Dioda Power, Transistor Daya, SCR (Silicon Control Rectifier) atau dikenal dengan nama Thyristor, Diac dan Triac. Ada juga beberapa komponen semikonduktor yang didesain untuk keperluan khusus diantaranya yaitu GTO (Gate turn off switch), IGBT (Insulated Gate Bipolar Junction Transistor), SUS (Silicon Unilateral Switch), SCS (Silicon Controlled Switch), SBS (Silicon Biilateral Switch), LASCR (Light Activated SCR), LASCS (Light Activated SCS), PUT (Programmable Unijunction Transistor),  RCT (Reverse Conducting Thyristor) dan komponen-komponen lainnya.

        Download Materi Lengkap

        • PENYEARAH DAYA DAN APLIKASINYA

          Salah satu rangkaian terpenting dalam aplikasi elektronika daya adalah penyearah daya. Rangkaian ini banyak digunakan sebagai catu daya atau power suplly untuk berbagai peralatan listrik baik di rumah tangga maupun di industri. Peralatan-peralatan listrik pada umumnya didesain menggunakan catu daya DC, sementara sumber yang tersedia adalah listrik AC, sehingga diperlukan rangkaian catu daya. Contoh peralatan listrik yang membutuhkan catu daya DC adalah Televisi, komputer, Laptop, Handphone, Printer, Lampu LED, peralatan komunikasi HT, peralatan kontrol industri berbasis PLC, mikrokontroler, Forklift dan lain sebagainya.

          Download Materi Lengkap

          • RANGKAIAN PEMICU DAN KOMUTASI SCR

            Rangkaian elektronika daya terdiri dari komponen-komponen elektronika baik pasif maupun aktif seperti yang telah dijelaskan pada bab 2. Komponen pasif terdiri dari resistor (R), induktor (L) dan kapasitor, sedangkan komponen aktif terdiri dari dioda, transistor, MOSFET, SCR, Diac, Triac, IGBT dan komponen semikonduktor lainnya. Pada aplikasi rangkaian elektronika daya, komponen semikonduktor lebih banyak difungsikan sebagai saklar elektronik. Sebagai sakelar elektronis, komponen semikonduktor tidak dapat ON/OFF secara langsung, melainkan membutuhkan rangkaian dari luar yang menghasilkan sinyal untuk memicu agar komponen semikonduktor dapat bekerja.  Untuk itu diperlukan rangkaian penyulut (triggering circuits) untuk mengaktifkan komponen semikonduktor

            Donwload Materi Rangkaian Penyulutan

            Download Materi Rangkaian Komutasi

            • PENYEARAH TERKENDALI DAN APLIKASINYA

              Pada bab 3 telah dibahas rangkaian penyearah daya, dan pada bab 5 ini akan dibahas rangkaian penyearah terkendali. Kedua rangkaian ini mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengubah listrik AC menjadi listrik DC. Perbedaan utama antara rangkaian penyearah daya dan penyearah terkendali yaitu pada komponen yang diunakan, jika rangkaian penyearah daya menggunakan Dioda, rangkaian penyearah terkendali menggunakan SCR. Dari sisi tegangan output yang dihasilkan, rangkaian penyearah daya menghasilkan tegangan DC tetap, sedangkan rangkaian penyearah terkendali mampu menghasilkan tegangan DC yang dapat diatur. Kemampuan pengendalian tegangan output yang dapat diatur sesuai dengan yang diinginkan, sedangkan pada rangkaian penyearah daya keluarannya tetap.

              Download Materi Lengkap

              • RANGKAIAN AC REGULATOR DAN APLIKASINYA

                AC Regulator merupakan rangkaian elektronika daya yang berfungsi untuk mengubah sumber listrik AC menjadi listrik AC dengan tegangan dan frekuensi yang berbeda. Pengubahan listrik AC menjadi AC dengan tegangan dan frekuensi yang berbeda digunakan untuk mengatur aplikasi peralatan listrik. Contoh aplikasi dari rangkaian ini yaitu Automatic Voltage Regulator (AVR) di generator, rangkaian peredup lampu (dimmer), stabiliser tegangan pada peralatan elektronik, dan Variabel Speed Drive (VSD) pada peralatan kontrol kecepatan motor di industri.

                Download Materi Lengkap

                • RANGKAIAN DC CHOPPER DAN APLIKASINYA

                  DC Chopper merupakan rangkaian elektronika daya yang berfungsi untuk mengubah sumber listrik DC menjadi listrik DC dengan tegangan yang dapat diatur. Pengubahan dan pengaturan tegangan listrik DC menjadi listrik DC sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan rangkaian pembagi tegangan secara konvensional.  Pengaturan atau pengubahan listrik DC menjadi DC dengan cara konvensional mempunyai kelemahan yaitu masalah efisiensi dan panas yang dihasilkan.

                  Download Materi DC Chopper

                • RANGKAIAN INVERTER DAN APLIKASINYA

                  Inverter adalah rangkaian elektronika daya yang berfungsi untuk mengubah listrik DC menjadi listrik AC baik satu maupun tiga fasa dengan tegangan dan frekuensi yang dapat diatur. Peralatan ini banyak dipakai baik di rumah tangga maupun industri untuk konversi energi istrik dari DC ke AC. peralatan inverter sangat berguna bagi peralatan-peralatan yang membutuhkan catu daya listrik AC tetapi sumber daya yang ada listrik DC.

                  Download Materi Rangkaian Inverter

                  • SIMULASI RANGKAIAN ELEKTRONIKA DAYA DENGAN SOFTWARE PSIM

                    Peralatan elektronika daya mempunyai karakteristik arus dan tegangan yang mengalir pada rangkaian cukup besar. Hal ini mempunyai potensi terjadinya kerusakan pada peralatan. Untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam mendesain, mengoperasikan dan menggunakan peralatan elektronika daya. Salah satu hal yang dilakukan oleh desainer maupun ahli bidang teknik elektronika adalah dengan melakukan simulai menggunakan bantuan software komputer.

                    Download Materi Simulasi Rangkaian Elektronika Daya Dengan Software PSIM