Topic outline
PENGERTIAN SINTAKSIS DAN PENDEKATAN DESKRIPTIF
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang hakikat sintaksis dan pendekatan deskriptif. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang hakikat sintaksis dan pendekatan deskriptif berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan google meet/Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
2. Mahasiswa mampu menyimpulkan hakikat sintaksis dan pendekatan deskriptif
2.1 Menyimpulkan tentang hakikat sintaksis
2.2 Menerapkan satuan pendekatan deskriptif.
- Catatan, Silahkan Masukkan Link Web meeting di External URL (aktifkan mode, Ubah pengaturan, masukkan link)
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang hakikat sintaksis dan pendekatan deskriptif. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
HUBUNGAN SINTAKSIS DENGAN BIDANG MORFOLOGI, SEMANTIK, DAN PRAGMATIK
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang hubungan sintaksis dengan bidang morfologi, semantik, dan pragmatik. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang hubungan sintaksis dengan bidang morfologi, semantik, dan pragmatik berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
3. Mampu menentukan hubugan Sintaksis dengan morfologi, Semantik dan Pragmatik
3.1. Menentukan hubungan sintaksis dengan bidang morfologi
3.2. Menentukan hubungan sintaksis dengan semantik
3.3. Menentukan hubungan sintaksis dengan bidang pragmatic
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang hubungan sintaksis dengan bidang morfologi, semantik, dan pragmatik. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
FUNGSI, KATEGORI, DAN PERAN SINTAKSIS
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang fungsi, kategori, dan peran sintaksis. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang fungsi, kategori, dan peran sintaksis berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp, google meet dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube , video pembelajaran sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
4. Mampu menganalisis fungsi, kategori, dan peran sintaksis
Menelaah analisis fungsi, kategori, dan peran sintaksis
Membedakan fungsi, kategori, dan peran sintaksis
Setelah membaca uraian materi, silahkan simak presentasi berikut
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang fungsi, kategori, dan peran sintaksis. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
FRASA ENDOSENTRIS DAN EKSOSENTRIS
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang frasa endosentris dan eksosentris. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang frasa endosentris dan eksosentris berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube dan vido pembelajaran sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
5. Mampu membedakan frasa eksosentris dan frasa endosentris
Menjelaskan frasa eksosentris
Menjelaskan frasa endosentris
Membedakan frase endosentris dan Frase eksosentris
Menurut Tarigan (2009: 96) klasifikasi frasa berdasarkan tipe strukturnya dibedakan menjadi dua yaitu: frasa endosentrik dan frasa eksosentrik. Berdasarkan distribusi unsur-unsurnya dalam kalimat, frasa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu frasa endosentrik dan frasa endosentrik (Sukini, 2010: 21). Secara umum frasa dibedakan menjadi dua macam frasa. Ada frasa endosentris dan ada frasa eksosentris (Parera, 2009: 55).
Presentasi Materi
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang frasa eksosentris dan frasa endosentris. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
POLA FRASA DAN POLA PEMBENTUKAN FRASA
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang pola frasa dan pola pembentukan frasa. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang pola frasa dan pola pembentukan frasa berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
6. Mampu menguraikan pola frasa dan pola pembentukan frasa
Menjelaskan pola frasa
Menjelaskan pola pembentukan frasa
Menelaah pola frase
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang pola frasa dan pola pembentukan frasa. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
HAKIKAT KLAUSA DAN JENIS KLAUSA
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang hakikat klausa dan jenis klausa. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang hakikat klausa dan jenis klausa berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indik ator Pencapaian Pembelajaran
7. Mampu menemukan hakikat klausa dan jenis-jenis klausa
Mengidentifikasi hakikat klausa
Membedakan jenis-jenis klausa
Video Pembelajaran
Presentasi Materi
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang hakikat klausa dan jenis klausa. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
POLA KLAUSA
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang pola klausa. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang pola klausa berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
9. Mampu menguraikan pola klausa
Menjelaskan pola klausa
Menjelaskan klausa verba intransitif
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang pola klausa. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
HAKIKAT KALIMAT DAN SATUAN KALIMAT
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang hakikat kalimat dan satuan kalimat. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang hakikat kalimat dan satuan kalimat berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
10. Menemukan hakikat kalimat Menganalisis hubungan fungsi dalam kalimat
Menemukan hakikat kalimat
Menganalisis hubungan fungsi dalam kalimat
Presentasi Materi
Video Pembelajaran
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang hakikat kalimat dan satuan kalimat. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
KALIMAT DEKLARATIF, INTEROGATIF, IMPERATIF, DAN INTERJEKTIF
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan interjektif. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan interjektif berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
13. Mampu menyusun kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan interjektif
13.1 Menyusun kalimat deklaratif
13.2 Menyusun kalimat interogatif
13.3 Menyusun kalimat imperatif
13.4 Menyusun kalimat interjektif
Video Pembelajaran
Materi Presentasi
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan interjektif. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!
POLA STRUKTUR KALIMAT
Deskripsi
Bab ini menyajikan materi tentang pola struktur kalimat. Tahapan inti dalam bab ini meliputi uraian materi, rangkuman, dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).
Relevansi
Penyajian materi tentang pola struktur kalimat berbasis daring dengan memadukan aplikasi WhatsApp dan Zoom sebagai media pembelajaran dan YouTube sebagai sumber pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
Indikator Pencapaian Pembelajaran
14. Mahasiswa dapat mengetahui pola struktur kalimat mulai dari pengertian, unsur-unsur kalimat, dan bagian-bagian dalam kalimat.
Menjelaskan pengertian kalimat
Menjelaskan unsur-unsur kalimat
Mengetahui ciri-ciri bagian-bagian dalam kalimat
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penguasaan materi tentang kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, dan interjektif. Kerjakanlah latihan berikut menggunakan kata-kata sendiri dengan mengacu pada sumber materi dan hasil perkuliahan!