Topic outline

  • TINJAUAN MATA KULIAH [ MATA KULIAH PILIHAN: BOARD GAME/ GDH3P3]

    1.  IDENTITAS MATA KULIAH

        Nama Mata Kuliah: Mata Kuliah Pilihan :Board Game
        Kode Mata Kuliah: GDH3P3
        Dosen Pengampu/ Pengajar: Dimas Krisna Aditya, S.IP., M.Sn.
        Jumlah SKS: 3 SKS
        

    2.  DESKRIPSI PROFIL MATA KULIAH BOARD GAME
    Mata kuliah ini berisi pengetahuan, perencanaan dan perancangan media permainan papan/ boardgame. Dengan menganalisa budaya lokal (kearifan lokal) indonesia sebagai konten dan pesan dalam permainan board game yang akan di rancang, diharapkan mata kuliah ini mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam menciptakan media baru.

    3. RELEVANSI MATA KULIAH
    Board game merupakan bentuk permainan yang cukup unik, ia bisa hadir sebagai permaianan yang sederhana dan juga bisa sangat kompleks. Permainan model board game bahkan sudah sejak zaman mesir Kuno. Board game sendiri merupakan bentuk komunikasi visual yang memiliki fungsi dan sistem yang kompleks. Merancang sebuah board game berarti tidak merancang suatu bentuk media komunikasi visual secara estetis, namun ia melibatkan sistem dan mekanis tertentu. Board game sendiri berfungsi tidak hanya sebagai alat bermain, namun juga bisa bersifat edutainment, mendidik sekaligus menghibur. Dalam media komunikasi visual dikaitkan dengan peminatan yang ada pada Desain  Komunikasi Visual,              

    Board Game bisa tampil secara digital, bisa digunakan sebagai adver game, untuk mempromosikan produk atau jasa, serta bisa digunakan sebagai permainan simulasi manajemen dan bisnis. Keberadaan board game sendiri kini juga terkait dengan mulaimunculnya kompetisi T-Sport (Tabletop Sport) yang menjadi alternatif baru bagi cabang ketangkasan otak.

    4. KAITAN DENGAN MATA KULIAH LAINNYA

    Mata kuliah Board Game ini merupakan mata kuliah pilihan  peminatan yang bertujuan untuk memberikan pengayaan atau penambahan wawasan bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual tentang bagaimana mengaplikasikan beberapa komponen desain dalam membuat sebuah media permainan. Board Game sendiri dipelajari pada peminatan Desain Grafis sebagai bagian dari mata kuliah Desain Grafis 4: Etno Identity, sehingga tidak terlalu terkait dengan mata kuliah lainnya.

    5.  CAPAIAN MATA KULIAH

    • Mahasiswa menjelaskan tentang tujuan mempelajari boardgame sebagai sebuah desain sistem dan permainan simulasi
    • Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah boargame dan menjelaskan genre-genre board game yang ada
    • Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek serta unsur-unsur yang terdapat pada boardgame secara konseptual dan visual
    • Mahasiswa mampu mengadaptasi dan mengembangkan sendiri konsep board game-nya sendiri  dengan mengamati board game yang ada
    • Mahasiswa mampu membuat dan mengembangkan konsep boardgame secara mandiri
    • Mahasiswa mampu mennyelesaikan perencanaan dan perancangan boardgame sesuai dengan konsep awal
    • Mahasiswa bisa mengaplikasikan hasil perancangan dan perencanaan board game ke dalam peminatannya
    • Mahasiswa mampu merancang  board game

    Bagan berikut ini adalah capaian pembelajaran program studi terkait mata kuliah pilihan board game:



    6. PETA MATERI / POKOK BAHASAN



    7. RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING


    8. SASARAN MUTU PERKULIAHAN

    •Kelulusan dengan nilai A, AB, B, BC, dan C  tinggi (min. 85%)
    •Kesesuaian materi kuliah dengan RPS (min. 90%)
    •Kehadiran mahasiswa dalam pengajaran (min 75%)

    9. PENUGASAN / PROYEK

    • proyek board game yang reliable & playable
    • Proyek membutuhkan 3-4 orang dalam satu kelompok kecil
    • Tema game bebas, disesuaikan dengan Visi dan Misi Prodi à usahakan memuat kearifan lokal
    • Boleh mengadaptasi board game yang sudah ada [ATM= Amati, Tiru, Modifikasi]

      Contoh karya mahasiswa:

    • Board Game Karya Mahasiswa Tahun 2017

    10. EVALUAS PEMBELAJARAN

    Evaluasi hasil belajar mahasiswa merupakan gabungan dari 2 (dua) macam penilaian yaitu:


    1. Ujian Tengah Semester (UTS) : 15%
    2. Nilai tugas UAS 10%
    3. Nilai Tugas : 75 % (RATA-RATA NILAI TUGAS 1-3


    Komponen Penilaian Mata Kuliah Board Game

    TUGAS 1:

    PRESENTASI KONSEP GAME

    TUGAS UTS:

    PRESENTASI MIND MAPPING GAME

    TUGAS 2:

    PRESENTASI PROTOTYPE DAN ATURAN PERMAINAN

    TUGAS 3:

    HASIL PRODUKSI FINAL

    TUGAS UAS:

    LAPORAN PROYEK

    15%15%40%20%10%


    11. BEST PRACTICE/ TIPS & TRICKS MEMPELAJARI MATA KULIAH PILIHAN BOARD GAME



    12. DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH

    Berikut ini adalah identitas dari dosen pengampu mata kuliah:
    Nama:                                       Dimas Krisna Aditya, SIP., M.Sn.
    Kelompok Kealhlian:            Grafis dan Media Kreatif
    Bidang pengajaran:              Ilustrasi Dasar, Ilustrasi Lanjut, Desain Grafis 4: Etno Identity, MK Pilihan Komik, MK Pilihan Board Game, 

  • 1. DEFINISI DAN SEJARAH BOARD GAME

    Kemampuan Yang Dicapai

    Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah board game dan menjelaskan genre-genre board games yang ada

    Garis Besar Perkuliahan

    • Penjelasan SAP matakuliah, sistem evaluasi dan bobot penilaian serta aturan main perkuliahan.
    • Pembentukan kelompok, capaian akhir pembelajaran, dan apa yang akan dicapai mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan
    • Mahasiswa mengamati contoh permainan boardgame sebagai pengenalan ruang lingkup proyek tugas yang akan mereka kerjakan

  • 2. BOARD GAME SEBAGAI SEBUAH SISTEM DAN SIMULASI

    Kemampuan Yang Dicapai

    Mahasiswa mempelajari board game sebagai sebuah desain sistem yang kompleks, sehingga mahasiswa memahami bahwa mendesain sebuah board game sama dengan menciptakan sebuah sistem sederhana.

    Garis Besar Perkuliahan

    1. Mahasiswa mengamati contoh permainan boardgame sebagai pengenalan ruang lingkup proyek tugas yang akan mereka kerjakan.
    2. Mahasiswa mengenenali sistem yang ada pada pada board game secara komprehensif dengan cara membedah permainan board game yang paling populer di dunia yaitu monopoli

  • 3. KLASIFIKASI BOARD GAME

    Kemampuan Yang Dicapai

    Mahasiswa mampu membedakan jenis dan genre board game, table top game, card game dan genre permainan lain yang termasuk di dalamnya. Hal ini diperlukan untuk mengetahui genre apa yang akan dibuat pada proyek akhir pembuatan board game


    Garis Besar Perkuliahan

    Dalam perkuliahan ini mahasiswa diajak untuk melihat berbagai macam genre yang ada pada board game secara umum, sehingga ketika masuk pada perancangan board game, mahasiswa mengetahui genre yang akan dikembangkannya


  • 4. ELEMEN-ELEMEN DASAR DALAM PEMBUATAN BOARD GAME

    Kemampuan Yang Dicapai

    • Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa elemen-elemen dasar yang terdapat pada perancangan board game sama dengan elemen-elemen dasar yang pada perancangan game secara umum seperti: elemen estetis, elemen narasi / story, elemen mekanik dan teknologi yang digunakan
    • Mahasiswa mulai membuat proposal perancangan board game

    Garis Besar Perkuliahan

    • Mengenal Empat elemen dasar pada perancangan board Game
    • Pengaplikasian elemen-elemen dasar tersebut pada perancangan
    • Pembuatan proposal perancangan board game




  • 5. ASPEK-ASPEK DASAR YANG ADA DALAM PERANCANGAN BOARD GAME

    Kemampuan yang akan dicapai

    Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa aspek-aspek yang ada pada board game seperti: Aturan permainan, sistem gameplay, Reward & Punishment, Goal dari permainan, konsep serta aset2 visual yang ada dalam sebuah board game

    Garis Besar Perkuliahan

    Melalui praktek sederhana, mahasiswa diajak untuk memahami tentang perancangan board game, memahami tiap aspek-aspek yang dibutuhkan dalam sebuah purwa rupa board game. Nantinya game sederhana yang dibuat pada penugasan akan dikembangkan menjadi purwa rupa board game yang lebih kompleks

  • 6. ELEMEN YANG TERDAPAT PADA BOARD GAME I : ELEMEN FORMAL

    Kemampuan Yang Akan Dicapai

    Mahasiswa mampu membuat konsep board game mereka sendiri dengan mengadaptasi board game yang sudah ada dengan mempelajari elemen-elemen formal yang terdapat pada board game terkenal.


    Garis Besar Perkuliahan

    Mahasiswa akan mempelajari bahwa elemen-elemen formal ini merupakan faktor penting dan menentukan bentuk dan genre board game yang akan mereka kembangkan pada proyek akhir semester mereka.


    Preview Materi :

    Di dalam Board Game terdapat beberapa elemen formal  yaitu:
    • Player (Pemain)
    • Objective (Tujuan Permainan)
    • Procedures
    • Rules
    • Resources
    • Conflict
    • Boundaries
    • Outcomes

  • 7. ELEMEN YANG TERDAPAT PADA BOARD GAME II : ELEMEN DRAMATIS

    Kemampuan Yang Akan Dicapai

    Mahasiswa mampu membuat konsep board game mereka sendiri dengan mengadaptasi board game yang sudah ada dengan mempelajari elemen-elemen dramatis yang terdapat pada board game terkenal.


    Garis Besar Perkuliahan

    Mahasiswa akan mempelajari bahwa elemen-elemen formal ini merupakan faktor penting yang memberikan aspek pengalaman (experience) pada perancangan board game yang akan mereka kembangkan pada proyek akhir semester mereka.


    Preview Materi

    Dramatic elements, memberikan konteks pada gameplay, ia meletakkan dan mengintegrasikan elemen formal ke dalam sistem. Dramatic elements membangun pengalaman dan emosi pemain dalam sebuah game.

    Dramatic elements terdiri dari:

    •Challenge (tantangan)
    •Play
    •Premis
    •Characters
    •Story
    •World Building
    •Dramatic Arc

  • 8. PEMBUATAN PURWARUPA BOARD GAME

    Kemampuan Yang Akan Dicapai

    Mahasiswa mampu merancang, membuat dan  mengembangkan purwarupa dari proyek board game mereka serta mengadakan pengujian purwarupa board game yang mereka kerjakan secara mandiri.

    Garis Besar Perkuliahan

    • Mahasiswa membuat perancangan purwarupa dari konsep boardgame yang mereka kerjakan.
    • Testplay, uji kelayakan permainan, apa masih ada bug atau kelemahan dalam uji purwarupa board game tersebut.
    • Perancangan proyek akhir boardgame tahap akhir

    Diagram Alur Perancangan dan Pembuatan Purwa Rupa Board Game


  • 9. PRAKTEK PEMBUATAN PURWA RUPA BOARD GAME

    Kemampuan Yang AKan Dicapai:

    Mahasiswa mampu merancang, membuat dan  mengembangkan purwarupa dari proyek board game mereka serta mengadakan pengujian purwarupa.


    Garis Besar Perkuliahan:

    • Pembuatan perancangan purwarupa dari konsep board game yang dikerjakan sebelumnya

    • Testplay, uji kelayakan permainan, apa masih ada bug atau kelemahan dalam uji purwarupa board game tersebut