TINJAUAN MATA KULIAH [ MATA KULIAH PILIHAN: BOARD GAME/ GDH3P3]
1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah: Mata Kuliah Pilihan :Board Game
Kode Mata Kuliah: GDH3P3
Dosen Pengampu/ Pengajar: Dimas Krisna Aditya, S.IP., M.Sn.
Jumlah SKS: 3 SKS
2. DESKRIPSI PROFIL MATA KULIAH BOARD GAME
Mata kuliah ini berisi pengetahuan, perencanaan dan perancangan media permainan papan/ boardgame. Dengan menganalisa budaya lokal (kearifan lokal) indonesia sebagai konten dan pesan dalam permainan board game yang akan di rancang, diharapkan mata kuliah ini mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam menciptakan media baru.
3. RELEVANSI MATA KULIAH
Board game merupakan bentuk permainan yang cukup unik, ia bisa hadir sebagai permaianan yang sederhana dan juga bisa sangat kompleks. Permainan model board game bahkan sudah sejak zaman mesir Kuno. Board game sendiri merupakan bentuk komunikasi visual yang memiliki fungsi dan sistem yang kompleks. Merancang sebuah board game berarti tidak merancang suatu bentuk media komunikasi visual secara estetis, namun ia melibatkan sistem dan mekanis tertentu. Board game sendiri berfungsi tidak hanya sebagai alat bermain, namun juga bisa bersifat edutainment, mendidik sekaligus menghibur. Dalam media komunikasi visual dikaitkan dengan peminatan yang ada pada Desain Komunikasi Visual,
Board Game bisa tampil secara digital, bisa digunakan sebagai adver game, untuk mempromosikan produk atau jasa, serta bisa digunakan sebagai permainan simulasi manajemen dan bisnis. Keberadaan board game sendiri kini juga terkait dengan mulaimunculnya kompetisi T-Sport (Tabletop Sport) yang menjadi alternatif baru bagi cabang ketangkasan otak.
4. KAITAN DENGAN MATA KULIAH LAINNYA
Mata kuliah Board Game ini merupakan mata kuliah pilihan peminatan yang bertujuan untuk memberikan pengayaan atau penambahan wawasan bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual tentang bagaimana mengaplikasikan beberapa komponen desain dalam membuat sebuah media permainan. Board Game sendiri dipelajari pada peminatan Desain Grafis sebagai bagian dari mata kuliah Desain Grafis 4: Etno Identity, sehingga tidak terlalu terkait dengan mata kuliah lainnya.
5. CAPAIAN MATA KULIAH
- Mahasiswa menjelaskan tentang tujuan mempelajari boardgame sebagai sebuah desain sistem dan permainan simulasi
- Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah boargame dan menjelaskan genre-genre board game yang ada
- Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek serta unsur-unsur yang terdapat pada boardgame secara konseptual dan visual
- Mahasiswa mampu mengadaptasi dan mengembangkan sendiri konsep board game-nya sendiri dengan mengamati board game yang ada
- Mahasiswa mampu membuat dan mengembangkan konsep boardgame secara mandiri
- Mahasiswa mampu mennyelesaikan perencanaan dan perancangan boardgame sesuai dengan konsep awal
- Mahasiswa bisa mengaplikasikan hasil perancangan dan perencanaan board game ke dalam peminatannya
- Mahasiswa mampu merancang board game
Bagan berikut ini adalah capaian pembelajaran program studi terkait mata kuliah pilihan board game:
6. PETA MATERI / POKOK BAHASAN
7. RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING
8. SASARAN MUTU PERKULIAHAN
9. PENUGASAN / PROYEK
- proyek board game yang reliable & playable
- Proyek membutuhkan 3-4 orang dalam satu kelompok kecil
- Tema game bebas, disesuaikan dengan Visi dan Misi Prodi à usahakan memuat kearifan lokal
- Boleh mengadaptasi board game yang sudah ada [ATM= Amati, Tiru, Modifikasi]
Contoh karya mahasiswa:
10. EVALUAS PEMBELAJARAN
Evaluasi hasil belajar mahasiswa merupakan gabungan dari 2 (dua) macam penilaian yaitu:
- Ujian Tengah Semester (UTS) : 15%
- Nilai tugas UAS 10%
- Nilai Tugas : 75 % (RATA-RATA NILAI TUGAS 1-3
TUGAS 1: PRESENTASI KONSEP GAME | TUGAS UTS: PRESENTASI MIND MAPPING GAME | TUGAS 2: PRESENTASI PROTOTYPE DAN ATURAN PERMAINAN | TUGAS 3: HASIL PRODUKSI FINAL | TUGAS UAS: LAPORAN PROYEK |
---|---|---|---|---|
15% | 15% | 40% | 20% | 10% |
11. BEST PRACTICE/ TIPS & TRICKS MEMPELAJARI MATA KULIAH PILIHAN BOARD GAME
12. DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH
Berikut ini adalah identitas dari dosen pengampu mata kuliah:
Nama: Dimas Krisna Aditya, SIP., M.Sn.
Kelompok Kealhlian: Grafis dan Media Kreatif
Bidang pengajaran: Ilustrasi Dasar, Ilustrasi Lanjut, Desain Grafis 4: Etno Identity, MK Pilihan Komik, MK Pilihan Board Game,
Bell, R.C. 1983. Snake and Ladders the Board Game Book. Exeler Books
Bornet, Phillipe & Maya Burger. 2012. Religions in Play Games, Ritual and Virtual Worlds. Pano Verlaag, Zurich
Hjorth, Larrisa & Dean Chan. 2009. Gaming Cultures and Place in Asia-Pacific. Routledge.
Mc Guire, Morgan & Odest Chadwicke Jenkins. 2009. Creating Games Mechanics, Content, and Technology. A K Peters, Ltd.
Murray, H.J.S. 1913. A History of Chess. Oxford at the Clarendon Press
Pulsipher, Lewis. 2012. Game Design How to Create Video and Tabletop Games, Start to Finish. McFarland & Company, Inc., PublishersWebsite yang tepat untuk mempelajari tentang board game dan mengenal komunitas penggiat dan penggemar board game. Kita bisa mengunduh beberapa purwa rupa board game yang bisa kita cetak sendiri dan mainkan.
- Di sini kita akan bicara banyak seputar board game terlepas dari materi per pokok bahasan.