Ringkasan topik

  • Rancangan Umum Mata Kuliah Keperawatan Kesehatan Komunitas 2

    Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan dasar pada mahasiswa tentang proses asuhan keperawatan kesehatan komunitas, asuhan keperawatan kesehatan komunitas pada kelompok khusus di komunitas, asuhan keperawatan komunitas dengan masalah khusus, determinan sosial kesehatan, dan pelayanan kesehatan dan keperawatan di situasi khusus, institusional dan pelayanan kesehatan primer.

    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada Keperawatan Kesehatan Komunitas 2, mahasiswa diharapkan dapat menguasai prinsip dan teknik asuhan keperawatan kesehatan komunitas dan konsep dan prinsip manajemen asuhan keperawatan di tatanan pelayanan kesehatan primer di masyarakat .

    Setiap tatap muka pada perkuliahan ini akan tersusun ke dalam 4 komponen utama:

    1. 1. Pre-test
    2. 2. Materi Perkuliahan
    3. 3. Forum
    4. 4. Post-test

    Setiap mahasiswa hanya akan dapat mengikuti topik perkuliahan di tatap muka selanjutnya jika telah dinyatakan lulus post-test pada topik minggu yang sedang diikuti. Adapun nilai minimal kelulusan pada post-test adalah 70%. Setiap mahasiswa yang dinyatakan lulus, diperbolehkan mengikuti forum diskusi yang diasuh oleh fasilitator topik. Namun, keikutsertaan forum diskusi bersifat  wajib bagi mahasiswa yang tidak mampu mencapai nilai kelulusan, sebelum mengulang Post-test.

    • Topik 1: Proses Asuhan Keperawatan Komunitas

      Pada akhir pertemuan ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu:

      1. 1. menganalisis proses asuhan keperawatan kesehatan komunitas
      2. 2. menetapkan prioritas pada asuhan keperawatan kesehatan komunitas

      • Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Pre-test Topik 1 ditandai selesai
      • Materi Proses Asuhan Keperawatan Halaman
        Terbatas Tidak tersedia kecuali: Aktivitas Pre-test Topik 1 ditandai selesai
    • Topik 2: Keperawatan dalam Bencana: Definisi, Kelompok Rentan, dan Peran Perawat dalam Siklus Bencana

      Terbatas Tidak tersedia kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1

      Pendahuluan

      Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2002, mendefinisikan bencana sebagai kerusakan serius pada fungsi komunitas atau sosial masyarakat yang menyebabkan kehilangan material, jiwa dan kemanusiaan, kerusakan lingkungan, dan gangguan stabilitas ekonomi yang melebihi kemampuan komunistas terdampak untuk mengatasi kondisi tersebut dengan sumber dayanya sendiri (Dar et al. 2014). McEntire et al. (2002) merekomendasikan bahwa pemahaman terhadap konteks bencana yang luas, mengharuskan penanganan terhadap bencana yang komprehensif (upaya mitigasi, kewaspadaan, penanganan saat bencana, dan fase pemulihan) tidak dapat dibebankan kepada salah satu pihak saja. Penanganan kebencanaan membutuhkan peran semua elemen baik profesional, masyarakat secara awam, bahkan pada tatanan elit sebagai penyusun kebijakan dan eksekutif sebagai pelaksana kebijakan.

      Dampak bencana terhadap kesehatan merupakan salah satu bagian integral fase bencana yang tidak dapat terpisahkan (Veenema 2012). Trauma, perlukaan, kematian, wabah, kerusakan akses ke fasilitas layanan kesehatan, keterbatasan sumber daya dan persediaan peralatan kesehatan adalah beberapa determinan dalam bencana yang dapat diminimalisir melalui manajemen bencana yang baik. Pada minggu ini, Anda akan mempelajari bagaimana peranan profesional keperawatan dalam setiap siklus bencana.

      Tujuan Pembelajaran

      Setelah menyelesaikan proses pembelajaran mandiri dalam minggu ini, Anda diharapkan mampu untuk:

      ·      Menunjukkan pemahaman terhadap dasar keperawatan bencana

      ·      Menunjukkan pemahaman terhadap kelompok rentan dalam situasi bencana

      ·      Menunjukkan pemahaman terhadap kelompok resilience community dalam siklus bencana

      ·      Mengeksplorasi peran perawat terhadap setiap siklus bencana

    • Topik 3: Asuhan Keperawatan Pada Kelompok Ibu dan Anak

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1

      Pada akhir pertemuan ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu:

      menyusun perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan pada kelompok khusus di komunitas: Ibu dan Anak

    • Topik 4: Asuhan Keperawatan pada Kelompok Anak Usia Sekolah

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3

      Pada akhir pertemuan ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu:

      Menyusun perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan pada kelompok khusus di komunitas: Anak Usia Sekolah

    • Topik 5: Asuhan Keperawatn Komunitas pada Kelompok Remaja

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4

      Pada akhir pertemuan ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu:

      menyusun perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan pada kelompok khusus di komunitas: Remaja



    • Topik 6: Asuhan Keperawatan pada Kelompok Lansia

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 5

      • Komposisi penduduk lansia di Dunia dan Indonesia semakin bertambah pesat karena penurunan mortalitas, serta peningkatan angka harapan hidup. Selain menunjukkan peningkatan kesejahteraan dan kesehatan secara umum, peningkatan populasi lansia perlu disikapi sebagai pertambahan populasi berisiko. Pada topik ini, kita akan membahas bagaimana proses asuhan keperawatan komunitas pada kelompok lansia.


    • Topik 7: Determinan Sosial Kesehatan

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 5
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6

      Determinan (faktor yang mempengaruhi) kesehatan individu, keluarga dan masyarakat sangat beragam dan kadang tidak dikenali sebagai penentu kesehatan oleh paradigma kesehatan yang ada. Beberapa faktor dapat dikonseptualisasikan dalam domain individu, (seperti faktor biomedis dan perilaku kesehatan) sementara yang lain berada dalam konteks sosial-ekonomi yang lebih luas. Dalam sudut pandang yang lebih luas, determinan perilaku dan faktor biomedis pada tingkat masyarakat menjadi elemen penting dalam pertimbangan penentuan kebijakan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

      Pemahaman perawat komunitas terhadap determinan kesehatan sangat penting. Pada minggu ini, anda akan mempelajari tentang determinan kesehatan dan bagaimana determinan sosial dapat mengubah derajat kesehatan pada individu, keluarga dan kelompok yang lebih besar.


    • Topik 8: Travel-Related Disease: Ekspansi Area Praktik Keperawatan

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 5
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6

      Pendahuluan

      Era Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015 telah membuka peluang selebar-lebarnya terhadap arus barang dan jasa secara internasional, masuk ke dan keluar dari Indonesia. Pada tahun 2020, peluang ini akan semakin terbuka dengan dimulainya era ASEAN Free Trade Area (AFTA). Di sisi lain juga membuka potensi yang juga berimplikasi pada kesehatan. Pada minggu ini, Anda akan mempelajari dampak globalisasi terhadap kesehatan dan area praktik keperawatan.

      Tujuan

      Setelah menyelesaikan proses pembelajaran mandiri pada minggu ini, Anda diharapkan mampu untuk:

      ·      Menjelaskan dampak globalisasi terhadap kesehatan

      ·      Mengidentifikasi area praktik kesehatan potensial bagi profesi keperawatan

    • Topik 9: Asuhan Keperawatan dengan pendekatan Transkultural

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post test topik 8

      Asuhan keperawatan transkultural didefinisikan sebagai ilmu dan kiat yang humanis, yang difokuskan pada perilaku individu atau kelompok, serta proses untuk mempertahankan/meningkatkan perilaku sehat atau perilaku sakit secara fisik dan psikokultural sesuai latar belakang budaya (Leininger, 1984). Pada topik ini, para mahasiswa akan mempelajari bagaimana asuhan keperawatan lintas budaya dapat diaplikasikan.

    • Topik 10: Asuhan Keperawatan pada Penyakit Kronis

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 5
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 9
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post test topik 8

      Penyakit kronis adalah  jenis penyakit degeneratif yang berkembang atau bertahan dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan. Banyak di antaranya menetap sampai dengan akhir kehidupan penderitanya. Pertemuan kali ini akan membahas hal ini lebih lanjut.

    • Topik 11: Asuhan Keperawatan pada Penyakit Tropis

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 1
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 5
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post test topik 8
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 9
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 10

      Hingga saat ini Indonesia masih juga mengalami double-burden dari penyakit tidak menular dan penyakit menular. Salah satu sub-bagian dari penyakit menular adalah penyakit tropis yang khas di negara-negara tropik seperti Indonesia. Tatap muka kali ini akan membahas bagaimana asuhan keperawatan komunitas diberikan kepada kelompok penderita penyakit tropis di Indonesia.

    • Topik 12: Kesehatan Lingkungan

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mendapatkan nilai pada Post-test Topik 11

      • Peningkatan jumlah penduduk dan industrialisasi menyebabkan dampak pencemaran pada lingkungan. Di Indonesia pengelolaan sampah menjadi masalah utama bagi kesehatan lingkungan. Data terakhir  Sustainable Waste Indonesia (SWI) menyebutkan sebanyak 24 persen sampah di Indonesia masih tidak terkelola, dari sekitar 65 juta ton sampah yang diproduksi di Indonesia tiap hari, sekitar 15 juta ton mengotori ekosistem dan lingkungan karena tidak ditangani. Sedangkan, 7 persen sampah didaur ulang dan 69 persen sampah berakhir di Tempat Pembuangan Akhir /TPA. Minggu ini kita akan membahas beberapa permasalahan yang berkaitan dengan masalah sampah dan kesehatan lingkungan secara umum


    • Topik 13: Pusat Kesehatan Masyarakat

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 3
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre-test Topik 4
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 5
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 6
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post test topik 8
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 9
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre-test topik 10
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test Topik 11
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 12

      Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Unit ini menjadi titik berat pelayanan kesehatan primer yang mendorong peningkatan peran serta dan kemandirian masyarat dalam mengatasi berbagai faktor risiko kesehatan. Karenanya, materi pada topik ini menjadi penting untuk diperhatikan mahasiswa keperawatan.

    • Topik 14: Pemberdayaan Masyarakat dalam Kesehatan

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 2
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 7
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post test topik 8
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test topik 10
      • Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Post-test Topik 11

      Perubahan sudut pandang saat ini menyebabkan kesehatan saat ini dipandang sebagai asset, bagian integral dari ketahanan masyarakat sekaligus sebagai tanggung jawab pribadi. Hal ini berimbas pada status kesehatan menjadi luaran utama kuatnya determinan sosial kesehatan pada tingkatan masyarakat.

    • FINAL TEST

      Terbatas Tidak tersedia kecuali:
      • Aktivitas Post-test topik 14 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 2 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 3 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 4 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 5 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 6 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 7 ditandai selesai
      • Aktivitas Post test topik 8 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 9 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 10 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test Topik 11 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 12 ditandai selesai
      • Aktivitas Post-test topik 13 ditandai selesai
      Mahasiswa  peserta mata kuliah daring Keperawatan Komunitas 2 dinyatakan lulus dan berhak atas sertifikat kelulusan jika berhasil mengerjakan aktifitas final test dan mendapatkan nilai >70%