Weekly outline

  • KEWARGANEGARAAN

    SALAM PEMBUKA

    Assalamualaikum,

    Assalamualaikum para mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas daring saya dengan Mata Kuliah Kewarganegaraan. Mata kuliah ini dapat diikuti oleh saudara-saudara semuanya dengan beban SKS sejumlah 2 SKS. Jangan ragu jika ada yang perlu didiskusikan lebih lanjut langsung bisa kontak saya pada profil diatas. Selamat mengikuti dan sukses selalu...

    DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

    Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami arti penting pendidikan kewarganegaraan sebagai media pembentukan kepribadian bangsa yang mengedepankan nilai-nilai demokratis 

    MATERI POKOK

    Pentingnya pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi

    Hak Asasi Manusia (HAM)

    Pendidikan kewarganegaraan dan cita-cita menuju masyarakat madani

    Demokrasi

    Transformasi Nilai Demokrasi dalam Keluarga dan Masyarakat

    Pemerintahan yang Baik (Good Governance) PAK, Pelayanan Publik 

    Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia    

    Identitas Nasional

    Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional 

    Tata Dunia Baru dalam Globalisasi

    Ekonomi Kerakyatan dan Etos Ekonomi sebagai Basis Kekuatan Nasional

    REFERENSI

    1.  Kemenristek Dikti. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta :Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan

    2. Asykuri, Bambang Cipto, Haedar Nashir, dkk (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Kehidupan yang Demokratis dan Berkeadaban. Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah:Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

    3.  Hanson, Jarrod & Howe, Kenneth. The Potential for Deliberative Democratic Civic Education. Feature Article Democracy & Education, Vol.19. No.2

    4. Mitchell, Katharyne. (20010. Education for Democratic Citizenship: Transnationalism, Multiculturalism, and the Limits of Liberalism. Harvard Educational Review; Spring 2001;71; Research Library pg.51

    5. Tilly, Charles. (2007). Democracy. United States of America by Cambridge Press, New York: Cambridge University Press.

    PENILAIAN DAN KRITERIA PENILAIAN

    Pengambilan nilai dalam mata kuliah ini menggunakan Sistem Evaluasi Penilaian sebagaimana dalam Buku Panduan Penyelenggaraan Pendidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri atas 4 macam penilaian:

    1. Ujian Tengah Semester (UTS)

    UTS dapat dilaksanakan setelah mahasiswa menguasai minimal 6 paket I bahan perkuliahan (paket 1–6). Materi UTS diambil dari pencapaian indikator pada tiap-tiap paket. Bentuk soal dapat berupa pilihan ganda, essay, atau perpaduan antara keduanya. Waktu ujian 1 jam perkuliahan (100 menit). Komponen dan jumlah soal diserahkan kepada Dosen pengampu matakuliah dengan skor maksimal 100.

    Tugas

    Tugas merupakan produk (hasil kreatifitas) mahasiswa dari keunggulan potensi utama yang ada dalam dirinya. Hasil kreatifitas dapat disusun secara individual atau kelompok yang bersifat futuristik dan memberi manfaat bagi orang lain (bangsa dan negara). Petunjuk cara mengerjakan tugas secara lebih rinci diserahkan kepada Dosen pengampu. Skor tugas mahasiswa maksimal 100.

    Ujian Akhir Semester (UAS)

    UAS dapat dilaksanakan setelah mahasiswa menguasai minimal 6 paket II bahan perkuliahan (paket 7–12). Materi UAS diambil dari pencapaian indikator pada tiap-tiap paket. Bentuk soal dapat berupa pilihan ganda, essay, atau perpaduan antara keduanya. Waktu ujian 1 jam perkuliahan (100menit). Komponen dan jumlah soal diserahkan kepada Dosen pengampu matakuliah dengan skor maksimal 100.

    Keaktifan

    Performance, merupakan catatan-catatan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan mulai pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir antara 14–16 pertemuan. Dosen dapat memberi catatan pada setiap proses perkuliahan kepada masing-masing mahasiswa dengan mengamati: (1) ketepatan waktu dalam mengikuti perkuliahan secara online, (2) penguasaan materi (3) kualitas ide/respon terhadap materi yang dikaji, .

    Dosen merekap seluruh catatan selama perkuliahan, dan memberi penilaian performance pada masing-masing mahasiswa dengan skor maksimal 100.

    BOBOT PENILAIAN

    Komponen yang dievaluasi adalah kehadiran, tugas presentasi/keaktifan, catatan, UTS, dan UAS. Evaluasi tengah semester akan diadakan pada minggu ke delapan dan evaluasi akhir semester akan dilakukan pada minggu ke enam belas. Evaluasi akan menggunakan bentuk tes essai. Indikator penilaian: ketepatan perhitungan, kebenaran konsep, dan ketajaman analisis. Acuan penerapan penilaian menggunakan PAP. Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:

    Keaktifan                  : 20 %

    Tugas                        : 30 %

    UTS                           : 20 %

    UAS                           : 30 %

    Penilaian akan dilakukan menggunakan kriteria sebagai berikut.

    Nilai

    Point

    Range

    A

    4

    90 - 100

    A-

    3,5

    80 – 89

    B

    3

    70 – 79

    B-

    2,5

    60 – 69

    C

    2

    50 - 60

    D

    1

    30 – 49

    E

    0

    < 30

     

  • PERTEMUAN 1 PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI

    Assalamualaikum,

    Salam hangat kepada mahasiswa-mahasiswi yang saya banggakan, bertemu pada topik pertama perkuliahan kita yang akan membahas tentang pentingnya pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Pada topik ini akan ada beberapa materi yang dapat saudara pelajari serta tugas-tugas yang harus dikerjakan. Selamat mengikuti perkuliahan pada topik ini dengan baik.

    1. Sub Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pendidikan kewarganegaraan bagi Perguruan Tinggi
    2. Materi Pembelajaran: Konsep dan Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan, Sumber Historis, sosiologis Pendidikan                                    Kewarganegaraan

    Sukses dan selalu semangat

    Silahkan melihat dan simak video kuliah saya berikut ini