KEWARGANEGARAAN
SALAM PEMBUKA
Assalamualaikum,
Assalamualaikum para mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas daring saya dengan Mata Kuliah Kewarganegaraan. Mata kuliah ini dapat diikuti oleh saudara-saudara semuanya dengan beban SKS sejumlah 2 SKS. Jangan ragu jika ada yang perlu didiskusikan lebih lanjut langsung bisa kontak saya pada profil diatas. Selamat mengikuti dan sukses selalu...
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH
Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami arti penting pendidikan kewarganegaraan sebagai media pembentukan kepribadian bangsa yang mengedepankan nilai-nilai demokratis
MATERI POKOK
Pentingnya pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
Hak Asasi Manusia (HAM)
Pendidikan kewarganegaraan dan cita-cita menuju masyarakat madani
Demokrasi
Transformasi Nilai Demokrasi dalam Keluarga dan Masyarakat
Pemerintahan yang Baik (Good Governance) PAK, Pelayanan Publik
Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia
Identitas Nasional
Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional
Tata Dunia Baru dalam Globalisasi
Ekonomi Kerakyatan dan Etos Ekonomi sebagai Basis Kekuatan Nasional
REFERENSI
1. Kemenristek Dikti. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta :Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
2. Asykuri, Bambang Cipto, Haedar Nashir, dkk (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Kehidupan yang Demokratis dan Berkeadaban. Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah:Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
3. Hanson, Jarrod & Howe, Kenneth. The Potential for Deliberative Democratic Civic Education. Feature Article Democracy & Education, Vol.19. No.2
4. Mitchell, Katharyne. (20010. Education for Democratic Citizenship: Transnationalism, Multiculturalism, and the Limits of Liberalism. Harvard Educational Review; Spring 2001;71; Research Library pg.51
5. Tilly, Charles. (2007). Democracy. United States of America by Cambridge Press, New York: Cambridge University Press.
PENILAIAN DAN KRITERIA PENILAIAN
Pengambilan nilai dalam mata kuliah ini menggunakan Sistem Evaluasi Penilaian sebagaimana dalam Buku Panduan Penyelenggaraan Pendidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri atas 4 macam penilaian:
- Ujian Tengah Semester (UTS)
UTS dapat dilaksanakan setelah mahasiswa menguasai minimal 6 paket I bahan perkuliahan (paket 1–6). Materi UTS diambil dari pencapaian indikator pada tiap-tiap paket. Bentuk soal dapat berupa pilihan ganda, essay, atau perpaduan antara keduanya. Waktu ujian 1 jam perkuliahan (100 menit). Komponen dan jumlah soal diserahkan kepada Dosen pengampu matakuliah dengan skor maksimal 100.
Tugas
Tugas merupakan produk (hasil kreatifitas) mahasiswa dari keunggulan potensi utama yang ada dalam dirinya. Hasil kreatifitas dapat disusun secara individual atau kelompok yang bersifat futuristik dan memberi manfaat bagi orang lain (bangsa dan negara). Petunjuk cara mengerjakan tugas secara lebih rinci diserahkan kepada Dosen pengampu. Skor tugas mahasiswa maksimal 100.
Ujian Akhir Semester (UAS)
UAS dapat dilaksanakan setelah mahasiswa menguasai minimal 6 paket II bahan perkuliahan (paket 7–12). Materi UAS diambil dari pencapaian indikator pada tiap-tiap paket. Bentuk soal dapat berupa pilihan ganda, essay, atau perpaduan antara keduanya. Waktu ujian 1 jam perkuliahan (100menit). Komponen dan jumlah soal diserahkan kepada Dosen pengampu matakuliah dengan skor maksimal 100.
Keaktifan
Performance, merupakan catatan-catatan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan mulai pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir antara 14–16 pertemuan. Dosen dapat memberi catatan pada setiap proses perkuliahan kepada masing-masing mahasiswa dengan mengamati: (1) ketepatan waktu dalam mengikuti perkuliahan secara online, (2) penguasaan materi (3) kualitas ide/respon terhadap materi yang dikaji, .
Dosen merekap seluruh catatan selama perkuliahan, dan memberi penilaian performance pada masing-masing mahasiswa dengan skor maksimal 100.
BOBOT PENILAIAN
Komponen yang dievaluasi adalah kehadiran, tugas presentasi/keaktifan, catatan, UTS, dan UAS. Evaluasi tengah semester akan diadakan pada minggu ke delapan dan evaluasi akhir semester akan dilakukan pada minggu ke enam belas. Evaluasi akan menggunakan bentuk tes essai. Indikator penilaian: ketepatan perhitungan, kebenaran konsep, dan ketajaman analisis. Acuan penerapan penilaian menggunakan PAP. Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:
Keaktifan : 20 %
Tugas : 30 %
UTS : 20 %
UAS : 30 %
Penilaian akan dilakukan menggunakan kriteria sebagai berikut.
Nilai |
Point |
Range |
A |
4 |
90 - 100 |
A- |
3,5 |
80 – 89 |
B |
3 |
70 – 79 |
B- |
2,5 |
60 – 69 |
C |
2 |
50 - 60 |
D |
1 |
30 – 49 |
E |
0 |
< 30 |