Topic outline

  • General

  • 1. Sejarah dan Ruang Lingkup Bakteriologi

    Relevansi materi ini terhadap mahasiswa adalah memberikan dasar pemahaman pada mahasiswa akan arti pentingnya pembelajaran konsep dasar bakteriologi. dengan memahami arti penting dasar-dasar dari Bakteriologi kinik, maka mahasiswa diharapkan akan mampu melakukan identifikasi bakteri patogen

  • 2. Klasifikasi Bakteri

    Klasifikasi bakteri merupakan proses membedakan jenis bakteri antara satu dengan yang lain dan mengelompokkan mereka sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. klasifikasi tersebut dilakukan dalam kerangka sistem taksonomi yang diterima secara Internasional.


    Beberapa hal yang perlu diperhatikan selama klasifikasi bakteri adalah RNA sekuen, morfologi, biokimia dan karakteristik membran eksternal dari bakteri.


  • 3. Taksonomi dan Nomenklatur Bakteri

    Assalamualaikum, bertemu kembali dengan saya bu evy...


    Pertemuan kali ini akan membahas tentang Taksonomi dan nomenklatur  dari bakteri. 

    Selamat belajar apa bila tidak paham silahkan lanjut ke ruang diskusi, supaya tidak salah paham dikemudian hari 


    Good Luck smile


  • 4. Mikroskop

    Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk melihat obyek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang. obyek tersebut memiliki ukuran kurang dari 1 mm
  • 5. Morfologi Bakteri

    Topik pertemuan pada mata kuliah bakteriologi 1 kali ini akan membahas, mempelajari dan mengamati tentang morfologi bakteri, meliputi basil, kokus, koma dan atau spirilum.


    Perhatikan dan pahami dengan seksama morfologi bakteri yang disajikan berikut ini...


  • 6. Struktur Bakteri

    Selamat datang dipertemuan berikut nya. Topik pada pertemuan ini merupakan kelanjutan dari topik "morfologi bakteri". untuk file materi jadi satu di topik morfologi bakteri

    Good luck


  • 7. Pembuatan Preparat serta Pewarnaan Sederhana dan Diferensial

    Semangat pagi semua... kita sudah sampai pada topik pembuatan pewarnaan dan pewarnaan bakteri. Kali ini kita mempelajari terlebih dahulu pewarnaan sederhana dan pewarnaan diferensial bakteri. Mengapa hanya 2 (dua) macam pewarnaan saja? karena pewarnaan bakteri banyak, jadi supaya bisa paham, maka kita pelajari dulu 2 macam pewarnaan tersebut.
  • 8. Ujian Tengah Semester (UTS)

    Pada pertemuan ini, anda akan diuji mengenai kemampuan anda selama mengikuti mata kuliah ini selama setengah semester.

  • 9. Pewarnaan Bakteri: Pewarnaan Khusus dan Pewarnaan Negatif

    Semangat pagi semua... kali ini kita melanjutkan topik terkait pewarnaan bakteri. Kali ini kita mempelajari pewarnaan khusus dan pewarnaan negatif bakteri. Mengapa hanya 2 (dua) macam pewarnaan saja? karena pewarnaan bakteri banyak, jadi supaya bisa paham, maka kita pelajari dulu 2 macam pewarnaan tersebut.

    Pewarnaan khusus merupakan pewarnaan yang digunakan untuk mewarnai bagian khusus dari bakteri yang sulit diwarnai, seperti spora bakteri, kapsul bakteri, flagela bakteri, granula bakteri dan DNA bakteri. Sedangkan pewarnaan negatif adalah pewarnaan yang mewarnai latar belakangny dan bukan ojek sel bakterinya.


    Untuk materi sudah saya upload di pertemuan ke 7 sebelum UTS ya. Berikut juga saya berikan link untuk tutorial pewarnaan khusus untuk spora bakteri metode Schaeffer Fulton.


    Selamat belajar dan memahaminya


  • 10. Sterilisasi

    Topik pertemuan kali ini akan membahas tentang STERILISASI. Dimana sterilisasi ini tidak bisa dipisahkan bila kita sedang melakukan pemeriksaan di laboratorium mikrobiologi.  Pada topik sterilisasi ini akan membahas tentang fungsi sterilisasi, macam-macam sterilisasi dan cara sterilisasi.

    Pada topik ini akan dibahas mengenai : (1) perkembangan steril; (2) proses sterilisasi; (3) sterilisasi fisik; (4) sterilisasi penyaringan (filtrasi); dan (5) sterilisasi khemis (kimia)


    Selamat belajar tentang STERILISASI smile


  • 11. Isolasi Bakteri

    salamualaikum Wr. Wb. 

    Berjumpa kembali di MK BTR 1. Pertemuan kali ini akan membahas terkait cara isolasi, reproduksi dan pertumbuhan bakteri.

    Isolasi suatu mikroba adalah memisahkan mikroba tersebut dari lingkungannya dan menumbuhkannya sebagai biakan murni dalam medium buatan. Dalam mengisolasi mikroba, ada beberapa teknik yang harus saudara pelajari, pahami kemudian lakukan.

    Reproduksi bakteri di sini akan mempelajari tentang bagaimana bakterimeningkatkan jumlah selnya.

    Sedangkan pertumbuhan bakteri adalah penambahan secara teratur semua komponen sel suatu jasad dan meningkatnya jumlah sel konstituen.


    untuk mempelajari hal di atas, pada course ini akan disajikan materi terkait hal tersebut.


    Jangan lupa di akhir cerita topik ini, tetap diakhiri dengan penugasan yang wajib dikerjakan oleh masing-masing mahasiswa.


    Baiklah.... semanikmati pemeblajaran kali ini. Jangan LUPA untuk tersenyum dan jangan lupa untuk membaca serta mengerjakan tugas bakteriologi yang begitu menarik smile


  • 12. Media Untuk Bakteri

    Topik kali ini membahas tentang perbenihan (media) buatan untuk membiakkan bakteri di laboratorium (in vitro), dimana lingkungan buatan diusahakan mirip dengan suasana alamiah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri tersebut
  • 13. Reproduksi Bakteri

    Reproduksi bakteri merupakan topik kelanjutan dari topik isolasi bakteri. Jadi Jangan lupakan topik tersebut. Bakteri bereproduksi ditandai dengan bertambahnya atau meningkatnya jumlah sel bakteri. Bakteri dalam bereproduksi ada 2 (dua) cara, yaitu cara aseksual dan seksual.

    Bagaimana cara bakteri dalam bereproduksi secara seksual dan aseksual?.... silahkan di baca dengan penuh penghayatan dan perasan yang paling dalam materi  berikut ini smile

    CATATAN:
    Materi untuk Reproduksi Bakteri menjadi satu dengan materi ISolasi Bakteri yang ada pada pertemuan ke-11 (topik ke-11)
  • 14. Pertumbuhan Bakteri

    Topik pertumbuhan bakteri ini merupakan rangkaian kelanjutan dari topik isolasi dan reproduksi bakteri. Jadi ketiga topik tersebut merupakan 3 serangakai yang jangan di lupakan salah satunya apalagi salah duanya smile

    untuk materi sudah saya jadikan satu pada slide di materi Isolasi bakteri yang terdapat pada perteman ke-11 (topik ke-11)

    Pertumbuhan bakteri adalah penambahan secara teratur semua komponen sel suatu jasad dan meningkatnya jumlah sel konstituen.



  • 15. Fisiologi Bakteri

    Topik kali ini membahas tentang sifat fisiologi dari bakteri yang tumbuh pada suatu media (perbenihan). Tentu saja topik ini merupakan topik lanjutan dari Topik sebelumnya, yaitu Media bakteri.

    Yang perlu digaris bawahi di sini adalah materi tentang Media Bakteri akan terus diulas hingga uji kompetensi.

    So... selamat belajar smile


  • 16. Ujian Akhir Semester (UAS)

    Pada pertemuan terakhir, waktunya menguji kemampuan anda. UAS ini meliputi materi pada pertemuan ke-9 sampai ke-15.

  • 17. Lain-lain