Topic outline

  • SELAMAT BERGABUNG

    Halo semuanya peserta mata kuliah konsultasi komunikasi yang kami sayangi, selamat bergabung. Pada semester genap 2021/2022 ini kita akan bersama-sama belajar konsultasi komunikasi. Mari kita lihat identitas mata kuliah dan dosen mata kuliah ini. Semoga semangat terus belajarnya.

  • SESI 1 - DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah Konsultasi Komunikasi merupakan mata kuliah komunikasi yang bersifat terapan yang membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk mengenali dunia konsultasi komunikasi professional khususnya dalam konteks komunikasi organisasi. Ruang lingkup Mata kuliah meliputi pemahaman proses dan luaran konsultasi. Dengan cakupan topik konsep dan konsultasi komunikasi, konsep masalah komunikasi, beragam pendekatan dalam konsultasi komunikasi, proses konsultansi, Instrumen komunikasi untuk tujuan konsultasi, Strategi perencanaan komunikasi hingga membuat rekomendasi untuk penyelesaian masalah komunikasi. 

    Selain menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, serta pembelajaran asinkronus di LiVE Unpad, mata kuliah ini juga disertai dengan praktik langsung kepada klien secara profesional.

    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

    Memahami dan menjelaskan konsep-konsep dasar Konsultasi Komunikasi, menganalisis proses konsultasi, mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan konsultasi komunikasi yang dimiliki untuk membantu penyelesaian masalah komunikasi dalam konteks Komunikasi Organisasi. 

  • SESI 1 - PERSPEKTIF, KONSEP, DAN RUANG LINGKUP

    Halo semuanya, setelah mengikuti sesi ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan konsep dasar, ruang lingkup, serta tujuan pembelajaran konsultasi komunikasi. Kegiatan pembelajaran pada sesi ini akan diisi dengan menonton video ajar dan membaca materi pada LiVE masing-masing serta diskusi di ruang zoom.

    Jadwal zoom adalah Kamis 1 November 2021 pukul 07.00 WIB. Bergabunglah dengan klik link zoom berikut ini:

  • SESI 2- PROSES KONSULTASI

    Halo semuanya, pada kesempatan ini kita mempelajari proses konsultasi mulai dari tahap entry hingga tahap terminasi. Materi yang dibahas meliputi

    • Kontak awal
    • Diagnosis masalah awal
    • Kerangka acuan
    • Strategi dan perencanaan tugas

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar,  membaca materi kuliah, membaca buku management consulting chapter 2. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 8 September 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

  • SESI 3 - MERANCANG USAHA JASA KONSULTANSI

    Tahukah Anda, bahwa menjadi konsultan, membantu klien menyelesaikan permasalahannya, dan membangun usaha di bidang jasa tersebut dapat dilakukan sejak saat ini. Mahasiswa diharapkan dapat memulai dengan merancang usaha jasa konsultansi bersama teman kelompoknya. Bentuklah sebuah kelompok beranggotakan 5 orang, diskusikanlah rencana membuat sebuah jasa layanan konsultasi. Buatlah company profile dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Company profile minimal terdiri dari halaman cover, profil lembaga bisnis kalian mulai dari latar balakang hingga filosofinya, layanan yang disediakan, portofolio, rekan atau mitra, dan alamat kontak

    2. Buatlah company profile dalam desain semenarik mungkin untuk membuat klien berminat membaca lebih lanjut company profile kalian.

    3. Perhatikan video berikut untuk penjelasan mengenai company profile

    Untuk semakin memotivasi anda mempelajari konsultasi komunikasi, bacalah buku berikut ini. buku ini berisi panduan ringkas konsultan menawarkan pendekatan praktis untuk mendirikan bisnis konsultasi. Dengan fokus pada sisi bisnis konsultasi, Biech membawa Anda melalui proses langkah-demi-langkah tanpa rasa sakit, mengisi kekosongan untuk mendirikan perusahaan konsultan Anda. Bagian baru meliputi:
    Mengapa Karir Konsultan—Lima Alasan Mengapa Anda Bisa Menjadi Investasi yang Baik
    Berapa Banyak yang Akan Dibayar Klien?
    Daftar "Yang Harus Dilakukan" pertama Anda
    Apa yang harus disebut bisnis Anda?
    Membuat dan menulis Rencana Bisnis

  • SESI 4 - ANALYTICAL TOOLS UNTUK KONSULTASI KOMUNIKASI

    Halo semuanya, tujuan pembelajaran pada sesi ini adalah anda dapat menerapkan alat-alat analisis yang dapat digunakan dalam konsultasi komunikasi. Dengan menggunakan alat analisis ini, diharapkan dapat dilakukan analisis situasi yang komprehensif sehingga menuju kepada permasalahan yang utama dan dapat dicari solusinya. Alat-alat analisis yang dimaksud adalah SWOT, SOAR, PESTLE, dan Fishbone. 

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 22 September 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

  • SESI 5- MENJADI KONSULTAN KOMUNIKASI PROFESIONAL

    Halo Semuanya, menjadi konsultan komunikasi profesional adalah karir yang dapat dibangun mulai saat ini bahkan hingga nanti memasuki dunia pensiun. Bagaimana karir konsultan dan karakter apa yang harus dimiliki, akan kita kupas tuntas pada sesi 5 ini.

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 30 September 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

  • SESI 6 - INTERVIEWING SKILLS BAGI KONSULTAN

    Mengajukan pertanyaan adalah salah satu tool yang paling penting dalam proses konsultansi. Terlihat mudah dilakukan, tapi kenyataannnya tidak semudah itu untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.
     
    Tujuan pembelajaran sesi 6 ini adalah mahasiswa dapat menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk diajukan pada klien sehingga proses wawancara berjalan lancar dan data yang dibutuhkan dapat dikumpulkan.

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 7 Oktober 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

  • SESI 7- MENGEMBANGKAN PERILAKU EFFECTIVE LISTENING BAGI KONSULTAN

    Kita selama ini mengira bahwa orang yang komunikasinya baik hanyalah orang yang jago berbicara, padahal kemampuan komunikasi yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan menyimak atau mendengar secara efektif. Dengan mendengar efektif, kita akan dapat mengetahui real needs dari klien kita dan pada akhirnya memberikan solusi terbaik.
     
    Tujuan pembelajaran sesi 7 ini adalah mahasiswa dapat mempraktikkan perilaku mendengar efektif.

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 14 Oktober 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

  • SESI 8- UJIAN TENGAH SEMESTER

  • SESI 9- 15 ONLINE COLLABORATION WORKSPACE

    Mulai sesi 9 ini, hingga sesi 15, setiap kelompok mengerjakan project dari tahap initial contact sampai pelaporan. Selain tugas-tugas dikumpulkan di LiVE kita juga akan menjalankan online collaboration di Padlet yang sudah ditempelkan di LiVE ini sehingga setiap mahasiswa bisa melihat progres kelompoknya maupun kelompok lain.

  • SESI 16-PRESENTASI, EVALUASI, DAN APRESIASI

    Pada pertemuan terakhir ini kita akan menyelenggarakan presentasi untuk setiap kelompok memaparkan projectnya dari awal hingga akhir. Setiap kelompok diberi waktu presentasi 5 menit.

    Presentasi dilaksanakan pada 9 Januari di link zoom berikut:

    Dan, tanpa terasa, kita memasuki penghujung perkuliahan konsultasi komunikasi. Untuk perkembangan mata kuliah ini ke depannya, kami mohon saudara semua memberikan masukan bagi kami.  Isilah kuesioner berikut ini sesuai dengan pengalaman Anda pada perkuliahan konsultasi komunikasi ini. 

    Jawaban Anda insyaAllah akan menjadi pertimbangan kami untuk pengembangan mata kuliah ini ke depannya.

    Terima kasih, sehat selalu, dan sampai jumpa pada perkuliahan serta kesempatan lain.