General
Salam Pembuka
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat datang para mahasiswa dan mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika,, peserta matakuliah Pemrograman Komputer, selama 1 semester kita akan belajar secara daring menggunakan metode sinkronus dan asinkronus. Selamat mengikuti kuliah daring, semoga selalu sehat dan tetap semangat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Muhammad Taqwa, S.Pd, M.Pd
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini membahas mengenai bahasa pemrograman R sebagai bahan pembuatan program matematika, matakuliah ini mencakup materi tentang: pengenalan R, pengenalan fungsi dan operator dasar, pengenalan variabel dan tipe data, percabangan, pegulangan, function, pemrograman berbasis obyek, dasar-dasar pengelolaan data, list, operasi matriks, memanipulasi data dengan fungsi dplyr, membuat aplikasi oleh data dengan shiny.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami tentang bahasa pemrograman khususnya R sehingga mampu membuat program komputer untuk menyelesaikan persoalan dalam berbagai bidang matematika
Struktur Pelaksanaan
Struktur pelaksanaan mata kuliah Pemrograman Komputer selama 1 semester diharapkan semua mahasiswa dapat:
- Mengikuti komunikasi chat melalui group wa mata kuliah Pemrograman Komputer yang telah dibuat oleh Prodi Pendidikan Matematika
- Mengikuti pertemuan virtual yang diadakan oleh dosen pengampu melalui zoom meeting/google meet/tool conference lainnya
- Mengikuti LMS dan berpartisipasi secara aktif mengikuti topik yang ada tiap pertemuan dan mengerjakan penugasan yang ada
- Mahasiswa wajib mempelajari materi sebelum sesi pertemuan virtual diadakan
- Mahasiswa mengumpulkan penugasan tepat waktu
- Mahasiswa wajib mengikuti UTS dan UAS sesuai dengan jadwal
Model Assessment
Pelaksanaan kuliah dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, simulasi dan demo live coding dengan video tutorial, quiz interaktif, penugasan proyek, pembuatan proyek akhir, demo showcase, dan presentasi, serta praktikum virtual. Tugas terdiri atas penugasan pembuatan proyek sesuai topik, pembuatan proyek akhir, quiz interaktif dan responsi praktikum virtual.
Assesment dilakukan berdasarkan:
- Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan
- Kehadiran mahasiswa pada kuliah virtual
- Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
- Mengerjakan semua penugasan baik itu latihan dan tugas-tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan
- Mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester sesuai dengan yang telah dijadwalkan.
- Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan
Bobot Penilaian
Komponen Penilaian:
1. Penugasan 20%
2. Nilai UTS 25%
3. Nilai UAS 35%
4. Presensi 20%Skema Penilaian:
Nilai 80-100 : A
Nilai 68-79 : B
Nilai 56-67 : C
Nilai 46-55 : D
Nilai < 45 : EIdentitas Dosen
Muhammad Taqwa, S.Pd, M.Pd meluluskan studi S2 di Magister Pendidikan Matematika, UNM pada tahun 2016. Selanjutnya mengajar di Prodi Pendidikan Matematika STKIP Andi Matappa. Selain mengajar, juga aktif di berbagai kegiatan profesional, menjadi pengelola Jurnal Histogram, Sebagai Penulis Buku Statistika dengan R, dan menjadi narasumber di beberapa kegiatan yang berhubungan dengan dunia mobile apps developer.
Kontak
WA : 081242076641
email: muh.taqwa@stkip-andi-matappa.ac.id
web: https://staff.stkip-andi-matappa.ac.id/muhtaqwa
researchgate: https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Taqwa-2
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC5xdx0HSMq-6QoZZXd91ntg
google scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=7nmxIyUAAAAJ&hl=id
sinta: https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6022028&view=overviewPemanfaatan Sikronus
Pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan 2 pendekatan:
1. Sinkronus: interaksi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa dilakukan pada waktu yang bersamaan, menggunakan teknologi video conference menggunakan zoom/google meet/tools lain dan chatting melalui group wa mata kuliah.
2. Asinkronus: interaksi pembelajaran dilakukan secara fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang sama, belajar mandiri/penugasan terstruktur mahasiswa dilakukan melalui LMS ini.