Weekly outline

  • Profil Mata Kuliah Sains Dasar

    Profile Of Basic Science Course 

  • Pertemuan Pertama: 1. Sejarah Sains




    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Pertama adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Membandingkan Perkembangan Sains Dari Masa Yunani Purba Hingga Modern. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sejarah Sains didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom)



    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.



    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:


    Salam Perubahan
    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc

  • Pertemuan Kedua: 2. Ranah Sains



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan Kedua ini, yakni Membandingkan ranah (bidang) kajian sains murni, sains terapan, dan teknologi dapat tercapai dengan baik. Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Ranah Sains yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Selamat mengikuti Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!



  • Pertemuan Ketiga: 3. Metode Ilmiah

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KETIGA



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Ketiga Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan ketiga ini, yakni Menyimpulkan langkah–langkah pengungkapan fenomena alam menjadi pengetahuan ilmiah dapat tercapai dengan baik. Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Metode Ilmiah yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

    Selamat mengikuti Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

  • Pertemuan Keempat: 4. Materi dan Energi


    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Keempat Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan keempat ini, yakni Mengkaji Prinsip dan  Klasifikasi  Materi dan Energi dapat tercapai dengan baik. Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Materi dan Energi yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

    Selamat mengikuti Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!


  • Pertemuan Kelima: 5. Makhluk Hidup

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KELIMA



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Kelima Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan kelima ini, yakni Mengkaji Prinsip dan  Klasifikasi Makhluk Hidup dapat tercapai dengan baik. Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Makhluk Hidup yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

    Selamat mengikuti Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

  • Pertemuan Keenam: 6. Besaran dan Satuan


    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Keenam Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan keenam ini, yakni Memecahkan Permasalahan Berkaitan Dengan Besaran dan Satuan Fisika  dapat tercapai dengan baik. Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Besaran dan Satuan yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

    Selamat mengikuti Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!


  • Pertemuan Ketujuh: 7. Pengukuran & Alat Ukur


    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Ketujuh Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan ketujuh ini, yakni Menghitung Tentang Pengukuran Fisika dapat tercapai dengan baik. Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Pengukuran dan Alat Ukur yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class). Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.

    Selamat mengikuti Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

  • Petemuan Kedelapan: 8. Variabel dan Data Hasil Penelitian

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KEDELAPAN



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kedelapan Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Pertama adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Variabel dan Data Hasil Penelitian . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan kedelapan Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Variabel Dan Data Hasil Penelitian didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan kedelapan Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap  Variabel Dan Data Hasil Penelitian . Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan  Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan kedelapan Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

  • Pertemuan Kesembilan: 9. Sains Kesehatan

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KESEMBILAN



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesembilan adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji  prinsip dan aplikasi metode-metode sains dalam bidang kesehatan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Kesehatan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom)


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui  Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

    Salam Perubahan
    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc

  • Pertemuan Kesepuluh: 10. Sains Forensik

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KESEPULUH



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesepuluh adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji  Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Forensik. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Forensik didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab  tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas  20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5)  menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan  tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni  Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

    Selamat mengikuti Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!! 

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc


  • Pertemuan Kesebelas: 11. Sains Pertanian

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KESEBELAS


    .

    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesebelas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Pertanian. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Pertanian didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:


    Selamat mengikuti Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc

  • Pertemuan Kedua belas: 12. Sains Kelautan dan Perikanan

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KEDUA BELAS


    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kedua belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji  Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Kelautan & Perikanan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kedua Belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Kelautan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom)


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

    Selamat mengikuti Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc

  • Pertemuan Ketiga Belas: 13. Sains Transportasi

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KETIGA BELAS



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Ketiga belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Transportasi. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Transportasi didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:


    Selamat mengikuti Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc



  • Pertemuan Keempat belas: 14. Sains Navigasi

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KEEMPAT BELAS



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Keempat belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji  Prinsip Dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Navigasi. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Navigasi didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan  Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni  Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:



    Selamat mengikuti Pertemuan keempat belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc



  • Pertemuan Keempat belas: 15. Pemanasan Global & Perubahan Iklim

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KELIMA BELAS



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kelima belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Konsep Dan Prinsip Sains Yang Terkait Dengan Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).


    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan  Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni  Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

    Selamat mengikuti Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc

  • Pertemuan Keempat belas: 16. Sumber Daya Alam & Energi Terbarukan

    PENDAHULUAN PERTEMUAN KEENAM BELAS



    Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Keenam belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan  Menafsirkan Konsep dan Prinsip Sains yang Terkait dengan Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom).

    Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman  peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan  Mengingat (C1),  Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni  Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik.


    Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:

    Selamat mengikuti Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and  Good Luck. Salam Perjuangan!!!

    Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc.