Selamat Datang di MK Perancangan UX
Untuk menunjang proses pembelajaran di kelas baik secara offline maupun daring, maka mahasiswa wajib mengikuti berbagai aktifitas perkuliahan yang dilakukan melalui platform SPADA ini.
Untuk menunjang proses pembelajaran di kelas baik secara offline maupun daring, maka mahasiswa wajib mengikuti berbagai aktifitas perkuliahan yang dilakukan melalui platform SPADA ini.
Prodi Sistem Informasi - Universitas Brawijaya
Hello Dear Students,
Selamat bergabung pada Mata Kuliah Perancangan User Experience dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021. Peserta Mata Kuliah (MK) ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. MK adalah salah satu MK dalam bidang Teknologi Informasi atau Ilmu Komputer yang berkembang akhir-akhir ini, meskipun demikian, mahasiswa dengan berbagai latar belakang bidang ilmu masih bisa mengikuti dan mendapatkan pembelajaran yang sangat bermanfaat dalam bidangnya masing-masing.
Pada MK ini kita akan belajar bagaimana merancang suatu aplikasi web atau mobile dengan pendekatan User Experience yaitu bagaimana memberikan pengalaman pengguna yang baik ketika menggunakan aplikasi yang kita kembangkan. Untuk menghasilkan aplikasi yang baik tidak hanya diperlukan kemampuan teknis tetapi juga pemahaman mendalam tentang kebutuhan pengguna dan bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut.
Secara umum MK menerapkan konsep Blended Learning dan metode pembelajaran kolaboratif berbasis proyek. Pendekatan pembelajaran pada student-centered learning untuk memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa.
Selamat mengikuti, salam nusantara
Selamat datang di Modul Pembelajaran Digital Mata Kuliah Perancangan User Experience.
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk menguasai konsep, teori dan teknik dalam perancangan pengalaman pengguna atau User Experience (UX) dan mampu mengimplementasikan perancangan UX dari pengembangan suatu aplikasi produk digital khususnya aplikasi berbasis web dan mobile.
Setelah mengikuti Mata Kuliah ini, mahasiswa diharapkan akan mampu"
Setelah mengikuti setiap materi, ada Lembar Kerja yang yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sebagai bagian dari pendalaman materi yang telah dipelajari.
Setelah mengikuti materi ini, mahasiswa diharapkan untuk
Setelah mengikuti materi ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk
UX Design Process adalah tahapan atau fasa dalam pengembagan UX suatu produk aplikasi.
Secara konseptual proses adalah tahapan yang berurut, namun dalam prinsip UX, proses tersebut dapat bersifat saling OVERLAP dan dapat berulang
atau ITERATIF.
Detail dari tahapan proses UX sangat tergantung kepada sejumlah faktor: the project, the client, the budget, the deadlines, dan tingkat pemahaman terhadap UX.
Secara umum proses dalam perancangan UX terdiri dari 5 hal yaitu:
Tahapan awal dalam proses perancangan UX adalah UX Strategic, pada tahapan ini perlu mendefinisikan Business Goal. Dalam tahapan startegi, kita menentukan tujuan, apa yang diharapkan, bagaimana ukuran keberhasilannya (success metric), dan prioritas apa yang seharusnya ada dalam skema besar (roadmap).
Dalam proses pembelajaran Perancangan UX, proses Strategic biasanya ditentukan oleh bisnis owner, CEO, atau pemilik dari aplikasi atau sistem yang akan dibuat. Peran UX person adalah memberikan masukan dan terlibat dalam diskusi penentuan Tujuan, Metrics dan Roadmap.
Setelah tahapan Strategi maka perlu dilakukan riset untuk mencari tau lebih detail kebutuhan dari sistem yang akan dirancang. Pada materi minggu ini kita akan mempelajari tentang bagaimana melakukan User Research untuk proses penggalian kebutuhan.
Tahapan yang dipelajari dan harus dilakukan adalah:
Adalah tahapan dalam Proses Perancangan User Experience dimana tim UX mendefinisikan disain visual dari sistem atau aplikasi yang akan dibuat.
Pada topik ini ada 6 materi yang harus dibelajari dengan lebih detail, yaitu: