Topic outline

  • MODIG PENANGANAN HASIL PERIKANAN

    Selamat datang dalam Mata Kuliah Penanganan Hasil Perikanan. Dalam setiap topik akan memuat penjelasan serta file bahan ajar yang dapat di download dan dipelajari kapan saja.

    • PENDAHULUAN

      DESKRIPSI MATA KULIAH
      Mata kuliah Penanganan Hasil Perikanan membahas mengenai dasar penanganan produk hasil perikanan tangkap dan budidaya baik ikan tawar, payau dan laut, dengan tujuan untuk menjaga kualitas bahan mentah, efek dari berbagai faktor selama proses penyimpanan dengan es terhadap kemunduran ikan serta teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk menjaga kualitas bahan mentah.

      CAPAIAN PEMBELAJARAN

      1. Mampu menjelaskan sistem perikanan dan kelautan (CPL 4)
      2. Mampu mengidentifikasi karakteristik ikan tuna, krustasea dan rumput laut sebagai bahan baku pangan, kesehatan dan industri (CPL 5)
      3. Mampu mengaplikasikan teknologi pengolahan ikan tuna, krustasea dan rumput laut dan produk turunannya berskala industri (CPL 6)

      PETA KOMPETENSI


      FILE MODULE DIGITAL (bisa di download dan digunakan tanpa harus terhubung dengan internet)

      LAYANAN PEMBACA (jika terdapat bahan, materi yang belum jelas serta akan digunakan kembali untuk pendidikan bisa bergabung dalam grup telegram)

       

      • KOMODITAS TUNA

        TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS:

        1. Pembaca dapat mengetahui persebaran komoditas tuna di Indonesia
        2. Pembaca dapat mengetahu jenis-jenis tuna di Indonesia
        3. Pembaca dapat mengetahui cara-cara penanganan tuna
        4. Keterampilan dalam membuat bentukan tuna

        LATAR BELAKANG

        Tuna merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan di Indonesia. Ikan tuna merupakan komoditas ekspor kedua terbesar penyumbang devisa negara setelah udang. Dalam ekspor lebih dikenal dengan kode tuna-cakalang-tongkol (TCT), yang mana pada periode Januari-April 2021 nilai ekspornya mencapai USD 228,55 juta (13,08%) terhadap total nilai ekspor. Pada topik ini akan disampaikan tentang persebaran, jenis-jenis yang ditangkap di Indonesia, cara penanganan di kapal dan di darat serta cara membuat bentukan tuna (video tutorial) untuk mempermudah dalam proses pengolahan selanjutnya.

        BAHAN AJAR. Sebagai suplemen/materi bahan bacaan untuk mengerjakan soal latihan  (download di link ini)

        BENTUKAN TUNA STICK

        BENTUKAN TUNA DRESSED

      • KOMODITAS KRUSTASEA

        TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS: 

        1. Pembaca dapat mengetahui persebaran komoditas krustasea di Indonesia
        2. Pembaca dapat mengetahu jenis-jenis krustasea komoditas ekspor
        3. Pembaca dapat mengetahui cara-cara bentukan udang dan kepiting

         

        LATAR BELAKANG

        Komoditas krustasea merupakan kelompok yang memiliki beberapa jenis turunannya, anatara lain udang, kepiting dan rajungan. Pada bab ini akan dipelajari khusus kepada jenis yang ada dan banyak dibudidayakan serta diekspor ke luar negeri. Jenis udang merupakan salah satu komoditas utama ekspor Indonesia, menempati urutan pertama daripada komoditas lainnya. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan, volume ekspor hasil perikanan mencapai 1,26 miliar kilogram (kg) dengan nilai US$ 5,2 miliar pada 2020. Udang merupakan komoditas ekspor yang paling besar dengan volume 239,28 juta kg dan nilai US$ 2,04 milar. Volume ekspor udang naik 28,96% dibandingkan pada 2019 yang sebanyak 207,70 juta kg. Udang juga memberikan kontribusi terhadap total volume ekspor hasil perikanan sebesar 18,95% pada tahun lalu. Komoditas ini merupakan paling banyak jenisnya yang terdiri dari udang-udangan, kepiting dan lobster. Pada topik ini hanya dijelaskan jenis krustasea yang banyak dibudidaya, ditangkap serta dijual oleh masyarakat

        BAHAN AJAR. Sebagai suplemen/materi bahan bacaan untuk mengerjakan soal latihan (download di link ini)

        BENTUKAN UDANG HEADLESS

        BENTUKAN UDANG EZ PEEL

        MENGIKAT KEPITING

      • This topic

        KOMODITAS RUMPUT LAUT

        TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS:

        1. Pembaca dapat mengetahui persebaran komoditas rumput laut di Indonesia
        2. Pembaca dapat mengetahui jenis-jenis rumput laut di Indonesia
        3. Pembaca dapat mengetahui cara-cara penanganan rumput laut

        LATAR BELAKANG

        Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Rumput laut sangat berperan sebagai sumber devisa negara serta sumber pendapatan bagi masyarakat daerah pantai. Rumput laut mampu hidup hampir di seluruh bagian laut sampai batas kedalaman 200 meter. Rumput laut dalam berbagai spesies hidup tersebar di daerah tropis, sub tropis dan perairan dingin (lintang utara dan selatan). Pada topik ini akan dijelaskan daerah persebaran, jenis-jenis komoditas ekspor serta jenis-jenis komoditas yang mempunyai prospek pengembangan. 

        BAHAN AJAR. Sebagai suplemen/materi bahan bacaan untuk mengerjakan soal latihan (download di link ini)

        PENANGANAN RUMPUT LAUT

      • LAIN-LAIN

        Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar maka kami menyertakan link blog sebagai pelengkap tambahan terkait materi yang memiliki penjelasan lebih banyak serta daftar referensi yang bisa digunakan untuk menambah kompetensi.

        Alamat blog: http://denanggawp.lecture.ub.ac.id/