Topic outline
PENGANTAR
PENGANTAR
MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARANPembelajaran online ini disusun oleh:
Supri Hartanto, M.Pd
Program Sarjana PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta
Email: suprihartanto@upy.ac.id
Kode Mata Kuliah KKM43329, dengan bobot 2 SKS. Jenjang S1 (Sarjana)
Supri Hartanto, M.Pd merupakan Dosen Tetap Program Studi PPKN FKIP Universitas PGRI Yogyakarta. Bertempat tinggal di Yogyakarta dan saati ini menjabat Ketua Program Studi PPKn FKIP UPY, Mata Kuliah yang diampu antara lain Media Pembelajaran, Inovsasi Media, Penelitian Tindakan kelas, Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.
Selamat datang Mahasiswa ,Selamat bergabung dalam mata kuliah Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kalian sudah terpilih menjadi mahasiswa yang akan mempunyai kompetensi yang unggul, dengan menguasai berbagai pembuatan media pembelajaran baik buku dgital, tutorial, video, media interaktif, media berbasis games, dan juga media yang berbasis android. Semua materi tersebut akan diberikan pada mata kuliah ini.Mata Kuliah Media Pembelajaran ini merupakan Impementasi Hibah Inovasi Pembelajaran Digital oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui SPADA dan bekerjasama dengan Prodi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Mahasiswa semua sangat beruntung karena dapat mengikuti mata kuliah ini bersama dengan mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi.Mata kuliah ini merupakan pembelajaran yang akan memperkaya khasanah pengetahuan terhadap pembuatan media pembelajaran. Melalui pembelajaran ini mahasiswa semua diharapkan mampu memahami tentang media pembelajaran, jenis media pembelajaran, mendesain media pembelajaran, membuat buku digital, mengkonversi ke Android, membuat media interaktif, membuat games pembelajaran, dan dapat merancang media pembelajaran sesuai kebutuhan pendidikan maupun kelembagaan.
Mata Kuliah Media Pembelajaran ini dirancang untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pembelajaran lebih menekankan pada model pembelajaran Team Base Project, dengan prosentase penilaian 50%. Program pembelajaran dirancang untuk menghasilan Outcome Base Learning. Pembelajaran menggunakan berbagai program seperti Android, Flipbook, video tutorial, maupun animasitoon.
SELAMAT BELAJARPETA KONSEP
CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PETA KONSEP
MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARANMahasiswa semuanya, untuk mempermudah peta materi pembelajaran Media Pembelajaran ini, maka disajikan peta konsep. Peta konsep ini dapat memberi gambaran secara menyeluruh materi pembelajaran yang akan dipelajari, yang terdiri atas 15 pertemuan, dengan lebih menekankan outcomes base learning, dengan menghasilkan product dengan menggunakan metode Teams Base Project.
PETA KOMPETENSI
Bisa didonload di link https://drive.google.com/file/d/1LkoaBJBWVvVUIrO9CC4RBhLSfhmMt2Ow/view?usp=sharing
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Dapat didownload di link ini https://drive.google.com/file/d/1aZSIBVG_eQxUZrDRdw1Hme4SFnZgFi5O/view?usp=sharing
PETUNJUK PEMBELAJARAN DAN RPS
RELEVANSI
Mata kuliah Media Pembelajaran ini sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa untuk dapat diterapkan pada pembelajaran. Media pembelajaran yang dipelajari berupa buku digital, video, tutorial, media interaktif, android dan sistem pengembangan media. Mata kuliah ini membekali mahasiswa menguasai pembuatan media pembelajaran untuk proses belajar mengajar.
KEMANFAATAN
Mata Kuliah ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam memahami tentang Media Pembelajaran khususnya untuk proses belajar mengajar. Hasil ketrampilan mata kuliah ini dijadikan dasar ketrampilan untuk membuat media baik manual maupun digital.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu untuk:
- Menjelaskan tentang Media Pembelajaran, Jenis-Jenis Media, serta Desain Media
- Merancang media pembelajaran berbasis Buku Digital
- Mengkonversi program ke dalam Android
- Membuat media pembelajaran Interaktif
- Membuat media pembelajaran berbasis Video
- Membuat media pembelajaran yang memfasilitasi model pembelajaran
- Membuat media pembelajaran berbasis games sederhana
- Membuat tutorial media pembelajaran
- Menjelaskan tentang pengembangan model ADDIE
- Mengemas media
PETUNJUK PEMBELAJARAN
Mahasiswa semuanya, untuk mempelajari pembelajaran ini yang perlu diperhatikan adalah:
- Pastikan setiap pertemuan mahasiswa mencermati materi dan paparan dari dosen pada mata kuliah ini.
- Materi, presentasi, video dapat didownload di elearning untuk dipelajari, serta dilengkapi dengan program android untuk dapat diinstall di smartphone untuk dipelajari secara offline.
- Hasil dari project pembuatan media dapat dikirimkan melalui e-learning ini
- Pastikan setiap pertemuan mengisi presensi
- Pastikan semua tugas diuploas karena tugas tersebut digunakan untuk penilaian berbasis Case Project dan Teams Base Project
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata kuliah "Media Pembelajaran" ini telah dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester yang berisi tentang kompetensi, pentahapan pembelajaran, dan penugasan yang harus dipenuhi. RPS dapat diunduh di bawah ini:Rencana Pembelajaran Semester dapat di download disin
ihttps://drive.google.com/drive/folders/1IiqGAP_qxOYXazDfE3lNIpxEL4QYlUf8?usp=sharing
TOPIK 1: MEDIA PEMBELAJARAN
TOPIK 1: MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran merupakan salah satu stategi untuk meningkatkan pemahaman materi yang dilakukan oleh pendidik. Berbagai media yang dibuat oleh pendidik dapat berupa bentuk kongkrit, audio, visual, atau audio visual. Media pembelajaran perlu dibuat dengan cara menganalisis kebutuhan peserta didik, tujuan akhir yang akan dicapai, dan juga memperhatikann karakteristiknya. Media pembelajaran pada masa sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan program berbasis komputer maupun berbasis internet.
Contoh Media Pembelajaran Sederhana
Melalui media pembelajaran peserta didik dapat berinteraksi langsung, sehingga motivasi pembelajaran menjadi meningkat. Media pembelajaran menggunakan audio visual interaktif dapat memberikan peningkatan prosentasi penguasaan materi, karena melibatkan banyak indra. Media pembelajaran dapat dibuat secara sederhana dengan teknik penggabungan gambar, audio, video, icon, teknik link antar program maupun materi pembelajarn serta evaluasi.
Contoh Media Pembelajaran Sederhana Mahasiswa
Begitu mudahnya membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas. Semua mahasiswa pasti bisa membuatnya untuk meningkatkan kompetensi diri sendiri maupun untuk peserta didik.
Materi Topik 1 tentang Media Pembelajaran dapat didownload disini
https://drive.google.com/file/d/1QUVcw2KsUp_ioOBljQuVkhc6iwsdZWvd/view?usp=sharing
Program Android tentang Media Pembelajaran dapat didownload dan di install di smartphond di bawah ini https://drive.google.com/file/d/1bNQOoJs_vAN9DJT9Hk-CQOHzwrZipLzj/view?usp=sharing
Presentasi tentang Media Pembelajaran dapat didownload dibawah ini
Media Hybrid Flipbook tentang Media Pembelajaran dapat didownload berikut ini
https://drive.google.com/file/d/1VYInSrC390z1AG4W9KoyvQDzo8aNBtdC/view?usp=sharing
TOPIK 2: JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
TOPIK 2
JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran merupakan sarana untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menguasai kompetensi yang diajarkan oleh Pengajar. Semua media yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dapat dikategorikan dengan media pembelajaran. Jenis-jenis media pembelajaran yang dipaparkan oleh para ahli banyak macamnya, namun pada dasarnya media pembelajaran dapat dikategorikan dengan tiga kriteria yaitu Media Audiktif, Visual, dan Audiovisual.
Video Penjelasan tentang Jenis-Jenis Media
Media audiktif lebih cenderung menggunakan media dengan cara mendengarkan, media visual dengan melihat, sedangkan media audiovisual merupakan gabungan keduanya yaitu melihat dan mendengar. Pada penggunaan media pembelajaran teknik audiovisual mempunyai tingkatan pemahaman yang lebih tinggi karena melibatkan banyak indera yaitu indera penglihatan dan pendengaran. Berbagai kajian media disebutkan bahwa semakin banyak indera terlibat dalam pembelajaran maka presentasi penguasaan materi lebih meningkat. Paparan tentang jenis-jenis media dapat dilihat sebagai berikut:
Jenis-Jenis Media akan mempengaruhi kemampuan siswa
- Materi tentang Jenis-Jenis Media Pembelajaran dapat didownload di bawah ini https://drive.google.com/file/d/1X4TggdH9PqqHzKQAbnzAO837OuqqOl6M/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook tentang Jenis-Jenis Media Pembelajaran dapat diakses di bawah ini
https://drive.google.com/file/d/1bSIpxS-4dLcUTg0JIh5OrMuYcJyBrkag/view?usp=sharing
- Naskah presentasi tentang Jenis-jenis Media dapat didownload disini
TOPIK 3: DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
TOPIK 3
DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
Mendesain media pembelajaran sama halnya dengan mendesain pada disiplin ilmu seni. Mendesain memperhatikan layout, warna, grafis, teks dan estetika. Pada topik 3 ini akan dipelajari tentang cara mendesain media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan tidak menyalahi berbagai aturan yang ada. Grafis sengaja menggunakan vektor sebagai basis gambar, sedangkan untuk jenis teks menggunakan jenis huruf yang telah disesiakan di internet. Layout dilakukan dengan menekankan pada keseimbangan tata letak, sedangkan untuk warna diupayakakan sesuai dengan padu padan warna.
Berikut ini adalah video pembelajaran untuk materi Desain Pembelajaran yang akan menuntun kita semua untuk dapat membuat desain sederhana,
Video tentang Desain Pembelajaran
Pada kajian ini akan diberikan video teknik untuk mendesain media pembelajaran, khususnya media yang paling sederhana yaitu presentasi. Dalam video ini akan dibahas tentang pembuatan font, desain, gambar dan warna.
Materi tentang Desain Media Pembelajaran dapat didownload di bawah ini
https://drive.google.com/file/d/1DmCCphmZ-vWrt2gb5ieCJpmkIeRxZm_y/view?usp=sharingPresensi tentang Desain Media dapat didownload dibawah ini
Program Android tentang Desain Media dapat didownload di bawah ini
https://drive.google.com/file/d/1bNQOoJs_vAN9DJT9Hk-CQOHzwrZipLzj/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook tentang Desain Media Pembelajaran dapat diakses di
https://drive.google.com/file/d/1V0pSO9CPIujlqXd7_rZAz0rLNNjVVnDb/view?usp=sharingSetelah mempelajari tentang desain, silahkan mencoba untuk mendesain media pembelajaran secara sederhana dan hasilnya dikirimkan ke file latihan disini
TOPIK 4: BUKU DIGITAL
TOPIK 4
BUKU DIGITAL
Buku digital merupakan salah satu tuntutan pada masa pembelajaran online. Buku digital tidak lagi berbentuk fisik, namun sudah berbentuk file yang dapat diakses oleh peserta didik baik menggunakan komputer maupun smartphone. Melalui buku digital peserta didik tidak harus membeli buku, namun hanya menggandakan file, dan dapat diakses di komputer atau di smartphone kapan saja dan dimana saja.
Secara garis besar dalam pembuatan buku digital dapat dillihat dari tutorial berikut ini.
Video Tutorial Pembuatan Buku Digital
Contoh Layout Buku Sederhana
Pembuatan buku digitalpun sangat mudah bagi mahasiswa untuk membuatnya Dimulai dengan pembuatan desain media buku digital, kemudian dapat ditransfer ke ekstensi pdf. Buku digital ini juga dapat dibuat dengan menggunakan program Flipbook, bisa melalui online maupun menginsatal di komputer, sehingga dapat diakses melalui link maupun program exe.
Materi Buku Digital dapat didownload di bawahi ini
https://drive.google.com/file/d/1Bi0W9jJ-3976JsJwRoTC0U6l13kbeqSA/view?usp=sharing
Program android tentang Buku Digital dapat didownload dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1j6f7CUrdWcWCRwr-tFqttaZpBAEOqLcv/view?usp=sharing
Hybrid Flipbook tentang Buku Digital dapat diakses di
https://drive.google.com/file/d/1M589NecHMeBRB1FjJKSPB7ORqxd3QZsp/view?usp=sharing
- Media presentasi untuk topik Buku Digital dapat diakses dihttps://docs.google.com/presentation/d/1Gm-e7xcRzeCfE13jlgUOwuZkKrHZt0UF/edit?usp=sharing&ouid=101263284466535778324&rtpof=true&sd=true
- Tutorial pembuatan Buku Digital dapat didownload berikut ini
Silahkan diskusikan kesulitan pembuatan buku digital disini beserta jawaban permasalahan teman, Mari share pengalaman kalian disini
Silahkan mengumpulkan desain buku digital dengan berdasarkan tugas yang sudah terdahulu atau merevisi menjadi buku yang lebih bagus, kemudian diubah menjadi pdf kemudian dirubah menjadi flipbook.
TOPIK 5 KONVERSI KE ANDROID
TOPIK 5 KONVERSI KE ANDROID
Program Android dapat dibuat dengan menggunakan bahasa program. Program yang ada di komputer kadangkala tidak dapat dibuka menggunakan android oleh karena itu diperlukan konversi ke android untuk dapt dibaca sebagai program android. Banyak sekali progarm yang ada, namun yang paling mudah digunakan adalah program Ispring yang dapat mengubah dari bahasa Office ke bahasa Internet. Bahasa internet ini akan menggunakan index untuk membukanya.
Tutorial Konversi di Android
Konversi yang kedua digunakan Website 2 Apk sebagai strategi untuk mengubah bahasa internet ke pada bahasa Andfroid. Konversi ini akan menyebabkan program akan apk yang bisa didownload dan di install ke smartphone sehingga dapat digunakan secara offline.
Materi tentang Konversi ke Android dapat didownload dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1Bi0W9jJ-3976JsJwRoTC0U6l13kbeqSA/view?usp=sharing
Hybrid Flipbook tentang Konversi ke Android dapat diakses dibawah ini:
https://drive.google.com/file/d/15nNviHYo74WUqUzdx_UUgNyRB2iJkp0C/view?usp=sharing
Media presentasi dosen untuk topik Konversi ke Android dapat diakses dibawah ini
Setelah menganalisis, membaca, melihat tutorial, dan video maupun searching di internet dengan keyword "Menubah Power Point ke Android", maka jabarkanlah bagaimana langkah-langkah untuk mengkonversi media pembelajaran power point ke android.
(Bila ada program pendukung untuk mengubah power point ke android silahkan didownload untuk pembuatan aplikasi mendatang pada pertemuan selanjutnya)
Dengan ketentuan:
1. Ditulis dalam ukuran kwarto 1 spasi maksimal 2 lembar
2. Dikirim dengan format doc atau pdf
TOPIK 6: MEDIA INTERAKTIF
TOPIK 6
MEDIA INTERAKTIF
Media interaktif merupakan media yang melibatkan peserta didik untuk berinteraksi dengan program yang dibuat. Interaksi tersebut dapat berupa memilih berbagai menu yang telah disediakan, maupun memberikan jawaban pada saat evaluasi pembelajaran. Medai pembelajaran interaktif memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk mengatur kecepatan belajarnya. Apabila peserta didik telah selesai pada pada kajian tertentu dapat berpindah ke kajian berikutnya, namun apabila masih dirasa kurang memahami dapat mengulang-ulang materi tersebut.
Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif
Media interaktif dapat dibuat dengan menggunakan banyak, namun dalam project pembuatan media interaktif ini akan diajarkan tentang pembuatan media pembelajaran yang akan dikonversi ke program komputer maupun smartphone. Media interaktif yang dibuat tentu saja harus berhubungan dengan materi pembelajaran yang berlaku di sekolah. Oleh karena itu sebelum membuat media interaktif tentu saja menentukan kajian ke kelas berapa yang akan digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif.
Media interaktif jua dapat dilakukan dengan pembuatan kuis interaktif yang dapat disettin agar jawaban muncul pada saat terajdi interaksi antara media denan jawaban yan diberikan oleh penguna seperti di bawah ini:
Video Kuis Interaktif
Materi tentang Media Interaktif dapat didownload di bawahi ini
https://drive.google.com/file/d/1ixe3IpZyJnFZiZKAowCRWPeBqe_8NVXy/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook tentang Media Interaktif dapat didownload disini https://drive.google.com/file/d/1bKqvmRXI1YS1XfdZ4cODzjWkpl2NITfU/view?usp=sharing
Presentasi tentang Pembuatan Media Interaktif dapat diakses dibawah ini
Tutorial lengkap tentang pembuatan Media Interaktif dapat didownload dengan link dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/14nqlaP25ZiD8UyjY8tc8f5k_BZTPVOTs/view?usp=sharing
Tutorial pembuatan evaluasi Check Point digital dapat diakses di sini
https://drive.google.com/file/d/18yDwpayr3SQ3L1lfnp40muC26GS_ioY2/view?usp=sharing
Silahkan mengumpulkan desain media interaktif disini
TOPIK 7: VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL
TOPIK 7
VIDEO PEMBELAJARAN
Media pembelajaran tidak lepas dari pembuatan video pembelajaran. Video pembelajaran ini bersifat audio visual sehingga memingkinkan peserta didik untuk dapat memahami penjelasan pengajar dan mengulang-ulangnya dengan memutar video tersebut. Bentuk video juga dapat digunakan untuk melengkapi berbagai elearning yang dimiliki oleh sekolah. Video pembelajaran dapat berupa mp4, wmv, format yang lainnya. Teknik pembuatan videopun juga tergolong ada yang gampang, namun juga terdapat video yang pembuatan rumit apabila dilakukan dengan merekam dengan alat video yang rumit.
Pembuatan Video Pembelajaran dengan Office
Video Pembelajarann dengan Zoom Metting
Media pembelajaran dalam bentuk video, dapat dibuat dengan mudah menggunakan aplikasi yang sudah ada baik secara offline maupun online. Pada project ini akan digunakan beberapa program yaitu dengan menggunakan Power Point 2019, maupun dengan menggunakan record zoom untuk mempermudahh pembuatannya. Kedua program ini dapat langsung mentransfer media dalam bentuk video serta dapat memunculkan wajah pengajar yang sedang melakukan pemaparan.
Materi tentang Video Pembelajaran Digital dapat didownload disini
https://drive.google.com/file/d/1AWanRkZiyyDUV5SejgxwRZMfhxsa2eBm/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook tentang pembuatan video pembelajaran digital dapat diakses disini
https://drive.google.com/file/d/18k_C6jIG4b7x6oZ72zgU_VG13xMdJsuE/view?usp=sharing
Media presentasi tentang Video Pembelajaran dapat diundah dibawah ini
TOPIK 8: MEDIA MEMFASILITASI MODEL PEMBELAJARAN
TOPIK 8
MEDIA MEMFASILITASI MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran selalu diikuti dengan pembuatan media. Berbagai model pembelajaran yang sering digunakan adalah model pembelajaran contohnya STAD, Jigsaw, Role Playing, Games Teams Tournament, Contextual Teaching and Learning dan sebagainya. Media yang dibuat nantinya akan didesain sesuai media pembelajaran yang dibuat. Berikut ini adalah contoh media yang dibuat dengan berdasar pada model atau metode pembelajaran yang digunakan.
Video Media yang Memfasilitasi Model
Dalam video tersebut terlihat bahwa media pembelajaran dapat dibuat untuk semua model pembelajaran. Media dapat digunakan secara manual maupun secara digital. Tentu saja untuk membuat media pembelajaran memperhitungkan ACTION (Acess, Cost, Technology, Interactive, Novelty). Artinya media tersebut dapat mudah diakses, murah, berteknologi, interantif dan ada pembaharuan.
Materi tentang Media Memfasilitasi Model Pembelajaran dapat didownload
https://drive.google.com/file/d/1ixe3IpZyJnFZiZKAowCRWPeBqe_8NVXy/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook tetnang Media Memfasilitasi Model Pembelajaran dapat diakses dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1GuJkTvfNHmtg_mVXg_jAMU6xbnqPm6_P/view?usp=sharingPresentasi tentang Media Pembelajaran yang memfasilitasi Model Pembelajaran dapat diakses dibawah ini
Tutorial untuk pembuatan Media yang Memfasilitasi Model Pembelajaran, contohnya Mind Mapping dapat diakses dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1DZo_fNjJZ_Ytbg0jAXnyS-jE7o3bDP9K/view?usp=sharing
- Silahkan mengumpulkan tugas disini. Pengumpulan bisa diwakili oleh temannya satu kelompok
UJIAN TENGAH SEMESTER MEDIA PEMBELAJARAN
Silahkan dapat mendownload materi disini
Silahkan mengumpulkan jawaban UTS disini
TOPIK 9: GAMES INTERAKTIF
TOPIK 9
GAME INTERAKTIF
Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh pengajar adalah model TGT (Teams Games Tournament). Model pembelajaran ini lebih dominan menggunakan metode permainan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Model pembelajaran games ini dapat dilakukan secara individu maupun secara berkelompok.
Video Dasar Teknik Pembuatan Games
Media pembelajaran yang dibuat tentu harus sesuai dengan mata pelajaran yang telah ditentukan, mudah digunakan, dan bersifat permainan. Pada kajian ini akan dibahas pembuatan games sederhana yang bersifat interaktif. Media tersebut menggunakan teknik permainan, sehhingga desainnya menyerupai materi yang dicanangnkan.
Materi tentang Games Interaktif dapat didownload disini
https://drive.google.com/file/d/1dXZt-APSZOjMPPYNBDw1b1CtUcofeF6B/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook tentang Pembuatan Games Interaktif dapat diakses disini
https://drive.google.com/file/d/1GVTLBDR-Iylp47524GvrUac5wDQl1Yx8/view?usp=sharing
Media presentasi untuk pembuatan Games Interaktif dapat diakses dibawah ini
https://docs.google.com/presentation/d/1yviDgBaYNTjUZbvfEwVkCtmNrFgEH1aG/edit?usp=sharing&ouid=101263284466535778324&rtpof=true&sd=trueTutorial pembuatan Mouse Over untuk Games Interaktif dapat diakses di
https://drive.google.com/file/d/1xuoORpOoRp9by5vmbEnCqWlFpcakvRlO/view?usp=sharing
- Buatlah games interaktif dengan ketentuan peserta didik dapat berinteraksi dalam menjalankan programnya
TOPIK 10: TUTORIAL PEMBELAJARAN
TOPIK 10
TUTORIAL PEMBELAJARAN
Pembuatan media pembelajaran tidak terlepas dari proses pembuatan secara bertahap dengan menggunakan teknologi komputer. Tahapan tersebut tentu saja harus dijelaskan secara detail kepada peserta didik. Teknik tutorial merupakan salah satu media yang tepat untuk dapat mengajarkan tahapan dari pembuatan media . Tutorial juga dapat dilengkapi dengan paparan pengajar secara langsung di dalam media yang telah dibuat.
Pembuatan Video Tutorial
Program yang digunakan untuk merekam layar dalam bentuk paparan dan visual tersebut menggunakan program snagit. Program ini akan secara langsung merekam prose spembuatan program pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami.
Materi tentang Tutorial Pembelajaran dapat didownload disini
https://drive.google.com/file/d/1dXZt-APSZOjMPPYNBDw1b1CtUcofeF6B/view?usp=sharing
Program Flipbook untuk pembuatan Tutorial Media Pembelajaran dapat diakses di bawah ini
https://drive.google.com/file/d/1DPgglW4ZKNn1xsSqttVYwKz2Dj-W00J7/view?usp=sharing
Media presentasi tentang Pembuatan Tutorial Pembelajaran dapat diunduh dibawah ini:
Silahkan mengumpulkan hasil pembuata tutorial dengan program Snagit disini
TOPIK 11: METODE PENGEMBANGAN MEDIA ADDIE
TOPIK 11
MODEL PENGEMBANGAN MEDIA DENGAN ADDIE
Setelah mempelajari berbagai teknik pembuatan media pembelajaran baik itu buku digital, video, media interaktif, tutorial, maupun games interaktif, tiba saat untuk mengimplementasikan kemampuan tersebut dalam pembuatan media pembelajaran untuk lembaga pendidikan atau instansi tertentu. Dalam mengembangan media pembelajaran tentu saja dibutuhkan pentahapan pengembangan media pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model ADDIE yang berdiri atas Analysis, Design, Development, Implementation, serta yang terakhir adalah Evaluation. Paparan materi dapat dilihat pada video berikut ini:
Video Penjelasan Materi ADDIE
Model Pengembangan Media dengan ADDIE
Tahap pengembangan media pembelajaran tentu saja dimulai dengan analisis kebutuhan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan wawancara, observasi maupun dokumentasi teknik yang sudah dilakukan. Analisis kebutuhan media ini menjadi dasar untuk dapat melak, mengengembangkan desain media pembelajaran. Langkah selanjutnya adalah develepment yaitu pengembangan media pembelajaran. Hasil dari pengembangan media tersebut kemudian di aplikasikan pada peserta didik, dan terakhir adalah mengevaluasi dari hasil media pembelajaran yang telah dibuat.
Gambar Bagan Pengembangan Model ADDIE
Materi tentang Metode Pengembangan Media ADDIE dapat didownload disini
https://drive.google.com/file/d/1dXZt-APSZOjMPPYNBDw1b1CtUcofeF6B/view?usp=sharing
Program Android tentang Metode Pengembangan ADDIE
https://drive.google.com/file/d/1k98g_9Nwkw052ggqLoTi28uZGxpHl7_z/view?usp=sharing
Program Flipbook tentang Metode Pengembangan Media dapat diakses dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1DPgglW4ZKNn1xsSqttVYwKz2Dj-W00J7/view?usp=sharing
Presentasi tentang Metode Pengembangan Media ADDIE dapat diakses di bawah ini
TOPIK 12. PENGEMASAN CD PEMBELAJARAN
TOPIK 12
PENGEMASAN CD PEMBELAJARAN
Pembuatan CD Pembelajaran, tidak dapat lepas dengan proses akhir yaitu pengemasan CD pembelajaran. Pengesamasan ini dimaksudkan untuk membuat CD pembelajaran yang telah dibuat diletakkan pada wadahnya untuk melindungi CD agar tidak rusak, kemasan CD juga digunakan untuk memberikan identitas, kerapian, dan memberikan gambaran isi dari CD yang ada di dalamnya. Dalam bisnis pengemasan CD sangat hati-hati dilakukan karena dapat menarik perhatian dari pembeli untuk menggunakan CD pembelajaran yang dibuat.
Video Pengemasan Media
Pengemasan CD Pembelajaran kadang dirasa sulit, namun sebenarnya pengemasan CD tersebut mudah dilakukan. Pada bab-bab sebelumnya sudah dibahas tentang desain dan teknik penggabungan gambar, tulisan maupun warna, sehingga pada desain pengemasan CD tentu saja tidak terlalu susah dilakukan. Pengemasan CD terdiri atas cover luar yang berukuran 13 x 18 cm, dan label yang ditempel di CD berbentuk bulat. Pembuatannya cukup menggunakan Microsoft Power Point dan Microsoft Word untuk finishing dan cetaknya.
Materi Pengemasan CD Pembelajaran dapat didownload disini
https://drive.google.com/file/d/1dXZt-APSZOjMPPYNBDw1b1CtUcofeF6B/view?usp=sharing
Hybrid Flipbook tentang Pengemasan CD Pembelajaran dapat didownload dengan link dibawah ini https://drive.google.com/file/d/1dXZt-APSZOjMPPYNBDw1b1CtUcofeF6B/view?usp=sharing
Program Hybrid Flipbook pada proses Pengemasan CD Pembelajaran dapat diakses di
https://drive.google.com/file/d/1DPgglW4ZKNn1xsSqttVYwKz2Dj-W00J7/view?usp=sharing
Presentasi pengemasan media dapat diakses dibawah ini
Silahkan mengumpulkan desain CD disini
TOPIK 13: OBSERVASI ANALISIS KEBUTUHAN SEKOLAH
TOPIK 13
OBSERVASI ANALISIS KEBUTUNAN MEDIA
Pada hari ini akan dilaksanakan analisis kebutuhan media . Analisis ini berdasarkan pada tahapan model ADDIE . Analisis kebutuhan tersebut berdasarkan pada pemikiran adanya singkronisasi media dengan peserta didik. Target dalam kegiatan observasi ini adalah buktu penilaian pembelajaran. Tahap analisis kebutuhan ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi maupun dokumentasi.
Pada analisis kebutuhan media yang telah diuraikan menimbulkan ide yang berasal dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Ide-ide tersebut kemudian dijadikan rujukan untuk dapat membuat perancangan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan lembaga maupun instansi tertentu.
Presentasi tentang Observasi Analisis Kebutuhan Sekolah dapat didownload berikut ini
Silahkan mengumpulan hasil observasi berdasarkan dari wawancara kepada pelaku pendidikan maupun instansi yang berhubungan dengan pendidikan disini
TOPIK 14: Project Desain dan Developtment Media
TOPIK 14
PROJECT DESAIN DAN DEVELOPMENT MEDIA
Desain merupakan inti dari pengembanga media pembelajaran. Desain pembelajaran yang kreatif, akan menjadikan media terkesan bagus dan bisa dinikmati. Secara umum semua desain media pembelajaran memperhatikan berbagai hal terutama layout, pemilihan gambar, pemilihan warna, gambar dan video.Teknik desain dapat dimulai dengan mempelajari tentang desain. Pada tahap desain maka dimulai dengan mengumpulkan berbagai elemen yang digunakan untuk menyusun buku digital. Pengumpulan elemen media pembelajaran tersebut.Proses pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan cara memasukkan unsur-unsur bahan yang sudah didapatkan dari proses desain tersebut. Proses dini akan memadukan berbagai topik yang telah dipaparkan sebelumnya. Pada tahapan pengembangan ini muncul beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat media pembelajaran.
Presentasi tentang Pembuatan Project Desain dan Development dapat diakses di
Tutorial tentang pembuatan Navigasi Project Desain dan Development Meida dapat diakses di bawah ini
https://drive.google.com/file/d/1LgBGFpMaVlWcqRqhIdDUHvggre2L2Dnr/view?usp=sharing
Tutorial pembuatan Pulldown Menu untuk Project Desain Media dapat diakses dibawah ini
https://drive.google.com/file/d/1rkrh_h89KKQD8QlpkB9m3xiWLxk9mqLl/view?usp=sharing
Silahkan mengumpulkan progres pengembangan media seperti instrumen yang telah dibuat
TOPIK 15: IMPLEMENTASI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
TOPIK 15
IMPLEMENTASI PEMBUATAN MEDIA
Tahap penerapan modia pembelajaran adalah praktik dengan menggunakan media pembelajaran yang telah dibuat. Pada tahap ini mulai dilakukan review terhadap minimal dua kajian yaitu ahli materi, dan ahli media. Kedua masukan dari ahli media dan materi pembelajaran tersebut kemudian dijadikan rujukan untuk mereview kurikulum ini.Presentasi tentang Implementasi Pembuatan Media dapat diakses dibawah ini
Tutorial pembuatan Media Picture and Picture dapat dilihat di
https://drive.google.com/file/d/1WzQfBe-VEt6FE4He09tf28dhpcR1DWZk/view?usp=sharing
Silahkan mengumpulkan Media Pembelajaran dalam bentuk zip dan berbasis android berdasarkan pada project yang dibuat berdasarkan analisis kebutuhan
TOPIK 16: UJIAN AKHIR SEMESTER (JURNAL)
UJIAN AKHIR SEMESTER
Ujian Akhir Semester menggunakan teknik pembuatan artikel yang disusun berdasarkan project yang telah dibuat. Isi jurnal meliputi judul, abstrak, Latar Belakang, Metode, dan Kesimpulan
Silahkan mengumpulkan tugas artikel dalam bentuk jurnal disini
PENUTUP
PENUTUP
Kami ucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah menempuh mata Kuliah Media Pembelajaran. Mahasiswa semua telah mempunyai kompetensi dalam bidang pembuatan media pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam semua bidang pembelajaran. Kompetensi yang kalian miliki antara lain:
- Penguasaan materi tentang media pembelajaran dan jenis-jenisnya.
- Teknik desain media pembelajaran
- Pembuatan media pembelajaran interaktif
- Pembuatan media berbasis android
- Pembuatan video dan video tutorial
- Pembuatan buku digital
- Pembuatan games pembelajaran
- Pembuatan proyek CD Pembelajaran media dengan tahapan ADDIE
- Pembuatan jurnal media
Kompetensi tersebut menjadikan bekal untuk dunia kerja khususnya di pendidikan dan menjadikan kemampuan softskill bertambah. Pembelajaran ini tentu saja akan digunakan sebagai dasar mata kuliah selanjutnya.
SELAMAT DAN SUKSES
GLOSARIUM
Dapat didownload di link https://drive.google.com/file/d/1XRMrw-T117eryWXANvgeefmTkAoKNsWP/view?usp=sharing