Topic outline

  • Perkenalan Mata Kuliah

    Selamat bergabung di Kelas e-Learning

    Pengantar Arsitektur (TKA 1101) 

    Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak. 

    IDENTITAS MATA KULIAH

    Nama Mata Kuliah   : Pengantar Arsitektur
    Kode Mata Kuliah    : TKA 1101
    Beban SKS            : 3 SKS
    Jenjang                    :  Sarjana (S1)
    Perguruan Tinggi     : Universitas Tanjungpura


    Pengantar Arsitektur


     


  • Topik 1: Asal Mula Budaya Arsitektur

    Deskripsi Materi
    Pokok bahasan ini berhubungan dengan pengenalan umum arsitektur  sebagai salah satu bentuk budaya manusia
    dan awal mula budaya arsitektur terbentuk dalam diri manusia dan lingkungannya.
    Capaian Pembelajaran
    • Anda akan dapat dapat memahami pengaruh perkembangan budaya terhadap perkembangan karya arsitektur.
    • Anda akan dapat memahami bidang disipilin ilmu lain terhadap arsitektur seperti struktur, perilaku, industri bangunan, ekonomi teknik dan lain-lain.
    • Anda akan dapat menata profil diri berdasar standar kualifikasi dan kompetensi dibidang profesi arsitek dan relevansinya dengan profesi lain.
    Indikator Capaian 

    Dapat menguraikan hubungan peradaban kebudayaan dengan perkembangan arsitektur.

    Dapat menyimpulkan apa pengertian dan makna arsitektur terkait dengan budaya manusia.

    Dapat menjelaskan proses perencanaan dan perancangan dalam arsitektur.

    Dapat menjelaskan hubungan antara perilaku dan lingkungan arsitektur.

    Dapat menyimpulkan pentingnya evaluasi purna huni dalam pengembangan arskitektur.

    1. Topic 2

      Teori, Kritik dan Sejarah Arsitektur

      Teori sejarah, berkaitan utk menelaah atau mempelajari memahami arsitektur. Teori membicarakan ttg apaka arsitektur itu apa yg harus dilakukannya, dan bagaimana merancangnya. mSejarah berkaitan dengan teori, membahas mengkaji peristiwa, metode perancangan yg digunakan, dan hingga bangunan-bangunannya. Kritik arsitektur tidak selalu tentang subjek pengkajian para arsitek, tetapi sebagai proses dan catatan tanggapan terhadap lingkungan buatan, kritik langsung berkaitan dengan teori dan sejarah, sejarah itu menceritakan hasil yang terjadi, sejarah ini bentuk kritik juga. Memadukan menjadi salah satu dasar bagi kita utk pengkajian dan praktek arsitektur.


    2. Topic 3

      Industri Bangunan

      Jaman dulu masyarakat tidak memiliki banyak kemauan dalam hal membangun rumah atau gedung lainnya. Namun seiring perkembangan jaman bahkan dalam dunia kearsitekturan maka banyak sekali masyarakat yang tidak puas dengan gedung atau bangunan yang seadanya saja. Mereka memilih untuk membuat gedung yang mereka miliki menjadi semakin berkarakter dengan desain semaksimal mungkin. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap adanya perkembangan industri bangunan atau material

    3. Topik 4 - Pengkajian Lingkungan dan Perilaku

      PENGKAJIAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU
      Deskripsi Materi

      Manusia tinggal/hidup dalam suatu lingkungan. Sehingga manusia dan lingkungan saling berhubungan dan saling mempengaruhi.

      Lingkungan – Manusia saling mempengaruhi, lingkungan dapat merubah perilaku manusia dan manusia dapat merubah lingkungan


      Capaian Pembelajaran
      • Anda akan dapat menjelaskan dan membedakan lingkungan yang terkait dengan diri manusia
      • Anda akan dapat menjelaskan konsep naungan sebagai tanggapan manusia terhadap kondisi lingkungan
      • Anda akan dapat menjelaskan hubungan antara manusia dan lingkungan


    4. Topic 5

      PENGEMBANGAN DAN EKONOMI BANGUNAN

      Ekonomi teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang analisis ekonomi untuk pekerjaan teknik dengan kriteria efisiensi ekonomi agar diperoleh suatu keputusan yang baik secara ekonomi.
    5. Topic 6

      PROSES PERENCANAAN ARSITEKTUR

      Arsitektur merupakan satu kesatuan antara masukan - proses - produk yang mendukung dalam perancangan Arsitektur. Perencanaan adalah sebuah proses untuk menetapkan tindakan yang tepat di masa depan melalui pilihan-pilihan yang sistematik (Paul Davidov, 1982).

    6. Topic 7

      PERSEPSI DALAM ARSITEKTUR

      Secara psikologi persepsi berkaitan dengan bagaimana cara seseorang berhubungan dengan lingkungannya. Bagaimana cara seseorang mengumpulkan informasi dan menginterpretasikannya. Hal ini menjadi dasar kontinuitas proses belajar, mengambil keputusan, menginterpretasikan, dan bereaksi terhadap lingkungan. Ini terjadi sejak seseorang dilahirkan dan berlangsung terus sepanjang hidupnya.
    7. Topik 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

      UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

    8. Topic 9

      PROSES PERANCANGAN ARSITEKTUR

      Perancangan adalah usulan pokok yang mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik, melalui tiga proses: mengidentifikasi masalah-masalah, mengidentifikasi metoda untuk pemecahan masalah, dan pelaksanaan pemecahan masalah. Dengan kata lain peraancangan adalah pemograman, penyusunan rancangan, dan pelaksanaan rancangan (John Wade, 1997).

    9. Topic 10

      KONSEP ARSITEKTUR

      Konsep merupakan dasar untuk mengembangkan rancangan, dengan demikian sebelum rancangan dikembangkan maka perlu dirumuskan terlebih dahulu konsepnya. Konsep dapat menjadi dasar bagi arahan perancangan untuk mencapai hasil akhir yang baik dan optimal. Konsep dapat menjadi dasar bagi arahan perancangan untuk mencapai hasil akhir yang baik dan optimal. Konsep menjadi landasan untuk mengarahkan bagaimana bangunan dibentuk dan diolah.

    10. Topic 11

      STRUKTUR DALAM ARSITEKTUR

      Struktur adalah metoda untuk mewujudkan gaya ekstern menjadi mekanisme pemikulan beban internal sehingga dapat mendukung konsep arsitektural. Hubungan antara bentuk dan struktur dalam arsitektur dapat berkaitan dalam berbagai cara yang beragam mulai dari dominasi struktur secara penuh pada arsitektur yang ekstrim hingga pengabaian sepenuhnya persyaratan struktural dalam penentuan bentuk bangunan dan pengolahan estetikanya.

    11. Topic 12

      PENELITIAN ARSITEKTUR

      Kegunaan penelitian arsitektur adalah untuk memahami keinginan si pemakai tanpa mengabaikan kondisi tapak/lingkungan setempat, dan akhirnya menterjemahkan ke dalam bentuk suatu disain. Untuk mendapatkan hal-hal tersebut, maka seorang arsitek harus melakukan penelitian, survai, pengumpulan data, analisis, sintesis, dan konsepsi.

    12. Topic 13

      APLIKASI KOMPUTER ARSITEKTUR

      Penggunaan aplikasi komputer untuk pekerjaan arsitektur semakin berkembang. hampir seluruh proses desain dan presentasi menggunakan aplikasi dalam arsitektur. berikut dikenalkan beberapa aplikasi yang dipergunakan dalam arsitektur untuk memberikan gambaran perkembangan dunia digital dalam arsitektur.

    13. Topic 14

      EVALUASI PURNA HUNI

      Evaluasi Pasca Huni (EPH) adalah proses evaluasi terhadap bangunan dengan cara sistematis dan teliti setelah bangunan selesai dibangun dan telah dipakai untuk beberapa waktu. Evaluasi Pasca Huni (EPH) adalah kegiatan dalam rangka penilaian tingkat keberhasilan suatu bangunan dalam memberikan kepuasan dan dukungan kepada penghuni, terutama dalam pemenuhan kebutuhan-kebutuhannya. Penggunaan EPH adalah untuk menilai tingkat kesesuaian antara bangunan (lingkungan binaan) dengan nilai-nilai dan kebutuhan penghuni/ pemakainya dan sebagai masukan dalam merancang bangunan dengan fungsi yang sama.

    14. Topic 15

      UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)