Topic outline
Profil Matakuliah Profesi Kependidikan
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat datang rekan-rekan mahasiswa di matakuliah Profesi Kependidikan. Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib yang disajikan untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika pada semester gasal dengan kode matakuliah KIP19003 bobot 2 SKS. Pada matakuliah ini dibahas tentang sejarah profesi keguruan di Indonesia, konsep dasar hakikat pendidikan, hakikat profesi kependidikan, etika dan sikap professional guru, pengembangan profesi guru, penilaian kinerja guru, kompetensi guru, kebijakan perlindungan dan penghargaan terhadap guru, serta peran guru dalam proses pembelajaran.
Dengan mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa menguasai konsep-konsep profesi kependidikan dalam rangka pengembangan profesi guru serta peningkatan kompetensi guru yang berguna sebagai bekal dalam mempersiapkan profesi kependidikannya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Matakuliah ini memberi pemahaman kepada mahasiswa mengenai:
- Sejarah singkat profesi guru di Indonesia
- Konsep dasar hakikat pendidikan
- Hakikat
profesi kependidikan
- Etika dan sikap profesional guru
- Pengembangan profesi guru
- Penilaian kinerja guru
- Kompetensi guru
- Kebijakan perlindungan dan penghargaan terhadap guru
- Peran guru dalam proses pembelajaran
- Fenomena-fenomena yang sering terjadi dalam dunia profesi kependidikan
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) yang diharapkan dalam matakuliah Profesi Kependidikan pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA), yaitu:
- Mampu menjelaskan sejarah singkat Profesi Guru
di Indonesia;
- Mampu menjelaskan konsep dasar hakikat
pendidikan, sikap profesional guru, dan etika dasar guru;
- Mampu menjelaskan komponen-komponen dan
tahapan-tahapan pengembangan profesi kependidikan;
- Mampu mempraktikkan konsep penilaian kinerja
guru;
- Mampu menganalisis kebijakan perlindungan dan
penghargaan terhadap guru;
- Mampu menjelaskan konsep dasar etika profesi
keguruan;
- Mampu menjelaskan kompetensi guru;
- Mampu menganalisis fenomena-fenomena yang sering
terjadi dalam dunia profesi kependidikan.
- Mampu menjelaskan sejarah singkat Profesi Guru
di Indonesia;
Kegiatan pembelajaran matakuliah Profesi Kependidikan terdiri dari beberapa tahapan baik materi penyampaian atau asesemen yang dilakukan. Materi pembelajaran dimulai dari sejarah singkat profesi guru di Indonesia, konsep dasar hakikat pendidikan, komponen-komponen dan tahapan-tahapan pengembangan profesi kependidikan, konsep penilaian kinerja guru, kebijakan perlindungan dan penghargaan terhadap guru, konsep dasar etika profesi kependidikan, kompetensi guru, serta fenomena-fenomena yang sering terjadi dalam dunia profesi kependidikan. Sedangkan asesmen yang dilakukan yaitu diskusi insentif bersama dosen dan mahasiswa, latihan, tugas pada setiap pokok bahasan, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS).
Untuk lebih lengkapnya telah disajikan pada rencana pembelajaran di bawah ini:
Struktur pelaksanaan dalam perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan mata kuliah ini selama kurun waktu satu semester (4-6 bulan). Adapun struktur pelaksanaan perkuliahan ini sebagai berikut:
Mahasiswa diwajibkan membaca semua materi dan konten yang diberikan pada setiap pokok pembahasan yang ditunjukkan dengan keaktifan dalam diskusi dan mengerjakan latihan;
Setiap pokok bahasan, akan diberikan tugas sebagai bagian dari evaluasi. Tugas ini, digunakan untuk mengetahui sejauh mana peguasaan mahasiswa terhadap pokok bahasan tersebut;
Mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS), setelah menguasai tujuh pokok pembahasan. Penguasaan terhadap pokok pembahasan ditunjukkan dengan nilai latihan dan tugas setiap pertemuan;
Apabila mahasiswa sudah mampu menguasai semua topik pembahasan pada setiap pertemuan, mahasiswa dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS);
Semua aktivitas perkuliahan mata kuliah ini, dapat terlacak di LMS ini.
Dalam perkuliahan ini, model asesmen yang digunakan sebagai bentuk penilaian matakuliah Profesi Kependidikan sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif dalam proses pembelajaran secara mandiri yang memungkinkan dapat melalui: a) refrensi yang tersedia, b) memanfaatkan sumber internet sebagai bahan referensi, c) aktif mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara daring, d) aktif melakukan diskusi dalam topik pembahasan, e) mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan setiap pertemuan, dan f) mengikuti ujian online dan offline yang dilakukan secara mandiri;
- Mengingat perkuliahan ini menggunakan sistem daring, maka dosen pengampu menggunakan instrumen sebagai berikut: a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi, b) keteraturan dalam menyelesaikan latihan, c) kelengkapan dalam pengumpulan tugas, d) mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).
- Sistem penilaian dalam matakuliah ini, diberi bobot dalam setiap komponen: Diskusi insentif bersama dosen dan mahasiswa (15%), Tugas (20%), Latihan (20%), Ujian Tengah Semester (20%), dan Ujian Akhir Semester (25%). Dengan penilaian ini, diharapkan mahasiswa dapat memperhatikan dengan seksama dan mengikuti perkuliahan ini dengan sebaik-baiknya.
Identitas Dosen
Identitas Diri
Nama : Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.Pd
NIDN : 0707028401
TTL : Lumajang, 07 Februari 1984
Agama : Islam
Kantor : Jl. Danau Sentani, No. 99 Malang
Rumah : Pondok Blimbing Indah C7/7 Malang HP/WA : 081334744616
Email : febidwi07@gmail.comNama : Eko Yuniarto, S.Si., M.Pd
NIDN : 0713068204
TTL : Malang, 13 Juni 1982
Agama : Kristen
Kantor : Jl. Danau Sentani, No. 99 Malang
Rumah : Jl. Comal VI/9 RT 4 RW 17 Bunulrejo Malang
Email : cutekiedz13@gmail.comFebi Dwi Widayanti dilahirkan di Lumajang, Jawa Timur pada tanggal 7 Februari 1984, anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Bapak Edy Suroso dan Ibu Sunarsih. Pendidikan TK ditempuh di TK Dharma Wanita Senduro Lumajang lulus tahun 1991, pendidikan sekolah dasar ditempuh di SD Negeri 4 Senduro Lumajang lulus tahun 1997, pendidikan menengah pertama ditempuh di SMP Negeri 1 Senduro Lumajang lulus tahun 2001, dan pendidikan menengah atas ditempuh di SMU Negeri 3 Lumajang lulus tahun 2003.
Pendidikan selanjutnya ditempuh di Universitas Negeri Malang jurusan Pendidikan Kimia FMIPA lulus tahun 2007. Gelar Magister Pendidikan Kimia diraih pada tahun 2010 di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Karirnya sebagai tenaga pengajar dimulai tahun 2013 sebagai dosen tetap yayasan Universitas Wisnuwardhana prodi Pendidikan Matematika FKIP.
Eko Yuniarto dilahirkan di Malang, Jawa Timur 13 Juni 1982. Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Alm Bapak Prof. Supriyanto dan Ibu Indra Susana. Pendidikan TK ditempuh di TK Indria Rini Malang lulus tahun 1988. Pendidikan SD ditempuh di SDN 9 Bunulrejo Malang lulus tahun 1994. Pendidikan SMP ditempuh di SMPN 1 Malang lulus tahun 1997. Pendidikan SMA ditempuh di SMAN 4 Malang lulus tahun 2000.
Pendidikan selanjutnya ditempuh di Universitas Negeri Malang Jurusan Kimia FMIPA lulus tahun 2006. Gelar Magister Pendidikan Kimia diraih pada tahun 2015 di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Karirnya sebagai tenaga pengajar dimulai tahun 2011 sebagai dosen tetap yayasan Universitas Wisnuwardhana prodi Pendidikan Matematika FKIP.
Referensi yang digunakan dalam matakuliah ini, yaitu:
- Widayanti, F. D. 2021. Profesi Kependidikan. Malang: Unidha Press.
- Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama.
- Soetjipto & Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mahsunah, D., dkk. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Suyanto & Asep Djihad. 2012. Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Selamat mengikuti perkuliahan Profesi Kependidikan. Dalam perkuliahan ini, akan ada berbagai pokok pembahasan selama pertemuan. Di samping itu juga, dalam setiap pertemuan akan ada diskusi, latihan, dan tugas. Di akhir pertemuan akan ada Ujian Akhir Semester (UAS).
Semoga berhasil dan selamat mengikuti perkuliahan ini sampai selesai. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.Pd
Pertemuan 1
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-1 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami alur, tujuan, dan hal-hal yang penting untuk diperhatikan selama perkuliahan berlangsung.
Pada pertemuan ke-1 ini mahasiswa diminta untuk memahami profil dari matakuliah Profesi Kependidikan, yaitu:
- Deskripsi Matakuliah
- Capaian Pembelajaran Matakuliah
- Program Pembelajaran
- Struktur Pelaksanaan
- Model Asesmen
Berikut ini merupakan video pengantar yang berisi tentang "Tips Menjadi Guru Profesional"
Silahkan disimak!
Silahkan mengikuti kuliah Profesi Kependidikan dengan cara klik Video Conference Pertemuan 1
Atau bisa join zoom meeting dengan menggunakan ID dan Passcode berikut:
Meeting ID: 997 5048 7709
Passcode: profesi
Pertemuan 2
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-2 ini, yaitu mahasiswa mampu menganalisis proses dan sejarah kemunculan profesi guru.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Sejarah Profesi Kependidikan di Indonesia.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Rekan-rekan mahasiswa berikut disajikan video tentang tayangan pendidikan Indonesia di Era Kolonial Belanda pada Tahun 1928. Silahkan disimak!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Buatlah resume secara singkat tentang sejarah profesi guru di Indonesia!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.doc .docx .pdf .rtf .jpeg .png)
Pertemuan 3
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-3 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami dasar, fungsi, tujuan, pendidikan nasional, dan tugas, hak, serta kewajiban tenaga pendidik.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Pada forum ini silahkan rekan-rekan mahasiswa menyampaikan pertanyaan/tanggapan/pendapat terkait materi yang telah dipelajari!
Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Jelaskan tentang hakikat pendidikan, serta mengapa pendidikan itu sangat penting untuk kelangsungan kehidupan manusia? Uraikan penjelasan Anda secara lengkap dan jelas!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.doc .docx .pdf .rtf .jpeg .png)
Pertemuan 4
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-4 ini, yaitu:
- Mahasiswa mampu menganalis pengertian profesional, profesi dan profesionalisme kerja, asas pokok profesionalisme.
- Mahasiswa mampu mengetahui aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan profesionalisme, karakteristik profesionalisme, watak kerja seorang profesionalisme.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Konsep Dasar Profesi Keguruan.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Buatlah sebuah uraian singkat tentang manfaat Anda mempelajari mata kuliah profesi pendidikan dalam hubungannya dengan tugas Anda sebagai guru!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.doc .docx .pdf .rtf .jpeg .png)
Pertemuan 5
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-5 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami alur pengembangan profesi guru, serta mampu berpikir kritis terhadap kebijakan profesi guru.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Kebijakan Pengembangan Profesi Guru.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Apa yang Anda pahami tentang sertifikat pendidik dan sertifikasi Guru? Bagaimana pendapat Anda tentang sertifikasi guru jika dikaitkan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia? Uraikan penjelasan Anda secara lengkap dan jelas!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.doc .docx .pdf .rtf .jpeg .png)
Pertemuan 6
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-6 ini, yaitu mahasiswa mampu menjelaskan pengertian penilaian kinerja guru, persyaratan dan prinsip penilaian kinerja guru, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru dengan sistematis
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Penilaian Kinerja Guru.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Carilah sanksi yang diterima jika melakukan pelanggaran terhadap Permenneg PAN 7 RB N0. 16/2009!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.doc .docx .pdf .rtf .jpeg .png)
Pertemuan 7
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-7 ini, yaitu mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem perlindungan dan penghargaan terhadap guru.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Perlindungan dan Penghargaan terhadap Guru.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perlindungan Bagi Guru. Dalam Pasal 2 ayat 2 dijelaskan bahwa perlindungan guru mencakup empat hal yakni perlindungan hukum dari kekerasan, perlindungan profesi, perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja serta perlindungan hak dan kekayaan intelektual. Jelaskan masing-masing empat perlindungan tersebut!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.doc .docx .pdf .rtf .jpeg .png)
Pertemuan 8
Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) diwajibkan telah mempelajari materi dan menyelesaikan latihan dan tugas mulai dari pertemuan 1 sampai pertemuan 7. Soal UTS yang diberikan terdiri dari 10 soal, di antaranya 5 soal pilihan ganda dan 5 soal essai dalam waktu 90 menit.
Petunjuk Umum
- Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan secara daring, sehingga ketika Anda mengikuti UTS ini maka Anda sudah berjanji untuk berlaku jujur walaupun tidak ada yang mengawasi.
- Walaupun sistem ujian secara daring, anda tidak diperbolehkan mencari jawaban di internet.
- Tidak boleh bekerja sama dengan siapapun.
- Anda boleh submit mengerjakan soal UTS dua kali dan nilai submit yang diambil adalah nilai yang tertinggi.
Pertemuan 9
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-9 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami konsep dasar etika profesi kependidikan.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Etika Profesi Guru.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Bila anda dimintai pendapat tentang kode etik guru Indonesia, bagaimana menurut pendapat anda apakah kode etik tersebut terlalu mengikat guru atau malah membantu mempertahankan profesi keguruan? Lengkapi jawaban anda dengan memperhatikan butir-butir kode etik tersebut!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Setiap kelompok beranggotakan maksimal 5 mahasiswa
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 10
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-10 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami secara kongkrit sikap-sikap profesional guru yang telah disebutkan.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Sikap Profesional Guru.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Kerjakan soal-soal berikut ini:
- Sasaran sikap profesional guru adalah sikap terhadap perundang-undangan. Jelaskan!
- Sasaran sikap profesional guru adalah sikap terhadap organisasi profesi. Jelaskan!
- Sasaran sikap profesional guru adalah sikap terhadap sekolah. Jelaskan!
- Sasaran sikap profesional guru adalah sikap terhadap anak didik. Jelaskan!
- Sasaran sikap profesional guru adalah sikap terhadap mitra/masyarakat. Jelaskan!
- Sasaran sikap profesional guru adalah sikap terhadap orang tua/wali siswa. Jelaskan!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Setiap kelompok beranggotakan maksimal 5 mahasiswa
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 11
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-11 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami peranan guru dalam proses pembelajaran, masalah-masalah internal dan eksternal belajar dan pengolahan sumber belajar.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Peranan Guru dalam Proses Pembelajaran.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Berikan tanggapan Anda, mengapa pendidikan karakter perlu diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran? Bagaimana cara mengintegrasikan pendidikan karakter kepada para siswa?
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Setiap kelompok beranggotakan maksimal 5 mahasiswa
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 12
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-12 ini, yaitu mahasiswa mampu memahami empat kompetensi guru.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Standar Kompetensi Guru.
Untuk materi selengkapnya dapat dipelajari di bawah ini:
Silahkan dipahami materi tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Jelaskan secara rinci 4 (empat) kompetensi yang perlu dikuasai seorang guru berdasarkan PP Nomor 74 tahun 2008? Upaya apa yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi keempat kompetensi yang dimaksudkan?
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Setiap kelompok beranggotakan maksimal 5 mahasiswa
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 13
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-13 ini, yaitu mahasiswa mampu menganalisis kendala pengembangan profesi guru.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Kendala Pengembangan Profesi Guru.
Berikut ini merupakan artikel tentang permasalahan-permasalahan terkait dengan profesi guru:
Sumber: Slameto. 2014. Permasalahan-Permasalahan Terkait dengan Profesi Guru SD. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. Vol 4, No 3, Hal 1-12.
Silahkan dibaca dan dianalisis artiket tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Jelaskan masalah-masalah yang sering dialami guru dalam melaksanakan profesinya di tengah-tengah masyarakat yang multidimensional saat ini! Uraikan penjelasan Anda secara lengkap dan jelas!
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Setiap kelompok beranggotakan maksimal 5 mahasiswa
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 14
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-14 ini, yaitu mahasiswa mampu memberikan analisis dan refleksi fenomena guru terpuji/teladan.
Rekan-rekan mahasiswa berikut disajikan video tentang tayangan Kisah Inspiratif Guru Teladan. Silahkan disimak!
Dari video tersebut, silahkan dianalisis!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Buatlah sebuah refleksi diri tentang sosok guru matematika yang ideal!
Petunjuk!
- Dikerjakan secara individu
- Dibuat dengan menggunakan narasi (cerita pendek), dengan dilengkapi gambar sosok guru yang ideal (jika diperlukan).
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 15
Capaian Pembelajaran Matakuliah Profesi Kependidikan pada pertemuan ke-15 ini, yaitu mahasiswa mampu memberikan analisis dan solusi fenomena pelanggaran etika oleh guru.
Rekan-rekan mahasiswa pada pertemuan ini topik materi yang akan dibahas yaitu tentang Fenomena Pelanggaran Etika oleh Guru.
Berikut ini merupakan artikel tentang etika profesi guru:
Sumber: Astuti, P. 2012. Etika Profesi Sebagai upaya Preventif untuk Meminimalisasi Pelanggaran Hukum yang Dilakukan oleh Guru. ARENA HUKUM. Volume 6, Nomor 3, Desember 2012, Halaman 155-226.
Silahkan dibaca dan dianalisis artiket tersebut!
Pada forum diskusi ini, rekan-rekan mahasiswa harus aktif berpartisipasi karena kegiatan diskusi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian.
Sampaikan hasil diskusi kalian pada kolom diskusi. Selamat berdiskusi!Untuk mengukur pemahaman kalian tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Tugas
Carilah sebuah kasus pelanggaran etika yang dilakukan oleh guru. Sumber informasi dapat diperoleh dari media cetak atau media elektronik.
Petunjuk
- Tugas dikerjakan berkelompok
- Setiap kelompok beranggotakan maksimal 5 mahasiswa
- Tugas diketik rapi (pada kertas ukuran A4, menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, menggunakan spasi 1,5)
- Cantumkan sumber yang didapat
- Tugas dikirim/diupload dalam bentuk file (.pdf)
Pertemuan 16
Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) diwajibkan telah mempelajari keseluruhan materi dan menyelesaikan latihan dan tugas. Soal UAS yang diberikan terdiri dari 10 soal pilihan ganda yang dikerjakan dalam waktu 90 menit.
Petunjuk Umum
- Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan secara daring, sehingga ketika Anda mengikuti UAS ini maka Anda sudah berjanji untuk berlaku jujur walaupun tidak ada yang mengawasi.
- Walaupun sistem ujian secara daring, anda tidak diperbolehkan mencari jawaban di internet.
- Tidak boleh bekerja sama dengan siapapun.
- Anda boleh submit mengerjakan soal UAS dua kali dan nilai submit yang diambil adalah nilai yang tertinggi.