Ringkasan Mingguan

  • Umum

    saas

    Selamat Datang di Kelas Mata Kuliah Program PJJ Tahun Akademik 2021/2022
  • Pendahuluan


    WU00005 | TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI AUD | 2SKS


    Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtra buat anda semuanya. 

    Seluruh Mahasiswa, Selamat Datang di Kuliah Daring ini pada Mata Kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Perkenalkan nama saya Syamsul Alam Ramli, S.Pd., M.Pd. Anda dapat menyapa saya dengan sebutan Pak Alami. Saya adalah dosen pengampuh anda dan salam kenal semuanya. 

    Seluruh Mahasiswa, dimana pun anda berada.  Perlu anda ketahui Mata Kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD dilaksanakan selama enam belas pertemuan. Selama  enam belas pertemuan anda diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam kuliah daring  ini yakni menceklis kehadiran, mempelajari materi inisiasi, materi pendukung, modul, dll.  Kemudian selama enam belas kali pertemuan, anda juga diharapkan berpartisipasi dalam diskusi dan latihan, kuis, tugas wajib, UTS dan UAS. 

    Selamat melaksanakan kuliah daring WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD, semoga semuanya lancar dan sukses selalu. Terima kasih

    Billahi Fi Sabililhaq Fastabiqul Khaerat 

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


    Dosen Pengampuh MK

    12

    (Syamsul Alam Ramli, S.Pd., M.Pd)

    (Alamat Email: syamsulalamramli@gmail.com)
    (No. WA: 085341900690)


    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD merupakan mata kuliah pengembangan diri yang berbasis content digital yang membahas dasar-dasar teknologi informasi dan komunikasi, pemanfaatan, dan penerapan untuk meningkatkan kemampuan skill dalam pengoperasian komputer dan internet dalam pendidikan dan pembelajaran yang diharapkan menjadi topik tantangan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mempelajarari TIK untuk Satuan Pendidikan. Muatan pembelajaran TIK adalah 1) pembelajaran berbasis TIK di Satuan Pendidikan; 2) jenis dan ragam TIK;  3) merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan nilai agama dan moral anak usia AUD; 4) merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan fisik motorik usia AUD ; 5) merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan kognitif anak usia AUD; 6) merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan bahasa usia AUD; 7) merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan sosial emosional anak usia AUD; 8) merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan seni anak usia AUD; 9) membuat media pembelajaran topik pengenalan angka bagi anak AUD; membuat media pembelajaran topik pengenalan huruf A-Z bagi AUD; 10) membuat media pembelajaran topik pengenalan huruf hijaiyah bagi anak AUD; 11) membuat media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan angka bagi anak AUD; 12) membuat media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan huruf A-Z bagi AUD; 13) membuat media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan huruf hijaiyah bagi AUD; 14) menciptakan aplikasi program pembelajaran di Satuan Pendidikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.


    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

    1. Menjelaskan pembelajaran berbasis TIK di Satuan Pendidikan
    2. Menjelaskan jenis dan ragam TIK
    3. Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan
    4. Membuat media pembelajaran tentang pengenalan angka, huruf A-Z, huruf hijaiyah bagi AUD
    5. Membuat media pembelajaran berbasis TIK tentang pengenalan bunyi/suara bagi AUD
    6. Menciptakan program pembelajaran di Satuan Pendidikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi 


    PETUNJUK MENGIKUTI PERKULIAHAN

    Untuk mengikuti kuliah (Kode MK) Mata Kuliah, akan digunakan 3 ruang belajar yaitu: tatap maya (video konferensi), belajar mandiri seperti: quis, assignment, dst, dan belajar kolaborasi melalui diskusi forum, chat, dst.  Dosen akan memberikan materi dengan memanfaatkan ketiga ruang belajar tersebut. Syaratnya adalah mahasiswa menggunakan perangkat akses pembelajaran yaitu laptop atau HP android, disarankan menggunakan laptop/komputer.  Setiap pertemuan akan dilakukan absensi dengan menggunakan menu antendance. Mahasiswa WAJIB mengisi absen kuliah. Penyajian materi dalam bentuk teks melalui menu file/folder dan materi video dalam menu label/page. Selama kuliah daring, mahasiswa diberikan tugas mandiri. Untuk merefresh pengetahuan yang telah dipelajari diberikan UTS dan UAS. Untuk melatih kemampuan kognitif mahasiswa, akan dilakukan diskusi kooperatif  dan setiap mahasiswa diminta untuk aktif mengikuti diskusi.


    INDIKATOR PENILAIAN

    1. Tugas individu:  bobot 5%
    2. Quis individu:  terkait 8 standar pendidikan, bobot 5 %  
    3. Ketepatan tugas, keaktifan diskusi forum, bobot 10 %
    4. UTS (Online), bobot 20 %
    5. UAS (Online), bobot 40 %


    NETIKET PERKULIAHAN 

    1.  Login menggunakan akun sendiri dan tidak memberikan akun kepada orang lain, termasuk ketika mengisi absen
    2.  Standby di waiting room meeting, lima menit sebelum jadwal perkuliahan.
    3.  Aktifkan kamera agar wajah dapat terlihat pada seluruh partisipan, kecuali tidak diminta oleh dosen.
    4.  Microphone di-on-kan hanya jika ingin berbicara.
    5.  Menggunakan bahasa yang baik, volume suara, nada bicara intonasi suara, dan kecepatan bicara yang baik dan mudah  dipahami baik ketika vikon maupun saat diskusi assinkronous
    6.  Menggunakan panggilan/sebutan yang baik.
    7.  Tidak emosional dalam berkomunikasi, termasuk ketika diskusi forum/chat
    8.   Berbicara bergantian/tidak menyela ucapan orang lain agar semua bisa mendengar dengan baik.
    9.   Berpenampilan pantas, rapi, dan sopan,
    10. Menuliskan opini/gagasan/ide tertulis dengan singkat, padat, jelas dari hasil pikiran sendiri saat dikusi asinkronous
    11. Tugas & ujian UTS/UAS,  mengumpulkan tepat waktu, mengerjakan dengan percaya diri, dan menghindarkan dari plagiasi
          jawaban


    REFERENSI

    1. Ermayani, Desi dan Rusdi, Iden. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi E.  Bandung: PPPPTK TK dan PLB.

     

    Akhir kata, selamat belajar 
    semoga saudara sukses !!

    Label: 2Halaman: 1Berkas: 1Forum: 1
  • AP-1

    kk

    Mahasiswa yang berbahagia, selamat berjumpa kembali dalam kelas daring  pada mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Dimanapun anda berada, semoga aktivitas anda selalu diberikan kemudahan dan kelancaran.


    Pada AP-1 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Menjelaskan pembelajaran berbasis TIK di Satuan Pendidikan
    • Menjelaskan jenis dan ragam TIK
    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran berbasis TIK di Satuan Pendidikan
    • Mahasiswa mampu menjelaskan jenis dan ragam TIK serta manfaat TIK

    Sebelum AP-1 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-1, (2) Agar AP-1 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-1 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 5Forum: 1
  • AP-2

    xcxc

    Mahasiswa yang berbahagia, kali ini kita berjumpa kembali di kelas online ini  pada mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Semoga anda sehat selalu dan dapat beraktivitas pada hari ini.


    Pada AP-2 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan nilai agama dan moral anak AUD

    Sebelum AP-3 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-3, (2) Agar AP-3 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif. 

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-3 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 

    Salam Dosen Anda 
    Pak Alam senyum
    Label: 4Forum: 1
  • AP-3

    qsaSA

    Mahasiswa yang berbahagia, dimana pun anda berada,  pada kesempatan ini kita bertemu kembali pada kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Semoga anda sehat selalu dan dapat beraktivitas pada hari ini.


    Pada AP-3 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan
    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu m merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan fisik motorik anak usia AUD

    Sebelum AP-3 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-3, (2) Agar AP-3 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-3 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-4

    SXASASX

    Mahasiswa yang berbahagia, kita bertemu kembali. Semoga anda selalu diberikan kesehatan dan tetap menjaga kesehatan.  Pada kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD anda dapat diharapkan untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK.


    Pada AP-4 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan kognitif AUD


    Sebelum AP-4 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran sesi AP-4, (2) Agar AP-4 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-4 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-5

    ASAsASX

    Mahasiswa dimana pun anda berada. semoga anda selalu diberikan kesehatan dan kesempatan untuk beraktivitas pada hari ini. Sehingga anda dapat mengikuti kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. 


    Pada AP-5 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan bahasa AUD


    Sebelum AP-5 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-5, (2) Agar AP-5 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-5 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-6

    ASs

    Mahasiswa yang berbahagia, semoga anda sehat selalu dan panjang umur buat anda semuannya. Kita kembali dalam kelas daring  pada mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Dimanapun anda berada, semoga aktivitas anda selalu diberikan kemudahan dan kelancaran.


    Pada AP-6 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan sosial emosional AUD


    Sebelum AP-6 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-6, (2) Agar AP-6 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-6 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-7

    DFDF

    Mahasiswa dimana pun anda berada. semoga anda selalu diberikan kesehatan dan kesempatan untuk beraktivitas pada hari ini. Sehingga anda dapat mengikuti kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. 


    Pada AP-7 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Merancang strategi pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Satuan Pendidikan

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu merancang strategi pemanfaatan TIK dalam pengembangan perkembangan seni AUD


    Sebelum AP-7 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-7, (2) Agar AP-7 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-7 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum


    Label: 6Forum: 1Penugasan: 1Kuis: 1
  • AP-8

    DVFSD

    Petunjuk 

    Selamat, sekarang Saudara telah berada di Akhir Aktivitas Perkuliahan yaitu Ujian Tengah Semester, Saya yakin setelah Mahasiswa mempelajari Aktivitas Perkuliahan tersebut dengan baik.

    Untuk mengetahui pencapaian kegiatan belajar, kerjakanlah tes sumatif berikut ini. Namun sebelum AP-8 ini dimulai, silahkan anda melakukan absensi kehadiran AP-8.

    setelah anda mengabsen, selanjutnya saudara melaksanakan Ujian tengah Semester.  Silahkan dipersiapkan dengan seksama dan sebaik-baiknya.

    Selamat Mengerjakan ... Semoga Sukses


    Label: 2Kuis: 1
  • AP-9

    DS

    Mahasiswa yang berbahagia, selamat berjumpa kembali dalam kelas daring  pada mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Dimanapun anda berada, semoga aktivitas anda selalu diberikan kemudahan dan kelancaran.


    Pada AP-9 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Membuat media pembelajaran tentang pengenalan angka, huruf A-Z, huruf hijaiyah bagi AUD

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tentang pengenalan angka bagi AUD


    Sebelum AP-9 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-9, (2) Agar AP-9 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-9 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 5Forum: 1
  • AP-10

    SAS

    Mahasiswa yang berbahagia, kali ini kita berjumpa kembali di kelas online ini  pada mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Semoga anda sehat selalu dan dapat beraktivitas pada hari ini.


    Pada AP-10 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Membuat media pembelajaran tentang pengenalan angka, huruf A-Z, huruf hijaiyah bagi AUD

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tentang pengenalan huruf A-Z bagi AUD


    Sebelum AP-10 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-10, (2) Agar sesi 10 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-10 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-11

    ASAS

    Mahasiswa yang berbahagia, dimana pun anda berada,  pada kesempatan ini kita bertemu kembali pada kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Semoga anda sehat selalu dan dapat beraktivitas pada hari ini.


    Pada AP-11  ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Membuat media pembelajaran tentang pengenalan angka, huruf A-Z, huruf hijaiyah bagi AUD

    Sub-CPMK

    • Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tentang pengenalan huruf hijaiyah bagi AUD


    Sebelum AP-11 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-11, (2) Agar AP-11 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-11 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-12

    SASD

    Mahasiswa yang berbahagia, kita bertemu kembali. Semoga anda selalu diberikan kesehatan dan tetap menjaga kesehatan.  Pada kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD anda dapat diharapkan untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK.


    Pada AP-12 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan angka bagi AUD

    Sub-CPMK

    • Mampu membuat media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan angka bagi AUD


    Sebelum AP-12 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-12, (2) Agar AP-12 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-12 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-13

    SASASD

    Mahasiswa dimana pun anda berada. semoga anda selalu diberikan kesehatan dan kesempatan untuk beraktivitas pada hari ini. Sehingga anda dapat mengikuti kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. 


    Pada AP-13 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan angka bagi AUD

    Sub-CPMK

    • Mampu membuat media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan huruf A-Z bagi AUD


    Sebelum AP-13 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-13, (2) Agar AP-13 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-13 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-14

    SSDSDFDF

    Mahasiswa yang berbahagia, semoga anda sehat selalu dan panjang umur buat anda semuannya. Kita kembali dalam kelas daring  pada mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD. Dimanapun anda berada, semoga aktivitas anda selalu diberikan kemudahan dan kelancaran.


    Pada AP-14 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan angka bagi AUD

    Sub-CPMK

    • Mampu membuat media pembelajaran topik pengenalan bunyi suara pengenalan huruf hijaiyah bagi AUD


    Sebelum AP-14 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-14, (2) Agar AP-14 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring AP-14 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 4Forum: 1
  • AP-15

    SSDSDSDSDD

    Mahasiswa dimana pun anda berada. semoga anda selalu diberikan kesehatan dan kesempatan untuk beraktivitas pada hari ini. Sehingga anda dapat mengikuti kuliah daring mata kuliah (WU00005) Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD.


    Pada AP-15 ini, saya akan mengajak anda untuk mempelajari CPMK dan Sub-CPMK

    CPMK
    • Menciptakan program pembelajaran di Satuan Pendidikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi 

    Sub-CPMK

    • Mampu menciptakan aplikasi program pembelajaran di Satuan Pendidikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi 


    Sebelum AP-15 ini dimulai, silahkan anda melakukan (1) absensi kehadiran AP-15, (2) Agar AP-15 ini dapat optimal dengan baik, anda dapat mempelajari secara mandiri materi inisiasi dan materi pendukung. (3) Partisipasi dalam Forum Diskusi, (4) mengerjakan Kuis tes formatif.

    Selamat mengikuti kuliah daring sAP-15 ini. Salam sehat dan sukses selalu, terima kasih. 


    Salam Dosen Anda  

    Pak Alam senyum

    Label: 7Forum: 1Penugasan: 1Kuis: 1
  • AP-16

    XAX

    PETUNJUK

    Selamat, sekarang Saudara telah berada di Akhir Aktivitas Perkuliahan yaitu Ujian Akhir Semester, Saya yakin setelah Mahasiswa mempelajari Aktivitas Perkuliahan tersebut dengan baik, Mahasiswa menjadi lebih paham mengenai matakuliah ini.

    Untuk mengetahui pencapaian kegiatan belajar bapak/ibu, kerjakanlah tes sumatif berikut ini. Namun sebelum AP-16 ini dimulai, silahkan anda melakukan absensi kehadiran AP-16.

    Setelah anda mengabsen, selanjutnya saudara melaksanakan Ujian Akhir Semester. Silahkan dipersiapkan dengan seksama dan sebaik-baiknya.

    Selamat Mengerjakan ... Semoga Sukses


    Label: 2Kuis: 1