Topic outline

  • Mata Kuliah Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja

    DESKRIPSI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA
    Psikologi perkembangan anak dan remaja
    ASSALAMUALAIKUM WR.WB


    Selamat Datang Adik-adik mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, kode mata kuliah CW6212 pada semester III Program Studi Bimbingan Konseling Agama Islam.

    Pengantar: Dalam agama Islam sendiri, orang-orang yang berilmu memiliki keutamaan yang dituangkan dalam surat al Mujadilah ayat 11. Berikut bunyi keutamaan orang yang menuntut ilmu dalam surat tersebut.

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

    Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu,"Berlapang-lapanglah dalam majelis.", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu.", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."


    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar perkembangan individu, aspek-aspek, prinsip-prinsip dan periode perkembangan, karakteristik dan tugas-tugas perkembangan, periode-periode perkembangan mulai dari masa pre-natal, masa neo-natal, masa bayi, masa kanank-kanal awal, masa kanak-kanak akhir, masa puber, hingga masa remaja. Dalam mata kuliah ini, dibahas juga mengenai berbagai pendekatan bimbingan dan konseling yang disesuaikan dengan perkembangan individu, serta pengaruh perkembangan normal dan gangguan perkembangan dengan layanan bimbingan dan konseling.


    CAPAIAN PEMBALAJARAN LULUSAN (CPL)
    Capaian Pembelajaran Lulusan yang dibebankan pada mata kuliah ini sebagai berikut:

    1. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas.
    2. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.

    3. Memberikan layanan pembelajaran bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.

    4. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan layanan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

    5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

    6. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid

    7. Mampu mendiagnosis ragam problematika psikologis siswa dan memberikan solusi untuk terjadinya sikap dan prilaku siswa positif, optimis, visioner dan berkeadaban


    CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

    CPMK yang dibebankan pada mata kuliah sebagai berikut:

    1. Memahami konsep dan prinsip-prinsip perkembangan individu
    2. Memahami proses perkembangan individu dari berbagai perspektif
    3. Memahami fase dan tugas perkembangan serta faktor-fakto yang memengaruhi perkembangan
    4. Memahami tujuan dan manfaat penyelenggaraan bimbingan konseling terhadap perkembangan individu


    TOPIK MATERI AJAR

     Topik Materi Ajar pada mata kuliah Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja sebagai berikut:

    1. Topik 1. Konsep Dasar, Aspek Prinsip Perkembangan Individu
    2. Topik 2. Faktor-faktor yang Memengaruhi dan Menghambat Perkembangan Individu
    3. Topik 3. Teori Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson
    4. Topik 4. Teori Perkembangan Behavioristik: Skinner & Bandura
    5. Topik 5. Teori Perkembangan Humanistik: Buhler, Maslow & Rogers
    6. Topik 6. Teori Perkembangan Kognitif: Piaget & Vygotsky
    7. Topik 7. Perkembangan Menurut Perspektif Islam
    8. Topik 8. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Pre-Natal, Neo-Natal, dan Bayi
    9. Topik 9. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir
    10. Topik 10. Perkembangan Emosi pada Anak
    11. Topik 11. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir
    12. Topik 12. Penyebab Terjadinya Perubahan Fisik pada Remaja
    13. Topik 13. Urgensi Perkembangan Individu dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling
    Anda dapat mengunduh Rencana Pembelajaran Semester  di sini, pelajari dengan seksama RPS tersebut untuk Anda jadikan sebagai pedoman dalam mengikuti perkuliahan Media dan Sumber Belajar SD berbasis ICT.

  • Topik 1. Konsep Dasar, Aspek Prinsip Perkembangan Individu


    ASSALAMUALAIKUM WR.WB

    Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

    رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

    Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

    Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


    PENGANTAR TOPIK I

    1. Deskripsi Topik I

    Pada topik ini kita akan membahas tentang konsep dasar dan aspek prinsip perkembangan individu , dimana cakupan pembahasan pada topik ini yaitu pengertian, konsep psikologi perkembangan, dan manfaat mempelajarai perkembangan. Setelah pembahasan topik ini, kalian diharapkan dapat memahami definsi dan konsep perkembangan individu. 

    2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Capaian pembelajaran pada topik I yaitu Memahami konsep dan prinsip-prinsip perkembangan individu

    3. Sub CPMK

    Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Mengetahui dan memahami konsep dasar, aspek dan prinsip-prinsip, serta faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat perkembangan individu

    4. Sub Topik I

    Sub-topik materi ajar dari topik I yaitu:

    1. Definisi
    2. Konsep Dasar, Aspek Prinsip Perkembangan Individu

    5. Rencana Perkuliahan 

    Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.



    BAHAN AJAR MODUL 1

    Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Konsep dan prinsip-prinsip perkembangan individu yang tersedia dibawah ini. 

    Selamat belajar


  • This topic

    TUGAS 1

    Silahkan kerjakan tugas berikut ini, untuk join silahkan join di nearpod student dengan kode Q7MHL atau klik ini.


    • Topik 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat perkembangan individu

      ASSALAMUALAIKUM WR.WB

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


      PENGANTAR TOPIK 2

      1. Deskripsi Topik 2

      Pada topik ini kita akan membahas tentang faktor-faktor yang memanguruhi dan menghambat perkembangan individu. Setelah pembahasan topik ini, kalian diharapkan dapat memahami definsi dan konsep perkembangan individu. 

      2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

      Capaian pembelajaran pada topik I yaitu Memahami konsep dan prinsip-prinsip perkembangan individu

      3. Sub CPMK

      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu konsep dasar, aspek dan prinsip perkembangan individu.

      4. Sub Topik 2

      Sub-topik materi ajar dari topik I yaitu:

      1. Ciri-ciri perkembangan
      2. Prinsip-prinsip perkembangan
      3. Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan
      4. Periode dan Tugas Perkembangan

      5. Rencana Perkuliahan 

      Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


      BAHAN AJAR MODUL 2

      Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat perkembangan individu yang tersedia dibawah ini. 

      Selamat belajar




    • Topik 3. Teori Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson


      ASSALAMUALAIKUM WR.WB

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

      1. Deskripsi Topik 3

      Pada materi ini membahas terkait  Teori Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson mampu memahami Teori Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson

      2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

      Capaian pembelajaran pada topik I yaitu Memahami konsep dan prinsip-prinsip perkembangan individu

      3. Sub CPMK

      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu konsep dasar, aspek dan prinsip perkembangan individu.

      4. Sub Topik 3

      1. Teori-teori psikologi perkembangan

      2. Teori Psikodinamika 1: Asumsi dasar mengenai perkembangan

      3. Teori Psikodinamika 2: Freud à Psikoanalisis

      4. Teori Psikodinamika 3: Erickson

      5. Tahapan Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson

      5. Rencana Perkuliahan 

      Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


      BAHAN AJAR MODUL 3

      Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Teori Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson yang tersedia dibawah ini. 

      Selamat belajar



    • Topik 4.Teori Perkembangan Behavioristik: Skinner & Bandura


      ASSALAMUALAIKUM WR.WB

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

      1. Deskripsi Topik 4

      Pada materi ini membahas terkait teori  perkembangan behavioristik: Skinner dan Bandura

      2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

      Capaian pembelajaran pada topik 4 yaitu Memahami teori  perkembangan behavioristik: Skinner dan Bandura

      3. Sub CPMK

      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Teori perkembangan yang dilihat dari berbagai perspektif

      4. Sub Topik 4

      1. Pengertian Teori behavioristik

      2. Tahap-tahap Perkembangan Behavioristik

      3. Aplikasi teori behavioristik dan ciri-ciri terhadap pembelajaran

      5. Rencana Perkuliahan 

      Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


      BAHAN AJAR MODUL 4

      Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Teori  Perkembangan Behavioristik: Skinner dan Bandura yang tersedia dibawah ini. 

      Selamat belajar


    • Topik 5. Teori Perkembangan Humanistik: Buhler, Maslow & Rogers


      ASSALAMUALAIKUM WR.WB

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

      1. Deskripsi Topik 5

      Pada materi ini membahas terkait teori teori perkembangan Humanistik: Buhler, Maslow, & Rogers

      2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

      Capaian pembelajaran pada topik 5 yaitu Memahami dan mengetahui teori perkembangan Humanistik: Buhler, Maslow, & Rogers

      3. Sub CPMK

      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Teori perkembangan yang dilihat dari berbagai perspektif

      4. Sub Topik 5

      1. Pengertian Teori Humanistik

      2. Peran Teori Humanistik terhadap Perkembangan

      5. Rencana Perkuliahan 

      Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


      BAHAN AJAR MODUL 5

      Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Teori Perkembangan Humanistik: Buhler, Maslow, & Rogers yang tersedia dibawah ini. 

      Selamat belajar


    • Topik 6. Teori Perkembangan Kognitif: Piaget & Vygotsky


      ASSALAMUALAIKUM WR.WB

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

      1. Deskripsi Topik 6

      Pada materi ini membahas terkait teori teori perkembangan Kognitif: Piaget dan Vygotsky

      2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

      Capaian pembelajaran pada topik 6 yaitu Memahami dan mengetahui teori perkembangan Kognitif: Piaget dan Vygotsky

      3. Sub CPMK

      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Teori perkembangan yang dilihat dari berbagai perspektif

      4. Sub Topik 6

      1. Pengertian Kognitif

      2. Tahap perkembangan kognitif

      3. Faktor-faktor penunjang perkembangan kognitif

      5. Rencana Perkuliahan 

      Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


      BAHAN AJAR MODUL 6

      Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Teori perkembangan Kognitif: Piaget dan Vygotsky yang tersedia dibawah ini. 

      Selamat belajar


    • Topik 7. Perkembangan Menurut Perspektif Islam

      ASSALAMUALAIKUM WR.WB

      Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

      رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

      Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

      Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


      1. Deskripsi Topik 7

      Pada materi ini membahas terkait teori perkembangan menurut perspektif Islam

      2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

      Capaian pembelajaran pada topik 7 yaitu Memahami dan mengetahui teori  perkembangan menurut perspektif Islam

      3. Sub CPMK

      Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Teori perkembangan yang dilihat dari berbagai perspektif

      4. Sub Topik 7

      1. Hakikat perkembangan manusia

      2. Aspek perkembangan manusia

      3. Perkembangan manusia menurut islam

      4. Faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia

      5. Rencana Perkuliahan 

      Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


      BAHAN AJAR MODUL 7

      Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Teori Perkembangan  Menurut Perspektif Islam yang tersedia dibawah ini. 

      Selamat belajar


      • Topik 8. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Pre-Natal, Neo-Natal, dan Bayi


        ASSALAMUALAIKUM WR.WB

        Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

        رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

        Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

        Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


        1. Deskripsi Topik 8

        Pada materi ini membahas terkait: Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Pre-Natal, Neo-Natal, dan Bayi

        2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

        Capaian pembelajaran pada topik 8 yaitu Memahami dan mengetahui Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Pre-Natal, Neo-Natal, dan Bayi

        3. Sub CPMK

        Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Karakteristik dan tugas perkembangan pada masa pre-natal, neo-natal dan bayi dilihat dari segi fisik, intelegensi, dan sosial-emosional

        4. Sub Topik 8

        1. Perkembangan pranatal

        2. Faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan pranatal

        3. Bahaya fisik pada masa pranatal

        4. Bahaya psikologi pada masa pranatal

        5. Kelahiran

        6. Pengaruh kelahiran pada perkembangan

        5. Rencana Perkuliahan 

        Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


        BAHAN AJAR MODUL 8

        Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Pre-Natal, Neo-Natal, dan Bayi yang tersedia dibawah ini. 

        Selamat belajar



        • Topik 9. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir


          ASSALAMUALAIKUM WR.WB

          Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

          رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

          Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

          Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

          1. Deskripsi Topik 9

          Pada materi ini membahas terkait: Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir

          2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

          Capaian pembelajaran pada topik 9 yaitu Memahami dan mengetahui Karakteristik Tugas erkembangan Individu: Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir

          3. Sub CPMK

          Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Karakteristik dan tugas perkembangan pada masa kanak-kanak awal dan akhir dapat dilihat dari segi fisik, intelegensi, dan sosial-emosional

          4. Sub Topik 9

          1. Usia kanak-kanak awal (usia 2-6 tahun)

          2. Ciri-ciri kanak-kanak awal

             - Usia kanak-kanak akhir

             -  Ciri kanak-kanak akhir

             - Tugas perkembangan usia kanak-kanak islam

          5. Rencana Perkuliahan 

          Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


          BAHAN AJAR MODUL 9

          Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir yang tersedia dibawah ini. 

          Selamat belajar


          • Topik 10. Perkembangan Emosi pada Anak


            ASSALAMUALAIKUM WR.WB

            Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

            رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

            Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

            Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


            1. Deskripsi Topik 10

            Pada materi ini membahas terkait: Perkembangan emosi pada anak

            2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

            Capaian pembelajaran pada topik 10 yaitu Memahami dan mengetahui Perkembangan emosi pada anak

            3. Sub CPMK

            Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Karakteristik dan tugas perkembangan pada masa kanak-kanak awal dan akhir dapat dilihat dari segi fisik, intelegensi, dan sosial-emosional

            4. Sub Topik 9

            1. Karakteristik perkembangan emosi

            2. Karakteristik perkembangan sosial

            5. Rencana Perkuliahan 

            Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


            BAHAN AJAR MODUL 10

            Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Perkembangan Emosi pada Anak yang tersedia dibawah ini. 

            Selamat belajar



            • Topik 11. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir


              ASSALAMUALAIKUM WR.WB

              Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

              رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

              Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

              Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


              1. Deskripsi Topik 11

              Pada materi ini membahas terkait: Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir

              2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

              Capaian pembelajaran pada topik 11 yaitu Memahami dan mengetahui Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir

              3. Sub CPMK

              Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Karakteristik dan tugas perkembangan pada masa kanak-kanak awal dan akhir dapat dilihat dari segi fisik, intelegensi, dan sosial-emosional

              4. Sub Topik 11

              1. Pengertian Remaja

              2. Ciri-ciri remaja

              5. Rencana Perkuliahan 

              Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


              BAHAN AJAR MODUL 11

              Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir yang tersedia dibawah ini. 

              Selamat belajar


              • Topik 12. Penyebab Terjadinya Perubahan Fisik pada Remaja


                ASSALAMUALAIKUM WR.WB

                Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

                رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

                Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

                Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

                1. Deskripsi Topik 12

                Pada materi ini membahas terkait: Penyebab terjadinya perubahan fisik pada remaja

                2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

                Capaian pembelajaran pada topik 12 yaitu Memahami dan mengetahui Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir

                3. Sub CPMK

                Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Karakteristik dan tugas perkembangan pada masa kanak-kanak awal dan akhir dapat dilihat dari segi fisik, intelegensi, dan sosial-emosional

                4. Sub Topik 12

                1. Pengertian pertumbuhan fisik

                2. Pertumbuhan fisik

                3. Pertumbuhan fisik remaja

                4. Penyebab pertumbuhan 

                5. Pengaruh pertumbuhan fisik terhadap perilaku remaja individu

                6. Kondisi yang mempengaruhi pertumbuhan fisik

                7. Usaha dalam membantu pertumbuhan fisik dan implikasi bagi pendidikan


                5. Rencana Perkuliahan 

                Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


                BAHAN AJAR MODUL 12

                Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir yang tersedia dibawah ini. 

                Selamat belajar


                • Topik 13. Urgensi Perkembangan Individu dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling


                  ASSALAMUALAIKUM WR.WB

                  Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri,  sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut:

                  رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. 

                  Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

                  Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

                  1. Deskripsi Topik 13

                  Pada materi ini membahas terkait: UrgensPerkembangan Individu dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling

                  2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

                  Capaian pembelajaran pada topik 13 yaitu Memahami dan mengetahui UrgensPerkembangan Individu dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling

                  3. Sub CPMK

                  Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada topik ini yaitu Keterkaitan dan urgensi perkembangan individu terhadap penyelenggaraan kegiatan dan layanan bimbingan dan konseling

                  4. Sub Topik 13

                  1. Masalah perkembangan individu

                  2. Masalah perbedaan individu

                  3. Masalah belajar

                  4. Masalah kebutuhan individu

                  5. Masalah penyesuaian diri

                  5. Rencana Perkuliahan 

                  Aktivitas pembelajaran topik I ini berlangsung dengan dua bagian, yaitu: asynchronous  melalui spada unismuh  untuk memfasilitasi mahasiswa belajar mandiri dan atau penugasan dan synchronous (tatap maya) melalui aplikasi online meeting.


                  BAHAN AJAR MODUL 13

                  Adik-adik mahasiswa silahkan pelajari Materi Bahan Ajar  Modul 1 tentang Perkembangan Individu dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling yang tersedia dibawah ini. 

                  Selamat belajar