Mata Kuliah Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
DESKRIPSI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA
ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Selamat Datang Adik-adik mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, kode mata kuliah CW6212 pada semester III Program Studi Bimbingan Konseling Agama Islam.
Pengantar: Dalam agama Islam sendiri, orang-orang yang berilmu memiliki keutamaan yang dituangkan dalam surat al Mujadilah ayat 11. Berikut bunyi keutamaan orang yang menuntut ilmu dalam surat tersebut.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu,"Berlapang-lapanglah dalam majelis.", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu.", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
DESKRIPSI MATA KULIAH
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar perkembangan individu, aspek-aspek, prinsip-prinsip dan periode perkembangan, karakteristik dan tugas-tugas perkembangan, periode-periode perkembangan mulai dari masa pre-natal, masa neo-natal, masa bayi, masa kanank-kanal awal, masa kanak-kanak akhir, masa puber, hingga masa remaja. Dalam mata kuliah ini, dibahas juga mengenai berbagai pendekatan bimbingan dan konseling yang disesuaikan dengan perkembangan individu, serta pengaruh perkembangan normal dan gangguan perkembangan dengan layanan bimbingan dan konseling.
CAPAIAN PEMBALAJARAN LULUSAN (CPL)
Capaian Pembelajaran Lulusan yang dibebankan pada mata kuliah ini sebagai berikut:- Menampilkan diri
sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan
adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self
direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas.
Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
Memberikan layanan pembelajaran bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan layanan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid
Mampu mendiagnosis ragam problematika psikologis siswa dan memberikan solusi untuk terjadinya sikap dan prilaku siswa positif, optimis, visioner dan berkeadaban
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
CPMK yang dibebankan pada mata kuliah sebagai berikut:
- Memahami konsep dan prinsip-prinsip perkembangan individu
- Memahami proses perkembangan individu dari berbagai perspektif
- Memahami fase dan tugas perkembangan serta faktor-fakto yang memengaruhi perkembangan
- Memahami tujuan dan manfaat penyelenggaraan bimbingan konseling terhadap perkembangan individu
TOPIK MATERI AJAR
Topik Materi Ajar pada mata kuliah Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja sebagai berikut:
- Topik 1. Konsep Dasar, Aspek Prinsip Perkembangan Individu
- Topik 2. Faktor-faktor yang Memengaruhi dan Menghambat Perkembangan Individu
- Topik 3. Teori Perkembangan Psikodinamika: Freud & Erickson
- Topik 4. Teori Perkembangan Behavioristik: Skinner & Bandura
- Topik 5. Teori Perkembangan Humanistik: Buhler, Maslow & Rogers
- Topik 6. Teori Perkembangan Kognitif: Piaget & Vygotsky
- Topik 7. Perkembangan Menurut Perspektif Islam
- Topik 8. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Pre-Natal, Neo-Natal, dan Bayi
- Topik 9. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Kanak-kanak Awal dan Akhir
- Topik 10. Perkembangan Emosi pada Anak
- Topik 11. Karakteristik Tugas Perkembangan Individu: Masa Remaja Awal dan Akhir
- Topik 12. Penyebab Terjadinya Perubahan Fisik pada Remaja
- Topik 13. Urgensi Perkembangan Individu dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling