Topic outline

  • Topic 1

    Materi 

    Pengantar perkuliahan : capaian pembelajaran, sistem komunitasi dosen dan mahasiswa

    Rutinitas berpikir : Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen

    Metode menulis catatan aktif melalui mural 

    Capaian Pembelajaran 

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan rutinitas berpikir kritis (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen)
    2. Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar

  • Topic 2

    Materi : 

    Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913

    http://

    Capaian Pembelajaran :

    • Mahasiswa mampu mengobservasi karya seni abstrak  dengan seksama (melihat)
    • Mahasiswa melatih imajinasi dalam berpikir kritis 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 3

    Materi : 

    Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913

    Capaian pembelajaran : 

    • Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari simbol - simbol yang ada di karya seni abstrak yang diamati (Berpikir)
    • Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya  yang analitis tentang karya seni abstrak yang diamati (Bertanya)
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 4

    Materi: 

    Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913

    Capaian Pembelajaran: 

    • Mahasiswa mampu menganalisis karya seni lebih mendalam melalui riset 
    • Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya seni  dengan bukti (Argumen) 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 5

    Materi :

    Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857 

    http://

    Capaian Pembelajaran : 

    • Mahasiswa mampu mengobservasi karya seni gaya romanticisme dengan seksama (melihat)
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 6

    Materi : 

    Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857 


    Capaian Pembelajaran : 

    • Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari karya seni aliran romantisisme  yang diamati (Think)
    • Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya  yang analitis tentang seni aliran romantisisme yang diamati (Bertanya)
    • Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
  • Topic 7

    Materi : Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857 

    Capaian Pembelarajaran:

    • Mahasiswa mampu menganalisis seni aliran romantisisme lebih mendalam melalui riset 
    • Mahasiswa mampu memberi argumentasi seni aliran romantisisme dengan bukti (Argumen) 
    • Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
  • Topik 8 - UTS

    Capaian pembelajaran: 

    1. Mahasiswa mampu membandingkan dua karya seni aliran romantisime
    Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Karya Nicholas Pineman tahun 1835 (Kiri)

    Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Karya Raden Saleh tahun 1857 (Kanan)


    Lukisan 


    Soal UTS 

    Buatlah rekaman video presentasi maksimal 10 menit membandingkan 2 karya seni beraliran romantisisme yaitu Raden Saleh dan Nicholas Pieneman tentang penangkapan pangeran Diponegoro melalui urutan berpikir kritis : melihat, berpikir, bertanya, meriset dan berargumen. 

    Lakukan pembahasan dua karya secara bersamaan dengan konten sbb: 

    • Konten bahasan melihat : mengidentifikasi simbol2x yang sama dan yang berbeda dari dua karya
    • Konten bahasan berpikir : menginterpretasi makna dari kedua karya dengan menghubungkan simbol2x yang dilihat 
    • Konten bahasan bertanya : bertanya untuk memperdalam interpretasi yang sudah dilakukan tentang kedua karya 
    • Konten bahasan meriset : menginvestigasi konteks dimana dan tahun dibuatnya kedua karya, serta latar belakang dari kedua pelukis
    • Konten bahasan berargumen : membuat klaim tentang dua karya yang logis dan memberikan perspektif baru 

    Selamat mengerjakan !!!


  • Topic 9

    Materi : Karya desain di tahun 1985 

    http://

    http://

    http://

    Capaian pembelajaran : 

    • Mahasiswa mampu mengobservasi karya desain  dengan seksama (melihat)
    • Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari elemen - elemen  yang ada di karya desain yang diamati (berpikir) 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 10

    Materi: Karya desain di tahun 1985

    Capaian Pembelajaran:

    • Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya  yang analitis tentang karya desain yang diamati (Bertanya)
    • Mahasiswa mampu menganalisis karya desain  lebih mendalam melalui riset 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 11

    Materi : Karya desain di tahun 1985 

    Capaian Pembelajaran : 

    Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya desain  dengan bukti (Argumen) 

    Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

    Bagaimana membuat argumen tentang suatu karya desain? 


  • Topic 12

    Materi : Karya desain di tahun 1993 

    http://

    http://

    Capaian pembelajaran: 

    • Mahasiswa mampu mengobservasi karya desain  dengan seksama (melihat)
    • Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari elemen - elemen  yang ada di karya desain yang diamati (berpikir) 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topic 13

    Materi : Karya desain di tahun 1993 

    Capaian pembelajaran: 

    • Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya  yang analitis tentang karya desain yang diamati (bertanya)
    • Mahasiswa mampu menganalisis karya desain  lebih mendalam melalui riset 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

    Bagaimana bertanya tentang karya desain yang lebih abstrak? 



  • Topic 14

    Materi : Karya desain di tahun 1993
    Capaian pembelajaran: 

    1. Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya desain  dengan bukti (Argumen) 
    2. Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

    Bagaimana membuat Argumen tentang karya desain yang lebih abstrak?



  • Topic 15

    Materi : Penutup 

    Capaian Pembelajaran: 

    • Mahasiswa mampu menjelaskan intisari rutinitas berpikir : melihat, berpikir, bertanya, meriset, dan argumen 
    • Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar 

  • Topik 16 - UAS

    Capaian pembelajaran : 

    • Mahasiswa mampu melakukan rutinitas berpikir kritis secara mandiri (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen)
    • Mahasiswa mampu membuat karya video  presentasi mengkaji karya seni dan/atau desain yang dipresentasikan melalui struktur berpikir melihat, berpikir, bertanya, riset dan argumen 

    Soal UAS

    Buatlah rekaman video presentasi maksimal 10 menit membahas karya seni atau desain yang kaya akan simbol pilihanmu sendri yang dipresentasikan dengan struktur berpikir kritis : melihat, berpikir, bertanya, riset dan argumen.

    Konten bahasan melihat : mengidentifikasi simbol2x pada karya 

    Konten bahasan berpikir : menginterpretasi makna karya dengan menghubungkan simbol2x yang dilihat 

    Konten bahasan bertanya : bertanya untuk memperdalam interpretasi yang sudah dilakukan

    Konten bahasan meriset : menginvestigasi konteks karya dimana dan tahun karya dibuat, serta latar belakang pelukis

    Konten bahasan berargumen : membuat klaim tentang karya yang logis dan memberikan perspektif baru