Weekly outline

  • TENTANG MATA KULIAH JARINGAN ENTERPRISE

    HR
    Haeruddin, S.Kom., M.MSI/1005038902


    FR
    Frangky Silitonga, SP.d., M.SI/1018107904

    Pada mata kuliah Jaringan Enterprise akan membahas Jaringan Kampus meliputi Tentang jaringan Kampus, Analisa kebutuhan Jaringan kampus berdasarkan Tren, Mebuat Desain Jaringan Kampus berdasarkan Kebutuhan Organisasi, dan mengimplementasikan Jaringan Kampus dengan menerpakan teknik routing, NAT, ACL, WAN, VPN, dan QoS. Selain itu akan membahas Manajemen Jaringan dan berpikir krittis dalam menyelesaiakan masalah pada jaringan serta pemeliharaan jaringan.

    Page: 1Files: 5
  • TAHAP 1: Conceiving And Engineering Systems

    Mengidentifikasi permasalahan, menentukan tujuan, dan kebutuhan sistem jaringan enterprise, mendefenisikan fungsi, konsep dan arsitektur, dan manajemen proyek). Pada tahapan pertama ini akan di laksanakan dua pertemuan dengan topik pertemuan 1: Jaringan Kampus  dan pertemuan 2:  Tantangan Jaringan Kampus dengan Perkembangan Teknologi.

  • PERTEMUAN 1: JARINGAN KAMPUS

    Untuk mendukung Anda dalam melakukan tahapan Conceiving And Engineering Systems (Mengidentifikasi permasalahan, menentukan tujuan, dan kebutuhan sistem jaringan enterprise, mendefenisikan fungsi, konsep dan arsitektur, dan manajemen proyek). Mahasiswa diharpakan memahami terlebih dahulu apa itu Jaringan Kampus. Pada pertemuan ini mahasiswa mampu menjelaskan jaringan Kampus, menentukan objek dan judul proyek jaringan kampus. Selain itu pada pertemuan ini terdapat penjelasan terkait:

    1. Tentang Jaringan Kampus
    2. Sejarah Jaringan Kampus
    3. Aspek Membangun Jaringan Kampus
    4. Jenis-jenis jaringan Kampus
    5. Komponen Jaringan Kampus
    6. Mempresentasikan Jaringan Kampus
    Pages: 6Forum: 1
  • PERTEMUAN 2: TANTANGAN JARINGAN KAMPUS DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

    Kita masi berada pada tahapan Conceiving And Engineering Systems. Setelah Anda memahami apa itu jaringan kampus, maka kita akan membahas tentang Tantangan Jaringan Kampus dengan Perkembangan Teknologi sehingga Anda mampu memahami perkembangan jaringan kampus, mengidetifikasi sistem jaringan kampus yang suda ada, dan mampu mengidentifikasi permasalahan, serta merumuskan solusi jaringan kampus pada proyek. Pada pertemuan ini akan membahas tentang:

    1. Perkembangan Teknologi
    2. Tantangan Jaringan Kampus dengan Perkembangan Teknologi
    Pages: 2Assignment: 1Forum: 1
  • TAHAP 2: Desain

    Desain (Membuat beberapa desain yang dapat di terapkan untuk menyelesaiakan permasalahan meliputi Topologi Jaringan secara Fisik, Topologi Jaringan secara Logika, Manajemen pengalamat IP Address, menetukan kriteria, mengevaluasi solusi alternatif, dan menetukan desain). Pada tahapan ke dua akan di laksanakan dua pertemuan dengan topik pertemuan 3: Keamanan Jaringan Kampus  dan pertemuan 4:  Desain Jaringan Kampus.

  • PERTEMUAN 3: KEAMANAN JARINGAN

    Setelah Anda menyelesaiakaaan tahapan Conceiving And Engineering Systems, sekarang memasuki tahapan Desain (Membuat beberapa desain yang dapat di terapkan untuk menyelesaiakan permasalahan meliputi Topologi Jaringan secara Fisik, Topologi Jaringan secara Logika, Manajemen pengalamat IP Address, Menetukan kebutuhan prangkat keras dan lunak, menetukan kriteria, mengevaluasi solusi alternatif, dan menetukan desain).  Pada pembahasan ini kita akan fokus pada Konsep Keamanan Jaringan. Pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami trend ancaman jaringan kampus, dan mampu merancang jaringan dengan pendekatan praktik keamanan terbaik dan dapat di skalakan. Pada pertemuan ini akan membahas topik tentang:

    1. Kondisi Keamanan Saat ini
    2. Pelaku Ancaman
    3. Alat Pelaku Ancaman
    4. Malware
    5. Serangan Jaringan
    6. Kerentanan dan Ancaman Jaringan
    Pages: 6Forum: 1Quiz: 1
  • PERTEMUAN 4: DESAIN JARINGAN

    Masih tahapan pada Desain (Membuat beberapa desain yang dapat di terapkan untuk menyelesaiakan permasalahan meliputi Topologi Jaringan secara Fisik, Topologi Jaringan secara Logika, Manajemen pengalamat IP Address, Menetukan kebutuhan prangkat keras dan lunak, menetukan kriteria, mengevaluasi solusi alternatif, dan menetukan desain). Setelah Anda memahami tentang Kemanan Jaringan dan Konsep WAN, kita akan membahas Desain Jaringan. pada pembahasan ini meliputi:

    1. Hierarkis Jaringan
    2. Jaringan Berskala
    3. Perangkat Jaringan

     

    Pages: 3Assignment: 1Forum: 1
  • TAHAP: Implementasi

    Implementation (Membuat proto type Jaringan Enterprise pada emulator atau simulator, Konfigurasi, Pengujian, Pemecahan masalah). Pada tahapan ke tiga akan di laksanakan lima pertemuan dengan topik pertemuan 5: Protokol Routing, Pertemuan 6: Access List Control, Pertemuan 7: Network Address Translation, Pertemuan 9: WAN, Pertemuan 10: Virtual Private network, dan Pertemuan 11: QoS.

  • PERTEMUAN 5: ROUTING

    Setelah Anda membuat Desain Jaringan, maka tahapan berikutnya adalah Implementasi. Pada Pertemuan ini kita akan fokus membahas Protokol Routing (Perutean) yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda di harapkan mampu memahami Konsep Routing dan mengimplementasikan protokol routing OSPF.

    Page: 1Assignment: 1Forum: 1
  • PERTEMUAN 6: ACCESS CONTROL LIST (ACL)

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, pada Pertemuan ini kita akan fokus membahas Access Control List yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan ACL.

    Page: 1Assignment: 1Forum: 1
  • PERTEMUAN 7: NAT

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, pada Pertemuan ini kita akan fokus membahas Network Address Trasnlation yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan NAT.

    Page: 1Assignment: 1Forum: 1
  • PERTEMUAN 8: UTS

    Assignment: 1
  • PERTEMUAN 9: WAN

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, Pada pertemuan ini kita akan fokus membahas Konsep WAN yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan WAN.

    Page: 1Quiz: 1Forum: 1
  • PERTEMUAN 10: VPN

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, Pada pertemuan ini kita akan fokus membahas Konsep vpn yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan VPN

    Page: 1Quiz: 1Forum: 1
  • PERTEMUAN 11: QoS

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, Pada pertemuan ini kita akan fokus membahas QoS yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan QoS

    Page: 1Quiz: 1
  • TAHAP 4: Operasional

    Operational (Mengoperasikan proto type, Pengoptimalkan operasi, dan Pengembangan). Pada tahapan ke dua akan di laksanakan tiga pertemuan dengan topik pertemuan 12: Manajemen Jaringan, dan Pertemuan 13: Pemecahan masalah jaringan.

  • PERTEMUAN 12: MANAJEMEN JARINGAN

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, Pada pertemuan ini kita akan fokus membahas Manajemen Jaringan yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan manajemen Jaringan. Pada pertemuan ini akan membahas tentang:

    1. CDP dan LLDP
    2. NTP
    3. SNMP
    4. Syslog
    Pages: 4
  • PERTEMUAN 13: PEMECAHAN MASALAH JARINGAN

    Untuk mendukung tahapan Implementasi, Pada pertemuan ini kita akan fokus membahas Pemecahan masalah pada jaringan yang dapat di gunakan pada proyek Anda. Anda diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan Pemecahan masala pada jaringan. Pada pertemuan ini akan membahas tentang:

    1. Dokumentasi Topologi
    2. Dokumentasi Perangkat
    3. Baseline
    4. Proses Troubleshooting
    5. Alat Troubleshooting

     

    Pages: 5
  • PERTEMUAN 14: PENULISAN LAPORAN

    Mampu menyeusn laporan proyek dalam bentuk Artikel Ilmiah / Laporan PkMPada pertemuan ini membahas tentang: 

    1. Pendahuluan
    2. Tinjauan Pustaka
    3. Metode
    4. Pembahasan
    5. Kesimpulan dan Saran
    6. Cek Plagiat
    Pages: 2Assignment: 1
  • PERTEMUAN 15: SEMINAR PROYEK

    Pada tahapn ini mahasiswa mampu memaparkan hasil Proyek ke Peserta

    Assignment: 1
  • UAS

    Assignment: 1