SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN
Selamat datang di Matakuliah Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Mata Kuliah ini di ampuh oleh Dra. Sitti Habibah dan Syamsurijal Basri, S. Pd., M.Pd. Mata kuliah ini memiliki bobot 2 sks yang bertujuan untuk Mempersiapkan mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan untuk menguasai fungsi, Manajemen pembiayaan Pendidikan. Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar manajemen pembiayan pendidikan, Kebijakan-kebijakan Pembiayaan pendidikan, Jenis-Jenis dan sumber sumber Pembiayaan pendidikan, model-model Pembiayaan Pendidikan, Sistem dan mekanisme penganggaran pendidikan, program kerja pelaksanaan anggaran pendidikan, menetukan dan menyusun alokasi anggaran pendidikan dan menyusun anggaran pendapatan dan belanja unit kerja, penatausahaan anggaran pendidikan, pertanggung jawaban keuangan pendidikan, Pengawasan penggunaan anggaran.
Perkuliahan akan dilaksanakan secara daring, baik secara synchronous maupun asynchronous. Tatap muka secara langsung melalui kelas virtual akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom dan google meet. Tautan untuk kelas virtual secara synchronous akan diinformasikan kepada mahasiswa paling lambat sehari sebelum kelas dimulai. Sedangkan Pembelajaran synchronous akan kita tempuh dengan menggunakan chat Forum dan Assignment. sedangkan Perkuliahan Secara Luring Dilakukan di kelas
Adik-adik mahasiswa Untuk mengikuti Perkuliahan ini di harapkan memperhatikan tahapan perkuliahan yang di berikan dosen dengan menggunakan Laptop, HP Android dan koneksi internet. Senang rasanya anda bisa bergabung di mata kuliah ini semoga dengan mengikuti perkuliahan ini dapat bermanfaat dan menambah pengatahuan dan keahlian di bidang manajemen pembiayaan pendidikan. Selamat Belajar
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
1. Mampu menjelaskan Konsep dasar manajemen pembiayaan pendidikan (C2, A2)
2. Mampu menganalis Kebijakan-kebijakan Pembiayaan pendidikan (C4, A3)
3. Mampu menguraikan Jenis-Jenis dan sumber-sumber Pembiayaan pendidikan (C4, A3)
4. Mampu menelaah Sistem dan mekanisme penganggaran pendidikan (C4, A3
5. Mampu memahami Pengawasan penggunaan anggaran (C2, A3)
6. Mampu memahami konsep pertanggung jawaban keuangan pendidikan (C2, A3)
7. Mampu menganalisis penatausahaan anggaran pendidikan (C3, A3)
8. Mampu memahami model-model Pembiayaan Pendidikan ( C2, A3)
9. Mampu menyusun program kerja pelaksanaan anggaran pendidikan (C6, A3)
10. Mampu menetukan dan menyusun alokasi anggaran pendapatan belanja unit kerja(C6, A3)
Petunjuk Pembelajaran
1. Mahasiswa agar berada di lokasi yang memungkinkan untuk akses jaringan internet agar dapat mengikuti
perkuliahan secara maksimal.
2. Mahasiswa diminta secara reguler mengecek laman pembelajaran yang telah disediakan untuk memastikan update
informasi yang diberikan oleh dosen.
3. Perkuliahan akan dilakukan melalui 3 ruang belajar, Tatap Maya Melalui Zoom atau Googlemeet, Belajar mandiri
melalui forum, chat, Assignment dll
4. Pemantauan aktivitas perkuliahan akan dilakukan melalui kehadiran, keaktifan, dan partisipasi dalam kuliah tatap
maya, penugasan dan diskusi.
5. Pastikan mahasiswa mengisi daftar hadir pada saat login sebelum mengikuti perkuliahan pada setiap topik yang di
berikan
6. Mahasiswa diwajibkan untuk memiliki minimal 1 buku pegangan sebagai bahan referensi utama terkait Manajemen
Pembiayaan Pendidikan
7 . Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu melalui WA pada jam Kerja
Petunjuk Penilaian
1. Aktifitas Partisipatif 30%
2. Aktifitas Proyek 20%
3. Tugas 15%
4. UTS 15 %
5. UAS 20%
Etiket Perkuliahan
Daring1.Login menggunakan akun sendiri dan tidak memberikan akun kepada orang lain.2.Standby di waiting room meeting, lima menit sebelum jadwal perkuliahan.3.Aktifkan kamera agar wajah dapat terlihat pada seluruh partisipan.4.Microphone di-on-kan hanya jika ingin berbicara.5.Menyapa saat masuk dengan saling memberi semangat melalui ruang chat atau secara langsung saat keadaanmemungkinkan.6.Menggunakan bahasa yang baik, volume suara, nada bicara intonasi suara, dan kecepatan bicara yang baik danmudah dipahami.7.Menggunakan panggilan/sebutan yang baik.8.Tidak emosional dalam berkomunikasi.9.Berbicara bergantian/tidak menyela ucapan orang lain agar semua bisa mendengar dengan baik.10.Berpenampilan pantas, rapi, dan sopan.11.Menggunakan gerak tubuh yang sopan dan wajar, menjaga sikap dan tingkah laku yang baik (cara duduk, tidakmenerima telepon, tidak terlihat sibuk melakukan hal-hal lain, tidak meninggalkan tempat saat kamera menyala,tidak meninggalkan ruang interaksi tanpa izin via pesan (chat), minta izin dan matikan kamera jika terpaksa harusmelakukan aktivitas lain).12.Memperhatikan estetika ruangan (tidak menampakkan tempat tidur, pintu toilet yang terbuka, ruang yangberantakan, foto atau lukisan yang tidak pantas dan hal-hal yang umumnya tidak pantas diperlihatkan)13.Menyampaikan terima kasih ketika mendapat bantuan dan menyampaikan permohonan maaf ketika melakukankesalahan.LURING1. Masuk di ruang Kelas 15 menit sebelum Perkuliahan dimulai
2. Berpakaian rapi dan sopan (Baju Kemeja, Pakai sepatu)
3. Memeriksa aktivitas di SYAM OK
4. Mengisi daftar Hadir di SYAM OK
5. Mengerjakan tugas Individu/Kelompok di SYAM OKREFERENSI
1. Martin, 2014. Manajemen Pembiayaan Pendidikan (konsep dan aplikasinya). Jakarta: Rajawali Pers.
2. Fattah,nanang,2004.Ekonomi&Pembiayaan Pendidikan.Bandung:Rosdakarya
3. Arwildayanto, 2017. Manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan, widya padjadjaran
4. Akdon dkk, 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Adik-adik Mahasiswa sebelum mengikuti perkuliahan silahkan membaca RPS Matakuliah diatas dengan carak mengklik link berikut