Topic outline

  • Pertemuan Pertama

    Assalamualaikum wr.wb

    Selamat datang para pejuang muda dalam pembelajaran Kampus Merdeka "Pejuang Muda" selama satu semester ke depan. pembelajaran akan dilaksanakan dalam dua bagian, yaitu pembelajaran materi umum melalui online/daring dan Team  based Project.

    kompetensi pembelajaran kampus merdeka "pejuang muda" terdiri dari 9 modul yaitu:

    Modul 1: pengantar materi umum melalui kontrak dan pekenalan diri yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa.

    Modul 2: Kaitan Aspek Kebahasaan dan Keterampilan Berbahasa

    Modul 3: Pengertian  Makassar dan Dialek Bahasa Makassar

    Modul 4: Hakikat Fonologi

    Modul 5: Konfiguraso Fonem

    Modul 6 : Konfiguraso Fonem Vokal dan Konsonan Bahasa Makassar

    Modul 7 : Ciri-citi Distingtif Fonem Vokal dan Konsonan Bahasa Makassar

    Modul 8 : Distribusi Pemakaian Fonem Vokal dan Konsonan Bahasa Makassar

    Modul 9 : Pengembangan Project Fonem Bahasa Makassar dari Dialek


  • Pertemuan Kedua

    Assalamualaikum wr,wb

    Selamat datang para pejuang muda dalam pembelajaran Kampus Merdeka "Pejuang Muda". Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar mengenai "Perkenalan Sejarah Makassar" secara etimologi, termonologi, mitos dan sejarah. 

    Capaian Pembelajaran 

    • Memahami hakikat Makassar dan mendeskripsikan karakter masyarakat Makassar.

    • Menceritakan sejarah Makassar dan melantunkan   Kelong/paruntuk kana yang mencerminkan karakter orang Makassar

    Materi

    • Pengetahuan sejarah Makassar secara etimologi
    • Pengetahuan sejarah Makassar secara terminologi 
    • Pengetahuan sejarah Makassar secara mitos
    • Pengetahuan sejarah Makassar secara sejarah

    Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi

  • Pertemuan Ketiga

    Assalamualaikum wr.wb

    Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan ketiga, kali ini rekan-rekan muda akan melakukan proses penyuntingan video perkenalan diri melalui penggunaan bahasa Makassar.

    Capaian Tugas Perkenalan diri

    • Mampu mengemukakan bahasa Makassar dengan baik dan benar
    • Mampu menerapkan teknik-teknik penyiaran, penyuntingan, dan jurnalistik bahasa Bugis atau Makassar; sesuai kaidah dengan tepat.
    • Terampil membaca dan menulis menggunakan aksara Lontarak sesuai dengan kaidah penulisan aksara Bugis atau Makasar;


    Silakan menyimak video perkenalan diri dengan seksama!

  • Pertemuan Keempat

    Assalamualaikum wr.wb

    Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan keempat, kali ini rekan-rekan muda akan belajar mengenai 'Hakikat Fonologi" dan akan ditugaskan "mencari asal-usul sejarah Makassar dari berbagai teori dan para ahli".

    Capaian Pembelajaran

    • Mampu mengapresiasi (menikmati, memahami, menginterpretasi, menilai, mengkreasi) dan mencipta karya sastra (puisi, prosa, dan drama) Bugis atau Makassar sesuai dengan struktur dan kaidah genre sastra;

    • Mampu melagukan atau mengekspresikan puisi tradisional (kelong, paruntukana, aru/pakkiok buntingdan modern sesuai dengan konvensinya masing-masing;

    Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi.

  • Pertemuan Kelima

    Assalamualaikum wr.wb

    Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan kelima, kali ini kita akan belajar mengenai "Perbedaan Fonemik dan Fonetik dalam bahasa Makassar"

    Capaian Pembelajaran

    • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Bugis atau Makassar; dengan pendekatan yang relevan untuk membangun kemampuan berkomunikasi sesuai tujuan kurikulum;
    •  Mampu merancang, memilih aktivitas, strategi, dan sumber daya pembelajaran yang mempertimbangkan keberagaman profil belajar, kearifan lokal, aspek sosiokultural, emosional, intelektual, fisik peserta didik serta menumbuhkan motivasi belajar peserta didik menggunakan laboratorium bahasa dan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang relevan.

    Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!


  • Pertemuan Keenam

    Assalamualaikum wr.wb

    Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan keenam, kali ini kita akan belajar mengenai "Konfigurasi Fonetik dalam bahasa Makassar". Fonem adalah bidang linguistik yang mempelajari bunyi bahasa tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak. Sebagaimana diketahui bahwa fonemik secara fungsional dipertentangkan dengan fonetik, karena fonemik mengkhususkan perhatiannya pada makna yang ditimbulkan oleh sebuah bunyi bahasa ketika dituturkan sedangkan fonetik hanya memfokuskan bagaimana bunyi bahasa dapat dituturkan secara benar baik dari segi cara maupun dari segi tempat artikulasinya.

    Capaian Pembelajaran

    •  Mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pendidikan/pembelajaran bahasa dan sastra melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan transdisiplin;
    • Mampu menerapkan pendekatan inter-, multi- atau transdisipliner untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Bugis dan Makassar

    Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!


  • Pertemuan Ketujuh

    Assalamualaikum wr.wb

    Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan ketujuh, kali ini kita akan belajar mengenai "Konfigurasi Fonetik Vokal dan Konsonan dalam bahasa Makassar". Fonem adalah bidang linguistik yang mempelajari bunyi bahasa tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak. 

    Capaian Pembelajaran

    •  Mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pendidikan/pembelajaran bahasa dan sastra melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan transdisiplin;
    • Mampu menerapkan pendekatan inter-, multi- atau transdisipliner untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Bugis dan Makassar

    Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!



    • Pertemuan Kedelapan

      Assalamualaikum wr.wb

      Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan kedelapan, kali ini kita akan belajar mengenai "CIRI-CIRI DISTINGTIF FONEM VOKAL DAN KONSONAN BAHASA MAKASSAR". Bahasa adalah kunci pokok bagi kehidupan manusia di atas dunia ini, karena dengan bahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya dan bahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Fonologi memusatkan perhatiannya kepada bahasa sebagai medium komunikasi daripada sebagai hal-hal lain, apakah dalam bentuk lisannya ataukah dalam bentuk tertulisnyay

      Capaian Pembelajaran

      •  Mampu membangun budaya literasi melalui pelaksanaan pembelajaran integratif;
      • Memiliki wawasan metodologi penelitian yang berpotensi mampu melakukan penelitian;

      • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Bugis atau Makassar secara berkelanjutan dengan memanfaatkan hasil evaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran.



      Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!



    • Pertemuan Kesembilan

      Assalamualaikum wr.wb

      Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan kesembilan, kali ini kita akan belajar mengenai " 1. Distribusi pemakaian fonem vokal dan konsonan bahasa Makassar, 2. Perbandingan Fonem bahasa Makassar dari berbagai dialek". Fonem adalah ilmu yang mempelajari dan menyelidiki kemungkinanbunyi ujaran yang berfungsi sebagai alat untuk membedakan arti (makna)Untukdapat meneliti fonem bahasa Makassar, perlu terlebih dahulu mendapat perhatianyang jelas tentang fonem itu. Vokal adalah fonem yang dihasilkan dengan menggerakkan udara keluar tanparintangan. Dalam bahasa, khususnya bahasa Indonesia, terdapat huruf vokal. Hurufvokal merupakan huruf huruf yang dapat berdiri tunggal dan menghasilkan bunyisendiri.

      Capaian Pembelajaran

      •  Mampu mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar peserta didik secara kontinu dan efektif melalui perancangan dan penggunaan teknik, alat, dan strategi evaluasi pembelajaran yang relevan baik formal maupun informal (pengamatan, portofolio pekerjaan peserta didik, kinerja dalam tugas, proyek, penilaian diri (self assesment), penilaiankelompok) yang valid dan reliabel;
      • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Bugis atau Makassar secara berkelanjutan dengan memanfaatkan hasil evaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran;

      • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Bugis atau Makassar secara berkelanjutan dengan memanfaatkan hasil evaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran.


      Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!


    • Pertemuan Kesepuluh

      Assalamualaikum wr.wb

      Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan kesepuluh, kali ini kita akan belajar mengenai " Teknik penulisan bahasa Makassar dan  Penggunaan Fonem Vokal dan Konsonan dalam Awalan kata, tengah dan belakang". 

      Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang mempunyai latar belakang kebudayaan serta bahasa sendiri-sendiri. Oleh karena itu, bahasa dikatakan bagian dari kebudayaan. Mengenal bahasa dan kesusastraan suatu suku bangsa, berarti telah mengenal taraf kemajuan dan kecerdasan dari suatu suku bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa mempunyai peranan yang sangat penting. Disadari atau tidak, manusia dan bahas  tidak dapat dipisahkan. Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Jadi, setiap manusia yang terlibat dalam kehidupan sosial paling tidak mengenal bahasa.

      Capaian Pembelajaran

      •  Mampu mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar peserta didik secara kontinu dan efektif melalui perancangan dan penggunaan teknik, alat, dan strategi evaluasi pembelajaran yang relevan baik formal maupun informal (pengamatan, portofolio pekerjaan peserta didik, kinerja dalam tugas, proyek, penilaian diri (self assesment), penilaiankelompok) yang valid dan reliabel;
      • Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan Bahasa dan Sastra Bugis atau Makassar melalui pendekatan secara terintegrasin;

      • Mampu menyusun peta jalan penelitian bidang kebahasaan, kesastraan, dan pembelajarannya.


      Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!



    • Pertemuan Sebelas

      Assalamualaikum wr.wb

      Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan kesepuluh, kali ini kita akan belajar mengenai  akan ditugaskan "Menerjemahkan suatu teks cerita kedalam aksara lontarak serta mendistribusikan".

      Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang mempunyai latar belakang kebudayaan serta bahasa sendiri-sendiri. Oleh karena itu, bahasa dikatakan bagian dari kebudayaan. Mengenal bahasa dan kesusastraan suatu suku bangsa, berarti telah mengenal taraf kemajuan dan kecerdasan dari suatu suku bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa mempunyai peranan yang sangat penting. Disadari atau tidak, manusia dan bahas  tidak dapat dipisahkan. Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Jadi, setiap manusia yang terlibat dalam kehidupan sosial paling tidak mengenal bahasa.

      Capaian Pembelajaran

      •  Mampu mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar peserta didik secara kontinu dan efektif melalui perancangan dan penggunaan teknik, alat, dan strategi evaluasi pembelajaran yang relevan baik formal maupun informal (pengamatan, portofolio pekerjaan peserta didik, kinerja dalam tugas, proyek, penilaian diri (self assesment), penilaiankelompok) yang valid dan reliabel;
      • Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan Bahasa dan Sastra Bugis atau Makassar melalui pendekatan secara terintegrasin;

      • Mampu menyusun peta jalan penelitian bidang kebahasaan, kesastraan, dan pembelajarannya.


      Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!



    • Pertemuan Keduabelas

      Assalamualaikum wr.wb

      Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan duabelas, kali ini kita akan belajar mengenai  akan belajar terkait Urgensi fonologi dalam ilmu linguistik. 

      Bahasa adalah kunci pokok bagi kehidupan manusia di atas dunia ini, karenadenganbahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya dan bahasa merupakansumberdaya bagi kehidupan bermasyarakat. Fonologi memusatkan perhatiannyakepadabahasa sebagai medium komunikasi daripada sebagai hal-hal lain, apakahdalambentuk lisannya ataukah dalam bentuk tertulisnya. Oleh karena ada ahli-ahli lainyangmempelajari manusia dari berbagai aspek, dan sering kali ahli-ahli lainyangmempelajari manusia dari berbagai aspek, dan sering kali ahli-ahli itu mempergunakanjuga fonologi sebagai alat untuk menganalisis bahasa dalambidang mereka, makaterjadi semacam gabungan pendekatan dalam studi itu.

      Capaian Pembelajaran

      •  Mampu merencankan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Bugis atau Makassar melalui pendekatan secara terintegrasi;
      • Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif, orisinal, dan teruji dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Bugis atau Makassar dan pengajarannya;

      • Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada berdasarkan kaidah dan prinsip pembelajaran terhadap permasalahan pembelajaran bahasa Bugis dan Makasar; dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat.


      Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!


      • Pertemuan Ketigabelas

        Assalamualaikum wr.wb

        Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan tigabelas. rekan-rekan muda  akan ditugas "Membuat Kamus bahasa Makassar dari berbagai dialek penutur bahasa Makassar" 

        Bahasa adalah kunci pokok bagi kehidupan manusia di atas dunia ini, karenadenganbahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya dan bahasa merupakansumberdaya bagi kehidupan bermasyarakat. Fonologi memusatkan perhatiannyakepadabahasa sebagai medium komunikasi daripada sebagai hal-hal lain, apakahdalambentuk lisannya ataukah dalam bentuk tertulisnya. Oleh karena ada ahli-ahli lainyangmempelajari manusia dari berbagai aspek, dan sering kali ahli-ahli lainyangmempelajari manusia dari berbagai aspek, dan sering kali ahli-ahli itu mempergunakanjuga fonologi sebagai alat untuk menganalisis bahasa dalambidang mereka, makaterjadi semacam gabungan pendekatan dalam studi itu.

        Capaian Pembelajaran

        •  Mampu merencankan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Bugis atau Makassar melalui pendekatan secara terintegrasi;
        • Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif, orisinal, dan teruji dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Bugis atau Makassar dan pengajarannya;

        • Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada berdasarkan kaidah dan prinsip pembelajaran terhadap permasalahan pembelajaran bahasa Bugis dan Makasar; dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat.


        Silakan pelajari materi dengan seksama dan terlibat aktif dalam forum diskusi!


      • Pertemuan Keempatbelas

        Bagaimana kabar rekan-rekan pejuang muda. Selamat datang pertemuan keemapatbelas. Pada kesempatan kali ini, kita akan melakukan "Refleksi dalam Perkuliahan ini"

        • Pertemuan Kelimabelas

          Assalamualaikum wr.wb

          Bagimana kabar rekan-rekan pejuang muda selamat datang di pertemuan kelimabelas sebagai akhir dari semester ini. Pemahaman terkait Fonologi sebagai cabang ilmu Linguistik merupkan hal yang krusial dengan segala bidang baik linguistik maupun cabang ilmu lainnya. Oleh karena itu,dipandang perlu pejuang Muda untuk menguasai materi yang telah kita pelajari bersama. Kali ini pejuang muda akan ditugaskan untuk merangkum semua materi yang telah kita bahasa bersama dalam forum diskusi, hal ini pula sebagai tugas dalam ujian akhir semester.

          Capaian pembelajaran

          • Mampu merencanakan project based learning dalam studi linguistik
          • Mampu mengidentifikasi akuntabilitas program dalam studi linguistik 

          Silakan pelajari tugas berikut pada room yang telah disediakan!