• Introduction

    GREETING

    Assalammualaikum wr, wb, Hallo teman-teman Cvisioner!!

    Selamat datang dan selamat bergabung pada matakuliah Computer Vision.
    Matakuliah IFB-301 Computer Vision ini merupakan matakuliah wajib di Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung yang diselenggarakan di semester ganjil atau tepatnya di semester 5. Bobot matakuliah Computer Vision adalah 3 SKS.

    Perkenalkan saya Irma Amelia Dewi, selama satu semester ini akan menemai teman-teman Cvisioner untuk lebih memahami tidak hanya konsep dari metode-metode computer vision tetapi juga implementasinya di bidang industri.

    Pembelajaran yang diterapkan merupakan collaborative learning dan active learning, mengajak CVisioner terlibat secara partisipasi aktif dalam diskusi/small group discussion, group activity dalam menyelesaikan case study, problem-based yang berasal dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jika teman-teman Cvisioner memiliki pertanyaan atau kebutuhan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform ini. Saya selalu siap membantu teman-teman dalam proses pembelajaran ini.

    Jadi, mari kita mulai! Siapkan diri Anda untuk menggali ilmu baru, berdiskusi, dan menjalani pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

    Terima kasih telah bergabung, dan saya berharap kita akan memiliki waktu yang sangat bermanfaat bersama. Selamat belajar!"

  • Pertemuan (14)- Image Classification Supervised & Unsupervised Learning

    HEADER

    Greeting

    Selamat datang teman-teman CVisioner pada pertemuan ke-tiga belas Computer Vision. Pada pertemuan ini teman-teman CVisioner diharapkan dapat menerapkan metode image classification menggunakan metode suppervised learning . Pada pertemuan ini akan dibahas metode Support Vector Machine (SVM), K-Nearest Neighbor (KNN) dan Unsupervised Learning menggunakan K-Means . Semoga teman-teman CVisioner dalam keadaan sehat dan semangat mempelajari materi di pertemuan ini. 

    Deskripsi Materi

    Dalam pembuatan aplikasi artificial intelligence termasuk computer vision terdapat dua pendekatan yaitu supervised learning dan unsupervised learning.  Supervised learning adalah pendekatan pembelajaran mesin yang ditentukan oleh penggunaan set data berlabel. Dataset ini dirancang untuk melatih atau "mengawasi" algoritma agar dapat mengklasifikasikan data atau memprediksi hasil secara akurat. Dengan menggunakan input dan output berlabel. Salah satu metode yang digunakan berupa Support Vector Machine (SVM), K-Nearest Neighbor (KNN). Sementara unsupervised learning menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk menganalisis dan mengelompokkan kumpulan data yang tidak berlabel. Algoritma ini menemukan pola tersembunyi dalam data tanpa perlu campur tangan manusia (oleh karena itu, algoritma ini disebut "tanpa pengawasan"). Model pembelajaran tanpa pengawasan / unsupervised learning digunakan untuk tiga tugas utama: pengelompokan, asosiasi, dan pengurangan dimensi. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah K-Means, 

    Sub-Capaian Pembelajaran MataKuliah (Sub-CPMK)

    SubCPMK 5:  Mahasiswa mampu secara kolaboratif mengidentifikasi dan mengimplementasikan metode supervised dan unsupervised learning serta deep learning architecture pada computer vision dalam pengenalan dan deteksi single atau multiple object serta melakukan analisis model untuk menghasilkan aplikasi yang optimal sesuai kebutuhan industri

    Indikator Capaian Pembelajaran

    1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan SVM, KNN, dan K-Means untuk klasifikasi dataset gambar menggunakan bahasa pemrograman
    2. Mahasiswa mampu melakukan evaluasi dan interpretasi hasil klasifikasi berdasarkan metrik akurasi, presisi, recall, dan matriks konfusi
    3. Mahasiswa mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan penggunaan SVM, KNN, dan K-Means untuk kasus klasifikasi gambar

    Skenario Pembelajaran 

    Matakuliah Computer Vision diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran baik handout, video pembelajaran, modul praktek pemrograman, infografis diluar jam perkuliahan sebelum kelas dimulai. Teman-teman CVisioner setelah mempelajari terlebih dahulu materi mengenai metode classification menggunakan supervised dan unsupervised learning dan modul pemrograman optical flow yang dapat teman-teman praktekkan menggunakan Google Colaboratory. 

    Sebelum Pertemuan (90 menit):

    1. Mahasiswa menonton video dan mempelajari infografis materi SVM, KNN, dan K-Means untuk klasifikasi gambar (30 menit)
    2. Mahasiswa membaca handout ringkasan dan modul praktik coding SVM, KNN, dan K-Means (30 menit)
    3. Mahasiswa mengerjakan kuis pemahaman materi di LMS (30 menit)

    Saat Pertemuan (150 menit):

    1. Warming-up dan Dosen membahas poin-poin penting materi dan menjawab pertanyaan (15 menit)
    2. Mahasiswa dibagi 5 kelompok, tiap kelompok 4-5 orang. Tiap kelompok diberi tugas proyek studi kasus klasifikasi gambar dengan SVM, KNN, dan K-Means (60 menit).
    3. Tiap kelompok mempresentasikan hasil proyek. Kelompok lain memberi pertanyaan dan saran (60 menit).
    4. Dosen memberi ulasan, menjelaskan yang masih membingungkan, dan merangkum materi (15 menit).

    =====================================================================================================

     

Previous section
Pertemuan (12-13)-Convolutional Neural Network (CNN) | Deep Learning Image Classification & Detection
Next section
Project Akhir Computer Vision