Skema Perkuliahan dan Rencana Asesmen

CVisioner skema perkuliahan matakuliah Computer Vision menerapkan Hybrid Learning dengan peserta yang berasal dari prodi Informatika Itenas dan luar PT. Pengimplementasian Flipped Classroom akan men-trigger teman-teman menjadi active learner dengan memperbanyak diskusi dan group activity. 

Selain itu rencana penilaian disusun untuk setiap Sub-CPMK dengan dilengkapi panduan Rencana Tugas Mahasiswa (RTM) sehingga teman-teman CVisioner dapat mengikuti panduan pengerjaan, indikator dan kriteria penilaiannya. 

Skema (Rencana) Perkuliahan

Mata Kuliah Computer Vision menerapkan Hybrid Learning , yaitu sistem belajar yang dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran tatap muka bagi mahasiswa di Itenas dan menggunakan virtual Synchronous menggunakan video conference terutama untuk mahasiswa dari Luar Perguruan Tinggi Itenas Bandung. Mata Kuliah Computer Vision disajikan secara Synchronous, melalui kuliah tatap muka dan virtual synchronous; sedangkan secara Asynchronous dengan menggunakan Youtube dengan penambahan pertanyaan interaktif menggunakan edpuzzle, handout dan modul pemrograman Python untuk Computer Vision, forum dan paddlet untuk diskusi dan gorup activity.  Mata Kuliah Computer Vision juga menerapkan Flipped Classroom, yaitu model pembelajaran yang diawali dengan mahasiswa mempelajari materi di rumah sebelum kuliah dimulai dan kegiatan belajar mengajar di kampus berupa small group discussion serta group activity yang di trigger dari studi kasus ataupun problem based yang berasal dari industri yang bekerjasama dengan Prodi Informatika Itenas. Mata Kuliah Computer Visionmenggunakan penilaian (assesment) dan evaluasi pembelajaran berupa tes formatif (Tugas dan Kuis) serta Tes sumatif (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester).

Rencana Asesmen

SubCPMK

Persentase (%)

Bobot CPL

Persentase (%)

CPMK

Media/Rubrik/komponen

CPL 2

CPL 8

CPL 9

1 (45%)

2(55%)

SubCPMK 1

14%

 

6

8

7%

7%

Tugas terstruktur (6%)

Aktifitas Partisipatif/Kuis/Latihan/praktek (4%)

UTS (4%)

SubCPMK 2

12%

 

5

7

7%

5%

Tugas terstruktur (5%)

Aktifitas Partisipatif/Kuis/Latihan/praktek (5%)

UTS(2%)

SubCPMK 3

21%

 

9

12

9%

12%

Tugas terstruktur (10%)

Aktifitas Partisipatif/Kuis/Latihan/praktek (7%)

UTS(4%)

SubCPMK 4

10%

 

4

6

6%

4%

Tugas terstruktur (4%)

Aktifitas Partisipatif/Kuis/Latihan/praktek (4%)

UAS(2%)

SubCPMK 5

43%

29

6

8

16%

27%

Project based/UAS (20%)

Observasi (team work) (15%)

Aktifitas Partisipatif/Kuis/Latihan/praktek (8%)

 

100%

29

30

41

45

55