• Introduction

    GREETING

    Assalammualaikum wr, wb, Hallo teman-teman Cvisioner!!

    Selamat datang dan selamat bergabung pada matakuliah Computer Vision.
    Matakuliah IFB-301 Computer Vision ini merupakan matakuliah wajib di Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung yang diselenggarakan di semester ganjil atau tepatnya di semester 5. Bobot matakuliah Computer Vision adalah 3 SKS.

    Perkenalkan saya Irma Amelia Dewi, selama satu semester ini akan menemai teman-teman Cvisioner untuk lebih memahami tidak hanya konsep dari metode-metode computer vision tetapi juga implementasinya di bidang industri.

    Pembelajaran yang diterapkan merupakan collaborative learning dan active learning, mengajak CVisioner terlibat secara partisipasi aktif dalam diskusi/small group discussion, group activity dalam menyelesaikan case study, problem-based yang berasal dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jika teman-teman Cvisioner memiliki pertanyaan atau kebutuhan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform ini. Saya selalu siap membantu teman-teman dalam proses pembelajaran ini.

    Jadi, mari kita mulai! Siapkan diri Anda untuk menggali ilmu baru, berdiskusi, dan menjalani pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

    Terima kasih telah bergabung, dan saya berharap kita akan memiliki waktu yang sangat bermanfaat bersama. Selamat belajar!"

  • Pertemuan 2-Tapis Linear Konvolusi | Image Enhancement

    HEADER

    Greeting

    Selamat datang teman-teman CVisioner pada pertemuan kedua Computer Vision. Pada pertemuan ini  teman-teman CVisioner diharapkan dapat mengidentifikasi kualitas citra, menentukan masalah yang muncul pada citra digital, kemudian menentukan operasi citra untuk meningkatkan kualitas citra menggunakan image filtering, enhancement teknik, image restoration dalam pra-pemprosesan citra digital. Semoga teman-teman Cvisioner dalam keadaan sehat dan semangat mempelajari materi di pertemuan kedua ini. 

    Deskripsi Materi

    Pertemuan kedua dalam matakuliah Computer Vision teman-teman CVisioner akan mempelajari materi mengenai metode image enhancement. Image enhancement merupakan metode yang digunakan dalam computer vision untuk meningkatkan kualitas citra dan sebagai tahap awal atau pre-processing pada tahapan pengembangan aplikasi computer vision. Image enhancement adalah proses meningkatkan kualitas citra dengan mengubah berbagai aspeknya, seperti kontras, ketajaman, kecerahan, reduksi noise dan lainnya. Proses ini bertujuan untuk membuat citra lebih informatif dan lebih mudah dianalisis oleh algoritma komputer.

    Pada pertemuan kedua ini, salah satu metode dalam image enhancement yang akan dipelajari adalah operasi konvolusi. Konvolusi citra digital adalah proses matematika yang menggabungkan dua fungsi input, yaitu citra input dan kernel konvolusi, untuk menghasilkan citra output yang telah di-enhance. Proses ini dilakukan dengan cara mengalikan setiap piksel citra input dengan nilai kernel konvolusi, lalu menjumlahkan semua hasil perkalian ini untuk mendapatkan nilai piksel pada citra output.

    Dengan melakukan konvolusi citra digital menggunakan kernel yang sesuai, kita dapat melakukan enhancement citra seperti mengurangi noise, menajamkan detail, memberi efek artistik, dll. Ini sangat bermanfaat dalam computer vision untuk memperbaiki kualitas citra input sebelum diolah lebih lanjut.

    Sub-Capaian Pembelajaran MataKuliah (Sub-CPMK)

    Sub-CPMK 1: Mahasiswa dapat mengidentifikasi kualitas citra dan menerapkan operasi dasar citra digital termasuk image filtering, image enhancement, image restoration dalam pra-pemrosesan citra digital untuk menghasilkan kualitas citra yang lebih baik. 

    Indikator Capaian Pembelajaran

    Indikator capaian pembelajaran pada pertemuan kedua mengenai image enhancement menggunakan tapis linear operasi konvolusi untuk mencapai Sub-CPMK 1 ini adalah:

    1. Mampu menjelaskan pentingnya image enhancement dalam konteks pemrosesan citra
    2. Mahasiswa dapat menyebutkan dan membedakan berbagai jenis kernel konvolusi seperti Mean Filter, Gaussian, sharpening, embossing.
    3. Mampu menjelaskan proses operasi konvolusi dan bagaimana filter bergerak melintasi citra.
    4. Mahasiswa mampu menerapkan konvolusi citra digital dengan kernel yang sesuai untuk melakukan proses enhancement seperti mengurangi noise, menajamkan detail, dsb.
    5. Mahasiswa mampu menganalisis hasil konvolusi citra digital dan memahami pengaruh penggunaan kernel yang berbeda.
    6. Mahasiswa memahami penerapan dan kegunaan konvolusi citra digital dalam bidang computer vision.
    7. Mahasiswa mampu mengimplementasikan algoritma konvolusi citra digital pada project aplikasi computer vision menggunakan library openCV dengan pemrograman Python

    Skenario Pembelajaran

    Matakuliah Computer Vision diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran baik handout, video pembelajaran, modul praktek pemrograman diluar jam perkuliahan sebelum kelas dimulai. Pertemuan kedua dalam matakuliah Computer Vision teman-teman CVisioner setelah mempelajari terlebih dahulu materi mengenai image enhancement menggunakan konvolusi citra digital, selanjutnya CVisioner akan dibagi menjadi small group untuk melakukan Group activity Discussion dengan kasus citra citra image.

    Sebelum Pertemuan (90 menit):

    1. Mahasiswa menonton video dan handout materi konsep dasar tapis linear konvolusi dan teknik image enhancement selama 30 menit.
    2. Mahasiswa mengerjakan quiz image filtering selama 30 menit.
    3. Mahasiswa mengerjakan challenge programming pada LMS untuk mengevaluasi pemahaman selama 30 menit.

    Saat Pertemuan (120 menit):

    1. Review singkat dan diskusi tentang materi yang telah dipelajari (15 menit)
    2. Mahasiswa diberikan case-study mengenai image filtering. Teman-teman CVisioner harus mencermati dan menyebutkan masalah yang berkaitan dengan kualitas dari beberapa citra yang diberikan dalam kondisi buruk atau low quality, kemudian menentukan metode yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Case lain berasal dari teman-teman sendiri untuk mencari foto dengan kualitas yang rendah, lakukan analisis dan pecahkan permasalahannya dengan menggunakan metode image enhancement yang tepat terutama berkaitan dengan konvolusi.  (60 menit).
    3. Presentasi hasil praktikum oleh masing-masing kelompok dan sesi tanya-jawab (30 menit)
    4. Penjelasan konsep yang masih membingungkan dan kesimpulan (15 menit)

     

Previous section
Pertemuan 1-Introduction Computer Vision
Next section
Pertemuan 3-Histogram Equalization & Image Interpolation| Image Enhancement