• Introduction

    GREETING

    Assalammualaikum wr, wb, Hallo teman-teman Cvisioner!!

    Selamat datang dan selamat bergabung pada matakuliah Computer Vision.
    Matakuliah IFB-301 Computer Vision ini merupakan matakuliah wajib di Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung yang diselenggarakan di semester ganjil atau tepatnya di semester 5. Bobot matakuliah Computer Vision adalah 3 SKS.

    Perkenalkan saya Irma Amelia Dewi, selama satu semester ini akan menemai teman-teman Cvisioner untuk lebih memahami tidak hanya konsep dari metode-metode computer vision tetapi juga implementasinya di bidang industri.

    Pembelajaran yang diterapkan merupakan collaborative learning dan active learning, mengajak CVisioner terlibat secara partisipasi aktif dalam diskusi/small group discussion, group activity dalam menyelesaikan case study, problem-based yang berasal dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jika teman-teman Cvisioner memiliki pertanyaan atau kebutuhan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform ini. Saya selalu siap membantu teman-teman dalam proses pembelajaran ini.

    Jadi, mari kita mulai! Siapkan diri Anda untuk menggali ilmu baru, berdiskusi, dan menjalani pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

    Terima kasih telah bergabung, dan saya berharap kita akan memiliki waktu yang sangat bermanfaat bersama. Selamat belajar!"

  • Pertemuan 3-Histogram Equalization & Image Interpolation| Image Enhancement

    HEADER

    Greeting

    Selamat datang teman-teman CVisioner pada pertemuan ketiga Computer Vision. Pada pertemuan ini  teman-teman CVisioner diharapkan dapat mengidentifikasi kualitas citra, menentukan masalah yang muncul pada citra digital, kemudian menentukan operasi citra untuk meningkatkan kualitas citra menggunakan image filtering, enhancement teknik, image restoration dalam pra-pemprosesan citra digital terutama menggunakan Histogram Equaization dan image interpolation. Semoga teman-teman Cvisioner dalam keadaan sehat dan semangat mempelajari materi di pertemuan ketiga ini. 

    Deskripsi Materi

    Histogram equalization adalah teknik enhancement citra digital yang bertujuan untuk meningkatkan kontras citra dengan cara menyebarkan kembali distribusi intensitas piksel pada citra agar merata di seluruh rentang nilai intensitas.

    Image interpolation adalah teknik untuk meningkatkan resolusi citra digital dengan cara memperkirakan nilai piksel baru di antara piksel-piksel yang sudah ada.

    Beberapa metode image interpolation:

    1. Nearest neighbor interpolation: nilai piksel baru diisi dengan nilai piksel terdekat. Metode ini sederhana tapi menghasilkan efek blok piksel.
    2. Bilinear interpolation: nilai piksel baru dihitung berdasarkan rata-rata nilai 4 piksel terdekat, sehingga hasilnya lebih halus.
    3. Bicubic interpolation: nilai piksel baru diestimasi berdasarkan rata-rata nilai 16 piksel terdekat, menghasilkan 

    jSub-Capaian Pembelajaran MataKuliah (Sub-CPMK)

    Sub-CPMK 1: Mahasiswa dapat mengidentifikasi kualitas citra dan menerapkan operasi dasar citra digital termasuk image filtering, image enhancement, image restoration dalam pra-pemrosesan citra digital untuk menghasilkan kualitas citra yang lebih baik. 

    Indikator Capaian Pembelajaran

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan proses perhitungan dan pembentukan histogram citra digital.
    2. Mahasiswa mampu menerapkan algoritma histogram equalization untuk melakukan perataan histogram citra.
    3. Mahasiswa dapat menganalisis pengaruh histogram equalization terhadap peningkatan kontras dan kualitas citra.
    4. Mahasiswa terampil menerapkan histogram equalization pada citra digital menggunakan perangkat lunak.
    5. Mahasiswa mampu memilih dan menerapkan teknik enhancement yang sesuai dengan karakteristik dan tujuan pengolahan citra.
    6. Mahasiswa mampu mengimplementasikan histogram equalization pada project computer vision menggunakan CopenCV dengan bahasa pemrograman Python.

    Skenario Pembelajaran 

    Matakuliah Computer Vision diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran baik handout, video pembelajaran, modul praktek pemrograman diluar jam perkuliahan sebelum kelas dimulai. Pertemuan tiga dalam matakuliah Computer Vision teman-teman CVisioner setelah mempelajari terlebih dahulu materi mengenai image enhancement menggunakan Histogram Equalization dan Image Interpolasii. selanjutnya CVisioner akan dibagi menjadi small group untuk melakukan Group activity Discussion dengan kasus citra citra image.

    Sebelum Pertemuan (90 menit):

    1. Mahasiswa menonton video dan handout materi konsep dasar histogram equalization dan image interpolation beserta contoh penerapannya selama 30 menit.
    2. Mahasiswa membaca handout ringkasan materi dan modul praktikum serta menyelesaikan tantangan dalam challenge programming. Kalian dapat memilih level kesulitan pengerjaannya dan akan diberikan score dengan kriteria penilaian yang tercantum dalam dokumen Rencana Tugas Mahasiswa. Ikuti panduan yang diberikan pada bagian Challenge Programming. (30 menit)
    3. Mahasiswa mengerjakan kuis pemahaman materi di LMS selama 30 menit.

    Saat Pertemuan (120 menit):

    1. Review singkat dan diskusi materi yang telah dipelajari sebelumnya (15 menit)
    2. Mahasiswa praktik menerapkan histogram equalization dan image interpolation pada studi kasus secara berkelompok (60 menit)
    3. Presentasi hasil praktikum oleh tiap kelompok dan sesi tanya jawab. pada kegiatan Group Activity akan diarahkan untuk menggunakan PixelSimulation untuk menganalisis histogram dari citra digital dengan kualitas yang rendah, kemudian menjelaskan bagaimana analisis gambar berdasarkan histogram berkaitan dengan kecerahan dan kontras. Dengan PixelSimulation mahasiswa diminta untuk menganalisi hasil image yang telah dilakukan image interpolation. (30 menit)
    4. Penjelasan bagian yang masih membingungkan dan kesimpulan (15 menit)

    • Solusi Challenge Programming dan Game-based Learning File
      Restricted Not available unless: The activity Challenge Programming is complete and passed
Previous section
Pertemuan 2-Tapis Linear Konvolusi | Image Enhancement
Next section
Pertemuan 4-Contour Segmentation | Image Segmentation