• Introduction

    GREETING

    Assalammualaikum wr, wb, Hallo teman-teman Cvisioner!!

    Selamat datang dan selamat bergabung pada matakuliah Computer Vision.
    Matakuliah IFB-301 Computer Vision ini merupakan matakuliah wajib di Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung yang diselenggarakan di semester ganjil atau tepatnya di semester 5. Bobot matakuliah Computer Vision adalah 3 SKS.

    Perkenalkan saya Irma Amelia Dewi, selama satu semester ini akan menemai teman-teman Cvisioner untuk lebih memahami tidak hanya konsep dari metode-metode computer vision tetapi juga implementasinya di bidang industri.

    Pembelajaran yang diterapkan merupakan collaborative learning dan active learning, mengajak CVisioner terlibat secara partisipasi aktif dalam diskusi/small group discussion, group activity dalam menyelesaikan case study, problem-based yang berasal dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jika teman-teman Cvisioner memiliki pertanyaan atau kebutuhan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform ini. Saya selalu siap membantu teman-teman dalam proses pembelajaran ini.

    Jadi, mari kita mulai! Siapkan diri Anda untuk menggali ilmu baru, berdiskusi, dan menjalani pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

    Terima kasih telah bergabung, dan saya berharap kita akan memiliki waktu yang sangat bermanfaat bersama. Selamat belajar!"

  • Pertemuan 4-Contour Segmentation | Image Segmentation

    Greeting

    Selamat datang teman-teman CVisioner pada pertemuan ke-empat Computer Vision. Pada pertemuan ini  teman-teman CVisioner diharapkan dapat mengidentifikasi fitur suatu citra untuk menentukan metode image segmentasi yang sesuai. Pada pertemuan ini akan dibahas image segmentasi berdasarkan kontur citra serta penggunaan Otsu's Thresholding sebagai proses segmentasi citra grayscale. Semoga teman-teman Cvisioner dalam keadaan sehat dan semangat mempelajari materi di pertemuan ke-empat ini. 

    Deskripsi Materi

    Image segmentation adalah proses membagi citra menjadi beberapa region berdasarkan karakteristik tertentu. Contour segmentation adalah teknik segmentasi yang mengidentifikasi dan menandai batas-batas objek pada citra.

    Canny edge detection algorithm adalah teknik contour segmentation yang paling populer. Algoritma ini bekerja dengan tahapan:

    1. Noise reduction menggunakan Gaussian filter
    2. Mendeteksi gradient intensitas piksel untuk menandai candidate edge
    3. Non-maximum suppression untuk menipiskan edge
    4. Hysteresis thresholding untuk menentukan strong dan weak edge.

    Otsu's thresholding adalah teknik segmentasi citra grayscale untuk pemisahan foreground dan background. Algoritma ini secara otomatis mencari nilai ambang optimal yang memaksimalkan variansi antar kelas foreground dan background

    jSub-Capaian Pembelajaran MataKuliah (Sub-CPMK)

    Sub-CPMK 2: Mahasiswa dapat menentukan dan menerapkan teknik segmentasi citra dalam pemrosesan gambar berdasarkan bentuk/geometri, tekstur, warna, descriptor visual, depth dan/atau orientasi dalam perancangan dan pengembangan perangkat lunak computer vision

    Indikator Capaian Pembelajaran

    1. Mahasiswa menjelaskan teknik-teknik contour segmentation untuk mendeteksi batas objek pada citra digital
    2. Mahasiswa mampu menerapkan Canny edge detection untuk ekstraksi contour dari citra digital.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan Otsu's thresholding untuk segmentasi citra grayscale.
    4. Mahasiswa mengimplementasikan algoritma Canny edge detection dan Otsu's thresholding menggunakan library OpenCV bahasa pemrograman Python.
    5. Mahasiswa dapat memilih dan menerapkan teknik segmentasi yang sesuai untuk kasus dan data tertentu.

    Skenario Pembelajaran 

    Matakuliah Computer Vision diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran baik handout, video pembelajaran, modul praktek pemrograman diluar jam perkuliahan sebelum kelas dimulai. Pertemuan tiga dalam matakuliah Computer Vision teman-teman CVisioner setelah mempelajari terlebih dahulu materi mengenai image segmentation berbasis kontur menggunakan metode Canny Edge Detection dan Otsu's Thresholding. Selain itu terdapat modul pemrograman dengan topik Canny edge dan Otsu;s thresholding yang dapat teman-teman praktekkan menggunakan Google Colaboratory. 

    Teman-teman CVisioner pada awal pertemuan akan dilakukan warming-up berkaitan dengan fundamental step of Digital Image Processing dan sejauh mana pemahaman kalian mengenai image segmentation. Sesi berikutnya adalah Group Activity dengan kasus yang berasal dari teman-teman Cvisioner akan mempraktekkan Canny edge detection dan Otsu's Thresholding untuk objek yang kalian tentukan, kemudian analisis hasil segmentasi menggunakan canny atau Otsu's Thresholding. 

Previous section
Pertemuan 3-Histogram Equalization & Image Interpolation| Image Enhancement
Next section
Pertemuan 5-Watershed Segmentation| Region-based segmentation