Topic outline

  • STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA


    Dosen Pengampu

     
    Nama                        : NURUL HUSNA, S.Pd.,M.Pd
    Email                        : nunahusna21@gmail.com
    Asal Perguruan Tinggi : STKIP Singkawang
    Mata Kuliah   :   STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA
    Kode   :   MKKMPM1318
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Matematika
    Perguruan Tinggi   :   STKIP Singkawang

    Deksripsi Mata Kuliah :

    Perkuliahan ini memberikan bekal kepada mahasiswa calon guru matematika agar memiliki pengetahuan, pengalaman, kemampuan, dan keterampilan untuk memilih dan menerapkan strategi pembelajaran matematika yang efisien dan efektif. Materi perkuliahan meliputi hakikat strategi belajar mengajar, teori belajar matematika, pendekatan pembelajaran matematika, metode pembelajaran dalam matematika, pengelolaan kelas, pembelajaran berbasis masalah, realistic mathematics education.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    CPMK 1. Sikap. Bertakwa kepada Tuhan YME, berkontribusi meninkatkan kehidupan masyarakat,bangsa dan Negara berdasarkan pancasila

    CPMK-2. Keterampilan Umum. Mampu menerapkan pemikiran logos, kritis, sistematis,mengambil keputusan secara tepat, dan melakukan proses evaluasi.

    CPMK-3. Pengetahuan. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup.

    CPMK-4. Keterampilan Khusus. Mampu mengkaji dan menerapkan metode pembelajaran matematika dan mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika.

    Adapun anggota tim penyusun materi dan konten dalam mata kuliah SBM terdiri dari:


  • P1. Kontrak Perkuliahan Ruang Lingkup Materi Kuliah

    Assalamualaikum Wr. Wb. Dan Selamat Pagi mahasiswa sekalian.Perkenalkan Saya Nurul Husna S.Pd.,M.Pd. Pada semester kali ini, saya bertanggung jawab untuk mengampu mata kuliah STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM). Saya berasal dari perguruan tinggi STKIP Singkawang. Pada perkuliahan disemester ini, saya bersama dengan TIM telah menyusun materi kuliah SBM dalam suatu video pembelajaran. Yang mana dalam video tersebut masing-masingnya terdiri dari: 

    1. PENJELASAN SINGKAT TENTANG MATERI;
    2. PENUGASAN PROYEK YANG TERDIRI DARI MAKALAH, PPT, dan/atau VIDEO PRESENTASI maupun SIMULASI PEMBELAJARAN

    Adapun angota Tim penyusun materi kuliah SBM dapat dilihat pada deskripsi pada masing-masing pertemuan. Sebagai informasi singkat, nama beserta asal prodi nggota tim penyusun materi kuliah di video pembelajaran SBM yaitu:

    No Nama Dosen TIM Prodi
    1 Nurul Husna, S.Pd.,M.Pd S1 Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
    2 Rika Wahyuni, Si.,M.Pd S1 PGSD STKIP Singkawang
    3 Nindy Citroresmi P. S.Pd.,M.Pd S1 Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
    4 Mariyam, S.Pd.,M.Pd S1 Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
    5 Citra Utami, S.Pd.,M.Pd S1 Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
    6 Rosmaiyadi, S.Pd.,M.Pd S1 Pendidikan Matematika STKIP Singkawang
    7 Buyung, S.Pd.,M.Pd S1 Pendidikan Matematika STKIP Singkawang

     

    Untuk kriteria penilaian akhir mata kuliah ditetukan berdasarkan kriteria berikut.

    Untuk informasi lebih jelas tentang sistematika proses perkuliahan dan penilaian pada mata kuliah SBM, silakan mahasiswa sekalian untuk mengakses video pembelajaraan berikut.

    Info:

    Durasi video   : 19 menit 1 detik

    Dosen model  : Nurul Husna, S.Pd.,M.Pd

  • P2. KOMPONEN BELAJAR MENGAJAR, FUNGSI DAN TUGAS PENDIDIK

    Assalamualaikum Wr. Wb. Dan Selamat Pagi mahasiswa sekalian. Di perkuliahan pada pertemuan ke – 2 ini, akan diberikan pembahasan materi tentang Komponen Belajar Mengajar, Fungsi dan Tugas Pendidik.

    Sebelumnya, tentunya kalian pernah mendengar kata belajar dan mengajar, bukan?

    Seperti apa sih belajar mengajar itu?

    Apa saja yang menjadi bagian dari belajar mengajar?

    Bagaimana kontribusi pendidik saat proses belajar mengajar?

     Nah, sebagai clue awal, pada pertemuan kali ini, mahasiswa akan membahas materi tentang komponen belajar mengajar, fungsi dan tugas pendidik yang telah dibahas dalam suatu video pembelajaran interaktif.

     Dalam video pembelajaran tersebut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang materi;
    2. Penugasan proyek mahasiswa; dan
    3. Uji pemahaman tentang materi.

     Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH dan PPT PRESENTASI.

    INFO :

    Dosen Penyaji: Citra Utami, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 11 menit 45 detik

    Dipersilakan mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran seperti berikut.

  • P3. TEORI BELAJAR BEHAVIORISME

    Assalamualaikum Wr. Wb. Dan Selamat Pagi mahasiswa sekalian

    Di perkuliahan pada pertemuan ke – 3 ini, mahasiswa sekalian akan diberikan pembahasan materi tentang TEORI BELAJAR BEHAVIORISME.

    Sebelumnya,

    Apakah kalian pernah mendengar atau mengetahui tentang teori belajar?

    Teori belajar apa saja yang pernah kalian ketahui?

    Siapa saja tokoh-tokoh yang menyatakan suatu Teori Belajar?

    Nah, sebagai clue awal, pada pertemuan kali ini, mahasiswa sekalian akan membahas materi tentang teori belajar Behaviorisme yang telah di bahas dalam suatu video pembelajaran interaktif.

     Dalam video pembelajaran tersebut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang materi;
    2. Penugasan proyek mahasiswa; dan
    3. Uji pemahaman tentang materi.

     Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH, PPT PRESENTASI, DAN VIDEO PRESENTASI (terupload di YOUTUBE).

     INFO :

    Dosen Penyaji: Nurul Husna, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 22 menit 40 detik

    Dipersilakan mahasiswa sekalian untuk menonton dan menyimak video pembelajaran seperti berikut.

  • P4. TEORI BELAJAR KOGNITIVISME

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua.

    Sebelumnya kalian telah membahas materi tentang Teori Belajar Behaviorisme Bukan? Nah.. Pada perkuliahan pertemuan ke – 4 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang Teori Belajar Kognitivisme.

     Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang teori belajar kognitivisme, mari kita pahami beberapa hal berikut:

    • Taukah kalian mengapa di negara kita Indonesia dan di beberapa negara, ada yang namanya jenjang pendidikan?
    • Hal-hal apa saja yang menjadi perbedaan pada tiap jenjang Pendidikan?
    • Hal-hal mendasar apa saja yang menyebabkan adanya jenjang pendidikan?

     Jawaban untuk beberapa pernyataan tersebut, satu diantaranya mengarah ke istilah Intelektual (IQ) atau Kognitif. Untuk memahami lebih lanjut tentang perkembangan kognitif, silahkan kalian simak video pembelajaran interaktif yang membahas tentang teori belajar Kognitivisme.

     Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang Teori Belajar Kognitivisme
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi.
    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH, PPT PRESENTASI, DAN VIDEO PRESENTASI (terupload di YOUTUBE).

    INFO :

    Dosen Penyaji: Mariyam, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 19:22 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P5. TEORI BELAJAR HUMANISTIK

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua..

     Taukah kamu kenapa dalam pembelajaran guru itu harus memperhatikan Minat, Motivasi, dan pengalaman belajar siswa? Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, mahasiswa sekalian akan diberikan pembahasan materi tentang  teori belajar humanistik yang akan di bahas dalam video pembelajaran interaktif. Adapun isi dari video pembelajaran interaktif tersebut memuat tentang :

    1. Penjelasan singkat mengenai defenisi teori belajar humanistic dari beberapa tokoh dan contoh penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran.
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi

     Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada penugasan berupa Makalah, PPT Presentasi, dan Video Presentasi.

    INFO :

    Dosen Penyaji : Rika Wahyuni, S.Si.,M.Pd

    Durasi Video : 11: 06 menit

    Dipersilakan mahasiswa sekalian untuk menonton dan menyimak video pembelajaran  berikut.

  • P6. TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua..

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 6 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang Teori Belajar Konstruktivisme.

     Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang teori belajar Konstruktivisme, mari kita pahami beberapa hal berikut:

    • Taukah kalian bagaimana cara menanamkan konsep materi kepada siswa agar bertahan lebih lama?
    • Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan Ketika akan mengajarkan konsep materi kepada siswa?

     Jawaban untuk beberapa pernyataan tersebut, ada kaitannya dengan proses mengkontruksi ilmu kepada siswa. Untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan kalian simak video pembelajaran interaktif yang membahas tentang teori belajar Konstrukstivisme.

     Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang Teori Belajar Konstruktivisme
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi.

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH, PPT PRESENTASI, DAN VIDEO PEMBELAJARAN (terupload di YOUTUBE).

    INFO :

    Dosen Penyaji: Mariyam, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 12:04 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P7. PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua..

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 7 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN.

    Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang pendekatan dan strategi pembelajaran, mari kita pahami video berikut yang terkait dengan pendekatan dan strategi pembelajaran.

    Dari video tersebut terdapat dua hal penting.

    • kegiatan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik dengan tujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
    • proses bimbingan terhadap peserta didik dengan menciptakan kondisi belajar murid secara lebih aktif

    Untuk memahami lebih lanjut tentang pendekatan pembelajaran dan strategi pembelajaran, mari Simak video pembelajaran interaktif yang membahas tentang pendekatan dan strategi pembelajaran.

    Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang Pendekatan pembelajaran dan Strategi pembelajaran
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi.

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH, PPT PRESENTASI, DAN VIDEO SIMULASI MENGAJAR (terupload di YOUTUBE).

    INFO :

    Dosen Penyaji: Buyung, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 15:38 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P8. UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

    Assalamualaiku Wr. Wb. dan selamat Pagi mahasiswa sekalian. salam sejahtera untuk kita semua. dipetemuan kali ini mahasiswa semua sudah masuk pada pekan Ujian Tengah Semester (UTS), yang mana pada pembelajaran kali ini adalah kalian diharapkan dapat mengaplikasikan semua pengetahuan yang telah kita bahas dan diskusikan pada pertemuan 2 sampai 7, serta diharapakan mahasiswa sekalian dapat melakukan analisis terhadap perangkat-perangkat pembelajaran, diantaranya video pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serta modul pembelajaran sesuai dengan materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.

    Soal UTS terdiri dari 2 paket soal, yaitu soal Paket A dan soal Paket B. ketentuan pembagian paket soalnya yaitu:

    a.  Untuk mahasiswa yang memiliki angka ganjil pada akhir NIM nya dipersilakan untuk mengerjakan soal Paket A,

    b. Untuk mahasiswa yang memiliki angka genap pada akhir NIM nya dipersilakan untuk mengerjakan soal Paket B,

    Untuk petunjuk lebih lengkapnya, silakan download soal UTS nya sebagai Berikut.

  • P9. METODE, TEKNIK DAN TAKTIK PEMBELAJARAN

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua.

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 9 ini, mahasiswa akan diberikan materi perkuliahan mengenai Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran.

    Sebelum menggali lebih jauh mengenai Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran, mahasiswa diminta untuk menyampaikan pengetahuan awal mereka mengeia beberapa istilah-sitilah pembelajaran yang teah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

    Selanjutnya kita akan mengamati sebuah video pembelajaran. Kemudian kita bertugas untuk menganalisis video pembelajaran dan menuliskan hasil analisis kita pada form sebagai bentuk pengetahuan awal mengenai Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran.

    Untuk memahami lebih lanjut tentang metode, Teknik dan taktik pembelajaran, mahasiswa diminta untuk menyaksikan dan mengamati video pembelajaran Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran berikut :

     Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Contoh video pembelajaran interkatif yang menyajikan materi dengan menggunakan metode, Teknik dan taktik tertentu
    2. Kajian teori mengenai metode, Teknik dan taktik pembejaran
    3. Uji Pemahaman Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mahasiswa terhadap materi Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran, mahasiswa diberikan Proyek berupa analisis terhadap 4 buah video pembelajaran yang menggunakan Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran berbeda.
    4. Penugasan Proyek mendesain scenario pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tertentu dan mengintegrasikan pilihan Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran yang sesuai dengan materi.

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada pertemuan yaitu berupa Desain Skenario Pembelajaran yang berupa Modul/RPP Pembelajaran dan PPT PRESENTASI

    INFO :

    Dosen Penyaji: Rosmaiyadi, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 18:55 menit

    Untuk informasi singkat tentang materi perkuliahan, dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P10. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua.Pada perkuliahan pertemuan ke – 10 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang Model-model pembelajaran. Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang model-model pembelajaran, mari kita pahami beberapa hal berikut:

    • Taukah kalian mengapa dalam proses pembelajaran ada langkah-langkah  yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh guru?
    • Mengapa setiap guru mempunyai langkah-langkah dan karakteristik yang berbeda dalam proses belajar mengajar?

    Nah untuk mejawab permasalahan tersebut, mari Simak video pembelajaran interaktif yang membahas tentang  model-model pembelajaran. 

    Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang Model-Model Pembelajaran
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi.                                                                               

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa Skenario Pembelajaran dengan memilih salah satu model pembelajaran yang terkait dengan budaya local lalu di tuangkan dalam MAKALAH dan PPT PRESENTASI (terupload di YOUTUBE).

    INFO :

    Dosen Penyaji: Rika Wahyuni, S.Si.,M.Pd

    Durasi Video :  11:10 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut:

  • P11. PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua..

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 11 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang

    Pembelajaran Berbasis Masalah

    Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang pembelajaran berbasis masalah, mari kita pahami beberapa hal berikut:

    • Taukah kalian mengapa dalam proses pembelajaran sering ada permasalahan yang dilontarkan oleh guru untuk siswa?
    • Permasalahan seperti apa yang bisa diberikan kepada siswa selama proses pembelajaran?

     

    Nah untuk mejawab permasalahan tersebut, mari Simak video pembelajaran interaktif yang membahas tentang  pembelajaran berbasis masalah

     

    Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Pembelajaran di dalam kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi.

     

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa Skenario Pembelajaran berbasis masalah  yang terkait dengan budaya local lalu di tuangkan dalam MAKALAH dan PPT PRESENTASI.

    INFO :

    Dosen Penyaji: Nindy Citroresmi P,S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video :  14:27 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P12. PENGELOLAAN KELAS

    Assalamualaikum Wr. Wb. Dan Selamat Pagi mahasiswa sekalian. Di perkuliahan pada pertemuan ke – 12 ini, akan diberikan pembahasan materi tentang Pengelolaan Kelas. Sebelumnya, kalian pasti sudah pernah mendengar kata pengelolaan kelas, bukan?; Siapa yang bertugas dalam pengelolaan kelas?; Apakah ada pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas? Apakah ada kaitannya dengan manajemen kelas dan lingkungan kondusif?

     Nah, sebagai arahan, pada pertemuan kali ini, mahasiswa akan membahas materi tentang pengelolaan kelas yang memuat pendekatannya, manajemen kelas, dan lingkungan kondusif yang dibahas dalam suatu video pembelajaran interaktif.

     Dalam video pembelajaran tersebut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang materi;
    2. Penugasan proyek mahasiswa; dan
    3. Uji pemahaman tentang materi.

     Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH, PPT PRESENTASI, dan VIDEO SKENARIO PROSES PEMBELAJARAN.

    INFO :

    Dosen Penyaji  : Citra Utami, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video    : 10 menit

    Dipersilakan mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran seperti berikut.

  • P13. KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua..

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 13 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang keterampilan dasar mengajar.

    Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang keterampilan dasar mengajar, berikut disajikan sebuah kasus yang terjadi di Indonesia terkait dengan profesionalitas guru.

    dari kasus tersebut muncul suatu pertanyaan.

    • Apa yang harus kuasai seorang guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran?

    Jawaban dari pertanyaan tersebut mengarahkan kalian untuk memahami keteramilan dasar mengajar. Untuk memahami lebih lanjut tentang keterampilan dasar mengajar, mari Simak video pembelajaran interaktif berikut.

    Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Penjelasan singkat tentang pengertian keterampilan dasar mengajar dan salah satu keterampilan bertanya.
    2. Penugasan proyek mahasiswa
    3. Uji pemahaman tentang materi.

     Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada point ke-2 yaitu berupa MAKALAH, PPT PRESENTASI, DAN VIDEO SKENARIO PEMBELAJARAN (terupload di YOUTUBE).

    Dosen Penyaji: Buyung, S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video : 16:04 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P14. PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua.

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 14 ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang Pembelajaran Realistic Mathematic Education.

    Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang Pembelajaran Realistic Mathematic Educatioan diingatkan Kembali mahasiswa mengenai macam-macam pendekatan pembelajaran, yang salah satunya ada mengenai pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education. Dari uraian mengenai jenis-jenis pendekatan pembelajaran, mahasiswa dipancing dengan pertanyaan pemantik sebagai berikut :

    • Salah satu jenis pendekatan pembelajaran adalah Realistic Mathematic Education?
    • Apa yang anda ketahui tentang Realistic Mathematic Education?

    Jawaban dari pertanyaan tersebut mengarahkan kalian untuk memahami Pembelajaran Realistic Mathematic Education.

    Untuk memahami lebih lanjut tentang Pembelajaran Realistic Mathematic Education, mari Simak video pembelajaran interaktif berikut.

     Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Contoh video pembelajaran interkatif yang menyajikan materi dengan menggunakan Pembelajaran Realistic Mathematic Education
    2. Kajian teori mengenai Pembelajaran Realistic Mathematic Education
    3. Uji Pemahaman Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mahasiswa terhadap materi Pembelajaran Realistic Mathematic Education, mahasiswa diberikan Proyek berupa analisis terhadap sebuah video pembelajaran yang menggunakan Pembelajaran Realistic Mathematic Education.
    4. Penugasan Proyek mendesain scenario pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tertentu dan mengintegrasikan pilihan Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran yang sesuai dengan materi.

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa pada pertemuan yaitu berupa Desain Skenario Pembelajaran Realistic Mathematic Education yang berupa Modul/RPP Pembelajaran, PPT PRESENTASI, DAN VIDEO PRESENTASI (terupload di YOUTUBE).

    Dosen Penyaji : Rosmaiyadi, S.Pd., M.Pd

    Durasi Video   : 18 menit 27 detik

    Dipersilakan mahasiswa sekalian untuk menonton dan menyimak video pembelajaran seperti berikut.

     

  • P15. Proyek (PENUGASAN AKHIR)

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua..

    Pada perkuliahan pertemuan ke – 15 ini, mahasiswa akan diberikan penugasan tentang pembuatan modul ajar dari materi-materi perkuliahan SBM.

    Dalam video pembelajaran berikut, berisi tentang:

    1. Uraian penjelasan tentang sistematika modul yang harus dibuat (dalam 2 versi , versi cetak dan flip book yang dapat diakses secara online)
    2. Kriteria penilaian modul
    3. Batas waktu pengumpulan modul

    Adapun produk yang akan dihasilkan oleh mahasiswa yaitu berupa modul ajar dari materi-materi SBM yang telah dipelajari  yang terkait dengan budaya local.

    INFO :

    Dosen Penyaji: Nindy Citroresmi P,S.Pd.,M.Pd

    Durasi Video :  4:18 menit

    Dipersilakan kepada mahasiswa untuk menonton dan menyimak video pembelajaran berikut.

  • P16. UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

    Assalamualaiku Wr. Wb. dan selamat Pagi mahasiswa sekalian. salam sejahtera untuk kita semua. dipetemuan kali ini mahasiswa semua sudah masuk pada pekan Ujian Akhir Semester (UAS), yang mana pada pembelajaran kali ini adalah kalian diharapkan dapat mengaplikasikan semua pengetahuan yang telah kita bahas dan diskusikan pada pertemuan 2 sampai 15, serta diharapakan mahasiswa sekalian dapat melakukan analisis terhadap perangkat-perangkat pembelajaran, diantaranya video pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serta modul pembelajaran sesuai dengan materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya serta mengaplikasikannya ke dalam produk berupa rencana pembelajaran dan modul pembelajaran.

    • SOAL UAS STRATEGI BELAJAR MENGAJAR File 57.1KB Word 2007 document