Weekly outline

  • SELAMAT DATANG

    Mata kuliah ini membahas tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum. Kajian perkuliahan mengarahkan mahasiswa untuk dapat memahami hakikat dan fungsi kurikulum, menganalisis perkembangan kurikulum di Indonesia, menganalisis landasan pengembangan kurikulum, menguraikan prinsip dasar pengembangan kurikulum, menganalisis komponen kurikulum, menjelaskan model-model pengembangan kurikulum, menganalisis organisasi dan implementasi kurikulum, monitoring dan evaluasi kurikulum. Mata Kuliah ini dilaksanakan dengan bobot 2 sks.    

  • Pertemuan 1. Memahami Hakikat dan Fungsi Kurikulum

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-1 yaitu Memahami Hakikat dan Fungsi Kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah Menjelaskan Hakikat dan Fungsi Kurikulum (Sub-CPMK 1). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Kurikulum dapat diartikan sebagai suatu rencana pembelajaran atau program pendidikan yang dirancang dan disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Secara umum, kurikulum merujuk pada keseluruhan rencana, struktur, dan konten pembelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga pendidikan atau sistem pendidikan. Dalam konteks sistem pendidikan, kurikulum memiliki peran penting sebagai panduan bagi pendidik dalam merancang pengalaman belajar bagi peserta didik. Kurikulum memberikan pedoman tentang apa yang harus diajarkan, bagaimana cara mengajar, dan bagaimana kemajuan peserta didik dinilai. Di samping itu, kurikulum juga mencakup tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikan proses pembelajaran.

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 1 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 2. Perkembangan kurikulum di Indonesia

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-2 yaitu Memahami Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah Menganalisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia (Sub-CPMK 2). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Perkembangan kurikulum di Indonesia memang mengalami berbagai fase dan transformasi seiring dengan perkembangan pendidikan dan tuntutan zaman. Setiap fase dan transformasi ini mencerminkan perubahan sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi yang terjadi di dalam maupun di luar negeri. Ada beberapa fase dan transformasi penting dalam perkembangan kurikulum di Indonesia sejak Era Kolonial hingga Era Integrasi Teknologi dan Digitalisasi. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis perkembangan kurikulum di Indonesia. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:

    1. Fase dan transformasi kurikulum
    2. Kekhasan kurikulum dalam merespon perubahan

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 2 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 3. Landasan Filosofis Pengembangan Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-3 yaitu Memahami Landasan Filosofi pengembangan kurikulum di Indonesia. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah Menganalisis Landasan pengembangan kurikulum di Indonesia (Sub-CPMK 3). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Landasan filosofis pengembangan kurikulum merujuk pada dasar konseptual atau nilai-nilai filosofis yang menjadi pijakan dan panduan dalam menyusun kurikulum pendidikan. Ini mencakup pandangan, keyakinan, dan prinsip-prinsip filosofis yang membentuk tujuan, orientasi, dan pendekatan dalam merancang proses pembelajaran dan pengajaran. Kemampuan yang diharapkan adalah perserta didik menganalisis landasan filosofis dalam kurikulum tertentu. Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:

    1. Landasan Hukum dan Filosofi Pengembangan Kurikulum di Indonesia
    2. Landasan Filosofi dari berbagai perspektif

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 3 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 4. Landasan Psikologis, dan Sosiologis Pengembangan Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-4 yaitu Memahami Landasan psikologis dan sosiologis pengembangan kurikulum di Indonesia. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah Menganalisis Landasan pengembangan kurikulum di Indonesia (Sub-CPMK 3). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Landasan filosofis pengembangan kurikulum merujuk pada dasar konseptual atau nilai-nilai filosofis yang menjadi pijakan dan panduan dalam menyusun kurikulum pendidikan. Ini mencakup pandangan, keyakinan, dan prinsip-prinsip filosofis yang membentuk tujuan, orientasi, dan pendekatan dalam merancang proses pembelajaran dan pengajaran. Kemampuan yang diharapkan adalah perserta didik menganalisis landasan filosofis dalam kurikulum tertentu. Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:

    1. Landasan Psikologis
    2. Landasan Sosiologis

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 4 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 5. Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-5 yaitu Memahami Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menguraikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum (Sub-CPMK 4). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Kurikulum adalah komponen penting dalam suatu lembaga pendidikan yang mencakup berbagai mata pelajaran dan program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik dalam satu jenjang pendidikan. Kemampuan yang diharapkan adalah perserta didik dapat menguraikan prinsip dasar pengembangan kurikulum. Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup: Prinsip Relevansi, Prinsip Fleksibilitas, Prinsip Kontinuitas, Prinsip Efisiensi, Prinsip Efektivitas, Prinsip Integrasi.

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 5 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 6. Komponen Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-6 yaitu Memahami komponen kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menguraikan komponen-komponen kurikulum (Sub-CPMK 5). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Ada beragam pendapat dari para ahli tentang jumlah dan jenis komponen dalam kurikulum. Namun, pada umumnya, inti dari komponen-komponen kurikulum tetap mencakup empat aspek penting: Tujuan, Isi dan Struktur Kurikulum, Strategi Pembelajaran, dan Evaluasi. Kemampuan yang diharapkan adalah perserta didik dapat menganalisis komponen kurikulum. Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup: Empat komponen kurikulum.

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 6 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 7. Perangkat Pembelajaran

    Restricted Not available unless: The activity Proyek Telaah Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-7 yaitu Memahami komponen kurikulum berupa perangkat pembelajaran. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menguraikan komponen-komponen kurikulum (Sub-CPMK 5). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Analogi dengan perjalanan berkendara menggambarkan bahwa CP memberikan tujuan umum dan batasan waktu untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Kemampuan yang diharapkan adalah perserta didik dapat menjelaskan secara singkat tentang Kurikulum Merdeka. Bahan Kajian/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup: Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran, dan Perangkat Pembalajaran di platform Merdeka Belajar.

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 7 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 8. Ujian Tengah Semester

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Anda dapat mengikuti Ujian Tengah  semester dengan syarat:

    1. menyelesaikan seluruh materi pembelajaran pada pertemuan 1-7

    2. menyelesaikan setiap quiz dan lembar kerja pada  pertemuan 1-7

    3. mengikuti forum diskusi  pada pertemuan 1-7 secara aktif sebagai bukti keterlibatan

    silahkan kerjakan soal UAS melalui lembar soal dan lembar jawab UTS. Kerjakan secara mandiri agar dapat mengukur capaian pembelajaran Anda pada perkuliahan ini.

  • Pertemuan 9. Model Pengembangan Kurikulum (1)

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-9 yaitu Memahami model-model pengembangan kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menganalisis model-model pengembangan kurikulum (Sub-CPMK 6). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Penting untuk dicatat bahwa setiap model memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu. Pilihan model pengembangan kurikulum harus disesuaikan dengan konteks dan tujuan pendidikan yang diinginkan, serta mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis model pengembangan kurikulum berdasar tahapannya. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:
    1. Model linier
    2. Model sistem
    3. Model interaktif
    4. Model berbasis kompetensi, dll

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 9 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 10. Model Pengembangan Kurikulum (2)

    Restricted Not available unless: The activity Forum diskusi Model Pengembangan Kurikulum is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-10 yaitu Memahami model-model pengembangan kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menganalisis model-model pengembangan kurikulum (Sub-CPMK 6). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Penting untuk dicatat bahwa setiap model memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu. Pilihan model pengembangan kurikulum harus disesuaikan dengan konteks dan tujuan pendidikan yang diinginkan, serta mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis model pengembangan kurikulum berdasar nama para tokohnya. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:
    1. Model Hilda Taba
    2. Model Ralph Tyler
    3. Model Jerome Bruner
    4. Model Benjamin Bloom

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 10 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 11. Model Pengembangan Kurikulum (3)

    Restricted Not available unless: The activity Forum diskusi Model Pengembangan Kurikulum is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-11 yaitu Memahami model-model pengembangan kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menganalisis model-model pengembangan kurikulum (Sub-CPMK 6). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Penting untuk dicatat bahwa setiap model memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu. Pilihan model pengembangan kurikulum harus disesuaikan dengan konteks dan tujuan pendidikan yang diinginkan, serta mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis model pengembangan kurikulum berdasar nama para tokohnya. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:
    1. Model John Dewey
    2. Model David Ausubel
    3. Model Howard Gardner
    4. Model Lev Vygotsky

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 11 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 12. Organisasi dan Implementasi Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-12 yaitu Memahami bagaimana organisasi dan implementasi kurikulum. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah menganalisis organisasi dan implementasi kurikulum (Sub-CPMK 7). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Organisasi dan implementasi kurikulum merupakan tahapan penting dalam pengembangan kurikulum. Ada beberapa pendekatan dan model pada keduanya. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis organisasi dan implementasi kurikulum model pengembangan kurikulum. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup: Model Organisasi Kurikulum dan Model Implementasi Kurikulum.

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 12 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 13. Konsep dan Tujuan Monitoring dan Evaluasi Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-13 yaitu Memahami bagaimana proses monitoring dan evaluasi. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah memonitoring dan mengevaluasi kurikulum (Sub-CPMK 8). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Monitoring dan evaluasi kurikulum adalah dua konsep penting dalam pengembangan dan implementasi kurikulum. Meskipun keduanya berhubungan erat, mereka memiliki perbedaan dalam tujuan, fokus, dan waktu pelaksanaannya. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menjelaskan perbedaan monitoring dan evaluasi kurikulum dalam pendidikan. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:

    1. Pengertian Monitoring dan Evaluasi Kurikulum
    2. Komponen dan Indikator dalam Monitoring Kurikulum
    3. Proses dan Metode Evaluasi Kurikulum

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 13 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 14. Tantangan dan Hambatan dalam Monitoring dan Evaluasi Kurikulum

    Restricted Not available unless: The activity Studi kasus monitoring dan evaluasi kurikulum is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-14 yaitu Memahami bagaimana proses monitoring dan evaluasi. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah memonitoring dan mengevaluasi kurikulum (Sub-CPMK 8). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Integrasi hasil monitoring dan evaluasi kurikulum ke dalam proses pengambilan keputusan akan memastikan bahwa keputusan yang diambil berdasarkan pada data dan bukti yang valid. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis tantangan dan hambatan dalam monitoring dan evaluasi kurikulum. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:
    1. Tantangan dalam monitoring kurikulum
    2. Hambatan dalam evaluasi kurikulum
    3. Pemanfaatan hasil monitoring dan evaluasi kurikulum

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 14 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 15. Praktik Terbaik dalam Monitoring dan Evaluasi

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan mahasiswa yang berbahagia, materi pada minggu ke-15 yaitu Memahami bagaimana proses monitoring dan evaluasi. Sub CPMK yang harus anda kuasai adalah memonitoring dan mengevaluasi kurikulum (Sub-CPMK 8). Sebagai gambaran singkat mengenai materi ini, anda dapat membaca ringkasan materi sebagai berikut.

    Setiap konteks pendidikan dapat memiliki kebutuhan dan tantangan yang berbeda, sehingga penting untuk memilih model dan sistem evaluasi yang sesuai dengan kondisi dan tujuan pembelajaran yang spesifik. Kemampuan yang diharapkan adalah peserta didik dapat menganalisis organisasi dan implementasi kurikulum model pengembangan kurikulum. Bahan/ Materi Pembelajaran pada pertemuan ini mencakup:
    1. Praktik baik dalam monitoring dan evaluasi kurikulium, dan
    2. Pemanfaatan teknologi dalam monitoring dan evaluasi kurikulum.

    Anda dapat mengeksplorasi materi pertemuan 15 dengan mengikuti seluruh kegiatan yang disajikan pada course di bawah ini. Seluruh materi dapat anda unduh dan pelajari melalui bahan pembelajaran, video animasi, dan tayangan penjelasan dosen. Anda juga dapat mengevaluasi penguasaan Anda melalui quiz yang telah disiapkan. Jangan lupa, di awal dan di akhir pembelajaran, anda diharapkan mampu merefleksi pemahaman melalui bagian awareness dan refleksi. Forum diskusi juga disediakan agar Anda dapat berdiskusi dengan sesama mahasiswa dari satu kelas ataupun kelas lain. Selamat bereksplorasi dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Pertemuan 16. Ujian Akhir Semester

    Restricted Not available unless: The activity Refleksi Pembelajaran is marked complete

    Anda dapat mengikuti Ujian Akhir semester dengan syarat:

    1. menyelesaikan seluruh materi pembelajaran

    2. menyelesaikan setiap quiz dan lembar kerja pada setiap pertemuan

    3. mengikuti forum diskusi secara aktif sebagai bukti keterlibatan

    silahkan kerjakan soal UAS melalui lembar soal dan lembar jawab UAS. Kerjakan secara mandiri agar dapat mengukur capaian pembelajaran Anda pada perkuliahan ini.