STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL
Dosen Pengampu
Nama : YUDI DARMA Email: yudidarmamtk@gmail.com |
||
Mata Kuliah | : | STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL |
Kode | : | MKK3141913 |
Program Studi | : | S1 Pendidikan Matematika |
Perguruan Tinggi | : | IKIP PGRI Pontianak |
Mata kuliah ini berisi tentang pengantar tatistik, penyajian data, tendensi sentral, variabilitas data, uji normalitas, uji homogenitas, pengujian hipotesis untuk kelompok univariate; bivariate, korelasi dan regresi serta memanfaatkannya dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan terminologi statistik yang tersusun secara konstruktifis.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mahasiswa memahami tentang statistik dan penyajian data
- Mahasiswa mampu menyajikan data dan memecahkan masalah melalui tendensi sentral dan variabilitas data
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah terkait uji normalitas (chi square dan Lillifors)
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah terkait uji homogenitas (F dan Bartlett)
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah melalui Pengujian Hipotesis (Univariate)
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah melalui Pengujian Hipotesis (Bivariate)
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah melalui perhitungan Uji Wilcoxcon
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah melalui perhitungan Uji U Mann Whitney
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah melalui perhitungan Korelasi
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah melalui perhitungan Regresi
Unduh RPS |
HIGHLIGHT: Statistik Deskriptif dan Inferensial (SDI)
Salam Hormat, Sehat, Bahagia dan Bermanfaat..
Selamat datang dalam barisan ikhtiar dalam rangka meningkatkan kompetensi dalam aspek analytical thingking, creativity dan kolaborasi pada mata kuliah statistik deskriptif dan inferensial.
Mata kuliah ini tidak hanya berorientasi pada kemampuan komputasi dalam suguhan pertanyaan berapa?, akan tetapi juga akan banyak mengeksplorasi kemampuan dalam menterjemahkan apa, bagaimana, kenapa dan untuk apa materi ini dipelajari dan penting untuk dipahami.
Rangkaian pemberlajaran memuat hal-hal yang berkaitan dengan cakupan secara substansial dari tujuan mata kuliah yang dikembangkan, menyuguhkan aktivitas pembelajaran yang diinternalisasi melalui dengan inovasi pembelajaran berbasis case method dengan langkah penyelesaian strategi heuristik (identification, plan, do, check) melalui experiental learning berdasarkan hasil riset oleh dosen pengembang mata kuliah serta ringkasan eksekutif.
Sebagai langkah awal, mari kita awali dengan niat dan komitmen yang baik serta mengharapkan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa mudahkan kita untuk belajar, memahami, menyampaikan dan mengimplementasikan mata kuliah yang akan bersama-sama kita terlibat dalam skenario pembelajaran di dalamnya.
Selamat Belajar
- Rincian Aspek Penilaian
NO
ASPEK PENILAIAN
%
1
KEHADIRAN
10 %
2
TUGAS & PARTISIPASI
45 %
3
UTS
20 %
4
UAS
25 %
- Kehadiran (100%): Pengurangan 5% untuk setiap (1x) ketidakhadiran.
- Kriteria Penilaian
NILAI
POINT
RANGE
A
4
> 80
B
3
70 – 79
C
2
60 – 69
D
1
40 – 59
E
0
< 39