Selamat datang para mahasiswa/i dan calon akuntan muda. Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Mata kuliah ini memberikan mahasiswa wawasan mengenai Audit Berbasis Risiko. Mahasiswa diberikan pemahaman mengenai konsep-konsep yang melibatkan identifikasi, penilaian, dan respons terhadap risiko-risiko yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses audit.
Pada pertemuan ini, fokus pembelajaran akan difokuskan pada pemahaman tahapan audit berbasis risiko, suatu pendekatan yang krusial dalam menilai dan merespons risiko-risiko yang mungkin muncul dalam lingkungan audit.
Pertama-tama, mahasiswa akan dibimbing untuk memahami tahapan audit berbasis risiko secara menyeluruh. Ini melibatkan kemampuan untuk menjelaskan dan memahami langkah-langkah kritis yang harus diambil dalam proses audit, yang disesuaikan dengan adanya risiko-risiko yang mungkin mempengaruhi hasil audit.
Selanjutnya, mahasiswa akan diperkenalkan pada tahapan pra penugasan. Dalam tahapan ini, mahasiswa akan belajar untuk menjelaskan aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai suatu audit, termasuk persiapan tim audit, analisis lingkungan bisnis, dan identifikasi potensi risiko yang perlu diperhatikan.
Setelah memahami tahapan pra penugasan, pembelajaran akan berlanjut ke tahapan audit penilaian risiko. Mahasiswa akan diajak untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memahami risiko-risiko yang mungkin muncul selama proses audit. Ini melibatkan kemampuan untuk merancang strategi audit yang sesuai dengan tingkat risiko yang terkait.
Tidak hanya itu, mahasiswa akan dilibatkan dalam pemahaman tahapan audit menanggapi risiko. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengambil tindakan konkret dalam menanggapi risiko-risiko yang teridentifikasi, termasuk penyesuaian program audit dan perubahan dalam pendekatan audit untuk memastikan ketepatan dan kualitas audit.
Terakhir, mahasiswa akan belajar tentang tahap pelaporan. Ini mencakup kemampuan untuk menjelaskan proses penyusunan laporan audit yang jelas dan informatif, mencakup temuan-temuan utama, rekomendasi, dan evaluasi terhadap efektivitas kontrol internal.
Dengan demikian, pertemuan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola audit dengan pendekatan yang responsif terhadap risiko-risiko yang mungkin muncul dalam lingkungan audit yang dinamis.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
1. Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan audit berbasis Risiko.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan pra penugasan
3. Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan audit penilaian risiko
4. Mahaiswa mampu menjelaskan tahapan audit menanggapi risiko
5. Mahasiswa mampu menjelaskan tahap pelaporan
Selamat belajar, Semoga sukses.
Salam hangat,
Dr. Lim Hendra, SE., M.Ak., CPA., CA.
Dr. Krishna Kamil, SE., M.Ak., CPA., CA.
Arya Darmawan, SE., M.Ak., CAP., CADE.
Rini Ratnaningsih, SE., M.Ak
Apry LInda Diana, SE., M.Ak
TIM DOSEN
Mata Kuliah Audit dan Asurans 1
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
(STIE Indonesia Jakarta)