Weekly outline

  • Gambaran Tentang Mata Kuliah

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata Kuliah algoritma dan Pemograman adalah salah satu mata kuliah dasar pada program studi pendidikan teknologi informasi yang akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman python.



    Capain Pembelajaran Lulusan (CPL)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman adalah:

    • Bertakwa kepada Allah SWT dan mampu menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan.
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah.
    • Mampu menguasai konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah

    Capain Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

    • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
    • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
    • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

    Sistem Penilaian

    Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian, yaitu sebgai berikut.

    No. Komponen Penilaian Bobot (%)
    1.  Nilai Tugas TS (Quis &Penugasan) 17
    2.  Nilai UTS
    33
    3. Nilai Tugas UAS (Quis &Penugasan)
    17
    4. AUAS 33
    Total 100%

    Adapun nilai tersebut akan dikonfersi sebagai berikut:


    Nilai Huruf Bobot Predikat Batas Atas Batas bawah
    A 4.00 Sangat baik 100 85
    A- 3.70 Baik 84.99 80
    B+ 3.30 Baik 79.99 75
    B 3.00 Baik 74.99 70
    B- 2.70 Cukup 69.99 65
    C+ 2.30 Cukup 64.99 60
    2.00 Cukup 59.99 55
    D 1.00 Kurang  54.99 40
    E 0.00 Sangat Kurang 39.99 0


    Sistem Pembelajaran

    Kegiatan Perkuliahan Algoritma dan Pemrograman dilaksanakan secara Blended Learning, Jenis tatap muka pada perkuliahan adalah:

    1. Tatap muka Sinkron Lansung (face to face/F2F), yaitu tatap muka kelas, dosen dan mahasiswa bertemu dalam ruang kelas sesuai jadwal kuliah. Presensi kuliah sesuai kehadiran dikelas.
    2. Tatap muka Sinkron tak Lansung, yaitu Dosen dan Mahasiswa bertemu diruang video conference.
    3. Tatap muka Asinkron, yaitu tatap muka yang dilakukan secara daring dengan menggunakan ELUMAK, Dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas. Mahasiswa belajar secara mandiri di ELUMAK yang dilakukan dimana saja. Presensi kehadiran dilakukan berdasarkan aktivitas mahasiswa di ELUMAK (Membaca handout, melihat media presentasi/video, mengerjakan kuis atau partisipasi dalam diskusi).
    4. UTS dan UAS dilaksanakan face to face

    Sesuai peraturan akademik UMKendari: Apabila mahasiswa tidak masuk kuliah selama 4 kali (baik dalam tatap muka sinkron maupun asinkron), maka nilai otomatis E.


    Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

    RPS Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman


    Referensi

    Utama :

    Wahyu Wibowo, 2020. Belajar Bahasa Pemrograman Bahasa Python, ITS Press

    Tambahan:

    https://www.pythonindo.com/

    https://www.w3schools.com/python/

    https://belajarpython.com/https://belajarpython.com/





    Petunjuk Mempelajari Media Pembelajaran

    Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka antara lain:

    1. Materi Pembelajaran dibuat dengan memanfaatkan fitur lesson. Pada bagian ini mahasiswa dapat membaca materisecara runtut, pada akhir materi terdapat video penjelasan terkait topik yang dipelajari.
    2. Materi inisiasi adalah materi dalam bentuk ebook, pdf, ppt, dan sebagainya yang dapat dijadikan sebagai rujukan tambahan bagi mahasiswa.
    3. Forum diskusi disediakan sebagai tempat bagi mahasiswa untuk menyampaikan gagasan, ide, atau pertanyaan sehingga dapat memunculkan keaktifan mahasiswa dan dosen dalam belajar daring.
    4. Evaluasi topik berisi kuis atau tugas yang harus diselesaikan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami materi yang telah disediakan

    Pertama tama anda harus membaca materi ini dengan tuntas. Setelah itu, anda diminta untuk melihat video. Video akan meningkatkan pemahaman anda terhadap materi kuliah.

    Kegiatan tatap muka juga dilengkapi dengan aktivitas tugas atau Quis. Tugas dapat berupa tugas individu atau kelompok, sedangkan Quis adalah tugas individu.



    Penanggung Jawab Modul

    Dosen1

    Dosen2

    Dosen3

    Video Pengantar Perkuliahan

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Silahkan nonton video ini untuk memahamiproses dan alur perkuliahan mata kuliah ini. Terima kasih.

    • Konsep Dasar Algoritma Pemrograman

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Konsep algoritma Pemrograman,Bahasa pemrograman python, Memulai Pemrogramn python,Melakukan instalasi python melalui tools Anaconda, Belajar Python dasar: Memahami Jupiter Notebook, Simulasi Hands on Jupyter Notebook.

      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Kemampuan Akhir Tahapan Pembelajaran (Sub CPMK)adalah :

      • Mampu menguasai konsep dasar alg oritma dan Pemrograman
      • Mampu menguasai konsep dasar pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu:

      1. Menjelaskan Konsep algoritma Pemrograman
      2. Menjelaskan Bahasa pemrograman python
      3. Memulai Pemrogramn python
      4. Melakukan instalasi python melalui tools Anaconda
      5. Belajar Python dasar: Memahami Jupiter Notebook
      6. Simulasi Hands on Jupyter Notebook

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Konsep algoritma Pemrograman
      2. Bahasa pemrograman python
      3. Memulai Pemrogramn python
      4. Melakukan instalasi python melalui tools Anaconda
      5. Belajar Python dasar: Memahami Jupiter Notebook
      6. Simulasi Hands on Jupyter Notebook
       

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Konsep algoritma Pemrograman,Bahasa pemrograman python, Memulai Pemrogramn python,Melakukan instalasi python melalui tools Anaconda, Belajar Python dasar: Memahami Jupiter Notebook, Simulasi Hands on Jupyter Notebook.

      Video Pengantar

      Materi Pembelajaran

      Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Teman-Teman mahasiswa, sebelum masuk pada materi pelajaran terlebih dahulu teman-teman untuk mengerjakan pree test. Pree test bertujuan untuk mengetahui pemahaman awal tentang materi yang dibahas.

      Quizzes: 3Book: 1Labels: 2Forum: 1
    • Bilangan

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Bilangan (Number), Operator Aritmatika, Fungsi Print, Variabel, Fungsi abs, int, dan round, Operator Penugasan, Tanda Kurung, urutan diutamakan,Tiga jenis kesalahan.

      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep bilangan pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Bilangan (Number)
      2. Operator Aritmatika
      3. Fungsi Print
      4. Variabel
      5. Fungsi abs, int, dan round
      6. Operator Penugasan
      7. Tanda Kurung, urutan diutamakan
      8. Tiga jenis kesalahan

      Subtopik Materi

      Pokok-Pokok bahasan yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalag:

      1. Bilangan (Number)
      2. Operator Aritmatika
      3. Fungsi Print
      4. Variabel
      5. Fungsi abs, int, dan round
      6. Operator Penugasan
      7. Tanda Kurung, urutan diutamakan
      8. Tiga jenis kesalahan

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Bilangan (Number), Operator Aritmatika, Fungsi Print, Variabel, Fungsi abs, int, dan round, Operator Penugasan, Tanda Kurung, urutan diutamakan,Tiga jenis kesalahan.

      Video Pengantar

      Pada bagian ini dapat memanfaatkan Fitur Label yang ada pada Elumak. Video Pengantar berisi tentang gambaran umum topik, proses perkuliahan, dan informasi penting yang harus diketahui mahasiswa sebelum mempelajari materi pembelajaran.

      Materi Pembelajaran

      Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Teman-Teman mahasiswa, sebelum masuk pada materi pelajaran terlebih dahulu teman-teman untuk mengerjakan pree test. Pree test bertujuan untuk mengetahui pemahaman awal tentang materi yang dibahas.

      Quizzes: 2Book: 1Lesson: 1Labels: 3Forum: 1Assignment: 1
    • String

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian String, Variabel pada string, Indeks dan Irisan, Indeks Negatif, Batas default untuk irisan,Pengabungan string,Pengulangan String,Fungsi dan metode string, Metode Dirantai, Fungsi Input, Fungsi Int, float, eval, dan str, Dokumentasi Internal, Garis Lanjutan, Mengindeks dan Mengiris Batas.

      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep String pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Pengertian String
      2. Variabel pada string
      3. Indeks dan Irisan
      4. Indeks Negatif
      5. Batas default untuk irisan
      6. Pengabungan string
      7. Pengulangan String
      8. Fungsi dan metode string
      9. Metode Dirantai
      10. Fungsi Input
      11. Fungsi Int, float, eval, dan str
      12. Dokumentasi Internal
      13. Garis Lanjutan
      14. Mengindeks dan Mengiris Batas

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Pengertian String
      2. Variabel pada string
      3. Indeks dan Irisan
      4. Indeks Negatif
      5. Batas default untuk irisan
      6. Pengabungan string
      7. Pengulangan String
      8. Fungsi dan metode string
      9. Metode Dirantai
      10. Fungsi Input
      11. Fungsi Int, float, eval, dan str
      12. Dokumentasi Internal
      13. Garis Lanjutan
      14. Mengindeks dan Mengiris Batas

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian String, Variabel pada string, Indeks dan Irisan, Indeks Negatif, Batas default untuk irisan,Pengabungan string,Pengulangan String,Fungsi dan metode string, Metode Dirantai, Fungsi Input, Fungsi Int, float, eval, dan str, Dokumentasi Internal, Garis Lanjutan, Mengindeks dan Mengiris Batas.


      Video Pengantar

      Pada bagian ini dapat memanfaatkan Fitur Label yang ada pada Elumak. Video Pengantar berisi tentang gambaran umum topik, proses perkuliahan, dan informasi penting yang harus diketahui mahasiswa sebelum mempelajari materi pembelajaran. Video Pengantar dapat dilakukan dengan menyimpak kode embed dari video yang telah diupload di youtoube

      Materi Pembelajaran

      Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Teman-Teman mahasiswa, sebelum masuk pada materi pelajaran terlebih dahulu teman-teman untuk mengerjakan pree test. Pree test bertujuan untuk mengetahui pemahaman awal tentang materi yang dibahas.

      Quizzes: 2Book: 1Lesson: 1Labels: 3Forum: 1
    • Output

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian Output, Argumen sep=” ” da end=” ”, Escape Character, Argumen Ijust (), rjust (), Metode Format.


      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep Output pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Pengertian Output
      2. Argumen sep=” ” da end=” ”
      3. Escape Character
      4. Argumen Ijust (), rjust (),
      5. Metode Format

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Pengertian Output
      2. Argumen sep=” ” da end=” ”
      3. Escape Character
      4. Argumen Ijust (), rjust (),
      5. Metode Format

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian Output, Argumen sep=” ” da end=” ”, Escape Character, Argumen Ijust (), rjust (), Metode Format.


      Video Pengantar

      Pada bagian ini dapat memanfaatkan Fitur Label yang ada pada Elumak. Video Pengantar berisi tentang gambaran umum topik, proses perkuliahan, dan informasi penting yang harus diketahui mahasiswa sebelum mempelajari materi pembelajaran. Video Pengantar dapat dilakukan dengan menyimpak kode embed dari video yang telah diupload di youtoube

      Materi Pembelajaran

      Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Teman-Teman mahasiswa, sebelum masuk pada materi pelajaran terlebih dahulu teman-teman untuk mengerjakan pree test. Pree test bertujuan untuk mengetahui pemahaman awal tentang materi yang dibahas.

      Quizzes: 2Book: 1Lesson: 1Labels: 3Forum: 1Assignment: 1
    • List, Tuple dan Intro File

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian List, Slicen/Irisan, Metode Split dan Join, File Teks, Pengertian Tuple, Nested List, Objek yang tidak berubah dan dapat berubah, Menyalin List, Indexing, deleting, and Slicing Out of Bounds.

      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep list, tuple dan intro file pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Pengertian List
      2. Slicen/Irisan
      3. Metode Split dan Join
      4. File Teks
      5. Pengertian Tuple
      6. Nested List
      7. Objek yang tidak berubah dan dapat berubah
      8. Menyalin List
      9. Indexing, deleting, and Slicing Out of Bounds

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Pengertian List
      2. Slicen/Irisan
      3. Metode Split dan Join
      4. File Teks
      5. Pengertian Tuple
      6. Nested List
      7. Objek yang tidak berubah dan dapat berubah
      8. Menyalin List
      9. Indexing, deleting, and Slicing Out of Bounds

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian List, Slicen/Irisan, Metode Split dan Join, File Teks, Pengertian Tuple, Nested List, Objek yang tidak berubah dan dapat berubah, Menyalin List, Indexing, deleting, and Slicing Out of Bounds.

      Video Pengantar

      Pada bagian ini dapat memanfaatkan Fitur Label yang ada pada Elumak. Video Pengantar berisi tentang gambaran umum topik, proses perkuliahan, dan informasi penting yang harus diketahui mahasiswa sebelum mempelajari materi pembelajaran. Video Pengantar dapat dilakukan dengan menyimpak kode embed dari video yang telah diupload di youtoube

      Materi Pembelajaran

      Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Teman-Teman mahasiswa, sebelum masuk pada materi pelajaran terlebih dahulu teman-teman untuk mengerjakan pree test. Pree test bertujuan untuk mengetahui pemahaman awal tentang materi yang dibahas.

      Quizzes: 2Lesson: 1Labels: 3Forum: 1Assignments: 2
    • Relational dan Operator Logis

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Nilai-nilai Karakter ASCIL, Operator Relasional, Menyortir Item dalam List, OperatorLogis, Evaluasi Short-Circuit, Tipe data Boolean/bool, Tiga Metode yang megembalikan nilai Boolea, Ketentuan Penyederhanaan.


      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep relational dan operator logis pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Nilai-nilai Karakter ASCIL
      2. Operator Relasional
      3. Menyortir Item dalam List
      4. OperatorLogis
      5. Evaluasi Short-Circuit
      6. Tipe data Boolean/bool
      7. Tiga Metode yang megembalikan nilai Boolea
      8. Ketentuan Penyederhanaan

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Nilai-nilai Karakter ASCIL
      2. Operator Relasional
      3. Menyortir Item dalam List
      4. OperatorLogis
      5. Evaluasi Short-Circuit
      6. Tipe data Boolean/bool
      7. Tiga Metode yang megembalikan nilai Boolea
      8. Ketentuan Penyederhanaan

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Nilai-nilai Karakter ASCIL, Operator Relasional, Menyortir Item dalam List, OperatorLogis, Evaluasi Short-Circuit, Tipe data Boolean/bool, Tiga Metode yang megembalikan nilai Boolea, Ketentuan Penyederhanaan

      Video Pengantar

      Pada bagian ini dapat memanfaatkan Fitur Label yang ada pada Elumak. Video Pengantar berisi tentang gambaran umum topik, proses perkuliahan, dan informasi penting yang harus diketahui mahasiswa sebelum mempelajari materi pembelajaran. Video Pengantar dapat dilakukan dengan menyimpak kode embed dari video yang telah diupload di youtoube

      File: 1Book: 1Assignment: 1
    • Decision Structure

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian Kondidi If, Pengertian Kondisi If Else, Pengertian Kondisi If Else If/elif, Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else, True and False


      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep Decision structure pada pemrograman Python


      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Pengertian Kondidi If
      2. Pengertian Kondisi If Else
      3. Pengertian Kondisi If Else If/elif
      4. Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else
      5. True and False

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Pengertian Kondidi If
      2. Pengertian Kondisi If Else
      3. Pengertian Kondisi If Else If/elif
      4. Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else
      5. True and False

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian Kondidi If, Pengertian Kondisi If Else, Pengertian Kondisi If Else If/elif, Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else, True and False

      Materi Pembelajaran

      Teman- Teman mahasiswa, pada kesempatan ini, kita akan membahas materi Decision Structure/ atau percabangan. Pada materi ini ada 3 pokok bahasan yaitu: 

      1. Pengertian Kondidi If
      2. Pengertian Kondisi If Else
      3. Pengertian Kondisi If Else If/elif.

      Untuk lebih memahami materi tersebut silahkan teman-teman baca materi PDFnya atau bisa juga nonton video pembelajaran yang telah disiapkan dibawah ini. Terimakasih, Selamat mengikuti.


      Book: 1File: 1Assignment: 1
    • While loop

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Struktur Perulangan While Bahasa Python, Infinite Loop, Statemen Break, Statemen Continue, Membuat Menu


      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep while loop pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Struktur Perulangan While Bahasa Python

      2. Infinite Loop

      3. Statemen Break

      4. Statemen Continue

      5. Membuat Menu

      Subtopik Materi

      Sub Topik:

      1. Struktur Perulangan While Bahasa Python
      2. Infinite Loop
      3. Statemen Break
      4. Statemen Continue
      5. Membuat Menu

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Struktur Perulangan While Bahasa Python, Infinite Loop, Statemen Break, Statemen Continue, Membuat Menu


      Materi Pembelajaran

      Teman-Teman mahasiswa, Pada bagian ini anda diminta untuk membaca materi atau menonton video pembelajaran yang ditelah disediakan untuk memahami konsep While Loop, dan membaca materi inisiasi untuk mengembangkan pengetahuan tentang while loop.

      Selamat Mengikuti.

      Terima Kasih

      File: 1Book: 1Assignment: 1
    • For loop

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian struktur Perulangan For Bahasa Python, Penggunaan Function range(), Pass Statemen, Nested loop

      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep for loop pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Pengertian struktur Perulangan For Bahasa Python
      2. Penggunaan Function range()
      3. Pass Statemen
      4. Nested loop

      Subtopik Materi

      Sub Topik:

      1. Pengertian struktur Perulangan For Bahasa Python
      2. Penggunaan Function range()
      3. Pass Statemen
      4. Nested loop

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian struktur Perulangan For Bahasa Python, Penggunaan Function range(), Pass Statemen, Nested loop


      Materi Pembelajaran

      Teman-Teman Mahasiswa, Silahkan pelajri materi yang tersedia, baik berupa materi PPT, PDF, maupun Video. Lalu Kerjakan contoh dan latihan.

      File: 1Assignment: 1
    • Fungsi

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian Fungsi (Function), Fungsi Bawaan, Fungsi Buatan Pengguna, Fungsi Memiliki Satu Parameter, Melewati nilai ke Fungsi, Fungsi memiliki beberapa parameter, Fungsi bernilai Boolean dan list, Fungsi yang tidak mengembalikan nilai, Fungsi tanpa parameter, Ruang lingkup (scope) Variabel, Penamaan Kostanta

      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep fungsi pada pemrograman Python

      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:
      1. Pengertian Fungsi (Function)
      2. Fungsi Bawaan
      3. Fungsi Buatan Pengguna
      4. Fungsi Memiliki Satu Parameter
      5. Melewati nilai ke Fungsi
      6. Fungsi memiliki beberapa parameter
      7. Fungsi bernilai Boolean dan list
      8. Fungsi yang tidak mengembalikan nilai
      9. Fungsi tanpa parameter
      10. Ruang lingkup (scope) Variabel
      11. Penamaan Kostanta

      Subtopik Materi

      Sub Topik:
      1. Pengertian Fungsi (Function)
      2. Fungsi Bawaan
      3. Fungsi Buatan Pengguna
      4. Fungsi Memiliki Satu Parameter
      5. Melewati nilai ke Fungsi
      6. Fungsi memiliki beberapa parameter
      7. Fungsi bernilai Boolean dan list
      8. Fungsi yang tidak mengembalikan nilai
      9. Fungsi tanpa parameter
      10. Ruang lingkup (scope) Variabel
      11. Penamaan Kostanta

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian Fungsi (Function), Fungsi Bawaan, Fungsi Buatan Pengguna, Fungsi Memiliki Satu Parameter, Melewati nilai ke Fungsi, Fungsi memiliki beberapa parameter, Fungsi bernilai Boolean dan list, Fungsi yang tidak mengembalikan nilai, Fungsi tanpa parameter, Ruang lingkup (scope) Variabel, Penamaan Kostanta


      Materi Pembelajaran


      File: 1
    • UJian Akhir Semester (Praktikum)

      Restricted Not available unless: You belong to Kelas B
    • Ujian Akhir Semester (Teori)

      Restricted Not available unless: You belong to Kelas B