Gambaran Tentang Mata Kuliah
Mata Kuliah algoritma dan Pemograman adalah salah satu mata kuliah dasar pada program studi pendidikan teknologi informasi yang akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman python.
Capain Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman adalah:
- Bertakwa kepada Allah SWT dan mampu menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah.
- Mampu menguasai konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah
Capain Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :
- Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
- Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
- Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)
Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian, yaitu sebgai berikut.
No. | Komponen Penilaian | Bobot (%) |
---|---|---|
1. | Nilai Tugas TS (Quis &Penugasan) | 17 |
2. | Nilai UTS |
33 |
3. | Nilai Tugas UAS (Quis &Penugasan) |
17 |
4. | AUAS | 33 |
Total | 100% |
Adapun nilai tersebut akan dikonfersi sebagai berikut:
Nilai Huruf | Bobot | Predikat | Batas Atas | Batas bawah |
A | 4.00 | Sangat baik | 100 | 85 |
A- | 3.70 | Baik | 84.99 | 80 |
B+ | 3.30 | Baik | 79.99 | 75 |
B | 3.00 | Baik | 74.99 | 70 |
B- | 2.70 | Cukup | 69.99 | 65 |
C+ | 2.30 | Cukup | 64.99 | 60 |
C | 2.00 | Cukup | 59.99 | 55 |
D | 1.00 | Kurang | 54.99 | 40 |
E | 0.00 | Sangat Kurang | 39.99 | 0 |
Kegiatan Perkuliahan Algoritma dan Pemrograman dilaksanakan secara Blended Learning, Jenis tatap muka pada perkuliahan adalah:
- Tatap muka Sinkron Lansung (face to face/F2F), yaitu tatap muka kelas, dosen dan mahasiswa bertemu dalam ruang kelas sesuai jadwal kuliah. Presensi kuliah sesuai kehadiran dikelas.
- Tatap muka Sinkron tak Lansung, yaitu Dosen dan Mahasiswa bertemu diruang video conference.
- Tatap muka Asinkron, yaitu tatap muka yang dilakukan secara daring dengan menggunakan ELUMAK, Dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas. Mahasiswa belajar secara mandiri di ELUMAK yang dilakukan dimana saja. Presensi kehadiran dilakukan berdasarkan aktivitas mahasiswa di ELUMAK (Membaca handout, melihat media presentasi/video, mengerjakan kuis atau partisipasi dalam diskusi).
- UTS dan UAS dilaksanakan face to face
Sesuai peraturan akademik UMKendari: Apabila mahasiswa tidak masuk kuliah selama 4 kali (baik dalam tatap muka sinkron maupun asinkron), maka nilai otomatis E.
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
RPS Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman
Utama :
Wahyu Wibowo, 2020. Belajar Bahasa Pemrograman Bahasa Python, ITS PressTambahan:
https://www.w3schools.com/python/
https://belajarpython.com/https://belajarpython.com/
Petunjuk Mempelajari Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka antara lain:
- Materi Pembelajaran dibuat dengan memanfaatkan fitur lesson. Pada bagian ini mahasiswa dapat membaca materisecara runtut, pada akhir materi terdapat video penjelasan terkait topik yang dipelajari.
- Materi inisiasi adalah materi dalam bentuk ebook, pdf, ppt, dan sebagainya yang dapat dijadikan sebagai rujukan tambahan bagi mahasiswa.
- Forum diskusi disediakan sebagai tempat bagi mahasiswa untuk menyampaikan gagasan, ide, atau pertanyaan sehingga dapat memunculkan keaktifan mahasiswa dan dosen dalam belajar daring.
- Evaluasi topik berisi kuis atau tugas yang harus diselesaikan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami materi yang telah disediakan
Pertama tama anda harus membaca materi ini dengan tuntas. Setelah itu, anda diminta untuk melihat video. Video akan meningkatkan pemahaman anda terhadap materi kuliah.
Kegiatan tatap muka juga dilengkapi dengan aktivitas tugas atau Quis. Tugas dapat berupa tugas individu atau kelompok, sedangkan Quis adalah tugas individu.