• Gambaran Tentang Mata Kuliah

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata Kuliah algoritma dan Pemograman adalah salah satu mata kuliah dasar pada program studi pendidikan teknologi informasi yang akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang Dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman python.



    Capain Pembelajaran Lulusan (CPL)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman adalah:

    • Bertakwa kepada Allah SWT dan mampu menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan.
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah.
    • Mampu menguasai konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah

    Capain Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

    • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
    • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
    • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

    Sistem Penilaian

    Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian, yaitu sebgai berikut.

    No. Komponen Penilaian Bobot (%)
    1.  Nilai Tugas TS (Quis &Penugasan) 17
    2.  Nilai UTS
    33
    3. Nilai Tugas UAS (Quis &Penugasan)
    17
    4. AUAS 33
    Total 100%

    Adapun nilai tersebut akan dikonfersi sebagai berikut:


    Nilai Huruf Bobot Predikat Batas Atas Batas bawah
    A 4.00 Sangat baik 100 85
    A- 3.70 Baik 84.99 80
    B+ 3.30 Baik 79.99 75
    B 3.00 Baik 74.99 70
    B- 2.70 Cukup 69.99 65
    C+ 2.30 Cukup 64.99 60
    2.00 Cukup 59.99 55
    D 1.00 Kurang  54.99 40
    E 0.00 Sangat Kurang 39.99 0


    Sistem Pembelajaran

    Kegiatan Perkuliahan Algoritma dan Pemrograman dilaksanakan secara Blended Learning, Jenis tatap muka pada perkuliahan adalah:

    1. Tatap muka Sinkron Lansung (face to face/F2F), yaitu tatap muka kelas, dosen dan mahasiswa bertemu dalam ruang kelas sesuai jadwal kuliah. Presensi kuliah sesuai kehadiran dikelas.
    2. Tatap muka Sinkron tak Lansung, yaitu Dosen dan Mahasiswa bertemu diruang video conference.
    3. Tatap muka Asinkron, yaitu tatap muka yang dilakukan secara daring dengan menggunakan ELUMAK, Dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas. Mahasiswa belajar secara mandiri di ELUMAK yang dilakukan dimana saja. Presensi kehadiran dilakukan berdasarkan aktivitas mahasiswa di ELUMAK (Membaca handout, melihat media presentasi/video, mengerjakan kuis atau partisipasi dalam diskusi).
    4. UTS dan UAS dilaksanakan face to face

    Sesuai peraturan akademik UMKendari: Apabila mahasiswa tidak masuk kuliah selama 4 kali (baik dalam tatap muka sinkron maupun asinkron), maka nilai otomatis E.


    Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

    RPS Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman


    Referensi

    Utama :

    Wahyu Wibowo, 2020. Belajar Bahasa Pemrograman Bahasa Python, ITS Press

    Tambahan:

    https://www.pythonindo.com/

    https://www.w3schools.com/python/

    https://belajarpython.com/https://belajarpython.com/





    Petunjuk Mempelajari Media Pembelajaran

    Media pembelajaran yang disediakan pada setiap tatap muka antara lain:

    1. Materi Pembelajaran dibuat dengan memanfaatkan fitur lesson. Pada bagian ini mahasiswa dapat membaca materisecara runtut, pada akhir materi terdapat video penjelasan terkait topik yang dipelajari.
    2. Materi inisiasi adalah materi dalam bentuk ebook, pdf, ppt, dan sebagainya yang dapat dijadikan sebagai rujukan tambahan bagi mahasiswa.
    3. Forum diskusi disediakan sebagai tempat bagi mahasiswa untuk menyampaikan gagasan, ide, atau pertanyaan sehingga dapat memunculkan keaktifan mahasiswa dan dosen dalam belajar daring.
    4. Evaluasi topik berisi kuis atau tugas yang harus diselesaikan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami materi yang telah disediakan

    Pertama tama anda harus membaca materi ini dengan tuntas. Setelah itu, anda diminta untuk melihat video. Video akan meningkatkan pemahaman anda terhadap materi kuliah.

    Kegiatan tatap muka juga dilengkapi dengan aktivitas tugas atau Quis. Tugas dapat berupa tugas individu atau kelompok, sedangkan Quis adalah tugas individu.



    Penanggung Jawab Modul

    Dosen1

    Dosen2

    Dosen3

    Video Pengantar Perkuliahan

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Silahkan nonton video ini untuk memahamiproses dan alur perkuliahan mata kuliah ini. Terima kasih.

    • Decision Structure

      Deskripsi Topik

      Pada pertemuan ini akan membahas : Pengertian Kondidi If, Pengertian Kondisi If Else, Pengertian Kondisi If Else If/elif, Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else, True and False


      CPMK

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah :

      • Menunjukkan sikap berkemajuan melalui pengalaman Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan; (S1)
      • Menerapkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan berjamaah. (S9)
      • Menerapkan konsep algoritma dan pemrograman untuk membantu pemecahan masalah (PP4)

      Sub CPMK

      Mampu menguasai konsep Decision structure pada pemrograman Python


      Indikator

      Indikator yang dapat ditunjukkan oleh mahasiswa mampu menjelaskan:

      1. Pengertian Kondidi If
      2. Pengertian Kondisi If Else
      3. Pengertian Kondisi If Else If/elif
      4. Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else
      5. True and False

      Subtopik Materi

      Sub topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini adalah:

      1. Pengertian Kondidi If
      2. Pengertian Kondisi If Else
      3. Pengertian Kondisi If Else If/elif
      4. Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else
      5. True and False

      Rencana Perkuliahan

      Proses perkuliahan pada pertemuan ini menggunakan metode Sinkron dan Asinkron.

      Pengalaman Belajar

      Setelah mengikuti materi ini mahasiswa mampu menjelaskan dan menimplementasikan: Pengertian Kondidi If, Pengertian Kondisi If Else, Pengertian Kondisi If Else If/elif, Masukkan Validasi dengan Pernyataan if-elif-else, True and False

      Materi Pembelajaran

      Teman- Teman mahasiswa, pada kesempatan ini, kita akan membahas materi Decision Structure/ atau percabangan. Pada materi ini ada 3 pokok bahasan yaitu: 

      1. Pengertian Kondidi If
      2. Pengertian Kondisi If Else
      3. Pengertian Kondisi If Else If/elif.

      Untuk lebih memahami materi tersebut silahkan teman-teman baca materi PDFnya atau bisa juga nonton video pembelajaran yang telah disiapkan dibawah ini. Terimakasih, Selamat mengikuti.


    Relational dan Operator Logis While loop