Weekly outline

  • General

  • Pertemuan 1

                                       SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN PERTAMA

    1

    Selamat datang teman-teman mahasiswa, pada pertemuan pertama ini kita akan membahas, mendiskusikan RPS dan kontrak perkuliahan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai penggunaan metode pembelajaran selama perkuliahan dan pembagian kelompok dan tugas-tugas yang harus kalian kerjakan. silahkan mempelajari modul perkuliahan

    https://drive.google.com/file/d/1K6JD6hWV7MI_oIrTUTGK8jSoBF_Rl3mM/view?usp=sharing
    Yuk mulai...silahkan disimak file berikut...

    Mata kuliah ini berisikan ganbaran umum dan ruang lingkup pengadaan barang dan jasa, jenis barang dan jasa, tata cara PBJ, tahapan umum, tahapan persiapan,perencanaan dan pelaksanaan serta metode pemilihan penyedia, kualifikasi,pemasukan dan evaluasi penawaran yang nantinya mahasiswa dapat mengaplikasikan dalam proses PBJ.

    Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (CPL-PS)

    3. Mampu mendesain dan melaksanakan ekperimen di laboratorium dan/atau lapangan sekaligus menganalisa dan meninterpretasikan data untuk memperkuat keputusan engineering di Infratrsuktur teknik sipil. 

    4. Mampu menyusun perencanaan dan perancangan infrastruktur yang komperhensif dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Memahami proses pengadaan barang dan jasa

    2. Menganalisis manajemen tata laksana pembangunan dan organisasi barang, pekerjaan konstruksi, jasa konsultansi dan jasa lainnya

    3. Merancang dokumen Proses Pengadaan Barang dan Jasa

    Berikut adalah bobot dan jumlah tugas yang akan kalian lakukan:

    Pertemuan

    Ke-

    Sub CPMK

    Bentuk Asesmen (Penilaian)

    Bobot (%)

    (1)

    (2)

    (3)

    (4)

    2

    1.1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian PBJ sesuai peraturan terkait secara sistematis

    Presentasi, kuis

    5%

    3

    1.2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan jenis Barang dan Jasa dalam PBJ sesuai ketentuan dan peraturan pemerintah yang berlaku secara detail

    Presentasi, kuis

    5%

    4

    2.1. Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan proses PBJ dengan metode Swakelola sesuai pedoman dan peraturan yang berlaku

    Tes Tulis

    5%

     

    5

    2.2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan proses PBJ dengan metode Penyedia sesuai pedoman dan peraturan yang berlaku

    Tes tulis

    5%

    6,7

    2.3. Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan proses PBJ dengan metode swakelola dan metode penyedia sesuai dengan peraturan yang berlaku

    Portofolio

    7,5%

    8

    UTS

    Tes Tulis (jawaban lengkap)

    25%

    9,10

    3.1. Mahasiswa mampu menyusun dokumen Pengadaan Barang dan Jasa sesuai dengan pedoman LKPP

    Laporan praktek

    5%

    11,12

    3.2. Mahasiswa mampu mengevaluasi kegagalan tender pada proses Pengadaan Barang dan Jasa dengan teliti

    Makalah

    7,5%

    13,14,15

    3.3. Mahasiswa mampu merancang dokumen perbaikan untuk memberikan pemecahan masalah terhadap kegagalan tender PBJ dengan sistematis

    Laporan project

    10%

    16

    UAS

    Video Presentasi

    25%

    Total bobot penilaian

    100%

  • Pertemuan 2

       
    Assalamualaikum
    ,selamat pagi, siang dan sore. Apa kabar teman-teman mahasiswa yang belajar mata kuliah Pengadaan Barang dan jasa?? tentunya masih selalu semangat donk... kali ini kita akan belajar Ruang lingkup dari Pengadaan barang dan jasa. Kalian dapat belajar menyimak podcast/talkshow berikut dan tentunya dapat belajar melalui e-book. 

  • Pertemuan 3

     
    Rifky
    Assalamualaikum, selamat berjumpa kembali pada mata kuliah Pengadaan barang dan jasa pada pertemuan ke-3. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas jenis-jenis pengadaan barang dan jasa tentunya sesuai dengan peraturan yang terbaru yaitu Perpres nomor 12 tahun 2021. tentunya metode yang kita gunakan adalah model flipclassroom. silahkan disimak video penjelasan melalui youtube dan beberapa bahan bacaan untuk membantu pemahaman terhadap materi hari ini.. Lets go..

     

  • Pertemuan 4

                                                      SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN KE-4...

    4

    Assalamualaikum, teman-teman mahasiswa yang masih selalu semangat megikuti pengadaan barang dan jasa. Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan dengan metode Swakelola sesuai e-modul dan materi power point. Kalian dapat memperkaya materi melalui e-book yang ada link dibawah. Sebelum memulai perkuliahan akan diadakan pre-test dan setelah perkuliahan dapat mengerjakan tes tertulis

  • Pertemuan 5

                                                 SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN 5

    5

    Assalamualaikum, selamat berjumpa lagi pada pertemuan ke-5 di mata kuliah pengadaan barang dan jasa. pada Pertemuan kali ini akan mempelajari proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan dengan metode penyedia sesuai e-modul dan materi di power point. sebelum kalian melaksanakan perkuliahan akan dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan kalian. selain itu akan diberikan post test setelah perkuliahan selesai.

  • Pertemuan 6

                                                                                    SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN 6

                     6

    Pada pertemuan ini akan mengkaji kasus proses pengadaan barang dan jasa  untuk dapat membedakan metode dari kasus atau dokumen pengadaan barang dan jasa. Mahasiswa akan diberikan pre-test soal pilihan ganda menggunakan Kahoot sebelum memulai perkuliahan. Mengkaji dengan dibentuk kelompok/small group discussion untuk mengkaji perbedaan metode pengadaan barang dan jasa antara swakelola dan penyedia. Selain itu mahasiswa dapat  mempelajari kasus dalam bentuk e-modul/ PPT. 


  • Pertemuan 7

                                                                  SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN 7
    7

    Pada Pertemuan kali ini kita melanjutkan apa yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kalian diharapkan dapat membedakan metode pengadaan barang dan jasa baik melalui penyedia maupun melalui swakelola. hal-hal apa yang harus diperhatikan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan presiden nomor 12 tahun 2021. Setelah kalian mempelajari studi kasus pada pertemuan sebelumnya, silahkan membuat portofoli yang ketentuannya dapat dilihat pada kolom tugas. selamat mengerjakan.


  • Pertemuan 8

                                              UTS

    Pada pertemuan kali ini akan melakukan Ujian Tengah Semester/UTS untuk melihat kemampuan kalian selama pertemuan sampai dengan pertemuan ke-7. Silahkan baca petunjuk dibawah.

  • Pertemuan 9

                                       SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN KE-9

                      Pertemuan 9
    Pertemuan
    pada hari ini kita akan melakukan praktek penyusunan dokumen pengadaan barang dan jasa dalam bentuk laporan tertulis sesuai dengan petunjuk praktek. selain itu mahasiswa dapat melanjutkan diskusi melalui link zoom dan melalui e-book serta dapat belajar melalui anmiasi video. 

  • Pertemuan 10

                                                               SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN KE-10

    pertemuan 10

    Selamat berjumpa lagi pada mata perkuliahan Pengadaan barang dan jasa. Pada pertemuan hari ini kita mengkaji dan berdiskusi mengenai literasi pengadaan barang dan jasa melalui zoom. 

  • Pertemuan 11

                                                                           SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN KE-11

    11
    Asslamulaikum
    ketemu lagi pada mata kuliah pengadaan barang dan jasa. Pada Perkuliahan hari ini kita akan belajar melakukan evaluasi mengenai dokumen pengadaan barang dan jasa yang telah disusun. Selain itu disediakan wadah/forum untuk berdiskusi
  • Pertemuan 12

    SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN KE-12....
    pertemuan 12
    Assalamualaikum
    , teman-teman mahasiswa , pada pertemuan kali ini kita akan merancang sebuah makalah yang berisikan evaluasi pemasukan dokumen dalam pengadaan barang dan jasa. apa saja hal-hal yang harus dipenuhi sesuai dengan aturan dan kebijakn terkait. silahkan kalian simak format serta contoh dokumennya.

  • Pertemuan 13

    SELAMAT DATANG PADA PERTEMUAN 13...

    13

    Pada Pertemuan kali ini kita akan mempelajari dan melakukan diskusi mengenai kajian kegagalan tender PBJ dan melakukan upaya pemecahan masalah terhadap dokumen yang gagal. dapat menyimak video talkshow dan membaca e-book yang telah disediakan. Untuk lebih memahami materi yang akan disampaikan akan dilakukan juga pre-test pada kahoot dan selanjutnya akan membuat suatu project penyusunan proses pengadaan barang dan jasa menggunakan salah satu metode, kemudian melakukan evaluasi dan memberikan pemecahan masalah terhadap kegagalan tender dalam PBJ.


  • Pertemuan 14

    Pertemuan 14

    Pada pertemuan kali
    ini kita akan membuat project penyusunan proses pengadaan barang dan jasa menggunakan salah satu metode, kemudian melakukan evaluasi dan memberikan pemecahan masalah terhadap kegagalan tender PBJ. 

  • Pertemuan 15

     

    Pertemuan 15

    Pertemuan pada kali ini masih tetap membahas apa saja penyebab kegagalan tender dan bagaimana upaya untuk meminimalisir kegagalan tersebut. kalian dapat melihat dari peraturan dan tahapan proses secara umum pengadaan barang dan jasa sesuai dengan Perpres nomor 12 tahun 2021. 

  • Pertemuan 16

    pertemuan 16
    Pertemuan hari ini kita akan melaksanakan Ujian Akhir Semester/UAS. Kalian akan melakukan kajian mengenai materi yang telah diberikan untuk mengetahui pencapaian/ kedalaman kemampuan dan pengetahuan sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran mata kuliah. Mahasiswa melakukan aktivitas untuk mempersiapkan pembuatan video sebagai bentuk evaluasi pembelajaran. kalian dapat melakukan zoom meeting untuk diskusi terkait pembuatan video.