Topic outline

  • 1. PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SD (Orientasi dan Kontrak Perkuliahan)


    Assalamualaikum. Wr. Wb

    Selamat Datang di Mata Kuliuah Pengelolaan Perpustakaan.

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini membahas tentang pengantar umum perpustakaan, sejarah perpustakaan, perpustakaan sekolah, administrasi, dan organisasi perpustakaan, koleksi perpustakaan, klasifikasi katalogisasi, pelayanan perpustakaan, pengelolaan dan perawatan bahan perpustakaan. Mata kuliah ini dilakukan dengan cara tatap muka, diskusi dan melakukan observasi atau kunjungan di berbagai perpustakaan seperti ke perpustakaan daerah, perpustakaan provinsi. Evaluasi dilakukan dengan cara penilaian protofolio hasil observasi serta menilai laporan yang telah di susun dan tes tertulis

  • 2. Ilmu Perpustakaan

    Ilmu perpustakaan berkembang seiring dengan perkembangan perpustakaan dan adanya perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat.Istilah materi perpustakaan merupakan terjemahan dari kata library materials. Istilah tersebut sinonim dengan istilah bahan perpustakaan maupun bahan pustaka yang merupakan istilah yang banyak digunakan di kalangan pustakawan Indonesia.


    Sumber: Google Image

    Ilmu perpustakaan adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, penyimpanan, temu kembali, interpretasi, dan penyebarluasan informasi. Pada awalnya, ilmu perpustakaan lebih membahas tentang ilmu pengarsipan yaitu kegiatan yang berkaitan dengan tata cara penataan sumber informasi dengan sistem klasifikasi perpustakaan dan teknologi pendukungnya.

    Saat ini ilmu perpustakaan merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti bahasa, psikologi, hukum, komputer, teknik komputer, komunikasi dan teknologi lain yang berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi

  • 3. Tugas Pokok, Peran, dan Fungsi Perpustakaan

    Setelah menguraikan pengertian tentang ilmu perpustakaan dan ilmu informasi, selanjutnya akan diuraikan tugas pokok, fungsi, dan peran perpustakaan.

    Sumber: Google Image

    Tugas Pokok Perpustakaan
    1. Mengumpulkan/mengadakan bahan pustaka; 
    2. Mengolah/memproses bahan pustaka dengan sistem tertentu; 
    3. Menyimpan bahan pustaka dengan sistem file agar mudah dan tepat dalam proses temu kembali; 
    4. Mendayagunakan/melayankan bahan pustaka dan informasi kepada masyarakat pengguna/pemustaka; 
    5. Memelihara/melestarikan bahan pustaka
    Fungsi Perpustakaan

    1. Pusat informasi;
    2. Pusat layanan referensi;
    3. Pusat penelitian;
    4. Pusat kerja sama antar perpustakaan;
    5. Sarana pendidikan (pusat kegiatan belajar mengajar);
    6. Sarana kultural;
    7. Tempat Preservasi.
    Peran Perpustakaan
    1. Menjadi media antara pemakai dengan koleksi sebagai sumber informasi pengetahuan;
    2. Menjadi lembaga pengembangan minat dan budaya membaca serta membangkitkan kesadaran pentingnya belajar sepanjang hayat;
    3. Mengembangkan komunikasi antara pemakai dan atau dengan penyelenggara sehingga tercipta kolaborasi, sharing pengetahuan maupun komunikasi ilmiah lainnya. 
    4. Motivator, mediator dan fasilitator bagi pemakai dalam usaha mencari, memanfaatkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. 
    5. Berperan sebagai agen perubah, pembangunan, dan kebudayaan manusia.

  • 4-5. Peran Perpustakaan dalam Pendidikan, Sosial, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

    Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan bahan rujukan. Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. 

    Perhatikan gambar di bawah ini!


    Sumber: Pustakawan Jogja

    Optimalisasi pembelajaran dapat dilakukan melalui pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana penunjang dan sumber belajar. Seperti halnya pada gambar di atas aktivitas belajar siswa dilakukan di perpustakaan.

  • 6. Jenis, Fungsi, dan Tujuan Perpustakaan di SD

    Saat ini, kehadiran perpustakaan bukanlah merupakan hal yang baru, di mana-mana terdapat perpustakaan, bahkan di era ledakan informasi ini keberadaannya sudah merupakan salah satu unit kerja atau lembaga yang diperlukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi.


    Sumber: Perpustakaan Nasional RI

    Terdapat berbagai jenis perpustakaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Apabila dilihat dari sudut tujuan, lingkup koleksi yang dimiliki serta kelompok pemakainya, secara garis besar dikenal lima macam perpustakaan, yaitu (1) perpustakaan nasional, (2) perpustakaan umum (3) perpustakaan khusus/instansi (4) perpustakaan perguruan tinggi, dan (5) perpustakaan sekolah.

    Silakan simak video berikut ini untuk melengkapi wawasan Anda tentang jenis-jenis perpustakaan!


    Sumber: Belajar di Perpustakaan

    Jika dilihat dari fungsi umumnya, semua perpustakaan itu sama, yaitu tempat menyimpan literatur. Tapi ternyata bukan cuma itu loh. Banyak fungsi yang bisa dijalankan perpustakaan, tidak cuma hanya tempat simpan buku saja!

    Silakan simak video berikut ini untuk mengetahui fungsi perpustakaan!


    Sumber: Ajar Belajar

  • 7. Jenis dan Prinsip Layanan Perpustakaan

    Sebagai salah satu institusi layanan publik, perpustakaan harus dikelola dengan baik, sistematis dan terstruktur terutama yang berkaitan dengan perencanaan, kebijaksanaan dan strategi serta operasional pembangunan dibidang perpustakaan dan informasi. Hal ini berarti bahwa penilaian terhadap baik buruknya kinerja perpustakaan ditentukan oleh baik buruknya layanan yang diberikan kepada pengguna. Layanan perpustakaan merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengadaan dan pengolahan bahan perpustakaan yaitu setelah bahan pustaka selesai diolah (diproses). 


    Sumber: Google Image

    Pelaksanaan layanan perpustakaan diatur dan dilakukan berdasarkan sistem dan kebijakan yang disesuaikan dengan situasi serta kondisi dari masing-masing perpustakaan. Sistem dan kebijakan tentang layanan yang diberlakukan di perpustakaan harus dapat memudahkan pengguna dalam memanfaatkan sumber informasi yang tersedia di perpustakaan.

    Layanan perpustakaan pada dasarnya memiliki prinsip-prinsip yang sama dengan jenis layanan lainnya. Prinsip-prinsip layanan itu antara lain :

    1. Sesuai dengan atau untuk kebutuhan masyarakat yang dilayani

    2. Berlangsung cepat, tepat, mudah, dan sederhana

    3. Menarik dan menyenangkan atau memuaskan pemakai/penerima layanan

    Silakan simak video berikut ini untuk melengkapi wawasan Anda terkait layanan di perpustakaan!

    Prosedur Layanan Perpustakaan


    Sumber: DISPUSIP Provinsi DKI Jakarta

    Secara umum layanan perpustakaan dapat dibagi dalam 3 (tiga) kategori yaitu:

    1. Layanan teknis

    2. Layanan pengguna

    3. Layanan referensi

    Seiring dengan perkembangannya, layanan perpustakaan pun mengalami perubahan. Berikut ini contoh layanan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Perpustakaan Nasional RI.


    Sumber: Perpustakaan Nasional RI

  • 9. Mekanisme Kerja Perpustakaan dan Penyajian Bahan Pustaka

    Unit Kerja Perpustakaan Sebuah perpustakaan sebagai salah satu unit kerja mempunyai unsur-unsur atau persyaratan seperti berikut. Adanya organisasi. Dalam surat keputusan pendiriannya harus (setidaknya) tercantum secara jelas tugas, fungsi, wewenang, tanggung jawab dan struktur organisasinya. Surat keputusan itu merupakan landasan hukum konsideran, pertimbangan tentang pembentukan perpustakaan.  Semua itu dapat dipelajari latar belakangdan alasan pembentukan unit kerjaperpustakaan, pedoman untuk menyusunkebutuhan, formasi jabatan dan petugas ataupengisian karyawan, pedoman pengadaananggaran, serta ruang lingkup bidang kerjanya.Berikut beberapa kebutuhan pokokperpustakaan sebagai unit kerja.

  • 10. Standar Nasional Perpustakaan

    Mari kita lanjutkan materi. Setelah sebelumnya belajar mengenai jenis layanan yang terdapat di perpustakaan. Selanjutnya akan mengkaji aturan tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan bahwa "Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang melaksanakan tugas pemerintah dalam bidang perpustakaan, bertugas menetapkan kebijakan nasional, kebijakan umum dan kebijakan tknis pengelolaan perpustakaan; membina kerjasama dalam pengelolaan berbagai jenis perpustakaan; dan mengembangkan standar nasional perpustakaan".
    Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga pembina harus dapat diteladani dan dirujuk sebagai acuan nasional dalam melaksanakan layanan, pembinaan, dan pengembangan perpustakaan di Indonesia.


  • 11. Profesi dan Kode Etik Pustakawan

    Pada pertemuan sebelumnya Anda telah mengkaji Standar Nasional Perpustakaan (SNP) khususnya di Sekolah Dasar (SD) dan Perguruan Tinggi (PT). Perpustakaan sebagai institusi tentunya harus dikelola oleh sumber daya profesional, yang disebut pustakawan. Perpustakaan sebagai suatu pranata diciptakan dan diadakan untuk kepentingan masyarakat. Pustakawan merupakan orang yang memiliki pendidikan perpustakaan atau ahli perpustakaan atau tenaga profesional di bidang perpustakaan dan bekerja di perpustakaan. Pustakawan diharapkan memahami tugas untuk memenuhi standar etika dalam hubungannya dengan perpustakaan sebagai suatu lembaga, pengguna, rekan pustakawan, antar profesi dan masyarakat pada umumnya. Kode etik ini sebagai panduan perilaku dan kinerja semua anggota Ikatan Pustakawan Indonesia dalam melaksanakan tugasnya di bidang kepustakawanan. Setiap anggota Ikatan Pustakawan Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kode etik ini dalam standar yang setinggi-tingginya untuk kepentingan pengguna, profesi, perpustakaan, organisasi profesi dan masyarakat.