Deskripsi Mata Kuliah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera, Salam Sehat...
Selamat datang adek-adek mahasiswa/mahasiswi pada mata kuliah Matematika Dasar untuk semester Ganjil. Adek-adek akan belajar pada mata kulah ini selama 16 minggu yang terdiri atas, 14 minggu teori, serta ditambah 2 minggu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Anda nantinya akan mengakses materi dan melakukan aktivitas belajar secara online dengan berbagai perangkat yang anda miliki (disarankan Laptop/Netbook), dengan catatan terkoneksi dengan internet. Anda diwajibkan untuk mengikuti semua aktivitas yang telah dirancang tiap pertemuan. Selamat belajar…
TIM DOSEN
- Dr. Haripuddin, S.T., M.T.
- Dr. Iwan Suhardi, ST., MT.
- Zulhajji, S.T., M.T.
- Al Imran, ST, MT.
- Firdaus, S.Pd., MT.
- Muliaty Yantahin, S.T., M.T.
- Edi Suhardi Rahman, S.Pd, M.Pd.
- Nurul Mukhlisah Abdal, S.Si., M.Si.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Matematika Diskret merupakan salah satu mata kuliah dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Mata kuliah ini menjadi dasar untuk mata kuliah tingkat lanjut yang berkaitan dengan teknik elektro. Materi kuliah Matematika Dasar mencakup lima topik besar, yaitu: 1) bilangan, (2) pengenalan aljabar, (3) fungsi, (4) kurva, (5) turunan, (6) integral, (7) persamaan diferensial, (8) matriks dan operasinya, (11) sistem persamaan linear, (12) keterkaitan antara determinan, invers, dan SPL, dan (13) vektor di R2, R3, dan Rn. Mahasiswa akan dibekali konsep-konsep matematika yang berkaitan dengan bidang keilmuan elektro serta kemampuan berpikir logis, analitis, dan sistematis.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
- M1: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai bilangan
- M2: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai pengenalan aljabar
- M3: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai fungsi
- M4: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai kurva
- M5: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai turunan
- M6: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai integral
- M7: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai matriks
- M8: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai sistem persamaan linear
- M9: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai keterkaitan antara determinan, invers, dan SPL
- M10: Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan mengenai vektor di R2, R3, dan Rn
PETUNJUK BELAJAR
Karena kondisi Covid-19 yang mengharuskan belajar daring secara penuh, maka selama 16 kali pertemuan (termasuk UTS dan UAS), proses belajar mengajar hanya akan menggunakan tiga metode interaksi pembelajaran, yaitu: (1) Tatap Maya, (2) Belajar Mandiri, dan (3) Kolaborasi. Tatap maya akan kita gunakan bila ada hal-hal penting yang akan kita diskusikan, sekaligus digunakan dosen untuk mengkonfirmasi kemajuan pembelajaran mahasiswa dan kesulitan yang dihadapi selama proses belajar mengajar. Mahasiswa juga akan belajar mandiri, mengakses materi (text/gambar/video) dan tautan materi yang kami sediakan dan mengerjakan tugas mandiri. Tugas mandiri yang harus dikerjakan adalah (1) menonton video, (2) memberikan tanggapan atau pertanyaan, (3) mencatat penjelasan yang ada di dalam video, dan (4) mengerjakan soal-soal yang diberikan.
ETIKET INTERAKSI DARING
SISTEM PENILAIAN
Untuk memperoleh ketuntasan belajar pada mata kuliah ini dan memperoleh penilaian, maka dibuat indikator penilaian sebagai berikut: Diskusi Forum (20%); Tugas Mandiri (20%); UTS (30 %); dan UAS (30 %).
REFERENSI
- Stroud, K. A., & Booth, D. J. (2013). Engineering mathematics. Macmillan International Higher Education
- Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications. 7th ed. New York: McGraw-Hill.
- H. Anton, C. Rorres. Elementary Linear Algebra – Application Version – 10th Edition, John Wiley, 2010.