Topic outline

  • KAJIAN MATEMATIKA SEKOLAH


    Dosen Pengampu

      Nama : MIKA AMBARAWATI
    Email: mikaambarawati@budiutomomalang.ac.id

    Mata Kuliah
      :  
    KAJIAN MATEMATIKA SEKOLAH
    Kode
      :  
    MAT047
    Program Studi
      :  
    S1 Pendidikan Matematika
    Perguruan Tinggi
      :  
    IKIP Budi Utomo
    sks                           :   3
    Semester                  :   3
    Fakultas                   :   Fakultas Ilmu Eksakta dan Keolahragaan
    Selamat Datang di Mata Kuliah Kajian Matematika Sekolah
    Bismillaahirrahmaanirrahiim, 
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan.
    Selamat Sejahtera bagi kita semua.
    Deskripsi Mata Kuliah

                 Mata kuliah ini membekali mahasiswa konsep-konsep materi matematika, analisis cara membelajarkan materi matematika, serta dapat mengkritisi isu-isu pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan pada bidang matematika.

    CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
    1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6)
    2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
    3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
    4. Menerapkan nilai-nilai kebudiutamaan dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari (S11)
    5. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
    6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, barmutu, dan terukur (KU2)
    7. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data (KU5)
    8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyeleseaian pekerjaan yang ditugaskan kepada yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU7)
    9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8)
    10. Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika, keilmuan matematika, kebudiutamaan, keilmuan dasar dan sosial untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Pendidik Matematika yang berbudiutama dan menguasai TPACK) (KKA1)
    11. Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika, keilmuan matematika, kebudiutamaan, keilmuan dasar dan sosial untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Pendidik Matematika yang berbudiutama dan menguasai TPACK) (KKA2)
    12. Mampu mengaplikasikan konsep teoritis dan metodologi penelitian Pendidikan matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan matematika (Asisten Peneliti Pendidikan Matematika) (KKB1)
    13. Menguasai konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika, keilmuan matematika, kebudiutamaan, keilmuan dasar dan sosial untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Pendidik Matematika yang berbudiutama dan menguasai TPACK) (PA1)
    14. Menguasai konsep teoritis dan prinsip didaktik-pedagogis matematika, keilmuan matematika, kebudiutamaan, keilmuan dasar dan sosial untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). (Pendidik Matematika yang berbudiutama dan menguasai TPACK) (PA2)
    15. Menguasai konsep teoritis dan metodologi penelitian Pendidikan matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternative penyelesaian masalah di bidang Pendidikan matematika (Asisten peneliti Pendidikan Matematika) (PB1)
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Menjelaskan konsep-konsep materi bilangan (S6, S8, S9, S11, KU1, KU7, KKA1, PA1, PB1)
      • Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah bilangan
    2. Menganalisis konsep-konsep materi bilangan (S6, S8, S9, S11, KU2, KU5, KU8, KKA2, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bilangan bulat
    3. Mengimplementasikan konsep materi bilangan (S6, S8, S9, S11, KU5, KKA2, KKB1, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bilangan pecahan
      • Mahasiswa mampu menganalisis konsep bilangan pecahan
      • Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep bilangan pecahan
    4. Menjelaskan konsep pengukuran (S6, S8, S9, S11, KU1, KU7, KKA1, PA1, PB1)
      • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengukuran
    5. Menganalisis konsep pengukuran (S6, S8, S9, S11, KU2, KU5, KU8, KKA2, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu menganalisis konsep pengukuran
    6. Mengimplementasikan konsep geometri (S6, S8, S9, S11, KU5, KKA2, KKB1, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep geometri
    7. Menjelaskan konsep-konsep analisis data (S6, S8, S9, S11, KU1, KU7, KKA1, PA1, PB1)
      • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep analisis data
    8. Mengimplementasikan konsep analisis data (S6, S8, S9, S11, KU5, KKA2, KKB1, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep analisis data
    9. Mengimplementasikan konsep peluang (S6, S8, S9, S11, KU5, KKA2, KKB1, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep peluang
    10. Mengimplementasikan konsep bilangan riil dan menerapkannya dalam pemecahan masalah (S6, S8, S9, S11, KU5, KKA2, KKB1, PA2, PB1)
      • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bilangan riil dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
    Bahan Kajian
    Konsep bilangan, konsep geometri, konsep pengukuran, konsep analisis data, dan konsep peluang.

    Skema Perkuliahan

    1. Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan
    2. Pertemuan 2 Sejarah dan Pengenalan Bilangan
    3. Pertemuan 3 Bilangan Bulat
    4. Pertemuan 4 Bilangan Bulat
    5. Pertemuan 5 Bilangan Pecahan
    6. Pertemuan 6 Bilangan Pecahan
    7. Pertemuan 7 Bilangan pecahan
    8. Pertemuan 8 UTS
    9. Pertemuan 9 Pengukuran
    10. Pertemuan 10 Pengukuran
    11. Pertemuan 11 Geometri
    12. Pertemuan 12 Analisis Data
    13. Pertemuan 13 Analisis Data
    14. Pertemuan 14 Peluang
    15. Pertemuan 15 Bilangan Riil
    16. Pertemuan 16 UAS

    Dosen Pengampu MK

    Ayo kita kenalan dengan dosen pengampu MK:

    1. Dyah Ayu S. C., M.Pd (Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo)
    2. Dr. Safio Sao, M.Pd (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores)
    3. Mika Ambarawati, M.Pd (Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo)

      Unduh RPS