Topic outline

  • Pendahuluan, Kehadiran dan RPS serta Kontrak Kuliah

    Sebelum masuk ke pertemuan, mohon untuk membaca pendahuluan berikut. Untuk mempermudah dalam komunikasi silakan gabung dalam grup WA PDK UM Metro dan UM Mataram melalui link https://chat.whatsapp.com/JKaVjMwNQIcLMlf4QRNT6O

  • Minggu ke-1. Pengantar Big Data (13 September 2023)

    Selamat datang di minggu pertama mata kuliah Big Data! Pada sesi ini, mari kita menjelajahi dunia Big Data dengan lebih mendalam. Ayo, mari kita mulai dengan memahami gambaran umum dan perkembangan Big Data. Kita akan merambah pemahaman awal tentang apa itu Big Data dan mengapa konsep ini begitu penting. Modul perkuliahan dan video interaktif yang menarik dapat Anda temukan di bawah ini. Yuk, kita mulai petualangan pengetahuan ini bersama-sama!

    Gambar Umum Big Data. Bab ini menjelaskan gambaran umum tentang data, informasi, pengetahuan (knowladge) serta pengambalin keputusan dalam teknologi big data

    Perkembangan Big Data. Bab ini menjelaskan beberapa konsep utama Big Data, mengapa analisis canggih diperlukan,  dan apa peran baru yang diperlukan untuk ekosistem Big Data. Berikut berbagai perkembangan data dan munculnya sumber data yang besar dari tahun ke tahun yang ditunjukan pada materi berikut ini


  • Minggu ke-2. Elemen dan Karakteristik Big Data (20 September 2023)

    Selamat datang di pertemuan daring minggu kedua mata kuliah Big Data. Pada sesi ini, kita akan menjelajahi elemen-elemen yang membentuk Big Data serta mengidentifikasi karakteristik yang menjadikan data sebagai bagian dari domain Big Data. Selamat bergabung dan selamat belajar!

  • Minggu ke-3. Ekosistem Big Data Analytics (27 September 2023)

    Selamat datang di pertemuan minggu ketiga mata kuliah Big Data. Pada sesi ini, kita akan menjelajahi ekosistem Big Data Analyticsmenjadikan big data begistu istimewa. Selamat bergabung dan selamat belajar!

  • Minggu ke-4. Analitik dan Lifecycle Teknologi Advance Big Data (04 Oktober 2023)

    Menjelajahi struktur konseptual yang mencakup lapisan-lapisan penting untuk menangani volume besar data akan membawa Anda ke dunia yang mendalam dan dinamis. Dengan memahami komponen-komponen seperti data source, data ingestion layer, hingga data storage layer, Anda akan dapat mengelola data dengan efisiensi dan efektivitas.

    Namun, tidak hanya tentang struktur. Proyek Analitik Big Data melibatkan peran-peran kunci yang vital. Bisnis user, project sponsor, data engineer, dan lainnya membentuk fondasi penting dari pengelolaan proyek, dari pemahaman kebutuhan bisnis hingga implementasi solusi analitik yang luar biasa.

    Tidak ketinggalan, Siklus Hidup Analitik membuka pintu menuju pemahaman mendalam tentang perjalanan data. Dengan melalui tahapan discovery, data preparation, hingga operationalize, Anda akan menjadi bagian dari tim analitik yang dapat memahami, membangun model relevan, dan mengintegrasikan solusi analitik ke dalam operasional bisnis.

  • Minggu ke-5. Struktur Query Language, SQL dan DD (11 Oktober 2023)

    Materi ini merupakan salah satu bagian dari arsitektur Big Data dalam mengumpulkan data terstruktur. lapisan ini merupakan tempat berlangsungnya pemrosesan secara analitik yang sedang dalam keadaaan aktif. Di sini, fokus utamanya adalah mengumpulkan data value dan menyesuaikan data mana saja digunakan dan tidak, sehingga pada akhirnya akan dapat  lebih bermanfaat dan mudah digunakan untuk lapisan berikutnya

  • Minggu ke-6. Crawling Data di Media Sosial dan Website (18 Oktober 2023))

    Apa itu Crawling Data?
    Crawling data adalah proses automatis untuk mengumpulkan dan mengindeks data dari berbagai sumber seperti situs web, database, atau dokumen. Proses ini menggunakan software atau aplikasi khusus yang disebut "crawler" untuk mengakses sumber data dan mengambil informasi yang dibutuhkan.

    Jadi di pertemuan kali ini kita akan membahasa mengenai cara crawl data pada twit di sosial media twitter.

  • Minggu ke-7. Korelasi, Pembersihan dan Normalisasi Data (25 Oktober 2023)

    Korelasi, pembersihan, dan normalisasi data adalah tahapan penting dalam analisis data yang diperlukan karena masing-masing memberikan manfaat khusus dalam memproses dan memahami data. Untuk itu pada pertemuan kali ini kita akan membahas secara ringkas mengenai penjelasan korelasi, pembersihan dan normmalisasi data pada sebuah big data

  • Minggu ke-8. UJIAN TENGAH SEMESTER (1 November 2023)

    • UJIAN TENGAH SEMESTER : ESAI Quiz
      Restricted Not available unless: The activity UJIAN TENGAH SEMESTER : PILIHAN GANDA is marked complete
  • Minggu ke-9. Visualisasi dan Interpretasi Distribusi Data (08 November 2023)

  • Minggu ke-10. Hubungan antar Variabel pada Korelasi (15 November 2023)

    Dalam big data, korelasi dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara berbagai faktor dalam jumlah data yang sangat besar. Ini dapat membantu organisasi mengambil keputusan yang lebih baik, mengidentifikasi tren, dan memahami bagaimana variabel-variabel tertentu memengaruhi satu sama lain.

  • Minggu ke-11. Interpretasi dan persamaan Regresi Linier (22 November 2023)

  • Minggu ke-14. Pengenalan dan Konfigurasi Hadoop (13 Desember 2023)

  • Minggu ke-15. Pengenalan dan Konfigurasi SPARK (20 Desember 2023)