MK. OPTIK (Program PDK)
1. SALAM PEMBUKA
Assalamualaikum wr. wb.
Apa kabar adik-adik mahasiswa(i), semoga kita semua tetap sehat walafiat, sehingga rencana pembelajaran kalian dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah kalian susun. Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA.
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"
Pada Topik 1 ini akan dilakukan pertemuan sebanyak 1 kali pertemuan yakni untuk menyelesaikan pokok bahasan sejarah perkembangan optik dan keterkaitan konsep optik dengan surah dalam Al Qur’an. Selamat Belajar.
2. IDENTITAS MATA KULIAH
- Nama mata kuliah : Optik
- Kode mata kuliah : CP684203276
- Beban SKS : 2 SKS
- Semester : VII
- Nama program studi : Pendidikan Fisika
- Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
3. DESKRIPSI MATA KULIAH
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar menganalisis konsep teoretis dan matematis dari materi optik geometri dan optik fisis, yang meliputi materi : sejarah perkembangan optik; optik geometri (cermin datar lengkung, jenis lensa, pembentukan bayangan pada lensa, aberasi, dan alat-alat optik); optik fisis (sifat cahaya, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi).
4. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
Sikap: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan:
- Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika
- Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika
- Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika
- Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika)
- Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah
5. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
- Menganalisis konsep teoretis dan matematis dari optik geometri
- Menganalisis konsep teoretis dan matematis dari optik fisis
6. BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR)
- Sejarah perkembangan optik
- Optik geometri
- Cermin datar dan lengkung
- Jenis-jenis lensa
- Pembentukan bayangan pada lensa
- Alat-alat optik
- Aberas
- Interferensi :
- Difraksi :
- Polarisasi
- Dispersi
7. SKEMA (RENCANA) PERKULIAHAN
Proses perkuliahan pada mata kuliah Optik dilakukan dengan konsep pembelajaran daring kolaboratif dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) secara kolaboratif antara mahasiswa Pendidikan fisika Unismuh Makassar dengan mahasiswa Pendidikan fisika Uhamka.
8. RENCANA ASESMEN (PENILAIAN)
Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas kolaboratif online. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA, sebagai berikut:
- Kuis (online);
- Forum diskusi (online)
- Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek (tatap muka)
- Aktivitas kehadiran (online dan tatap muka)
- Tes formatif
- Tes sumatif
9. INFORMASI DOSEN PENYUSUN
- Dr. Ma’ruf, S.Pd., M.Pd. |0929128102| +6285255185333, maruf@unismuh.ac.id
- Dewi Hikmah Marisda, S.Pd., M.Pd. |0914018701|+6285255510205, dewihikmah@unismuh.ac.id\
- Ana Dhiqfaini Sultan, S.Si., M.Pd. |0916028601| +6282293033339, anadhiqfaini@unismuh.ac.id
- Feli Cianda Adrin B, S.Pd., M.Sd
- Wahyu Dian L, S.Pd., M.Si
11. REFERENSI
- Frank L Pedrotti, Leno M Pedrotti, Leno S Pedrotti. Introduction to Optics, Third Edition.
- Tipler, P.A. 1991. Physics for Scientists and Engineers. Worth Publisher Inc.
- Taufik Rahman R. 2004. Common Textbook Gelombang dan Optik edisi Revisi. Bandung: IMSTEP JICA.
- Hecht E. 1987. Optics 2nd edition. Addition Wesley Publishing Company. Inc.
- Francis Jenkins, Harvey White, Fundamentals of optics, Fourth Edition (2001)
- Sharma K. K., Optics Principles and Applications (2006)
- Zahara Muslim. 1994. Gelombang dan Optik. Depdiknas. Dikti