Topic outline

  • WACANA

    Dosen Pengampu : Heti Triwahyuni, M.Pd.

    Mata Kuliah          : Wacana

    Kode                     : 1515E38

    Program Studi      : S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah

    Perguruan Tinggi : STKIP Muhammadiyah Kuningan


    Mata kuliah ini mencakup teori tentang wacana dan sistem wacana bahasa Indonesiadan bahasa daerah yang meliputi: hakikat wacana, referensi dan inferensi, kohesi dan koherensi, jenis-jenis wacana, konteks wacana, dan wacana bahasa Sunda. Untuk mengukur kompetensi dan pemahaman mahasiswa dilakukan evaluasi berupa mengerjakan

    latihan dan tes formatif yang berkenaan dengan materi BMP Wacana Bahasa Sunda.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Menguasai konsep, hakikat, struktur wacana ,klasifikasi wacana dan prinsip didaktik-pedagogis Bahasa dan Sastra Daerah serta keilmuan Bahasa dan Sastra Daerah (CPL 2)
    2. Menguasai konsep dan teori analisis wacana dalam dalam wacana tulis maupun lisan dengan mengumpulkan data dan menganalisis dengan tepat melalui kerja berkolaborasi (CPL1, CPL 4, CPL5)
    3. 3. Mengkaji, menganalisis dan mengkomunikasikan informasi melalui karya ilmiah dalam kerja berkolaborasi dan menulis hasil analisis yang diperolehnya dalam bentuk laporan yang sesuai dengan sistematika (CPL 1, CPL3, CPL4, CPL 5)
    4. Menghasilkan tulisan sesuai kaidah kebahasaan, kalimat yang efektif, tata cara penulisan, etika ilmiah dengan cara mengumpulkan data, menganalisis, merumuskan masalah, dan merencanakan serta menyajikan data dengan baik dalam kerja berkolaborasi (CPL1, CPL5)


    • Perangkat Pembelajaran

      Kelas ini menawarkan keterampilan membuat informasi produk yang lebih menarik secara visual, interaktif, kaya akan konten dan mudah diakses melalui smartphone dengan koneksi internet

    • Pertemuan 6 & 7

      Pendekatan dalam analisis wacana kritis (AWK) analisi genre (AG), analisis percakapan, analisis wacana multimodal, analisis wacana korpus, dan wacana kelas.


      simak, dan pelajari video berikut:

      https://youtu.be/iH_eEXnMprw?feature=shared

    • Pertemuan 9 & 10

      Analisis Wacana dalam bahasa Daerah dan bahasa Indonesia

    • Pertemuan 11-13

      Pada pertemuan ke 11 sampai dengan 13 kita akan membahas tentang ruang lingkup penelitian wacana dan aplikasi kajian wacana.

    • Pertemuan 14 & 15

      Kemampuan menulis hasil analisis jurnal dalam bentuk artikel ilmiah dengan template jurnal Ranah dan Jaladri.