Topic outline

  • Profil Materi

    course-banner

    Membuat Rencana Pembelajaran Daring Berbasis Outcome Based Education (OBE)

    Selamat Datang heartheart

    Selamat mempelajari materi ini dengan bahagia. 

    Pembelajaran daring bukan pembelajaran sementara pada saat pandemi COVID-19, PEMBELAJARAN DARING ADALAH MASA DEPAN. Kita sekarang ini sedang menyemai bibit, cikal bakal MOOCs kita di masa depan. Untuk memulai menyemai maka dibutuhkan pengetahuan mengenai perencanaan pembelajaran daring berbasis OBE. Mengapa OBE? Karena ini menjadi standar akreditasi baik Nasional maupun Internasional.

  • Perkenalan Fasilitator

    Sri Suning Kusumawardani

    Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, FT UGM

    https://www.youtube.com/channel/UCXEoTcGsFdhV-Mhi85vrm9g

    Instagram: kusumawardanis; Facebook: Suning Kusumawardani

    • Outcome-Based Education (OBE)

      Setelah mempelajari materi ini, peserta dapat:
      1. mengidentifikasikan rasional implementasi KKNI dan tantangan Pendidikan.
      2. membedakan antara output-based dengan outcome based dalam OBE.
      3. menggambarkan kerangka kerja OBE dan mekanismenya.
      4. mengidentifikasikan strategi constructive alignment antara CPMK, assessment, metode pembelajaran.
    • Membuat Rencana Pembelajaran Daring Berbasis OBE

      Setelah mengikuti materi ini, peserta dapat:
      1. membuat RPS OBE untuk pembelajaran daring.
      2. mengidentifikasikan metode penilaian yang sesuai.
    • Contoh Rencana Pembelajaran Daring Berbasis OBE

    • Tugas Pengumpulan Rencana Pembelajaran Daring Berbasis OBE