INFORMASI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah program keahlian yang berfokus pada pembelajaran dan implementasi bahasa isyarat baik secara teoritis dan praktis secara dasar yang diimplementasikan dalam kegiatan bersama sabahat tuli. Adanya mata kuliah ini, diharapkan agar mahasiswa sebagai calon guru bagi anak dengan hambatan pendengaran atau Disabilitas Rungu mampu berinteraksi, berkomunikasi, dan memahami budaya dan identitas anak dengan hambatan pendengaran atau Disabilitas Rungu dalam rangka menghargai hak menggunakan bahasa isyarat dan akomodasi pendidikan khusus hak bagi anak dengan hambatan pendengaran atau Disabilitas Rungu.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA ISYARAT
- Mampu Menguasai Konsep dan prinsip layanan kompensatoris anak disabilitas rungu berupa bahasa isyarat dan mempraktikkan bahasa isyarat dasar melalui pendekatan Small Group Discussion Discovery Learning dan Casebased learning berbasis SGDS dengan pemikiran yang kritis dan penuh tanggung jawab.
- Mampu menganalisis dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat dengan berbagai teknik komunikasi sesuai dengan budaya masyarakat disabilitas tuli/hambatan pendengaran yang berkembang dimasyarakat.
- Mampu menunjukkan sikap dan karakter dengan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukkan (sikap) melalui tugas observasi lapangan dan mengangkat isu mengenai SDGs (disabilitas) serta dapat memberikan gagasan/idea terkait dengan permasalahan dengan perfikir kritis.
Mahasiswa diwajibkan menggunakan Background pada saat melakukan perkuliahan secara daring (synchrounous) dan memberikan penamaan seperti ini: nama_NIM_Asal Universitas. Contoh Lemara Dewi_2311F10045_UNIPAR atau Dewi Lesmara_2211111_UPY