Topic outline

  • KAPITA SELEKTA MATEMATIKA TINGKAT DASAR

    Dosen Pengampu

      Nama : RIRIN WIDIYASARI
    Email: ririn.widiyasari@umj.ac.id

    Mata Kuliah   :   KAPITA SELEKTA MATEMATIKA TINGKAT DASAR
    Kode   :   WP08031203
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Matematika
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Muhammadiyah Jakarta

    Deskripsi Singkat Mata Kuliah:

    Mata kuliah ini memberikan penguatan substansi matematika baik di sekolah dasar dan menengah kepada mahasiswa. Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengembangkan, menguasai dan mengaplikasikan materi yang esensial di matematika. Materi secara berurutan mencakup beberapa pokok bahasan, yaitu sebelum ujian tengah semester adalah Segitiga, Segi Empat, Lingkaran, Garis Singgung Lingkaran, dan sesudah ujian tengah semester adalah Bangun Ruang (Sisi Datar dan Sisi Lengkung), Barisan dan Deret, Bilangan Bulat dan Aritmatika Sosial.

    Assalamualaikum Wr.. Wb...

    Selamat datang teman-teman mahasiswa pada halaman pembelajaran daring ini, semoga kita semua mendapatkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT sehingga perjuangan teman-teman dalam menuntut ilmu memperoleh manfaat bagi diri kita.. Semangat belajarnya ya teman-teman... 

    Pertama, teman-teman bisa buka rps dan kontrak kuliah yaa.. 

    Syarat absensi adalah mengikuti seluruh pembelajaran dari membaca flip book, mempelajari ppt, dan aktif melakukan diskusi serta mengumpulkan tugas tepat waktu ya..

     

      Unduh RPS
  • Pertemuan ke 1: Segitiga

    Perkuliahan Kamis 03 Oktober 2024 Pukul 16.00 - 17.40 
    Teman-teman mahasiswa baca terlebih dahulu Sub CPMK dan Indikatornya yaa... 
    Sub CPMK1: 
    Mahasiswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat, keliling dan luas serta permasalahan mengenai materi segitiga dan mengaplikasikan konsep matematika pada segitiga.
    Indikator:
    1. Ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mengembangkan  mengenai sifat-sifat dan unsur-unsur segitiga, jenis-jenis segitiga, melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, dan garis berat serta garis sumbu.
    2. Ketepatan mahasiswa dalam memahami keliling segitiga, luas segitiga, dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga.
    3. Ketepatan mahasiswa dalam menganalisis dan mengaplikasikan konsep matematika pada segitiga.
    Materi:

    Pengertian dan sifat-sifat segitiga.

    Luas dan Keliling segitiga.

    Permasalahan dan solusi menyelesaikan masalah segitiga.

    Aplikasi konsep matematika pada segitiga.

    Metode Pembelajaran:

    Case Method,

    Project Based Learning dan diskusi

    Kriteria Penilaian:

    Teknik Tes:

    -       Penugasan

    -       Latihan Soal 

    Bentuk non-test:

    -       Partisipasi dan kehadiran

    -       Keaktifan 

  • Pertemuan ke 2: Segiempat

    Assalamualaikum teman-teman mahasiswa jumpa kembali di materi segiempat, mari kita belajar bersama dan berdiskusi bersama ya.. Sebelumnya pelajari dulu Sub CPMK dan indikatornya yaa..

    Sub CPMK 2:

    Mahasiswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat, keliling dan luas serta permasalahan mengenai materi bangun datar segi empat.

    Indikator: 

    1. Ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi mengenai unsur-unsur bangun datar segiempat, sifat-sifat segiempat.

    2. Ketepatan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan mengenai keliling dan luas segiempat.

    Materi:

    Pengertian dan sifat-sifat bangun datar segiempat.

    Keliling dan luas bangun datar segiempat (persegi, persegi panjang, jajar genjang, layang-layang, belah ketupat, trapesium).

    Permasalahan dan solusi menyelesaikan masalah bangun datar segiempat.

    Metode Pembelajaran:

    Case Method,

    Project Based Learning dan diskusi

    Kriteria Penilaian:

    Teknik Tes:

    - Penugasan

    - Latihan Soal

     Bentuk non-test:

    - Partisipasi dan kehadiran

    - Keaktifan

  • Pertemuan ke 3: Segiempat (Bag.2)

    Assalamualaikum teman-teman mahasiswa jumpa kembali di materi segiempat, mari kita belajar bersama dan berdiskusi bersama ya.. Sebelumnya pelajari dulu Sub CPMK dan indikatornya yaa.. Kali ini segiempat bagian ke-2

    Sub CPMK 2:

    Mahasiswa mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep matematika pada materi segi empat.

    Indikator:

    Ketepatan mahasiswa dalam menganalisis dan mengaplikasikan konsep matematika pada materi segiempat.

    Materi:

    Aplikasi konsep matematika pada segiempat.

    Metode Pembelajaran:

    Case Method,

    Project Based Learning dan diskusi

    Kriteria Penilaian: 

    Teknik Tes:

    -       Penugasan

    -       Latihan Soal

    Bentuk non-test:

    -       Partisipasi dan kehadiran

    -       Keaktifan

  • Pertemuan ke 4: Lingkaran

    Assalamualaikum teman-teman mahasiswa jumpa kembali di materi lingkaran, mari kita belajar bersama dan berdiskusi bersama ya.. Sebelumnya pelajari dulu Sub CPMK dan indikatornya yaa..

    Sub CPMK 3:

    Mahasiswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran, memahami keliling dan luas lingkaran.

    Indikator:

    1. Ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi mengenai unsur-unsur lingkaran, busur, juring, tembereng, sudut-sudut pada bidang lingkaran.

    2. Ketepatan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan mengenai keliling dan luas  lingkaran.

    Materi:

    Pengertian dan unsur-unsur lingkaran, keliling dan luas lingkaran.

    Permasalahan dan penyelesaian permasalahan lingkaran.

    Metode Pembelajaran:

    Case Method,

    Project Based Learning dan diskusi

    Kriteria Penilaian:

    Teknik Tes:

    -       Penugasan

    -       Latihan Soal

    Bentuk non-test:

    -       Partisipasi dan kehadiran

    -       Keaktifan

  • Pertemuan ke 5: Lingkaran (Bag.2)

    Assalamualaikum teman-teman mahasiswa jumpa kembali di materi lingkaran, mari kita belajar bersama dan berdiskusi bersama ya.. Sebelumnya pelajari dulu Sub CPMK dan indikatornya yaa.. Kali ini lingkaran bagian ke-2

    Sub CPMK 3:

    Mahasiswa mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep matematika pada  lingkaran.

    Indikator:

    3. Ketepatan mahasiswa dalam menganalisis dan mengaplikasikan konsep matematika pada lingkaran.

    Materi:

    Aplikasi konsep matematika pada materi lingkaran.

    Metode Pembelajaran:

    Case Method,

    Project Based Learning dan diskusi

    Teknik Tes:

    -       Penugasan

    -       Latihan Soal

    Bentuk non-test:

    -       Partisipasi dan kehadiran

    -       Keaktifan

  • Pertemuan ke 6: Garis Singgung Lingkaran

    Sub CPMK4:

    Mahasiswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis singgung lingkaran, serta menyelesaikan permasalahan mengenai garis singgung lingkaran.

    Indikator:

    1. Ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi mengenai unsur-unsur garis singgung dua lingkaran, lingkaran luar dan lingkaran dalam.

    2. Ketepatan mahasiswa dalam menentukan solusi terhadap permasalahan mengenai garis singgung lingkaran.

    Materi:

    Pengertian dan unsur-unsur garis singgung lingkaran.

    Permasalahan dan penyelesaian masalah garis singgung lingkaran.

    Metode Pembelajaran:

    Case Method,

    Project Based Learning dan diskusi

    Teknik Tes:

    -       Penugasan

    -       Latihan Soal

    Bentuk non-test:

    -       Partisipasi dan kehadiran

    -       Keaktifan

  • Pertemuan ke 8: UTS

    UTS --> Via CBT

    Materi: 

    Segitiga

    Segiempat

    Lingkaran

    Garis Singgung Lingkaran