Materi dan Pembelajaran IPA
Dosen Pengampu
Nama : SITI SAHRONIH Email: sitisahronih.invada@gmail.com |
||
Mata Kuliah | : | Materi dan Pembelajaran IPA |
Kode | : | MKKSD1304 |
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Perguruan Tinggi | : | Institut Pendidikan dan Bahasa Invada |
Mata kuliah materi dan pembelajaran IPA SD merupakan mata kuliah keahlian bidang studi pada program S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib. Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 5 dengan bobot mata kuliah 3 SKS. Secara garis besar, mata kuliah ini membahas mengenai konsep pembelajaran IPA di SD, proses pembelajarannya, analisis kurikulum IPA SD dan mengimplementasikannya secara langsung. Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu merencanakan pembelajaran IPA serta dapat mengaplikasikan dalam pembelajarannya di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah scientific learning dengan model pembelajaran active learning seperti: ceramah, tanya jawab, diskusi, active debate, penugasan, kerja kelompok, dan unjuk kerja. Metode tersebut akan diterapkan secara bergantian dan bervariasi dalam setiap pertemuan sehingga dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Memahami, menyimpulkan dan menganalisis hakikat pembelajaran IPA dan teori belajar; Taksonomi Bloom, Taksonomi Anderson, Taksonomi Conny (S3), (S7), (P3), (P8), (KU1).
- Memahami, mendeskripsikan, dan menganalisis HOTS (High Order Thinking Skills) dan literasi IPA (S3), (S7).
- Memahami dan menganalisis buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran IPA SD, dan buku ajar IPA di Sekolah Dasar (S3), (S7), (S9), (P3).
- Memahami dan menganalisis teknik mind mapping, picture mapping, dan concept mapping (S3), (S7).
- Memahami dan menganalisis kajian Praktikum IPA di Sekolah Dasar (S3), (S7).
- Mendeskripsikan penggunaan media dan metode pembelajaran IPA SD (S3), (S7), (S9), (P4), (KK5), (KK9).
- Mendeskripsikan, mengimplementasikan, mengembangkan evaluasi/asesmen pembelajaran IPA dan Instrumen Evaluasi IPA (S1), (S3), (S7), (S9), (P5), (KK1), (KK2), (KK9).
- Memahami, menganalisis, dan membandingkan Lembar Kerja Siswa IPA SD pada kelas rendah dan kelas tinggi (S3), (S7), (P8), (KU1), (KK1), (KK9).
Daftar Pustaka
Utama:
- Clegg, B. (2007). Getting Science. London and New York, Routledge Taylor & Francis Group
- Darmodjo, H, Kaligis, J,R,E, (1993). Pendidikan IPA 2, Jakarta, Depdikbud dan Dikti
- Gega,P,C. (1994). Science in Elementary Education, SeventhEdition. New York, Macmillan Publishing Company.
- Holzman, L, (2009). Vygotsky at Work and Play. London and New York, Routledge Taylor & Francis Group
- Jurnal-jurnal Nasional dan Internasional terindex yang relevan.
- Buku Pelajaran IPA SD/MI kelas I-6.
- Darmodjo, H. (1991/1992). Pendidikan IPA I. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Conny Semiawan, dkk. (1987). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Pendukung:
- Dahar, RW. (1990). Pendidikan IPA-I, Buku II Modul 6-9. Depdikbud. Jakarta: Proyek Penataran Guru SD Setara DII.
- Heyworth,R.M. (2003). ExploreYour World With Science Discovery 1 dan 2. Singapore: Pearson Education Asia Pte Ltd.
Unduh RPS |
Halo Mahasiswa,
Ini adalah pengingat penting bagi kalian yang mengikuti perkuliahan Materi dan Pembelajaran IPA. Untuk memastikan kalian mendapatkan manfaat maksimal dari perkuliahan ini, saya ingin menekankan pentingnya keaktifan selama proses belajar mengajar.
Harap diingat:
- Aktif dalam diskusi dan kegiatan perkuliahan adalah kunci keberhasilan. Partisipasi kalian sangat diharapkan, baik dalam tanya jawab, diskusi kelompok, maupun saat presentasi.
- Jangan pasif! Berikan pendapat, ajukan pertanyaan, dan ikut serta dalam setiap kesempatan yang ada.
- Keaktifan kalian akan membantu menciptakan suasana kelas yang dinamis dan produktif, serta mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif.
Dengan bersikap aktif, kalian tidak hanya akan lebih memahami materi perkuliahan, tetapi juga akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan literasi yang lebih baik.
Tetap semangat dan terus berkontribusi dalam setiap pertemuan kelas!