Pengembangan Literasi di Sekolah
![](https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/749855/course/section/64873/Thumbnail%20SPADA.jpg)
![]() |
Nama : KHUSNUL FATONAH Email: khusnul.fatonah@esaunggul.ac.id ![]() |
|
Mata Kuliah | : | Pengembangan Literasi di Sekolah |
Kode | : | PSD324 |
Program Studi | : | S1 PGSD |
Perguruan Tinggi | : | Universitas Esa Unggul |
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan literasi di sekolah dasar secara efektif, inovatif, dan sesuai dengan etika akademik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teori dan praktik literasi, permasalahan literasi, serta strategi untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program literasi yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara mandiri maupun kolaboratif, menunjukkan sikap bertanggung jawab, dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru profesional.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru SD dalam melaksanakan pengembangan literasi di sekolah secara inovatif dan mandiri.
- Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
- Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu dalam kaitannya dengan pengembangan literasi di sekolah.
- Mampu menjelaskan konsep dasar literasi.
- Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi.
- Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan literasi di sekolah yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora.
- Mampu menganalisis permasalahan literasi di sekolah dasar.
- Mampu menjelaskan gerakan literasi sekolah (GLS).
- Mampu menganalisis strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
- Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas rendah.
- Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menerapkan pengembangan literasi di sekolah yang inovatif melalui perencanaan pembelajaran yang matang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
- Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
- Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
Daftar Pustaka
- Hasanah, Uswatun dan Mirdat Silitonga. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Saryono, Djoko Saryono dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Han, Weilin dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. . Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Fananta, Muhammad Randy dkk.,. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Fianto, Farinia dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Nasrullah, Rullie dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Hadiansyah, Firman dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Priyatni Tri & Nurhadi.(2017).Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Bandung: Tsmart.
- Ekowati, Dyah Worowirastri dan Beti Istanti Suwandayani. (2019). Literasi Numerasi untuk Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
- Palupi, Aprida Niken dkk. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
- Faizah, Dewi Utama dkk., (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Buku Sumber untuk Dosen LPTK. (2015). Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. www.prioritaspendidikan.org
- Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Lestari, D., & Fatonah, K. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Siniar Dongeng Paman Gery sebagai Media Pembelajaran Menyimak di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4249-4263. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7513
- Anggoro, Y. A., & Fatonah, K. (2021). Nilai Moral dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di Sekolah dasar. Eduscience. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 84-90. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/4140
- Fatonah, K., Mujazi, M., & Damayantie, I. (2023). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Digital untuk Memperkuat Literasi di SD Pusaka Rakyat 02. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(4), 167-181. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif/article/view/2382
- Lestari, S., Fatonah, K., & Saputra, D. S. (2023). Membangun Ekosistem Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa di SD Al Marhamah Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 2(1), 1-13. https://journal.utnd.ac.id/index.php/JPMTND/article/view/436
![]() |
Unduh RPS |