Topic outline

  • Pengembangan Literasi di Sekolah

    Dosen Pengampu
      Nama : KHUSNUL FATONAH
    Email: khusnul.fatonah@esaunggul.ac.id

    Mata Kuliah   :   Pengembangan Literasi di Sekolah
    Kode   :   PSD324
    Program Studi   :   S1 PGSD
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Esa Unggul

    Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan literasi di sekolah dasar secara efektif, inovatif, dan sesuai dengan etika akademik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teori dan praktik literasi, permasalahan literasi, serta strategi untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program literasi yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara mandiri maupun kolaboratif, menunjukkan sikap bertanggung jawab, dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru profesional.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru SD dalam melaksanakan pengembangan literasi di sekolah secara inovatif dan mandiri.
        • Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
    2. Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu dalam kaitannya dengan pengembangan literasi di sekolah.
        • Mampu menjelaskan konsep dasar literasi.
        • Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan literasi di sekolah yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora.
        • Mampu menganalisis permasalahan literasi di sekolah dasar.
        • Mampu menjelaskan gerakan literasi sekolah (GLS).
        • Mampu menganalisis strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
        • Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas rendah.
        • Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas tinggi.
    4. Mahasiswa mampu menerapkan pengembangan literasi di sekolah yang inovatif melalui perencanaan pembelajaran yang matang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
        • Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
        • Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.

    Daftar Pustaka

    1. Hasanah, Uswatun dan Mirdat Silitonga. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    2. Saryono, Djoko Saryono dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  
    3. Han, Weilin dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. . Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  
    4. Fananta, Muhammad Randy dkk.,. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    5. Fianto, Farinia dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  
    6. Nasrullah, Rullie dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    7. Hadiansyah, Firman dkk., (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    8. Priyatni Tri & Nurhadi.(2017).Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Bandung: Tsmart.
    9. Ekowati, Dyah Worowirastri dan Beti Istanti Suwandayani. (2019). Literasi Numerasi untuk Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
    10. Palupi, Aprida Niken dkk. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
    11. Faizah, Dewi Utama dkk., (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    12. Buku Sumber untuk Dosen LPTK. (2015). Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. www.prioritaspendidikan.org
    13. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    14. Lestari, D., & Fatonah, K. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Siniar Dongeng Paman Gery sebagai Media Pembelajaran Menyimak di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar8(1), 4249-4263. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7513
    15. Anggoro, Y. A., & Fatonah, K. (2021). Nilai Moral dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di Sekolah dasar. Eduscience. Jurnal Ilmu Pendidikan6(2), 84-90. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/4140
    16. Fatonah, K., Mujazi, M., & Damayantie, I. (2023). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Digital untuk Memperkuat Literasi di SD Pusaka Rakyat 02. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara3(4), 167-181. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif/article/view/2382
    17. Lestari, S., Fatonah, K., & Saputra, D. S. (2023). Membangun Ekosistem Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa di SD Al Marhamah Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien2(1), 1-13. https://journal.utnd.ac.id/index.php/JPMTND/article/view/436

      Unduh RPS
  • Pertemuan ke 1: Konsep Dasar Literasi

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Zoom di bawah ini, anda harus login terlebih dulu
    Zoom Logo Images – Browse 50,404 Stock Photos, Vectors, and Video | Adobe  Stock

    Topic: MK Pengem. Literasi di Sekolah Sesi 1 Zoom Meeting

    Time: Sep 16, 2024 08:00 AM Jakarta

    Join Zoom Meeting
    https://uny-ac-id.zoom.us/j/91215965508?pwd=Euimik6aycL866PXkO5hPX31xRSEbg.1

    Meeting ID: 912 1596 5508
    Passcode: 541356


    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 1 ini adalah Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar literasi.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian literasi, Tujuan dan manfaat literasi, Peran literasi dalam pendidikan [1, 8, 12].
  • Pertemuan ke 2: Jenis-Jenis Literasi

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 2 ini adalah Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi (CPL2, P3, CPMK2)
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Literasi baca-tulis, Literasi numerasi, Literasi sains [2, 3, 4, 9]
    • Pertemuan ke 3

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Literasi finansial, Literasi digital, Literasi budaya dan kewargaan [5, 6, 7]
    • Pertemuan ke 4

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 4 ini adalah Sub-CPMK 3: Mampu menganalisis permasalahan literasi di sekolah dasar.
      Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan literasi yang dihadapi di sekolah dasar. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai bahan ajar yang telah disediakan baik itu modul, video pembelajaran dan animasi, PPT, dan infografis, untuk memperdalam pemahaman tentang permasalahan literasi di sekolah baik itu literasi baca, menghitung, digital, sains, financial, dsb, serta strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
      Pentingnya Pengembangan Literasi di Pendidikan Anak Usia Dini, Asah 4  Kemampuan Berikut Ini!
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Permasalahan literasi di sekolah dasar [1, 8, 10, 12, 16, 17]
    • Pertemuan ke 5

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan gerakan literasi sekolah (GLS).
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian GLS, Tujuan GLS, Sasaran GLS, Prinsip-prinsip GLS, Strategi GLS [1, 10, 11, 12, 13]
      • Pertemuan ke 6

        Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Sub-CPMK 5: Mampu menganalisis strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
        Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar [12, 16, 17]
        • Pertemuan ke 7

          Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
          Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



          Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Sub-CPMK 6: Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas rendah.
          Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Karakteristik teks bacaan di kelas rendah, Kriteria pemilihan buku bacaan anak di kelas rendah, Karakteristik tahapan membaca di kelas rendah, Contoh teks/ bahan bacaan anak di kelas rendah [11, 12]
          • Pertemuan ke 8


            Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Tengah Semester (UTS)
            • Pertemuan ke 9

              Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Sub-CPMK 7: Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas tinggi.
              Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Karakteristik teks bacaan di kelas tinggi, Kriteria pemilihan buku bacaan anak di kelas tinggi, Karakteristik tahapan membaca di kelas tinggi, Contoh teks/ bahan bacaan anak di kelas tinggi [11, 12]
              • Pertemuan ke 10

                Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Sub-CPMK 8: Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
                Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Rancangan program pengembangan kegiatan literasi di sekolah dasar [11, 12]
                • Pertemuan ke 11

                  Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
                  Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



                  Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Sub-CPMK 8: Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
                  Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengembangan kegiatan literasi di sekolah dasar [11, 12]
                  • Pertemuan ke 12

                    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Sub-CPMK 9: Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
                    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian media literasi, Jenis-jenis media literasi di sekolah dasar [12, 14, 15]
                    • Pertemuan ke 13

                      Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
                      Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



                      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Sub-CPMK 9: Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
                      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengembangan media literasi di sekolah dasar [12, 14, 15]
                      • Pertemuan ke 14

                        Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Sub-CPMK 10: Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
                        Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian evaluasi pembelajaran literasi, Pengembangan evaluasi pembelajaran literasi [1, 8, 12]
                        • Pertemuan ke 15

                          Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah Sub-CPMK 10: Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
                          Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Evaluasi program/ kegiatan literasi di sekolah dasar, Evaluasi media literasi di sekolah dasar [1, 8, 12]
                          • Pertemuan ke 16


                            Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Akhir Semester (UAS)