Pengembangan Literasi di Sekolah
Nama : KHUSNUL FATONAH
Email: khusnul.fatonah@esaunggul.ac.id
Mata Kuliah | : | Pengembangan Literasi di Sekolah |
Kode | : | PSD324 |
Program Studi | : | S1 PGSD |
Perguruan Tinggi | : | Universitas Esa Unggul |
VIDEO PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat datang di perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Literasi di Sekolah. Perkenalkan, saya Khusnul Fatonah, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah yang akan mendampingi para mahasiswa untuk mengeksplorasi materi ini. Saya mengajar di Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Esa Unggul.
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan literasi di sekolah dasar secara efektif, inovatif, dan sesuai dengan etika akademik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teori dan praktik literasi, permasalahan literasi, serta strategi untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program literasi yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara mandiri ataupun kolaboratif, menunjukkan sikap bertanggung jawab, dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru profesional.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru SD dalam melaksanakan pengembangan literasi di sekolah secara inovatif dan mandiri.
- Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
- Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu dalam kaitannya dengan pengembangan literasi di sekolah.
- Mampu menjelaskan konsep dasar literasi.
- Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi.
- Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan literasi di sekolah yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora.
- Mampu menganalisis permasalahan literasi di sekolah dasar.
- Mampu menjelaskan gerakan literasi sekolah (GLS).
- Mampu menganalisis strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
- Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas rendah.
- Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menerapkan pengembangan literasi di sekolah yang inovatif melalui perencanaan pembelajaran yang matang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
- Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
- Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
Unduh RPS |
Semua konten dalam perkuliahan ini disampaikan secara digital sehingga mahasiswa membutuhkan kuota internet yang cukup atau akses Wi-Fi yang stabil untuk mengakses materi secara lancar.
Untuk memahami materi dengan baik, mahasiswa harus mempelajari setiap konten yang disediakan. Keterlibatan aktif sangat diperlukan terutama dalam tugas-tugas berikut.
-
Diskusi atau Forum (10%):
Diskusi atau forum disediakan pada setiap sesi perkuliahan. Mahasiswa diwajibkan berpartisipasi aktif dalam diskusi atau forum online yang terkait dengan topik perkuliahan. Setiap mahasiswa harus memberikan opini, tanggapan, atau pertanyaan terkait materi yang dipelajari. -
Kuis (5%):
Setiap akhir sesi perkuliahan, mahasiswa diwajibkan mengisi kuis untuk mengukur pemahaman terkait materi yang dijelaskan. Kuis ini juga merupakan bentuk evaluasi mandiri agar mahasiswa mengetahui sejauh mana penguasaannya terhadap materi. -
Project-Based Learning (PjBL) (25%):
Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penugasan atau proyek berbasis literasi yang diberikan pada pertemuan ke-11 dan 13. Pada pertemuan ke-11, mahasiswa diberikan tugas secara berkelompok untuk membuat program atau kegiatan literasi di sekolah dasar. Penilaian tugas ini dilihat berdasarkan hasil portofolio yang diunggah mahasiswa sesuai dengan kriteria penilaian yang ditentukan. Tugas kedua, yakni pada pertemuan ke-13, mahasiswa secara berkelompok harus membuat dan mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar. Penilaian tugas ini dilihat berdasarkan hasil portofolio dan video presentasi mahasiswa terkait media pembelajaran literasi yang dibuat. -
Ujian Tengah Semester (UTS) (30%):
UTS akan menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah dibahas pada separuh awal perkuliahan, yakni pada pertemuan 1--7. Ujian ini menuntut kemampuan analitis dan pemahaman terkait pembelajaran literasi di sekolah dasar. -
Ujian Akhir Semester (UAS) (30%):
UAS merupakan evaluasi komprehensif atas seluruh materi perkuliahan. Mahasiswa akan diuji untuk melihat sejauh mana mereka memahami, mengaplikasikan, dan mengembangkan pembelajaran literasi di sekolah dasar.
Dosen pengampu juga menyediakan fasilitas tatap maya dengan menggunakan Zoom yang dilakukan pada pertemuan ke-1, 7, 11, dan 13. Zoom pada pertemuan ke-1 bertujuan untuk menjelaskan gambaran umum perkuliahan beserta hal-hal yang harus mahasiswa lakukan. Zoom pada pertemuan ke-7 bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa dalam bentuk diskusi sebelum melaksanakan UTS. Sementara itu, Zoom pada pertemuan ke-11 dan 13 bertujuan untuk mengevaluasi tugas atau proyek yang dilakukan mahasiswa.
Keterlibatan aktif dan interaksi dalam setiap tugas sangat ditekankan. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mengumpulkan tugas tepat waktu, tetapi juga berpartisipasi secara kolaboratif dan kreatif. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam dan kemampuan praktis untuk mengembangkan literasi di lingkungan sekolah.
Mari kita berdiskusi dan belajar bersama untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa di masa depan.
Halo Mahasiswa,
Ini adalah pengingat penting bagi kalian yang mengikuti perkuliahan Pengembangan Literasi di Sekolah. Untuk memastikan kalian mendapatkan manfaat maksimal dari perkuliahan ini, kami ingin menekankan pentingnya keaktifan selama proses belajar mengajar.
Harap diingat:
- Aktif dalam diskusi dan kegiatan perkuliahan adalah kunci keberhasilan. Partisipasi kalian sangat diharapkan, baik dalam tanya jawab, diskusi kelompok, maupun saat presentasi.
- Jangan pasif! Berikan pendapat, ajukan pertanyaan, dan ikut serta dalam setiap kesempatan yang ada.
- Keaktifan kalian akan membantu menciptakan suasana kelas yang dinamis dan produktif, serta mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif.
Dengan bersikap aktif, kalian tidak hanya akan lebih memahami materi perkuliahan, tetapi juga akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan literasi yang lebih baik.
Tetap semangat dan terus berkontribusi dalam setiap pertemuan kelas!
Selamat datang di forum perkenalan mahasiswa! Di sini, kita akan saling mengenal lebih dekat untuk membangun komunitas yang solid dan saling mendukung sepanjang perkuliahan. Kami mengundang setiap mahasiswa untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, asal, program studi, dan hal-hal menarik lainnya seperti hobi atau harapan selama mengikuti perkuliahan. Mari manfaatkan forum ini untuk saling mengenal dan menjalin relasi yang baik.
Semangat