Ringkasan topik

  • Pengembangan Literasi di Sekolah

    Dosen Pengampu

    Nama : KHUSNUL FATONAH
    Email: khusnul.fatonah@esaunggul.ac.id


    Mata Kuliah   :   Pengembangan Literasi di Sekolah
    Kode   :   PSD324
    Program Studi   :   S1 PGSD
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Esa Unggul

    VIDEO PENGANTAR PERKULIAHAN

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Selamat datang di perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Literasi di Sekolah. Perkenalkan, saya Khusnul Fatonah, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah yang akan mendampingi para mahasiswa untuk mengeksplorasi materi ini. Saya mengajar di Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Esa Unggul. 

    Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan literasi di sekolah dasar secara efektif, inovatif, dan sesuai dengan etika akademik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teori dan praktik literasi, permasalahan literasi, serta strategi untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program literasi yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara mandiri ataupun kolaboratif, menunjukkan sikap bertanggung jawab, dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru profesional.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru SD dalam melaksanakan pengembangan literasi di sekolah secara inovatif dan mandiri.
        • Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
    2. Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu dalam kaitannya dengan pengembangan literasi di sekolah.
        • Mampu menjelaskan konsep dasar literasi.
        • Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan literasi di sekolah yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora.
        • Mampu menganalisis permasalahan literasi di sekolah dasar.
        • Mampu menjelaskan gerakan literasi sekolah (GLS).
        • Mampu menganalisis strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
        • Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas rendah.
        • Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas tinggi.
    4. Mahasiswa mampu menerapkan pengembangan literasi di sekolah yang inovatif melalui perencanaan pembelajaran yang matang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
        • Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
        • Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
        Unduh RPS

      Semua konten dalam perkuliahan ini disampaikan secara digital sehingga mahasiswa membutuhkan kuota internet yang cukup atau akses Wi-Fi yang stabil untuk mengakses materi secara lancar.

      Untuk memahami materi dengan baik, mahasiswa harus mempelajari setiap konten yang disediakan. Keterlibatan aktif sangat diperlukan terutama dalam tugas-tugas berikut.

      1. Diskusi atau Forum (10%):
        Diskusi atau forum disediakan pada setiap sesi perkuliahan. Mahasiswa diwajibkan berpartisipasi aktif dalam diskusi atau forum online yang terkait dengan topik perkuliahan. Setiap mahasiswa harus memberikan opini, tanggapan, atau pertanyaan terkait materi yang dipelajari.

      2. Kuis (5%):
        Setiap akhir sesi perkuliahan, mahasiswa diwajibkan mengisi kuis untuk mengukur pemahaman terkait materi yang dijelaskan. Kuis ini juga merupakan bentuk evaluasi mandiri agar mahasiswa mengetahui sejauh mana penguasaannya terhadap materi. 

      3. Project-Based Learning (PjBL) (25%):
        Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penugasan atau proyek berbasis literasi yang diberikan pada pertemuan ke-11 dan 13. Pada pertemuan ke-11, mahasiswa diberikan tugas secara berkelompok untuk membuat program atau kegiatan literasi di sekolah dasar. Penilaian tugas ini dilihat berdasarkan hasil portofolio yang diunggah mahasiswa sesuai dengan kriteria penilaian yang ditentukan. Tugas kedua, yakni pada pertemuan ke-13, mahasiswa secara berkelompok harus membuat dan mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar. Penilaian tugas ini dilihat berdasarkan hasil portofolio dan video presentasi mahasiswa terkait media pembelajaran literasi yang dibuat. 

      4. Ujian Tengah Semester (UTS) (30%):
        UTS akan menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah dibahas pada separuh awal perkuliahan, yakni pada pertemuan 1--7. Ujian ini menuntut kemampuan analitis dan pemahaman terkait pembelajaran literasi di sekolah dasar. 

      5. Ujian Akhir Semester (UAS) (30%):
        UAS merupakan evaluasi komprehensif atas seluruh materi perkuliahan. Mahasiswa akan diuji untuk melihat sejauh mana mereka memahami, mengaplikasikan, dan mengembangkan pembelajaran literasi di sekolah dasar.                                                                                                           

      Dosen pengampu juga menyediakan fasilitas tatap maya dengan menggunakan Zoom yang dilakukan pada pertemuan ke-1, 7, 11, dan 13. Zoom pada pertemuan ke-1 bertujuan untuk menjelaskan gambaran umum perkuliahan beserta hal-hal yang harus mahasiswa lakukan. Zoom pada pertemuan ke-7 bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa dalam bentuk diskusi sebelum melaksanakan UTS. Sementara itu, Zoom pada pertemuan ke-11 dan 13 bertujuan untuk mengevaluasi tugas atau proyek yang dilakukan mahasiswa.

      Keterlibatan aktif dan interaksi dalam setiap tugas sangat ditekankan. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mengumpulkan tugas tepat waktu, tetapi juga berpartisipasi secara kolaboratif dan kreatif. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam dan kemampuan praktis untuk mengembangkan literasi di lingkungan sekolah.

      Mari kita berdiskusi dan belajar bersama untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa di masa depan.

    1. Pertemuan ke 1

      VIDEO SAPAAN 

      Silakan tonton video sapaan yang menjelaskan konsep dasar literasi secara singkat. Pastikan Anda menyimak dengan baik dan mencatat poin-poin penting untuk dibahas dalam sesi ke-1.

      Perkuliahan sesi ke-1 dilakukan secara sinkronus dan asinkronus. Perkuliahan sinkronus dilaksanakan pada tanggal 17 September 2024, pukul 10.00 WIB dengan link Zoom berikut. 

      Zoom Logo Images – Browse 50,404 Stock Photos, Vectors, and Video | Adobe  Stock

      Topic: MK Pengem. Literasi di Sekolah Sesi 1 Zoom Meeting

      Time: Sep 17, 2024 10:00 AM Jakarta

      Join Zoom Meeting
      https://us04web.zoom.us/j/71514721461?pwd=jDOGEe6aygxlx6jfWaBLQSSpcQaseo.1

      Dokumentasi 


      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 1 ini adalah Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar literasi.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari, yaitu Pengertian literasi, Tujuan dan manfaat literasi, Peran literasi dalam pendidikan [1, 8, 12].
    2. Pertemuan ke-2

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan pada sesi 2 yang membahas jenis-jenis literasi, yaitu literasi membaca, numerasi, dan literasi sains. Pastikan Anda menyimak dengan baik, karena pemahaman dari video ini akan membantu Anda mengikuti kegiatan perkuliahan pada sesi 2 dengan lebih lancar dan efektif.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke-2 ini adalah Sub-CPMK 2 dan 3: Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi (CPL2, P3, CPMK2)
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Literasi baca-tulis, Literasi numerasi, dan Literasi sains [2, 5, 6, 7, ].
    3. Pertemuan ke 3

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan pada sesi 3 yang membahas berbagai jenis literasi, yaitu Literasi Finansial, Literasi Digital, serta Literasi Budaya dan Kewargaan. Dengan menyimak video ini, Anda akan lebih memahami fokus dan arah kegiatan perkuliahan pada sesi 2. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting untuk dibahas dalam diskusi atau tugas selanjutnya.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke-3 ini adalah Sub-CPMK 2 dan 3: Mampu menjelaskan jenis-jenis literasi (CPL2, P3, CPMK2)
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Literasi finansial, Literasi digital, Literasi budaya dan kewargaan [5, 6, 7, 2, 3, 4, 9].
    4. Pertemuan ke 4

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan pada Sesi 4 yang membahas permasalahan literasi di sekolah dasar. Dengan menonton video ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang jelas tentang kegiatan dan materi perkuliahan pada sesi 4. Pastikan Anda menyimak dengan baik agar dapat mengikuti pembelajaran dengan optimal.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 4 ini adalah Sub-CPMK 3: Mampu menganalisis permasalahan literasi di sekolah dasar.
      Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan literasi yang dihadapi di sekolah dasar. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai bahan ajar yang telah disediakan baik itu modul, video pembelajaran dan animasi, PPT, dan infografis, untuk memperdalam pemahaman tentang permasalahan literasi di sekolah baik itu literasi baca, menghitung, digital, sains, financial, dsb, serta strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
      Pentingnya Pengembangan Literasi di Pendidikan Anak Usia Dini, Asah 4  Kemampuan Berikut Ini!
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Permasalahan literasi di sekolah dasar [1, 8, 10, 12, 16, 17]
    5. Pertemuan ke 5

      VIDEO SAPAAN 

      Silakan tonton video sapaan pada sesi 5 mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Dengan menonton video ini, Anda akan memahami alur dan kegiatan perkuliahan pada sesi 5 secara lebih jelas. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting untuk didiskusikan dan dipraktikkan selama perkuliahan.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan gerakan literasi sekolah (GLS).


      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian GLS, Tujuan GLS, Sasaran GLS, Prinsip-prinsip GLS, Strategi GLS [1, 10, 11, 12, 13]
    6. Pertemuan ke 6

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan pada Sesi 6 tentang strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar. Dengan menonton video ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai kegiatan dan materi perkuliahan pada sesi ini. Pastikan Anda menyimak dengan baik agar siap mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Sub-CPMK 5: Mampu menganalisis strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Strategi pembelajaran literasi di sekolah dasar [12, 16, 17]
    7. Pertemuan ke 7

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan pada sesi 7 yang membahas analisis karakteristik bahan bacaan literasi di kelas rendah. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting dan mempersiapkan pertanyaan atau tanggapan untuk dibahas dalam sesi diskusi berikutnya.

      Perkuliahan Sesi ke-7 akan dilakukan secara sinkronus dan asinkronus. Perkuliahan sinkronus dilakukan melalui Google Meet pada Selasa, 29 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB dengan link berikut.
      https://meet.google.com/dsd-iddn-hym

      Dokumentasi


      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Sub-CPMK 6: Mampu menganalisis karakteristik bahan bacaan literasi di kelas rendah.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Karakteristik teks bacaan di kelas rendah, Kriteria pemilihan buku bacaan anak di kelas rendah, Karakteristik tahapan membaca di kelas rendah, Contoh teks/ bahan bacaan anak di kelas rendah [11, 12]
    8. Pertemuan ke 8


      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Tengah Semester (UTS)
    9. Pertemuan ke 9

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan pada sesi 9 yang membahas analisis karakteristik bahan bacaan literasi di kelas tinggi. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting dan mempersiapkan pertanyaan atau tanggapan untuk dibahas dalam sesi diskusi berikutnya.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Sub-CPMK 7: Mampu menganalisis bahan bacaan literasi di kelas tinggi.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Karakteristik teks bacaan di kelas tinggi, Kriteria pemilihan buku bacaan anak di kelas tinggi, Karakteristik tahapan membaca di kelas tinggi, Contoh teks/ bahan bacaan anak di kelas tinggi [11, 12]
    10. Pertemuan ke 10

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan dan pembelajaran pada Sesi 10 tentang Merancang Program Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar. Perhatikan dengan cermat bagaimana aspek inovasi dan kemandirian diterapkan dalam program tersebut. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting sebagai bahan diskusi dan refleksi pada pertemuan selanjutnya.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Sub-CPMK 8: Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Rancangan program pengembangan kegiatan literasi di sekolah dasar [11, 12]
    11. Pertemuan ke 11

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan dan pembelajaran pada Sesi 11 tentang Merancang Program Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar. Perhatikan dengan cermat bagaimana aspek inovasi dan kemandirian diterapkan dalam program tersebut. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting sebagai bahan diskusi dan refleksi pada pertemuan selanjutnya.


      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Sub-CPMK 8: Mampu merancang program pengembangan literasi di sekolah dasar dengan mempertimbangkan aspek inovasi dan kemandirian.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengembangan kegiatan literasi di sekolah dasar [11, 12]
    12. Pertemuan ke 12

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan dan pembelajaran pada sesi 12 yang membahas Pengembangan Media Literasi di Sekolah Dasar. Pastikan Anda mencatat poin-poin penting dan mempersiapkan pertanyaan atau tanggapan untuk dibahas dalam diskusi berikutnya.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Sub-CPMK 9: Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian media literasi, Jenis-jenis media literasi di sekolah dasar [12, 14, 15]
    13. Pertemuan ke 13

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan dan pembelajaran pada Sesi 13 yang membahas tentang pengembangan media pembelajaran literasi di sekolah dasar. Pastikan Anda menyimak dengan baik dan mencatat poin-poin penting untuk digunakan dalam diskusi dan tugas terkait pada sesi berikutnya.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Sub-CPMK 9: Mampu mengembangkan media pembelajaran literasi di sekolah dasar.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengembangan media literasi di sekolah dasar [12, 14, 15]
    14. Pertemuan ke 14

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan dan pembelajaran pada sesi 14 yang membahas tentang Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Pastikan Anda menyimak dengan baik dan mencatat poin-poin penting sebagai bekal untuk diskusi.

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Sub-CPMK 10: Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pengertian evaluasi pembelajaran literasi, Pengembangan evaluasi pembelajaran literasi [1, 8, 12]
    15. Pertemuan ke 15

      VIDEO SAPAAN

      Silakan tonton video sapaan dan pembelajaran pada sesi 15 yang membahas tentang Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Pastikan Anda menyimak dengan baik dan mencatat poin-poin penting sebagai bekal untuk diskusi

      Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah Sub-CPMK 10: Mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran literasi di sekolah dasar.
      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Evaluasi program/ kegiatan literasi di sekolah dasar, Evaluasi media literasi di sekolah dasar [1, 8, 12].

    16. Pertemuan ke 16


      Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Ujian Akhir Semester (UAS)