KECERDASAN ARTIFISIAL
Assalamualaikum Wr, Wb.
Selamat datang di kuliah daring SPADA untuk matakuliah KECERDASAN ARTIFISIAL yang merupakan matakuliah kolaborasi antara Prodi Informatika Universitas AKPRIND Indonesia dan Prodi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa. Dalam satu semester kedepan, teman-teman akan mempelajari materi- materi terkait dengan Kecerdasan Artifisial, dimana matakuliah ini merupakan matakuliah wajib yang diajarkan pada semester 5 (Universitas AKPRIND Indonesia) dan semester 3 (Universitas Teknologi Sumbawa) dengan bobot 3 SKS . Selamat mengikuti kuliah ini, semoga matakuliah ini dapat di ikuti dengan baik.
Wassalamualaikum, Wr, Wb.
Salam,
Tim Pengampu Matakuliah
IDENTITAS MATAKULIAH
DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah ini memberikan dasar kepada mahasiswa tentang kecerdasan artifisial yang berfokus pada beberapa bidang ilmu yang terkait kecerdasan artifisial. Matakuliah ini juga akan meninjau dan mempersentasikan permasalahan yang dapat diselesaikan dengan metode/teknik yang ada dalam fokus bidang ilmu kecerdasan artifisial. Selain itu, memberikan dasar kepada mahasiswa tentang penerapan kecerdasan artifisial diberbagai disiplin ilmu. Adapun Materi-materi yang akan dipelajari pada Matakuliah Kecerdasan Artifisial yaitu:
- Latar Belakang dan Teknik Dasar Kecerdasan Artificial
- Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
- Algoritma Pencarian
- Repersentasi Pengetahuan
- Algoritma Kecerdasan Artificial
- K-Nearest Neighbor (KNN)
- Bayesian Learning
- Jaringan Syaraf Tiruan (JST)
- Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
- Sistem Pakar
- Data Mining
- Kecerdasan Game
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian pembelajaran Lulusan (CPL)
- CPL-1 (K5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- CPL-2 (P1) Menguasai prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan logika.
- CPL-3 (P8) Mampu menerapkan konsep dan mengembangkan sistem cerdas dengan memilih pendekatan, tools dan algoritma yang sesuai.
- CPL-4 (KK7) Mampu membangun sistem cerdas menggunakan bahasa pemrograman/tools yang sesuai.
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)
- CPMK-1: Mampu mengaplikasikan (C3) dengan tepat, keputusan penyelesaian masalah pada bidang kecerdasan artifisial (CPL-1)
- CPMK-2: Mampu menganalisis (C4) prinsip pemodelan matematika dalam pemecahan masalah pada bidang kecerdasan artifisial (CPL-2)
- CPMK-3: Mampu menirukan (P1) konsep pengembangan kecerdasan artifisial dengan memilih metode dan tools yang sesuai (CPL-3)
- CPMK-4: Mampu memanipulasi (P2) metode kecerdasan artifisial menggunakan tools yang sesuai (CPL-4)
PETA PEMBELAJARAN
Peta pembelajaran untuk matakuliah Kecerdasan Artifisial dapat dilihat dalam mind mapping berikut:
STRUKTUR PELAKSANAAN
Diharapkan mahasiswa yang mengambil matakuliah KECERDASAN ARTIFISIAL, dapat menyelesaikan perkuliahan ini dalam waktu 1 semester. Dimana struktur pelaksanaan perkuliahan sebagai berikut:
- Mahasiswa wajib membaca setiap materi dan konten yang di berikan pada setiap pokok bahasan yang tersedia. Hal dapat dilakukan dengan partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan diskusi dan pengerjaan kuis atau tugas yang di sediakan.
- Komunikasi chatting yang berkaitan dengan matakuliah Kecerdasan Artifisial, dapat dilakukan melalui group WhatsApp.
- Forum diskusi kelas dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang tersedia, seperti Zoom, Google Meet, Google Duo, dll.
- Mahasiswa akan diberikan Tugas, pada masing-masing pokok bahasan yang telah dibahas.
- Mahasiswa wajib mengikuti UTS & UAS serta tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
- Semua kegiatan perkuliahan yang dilakukan akan terdokumentasi dalam LMS.
MODEL ASSESMEN
Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti:
- Keaktifan dalam mengikuti forum diskusi;
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai;
- Kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen;
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan;
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan
- Hasil ujian tengah semster/quis maupun ujian akhir semester.
BUTIR PENILAIAN:
- Tugas Mandiri
- Tugas Kelompok
- Quis
- Partisipasi dan Kehadiran Kuliah/Praktik
- Ujian Mid Semester
- Ujian Akhir Semester
PENILAIAN ASSESMEN
- Keaktifan dalam mengikuti forum diskusi;
IDENTITAS DOSEN
BUKU REFRENSI PEMBELAJARAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)