General
- Mata kuliah ini memberikan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam analisis dan pengembangan kurikulum dalam konteks EFL / ESL. Topiknya meliputi desain kurikulum bahasa: asal-usul dan proses desain, dari desain silabus hingga pengembangan kurikulum; penilaian kebutuhan (analisis kebutuhan, analisis lingkungan, & analisis situasi); perencanaan kursus & desain silabus: 1) prinsip, 2) tujuan, konten, dan pengurutan; format dan presentasi; pemantauan & penilaian; evaluasi; menyediakan pengajaran yang efektif; dan peran dan desain bahan ajar. Teori-teori yang dipilih akan dicontohkan oleh implementasi kurikulum EFL di kampus-kampus Indonesia. Masalah dan tantangan implementasi kurikulum EFL Indonesia akan dianalisis berdasarkan pemahaman siswa tentang teori dan pengamatan yang mendasarinya. Penyampaian materi menggunakan beberapa teknik seperti ceramah, diskusi, kerja individu, dan kerja kelompok. Prestasi siswa dinilai melalui partisipasi kelas mereka, tugas (proyek kelompok dan individu), tes semester dan akhir semester.