Weekly outline

  • Selamat Datang di Course Algoritma dan Pemrograman

    SELAMAT DATANG di Mata Kuliah Blended Algoritma dan Pemrograman [D10A.1600206] dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan jendela pertama Anda menghadapi dunia programming. Selama 16 pertemuan (offline dan online) Anda akan difasilitasi oleh Mira Suryani, S.Pd, M.Kom dari Program Studi Teknik Informatika, Universitas Padjadjaran. Apabila terdapat permasalahan seputar pembelajaran silahkan hubungi hotline berikut:

    Whatsapp | +085320669533
    Email | mira.suryani@unpad.ac.id

    DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah ini akan mencakup topik-topik seperti menulis notasi algoritma, sistem bilangan, pengenalan bahasa pemrograman, struktur pemilihan, struktur pengulangan, fungsi, array, record, array of record, file dan pointer. Adapun praktikum akan difokuskan koding program untuk studi kasus sebagai latihan menggunakan bahasa pemrograman C++. Evaluasi akan didasarkan pada partisipasi kelas (offline dan online), tugas baik individu maupun kelompok, kuis, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

    MANFAAT MATA KULIAH

    Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang membekali mahasiswa untuk memahami tujuan serta kegunaan dari algoritma dan pemrograman. Diharapkan keikutsertaan Anda dalam mata kuliah ini membantu Anda memahami bagaimana membaca dan menulis algoritma yang baik dan mengimplementasikannya dalam koding program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Diharapkan pula pemahaman yang Anda peroleh dari mata kuliah ini dapat membantu Anda dalam mengimplementasikan model matematika dari permasalahan sehari-hari ke dalam koding program sebagai pembantu pemecah masalah.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Berikut adalah capaian pembelajaran yang diharapkan setelah Anda selesai mengikuti perkuliahan Algoritma dan Pemrograman ini:

    Secara rinci mengenai program mapping, organisasi materi, aturan perkuliahan, penilaian, dan jadwal praktikum dapat dilihat pada file Kontrak Belajar dan RPS berikut:

  • W1: Memahami Lingkungan Pembelajaran

    Hai Codingers, setelah disampaikan di kelas mengenai lingkungan pembelajaran yang akan kita hadapi, kita akan melanjutkan proses pembelajaran ke yang lebih bersifat praktikum. Untuk memulai kegiatan praktikum, install terlebih dahulu IDE yang akan digunakan untuk mengembangkan program C++. Kamu bisa menggunakan forum berikut untuk sharing seputar masalah instalasi IDE

  • W2: Warming Up & Pengenalan ALPRO

    Sebelum memulai materi, di kelas Anda akan di berikan tantangan. Siapkan laptop Anda. Pastikan Anda bisa login dengan PAUS ID untuk menggunakan akses internet kampus. Untuk mendukung pengerjaan tantangan, Anda dapat terlebih dahulu membaca dan memahami beberapa materi berikut:
    Video source: Anurag Agarwal
  • W3: Sistem Bilangan dan Pengenalan Bahasa C++

    Source image: https://www.kodedasar.com//img/cpp.png
    Pada minggu ini proses pembelajaran tidak terbatas hanya di kelas saja. Fokus pembelajaran pada minggu ini adalah belajar sistem bilangan dan pengenalan bahasa C++. Ikuti langkah-langkah belajar sebagai berikut:
    1. Baca materi lanjutan dari slide minggu ke 2 terkait sistem bilangan.
    2. Kerjakan latihan soal mengenai membuat algoritma & sistem bilangan. Daftar soal ada di slide "Latihan 1. Algoritma dan Sistem Bilangan"
    DEADLINE: 20 SEPTEMBER 2018 JAM 16.00
    3. Setelah latihan soal, Anda bisa melanjutkan pembelajaran mengenai "Pengenalan Bahasa C++"
    Selamat belajar.
  • W4: Conditional Statement

    Setelah mendapatkan materi conditional statement di kelas, Anda dapat memahami lebih dalam dengan membaca ulang slide yang disediakan berikut. Perlu diingat bahwa, struktur kontrol pemilihan (conditional statement) adalah pernyataan yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain. Terdapat kasus tunggal (if), kasus komplementer (if...else...), dan analisis banyak kasus (if ... else... if...). Bentuk conditional lain selain if-else juga dapat menggunakan switch-case. Nah, untuk memperdalam pemahaman, yuk upgrade amunisi pengetahuanmu dengan mengerjakan latihan dan tugas yang disediakan.

  • W5: Looping Statement

    LOOPING merupakan skema pengulangan yang dapat digunakan dalam pemrograman. Seperti yang dibahas di kelas, ada 3 bentuk dari skema pengulangan yaitu for, while dan do .. while. Masih ingatkan kamu bagaimana cara menggunakannya? Jika lupa, silahkan akses kembali materi berikut:

  • W7: QUIZ

    Pada minggu ini, kita akan melaksanakan quiz pertama kita. Quiz mencakup materi awal dari pengenalan algoritma dan bahasa pemrograman C++ hingga looping statement. Quiz dilaksanakan di kelas. Persiapkan laptop Anda dan terminal listrik untuk langsung melaksanakan coding program menjawab soal quiznya. Hasil quiz dapat Anda upload di kantong Quiz yang disediakan. Pastikan identitas Anda benar dan mengupload ke kantong tugas yang benar pula.

  • W8: Function

    Hi calon IT Expert, tahukah kamu, fungsi adalah objek (bagian program/rutin) yang mengerjakan suatu tugas tertentu dan digunakan untuk memodularkan program dengan suatu ciri mengembalikan suatu nilai (return value). Nah, untuk memahami lebih dalam mengenai function, materi ini bisa didiskusikan bersama dengan rekan kelompok.
  • W9: Ujian Tengah Semester

    Pelaksanaan UTS dilakukan di kelas. Anda diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan 3 soal. Soal terdiri dari tipe 1 dan 2, dikerjakan sesuai dengan pembagian tipenya. Anda dapat langsung mengerjakan soal dengan device Anda sendiri begitu password soal diberikan oleh pengawas. Jika telah selesai, ikuti teknis pengumpulan jawaban seperti berikut:

  • W10: Array

    Source image: geeksforgeeks.org
    Pada minggu ini, peserta perkuliahan akan mempelajari materi Array/Larik. Pembelajaran dimulai dari konsep array, cara menginisialisasi dan mengisi array, memanggil array, array 1 dimensi, array 2 dimensi, dan operasi lainnya. Sebelum kelas tatap muka dilaksanakan, Anda diwajibkan mempelajari array terlebih dahulu dari materi yang disediakan berikut.
  • W11 - Sorting & Searching Array P1

    Source image: cheiguer.com

    Hai Programmers, di minggu ke-11 ini ada materi yang lebih seru lagi dari sebelumnya, yaitu mengenai sorting dan searching. Sorting proses pengurutan sekumpulan data dalam suatu urutan tertentu. Sorting umumnya digunakan untuk membantu proses pencarian dan Menyelesaikan masalah-masalah kompleks seperti penjadwalan, pengolahan basis data, riset operasi, dan sebagainya. Kemudian searching sendiri adalah proses pencarian elemen tertentu dengan mencocokkan keyword yang dicari dengan kumpulan data yang ada. Metode sorting dan searching ada banyak, penasaran metodenya apa saja? Yuk simak slide berikut:

  • W12 - Sorting & Searching Array P2

  • W13 - Record & Array of Record

    Hai, seperti yang kita tahu bahwa array adalah tipe data bentukan yang elemennya terdiri dari satu tipe data yang sama. Ternyata, dalam pemrograman terdapat tipe data bentukan yang merupakan kumpulan dari atribut-atribut suatu objek. Tipe data ini kita sebut sebagai record. Kemudian yang lebih seru lagi setelah kita mengetahui array dan record, kita juga bisa membentuk tipe data bentukan lainnya yaitu array of record.

    Supaya semakin greget, yuk pelajari materi terkait record dan array of record berikut.

  • W14 - Pointer & Quiz 2

    Wah sudah semakin jago saja nih programmingnya, yuk uji kemampuan programming kamu dengan mengerjakan soal di quiz 2 ini. Quiz dilaksanakan di kelas. Persiapkan laptop Anda dan terminal listrik untuk langsung melaksanakan coding program menjawab soal quiznya. Hasil quiz dapat Anda upload di kantong Quiz yang disediakan. Pastikan identitas Anda benar dan mengupload ke kantong tugas yang benar pula.

  • W15 - Operasi File

    Selamat, kamu sudah mencapai sesi terakhir sebelum minggu depan kita akan melaksanakan ujian yang paling ditunggu-tunggu yaitu ujian akhir semester smile. Pada minggu ke-15 ini, ada satu materi mengenai operasi file yang penting untuk kita pahami. File merupakan kumpulan dari data dan informasi yang saling berhubungan dan juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Selama ini, kita hanya menggunakan tampilan di layar untuk melihat hasil eksekusi program, namun kita juga dapat menyimpannya ke dalam file. Terdapat dua jenis file yaitu file teks dan biner.

    Yuk, kita pahami cara membuatnya dari slide berikut: