Topic outline

  • Media Pembelajaran Abad 21

    Selamat Datang

    Selamat Datang para mahasiswa di mata kuliah Media Pembelajaran Abad 21. Anda akan belajar pada mata kuliah ini selama 16 minggu dan Anda harus mengikuti semua aktivitas yang telah dirancang dalam tiap-tiap minggu ataupu pada tiap pokok bahasan yang disajikan. Selamat Belajar

    Deskripsi

    Mata kuliah Media Pembelajaran Abad 21 merupakan salah satu mata kuliah yang membekali mahasiswa mengenai Media Pembelajaran secara umum, baik mengenai media-media tradisional yang masih mendukung pelaksanaan pembelajaran abad 21 maupun tentang media-media modern berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada mata kuliah Media Pembelajaran Abad kita secara bersama-sama akan membahas mengenai konsep media secara umum, klasifikasi media, 21 prosedur pemilihan media sampai pada tahap mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kelas-kelas belajar guru dan siswa.

    Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka dalam 1 (satu) semester ini mahasiswa bersama dosen dalam proses pembelajaran tatap muka maupun dengan Sistem Pembelajaran Daring dikaji materi ajar sebagai berikut:

    1. Pembelajaran Abad 21
    2. Hakikat Media dan Sumber Belajar
    3. Klasifikasi Media Pembelajaran
    4. Prosedur Pemilihan Media
    5. Teknik Pengembangan Media Bahan Cetak
    6. Teknik Pengembangan Media Berbasis Lingkungan
    7. Teknik Pengembangan Media Berbasis Komputer
    8. Teknik Pengembangan Sumber Belajar Berbasis dalam Jaringan
    9. Teknik Pengembangan Media Evaluasi
    10. Mengevaluasi Media dan Sumber Belajar

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Dengan mata kuliah Media dan Sumber Belajar SD Berbasis ICT maka diharapkan mahasiswa mampu memahami, merancang, mengembangkan, menggunakan serta mengevaluasi media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
    Cara Belajar
    • Mahasiswa mengkaji materi ajar online ini secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan tampilan materi ajar dibawah ini
    • Mahasiswa mengkaji materi ajar online ini yang tersedia dalam bentuk page (halaman), file PDF, media presentasi online, URL (link), dll.
    • Mahasiswa melakukan aktivitas belajar yang tersedia dalam bentuk forum diskusi, quiz, chat, evaluasi, dll
    • Mahasiswa wajib menyelesaikan topik/materi ajar sebelum topik/materi ajar tersebut dikaji dalam kelas tatap muka
    Sistem Penilaian
    • Aktivitas pembelajaran 10%
    • Forum diskusi 15%
    • Quiz/Evaluasi 25%
    • Tugas 15%
    • Proyek 35%
    Penyusun

    Ishaq Madeamin | 0903077701

    email: ishaqmadeamin@unismuh.ac.id
    WhatsApp: 085243063377
    • PB I: Pembelajaran Abad 21

      PENDAHULUAN

      Adik-adik Mahasiswa yang saya hormati....mari mulai aktivitas belajar ini dengan terlebih dahulu membaca doa bagi yang beragama Islam di bawah ini dan agama yang lain sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

      ?+++ ?+++++ ?+++++ ++?+?+++++++ ++++++ +++?+++++++ ++++ ++++++++++

      Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

      Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh"

      Agar pemahaman kita tentang PB I lebih terstruktur maka bagian bawah ini akan disajikan mengenai Deskripsi tentang topik yang dipelajari, relevansi materi ajar, serta tujuan yang ingin kita capai dari aktivitas belajar online ini. Selamat Belajar Yaaa!!!

      Deskripsi

      Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat telah memberikan dampak yang besar terhadap berbagai bidang termasuk pada bidang pendidikan, sehingga paradigma pembelajaran telah bergeser dari bentuk penerapannya. Agar lebih mudah memahami konsep Pembelajaran abad 21, maka berikut ini sub materi ajar Pembelajaran Abad 21, yaitu:

      1. Empat Pilar Pembelajaran UNESCO
      2. Konsep Pembelajaran Abad 21
      3. Pergeseran Paradigma Pembelajaran Abad 21
      4. Generasi Z
      Relevansi

      Konsep Pembelajaran Abad 21 begitu penting sebagai dasar pemahaman awal kita tentang bagaimana mengelola dan memanajemen pembelajaran siswa-siswa saat ini, siswa yang masuk Generasi Z

      Sub CPMK PB I

      Setelah mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan melalui sistem pembelajaran daring, maka mahasiswa diharapkan dapat, mahasiswa dapat:

      1. Mengetahui dan memahami tentang empat pilar pembelajaran unseco
      2. Mengetahui dan memahami konsep keterampilan dan pengetahuan abad 21
      3. Mengetahui, memahami dan mengaplikasi konsep pendekatan sainstifik
      4. Mengetahui, memahami dan mengaplikasi konsep penilaian autentik
      5. Mengetahui dan memahami konsep pergeseran paradigma pembelajaran abad 21
      6. Mengetahui dan memahami generasi Z
    • PB II: Hakikat Media dan Sumber Belajar

      PENDAHULUAN

      Adik-adik Mahasiswa yang saya hormati....mari mulai aktivitas belajar ini dengan terlebih dahulu membaca doa bagi yang beragama Islam di bawah ini dan agama yang lain sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

      ?+++ ?+++++ ?+++++ ++?+?+++++++ ++++++ +++?+++++++ ++++ ++++++++++

      Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

      Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh"

      Agar pemahaman kita tentang PB II: Hakikat Media dan Sumber Belajar lebih terstruktur maka bagian bawah ini akan disajikan mengenai Deskripsi tentang topik yang dipelajari, relevansi materi ajar, serta tujuan yang ingin kita capai dari aktivitas belajar online ini. Selamat Belajar Yaaa!!!

      Deskripsi

      Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

      Sumber belajar, media, dan alat peraga berfungsi sebagai penunjang proses pembelajaran. Setiap guru menggunakan media, sumber belajar, dan alat peraga agar materi yang diajarkan dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didiknya. Media pembelajaran juga memiliki kedudukan yang penting dalam sistem pembelajaran. Setiap media mempunyai kegunaan dan kemampuan masing-masing dalam menjembatani antara pendidik dan peserta didik. Pemilihan media yang tepat mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam sebuah proses pembelajaran.

      Relevansi

      Pemanfaatan media pembelajaran untuk saat ini semakin berkembang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, namun dalam pemahaman istilah-istilah yang terkait dengan media belum sepenuhnya dipahami oleh guru, kadang penggunaan istilah-istilah yang terkait dengan media pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari belum tepat berdasarkan manfaat maupun fungsinya. Beberapa istilah yang terkait dengan media antara lain sumber belajar, alat peraga dan media pembelajaran itu sendiri.

      Sub CPMK PB II

      Setelah mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan melalui sistem pembelajaran daring, maka mahasiswa diharapkan dapat:

      1. Memiliki pemahaman mengenai konsep, peranan, dan manfaat sumber belajar dan media pembelajaran
      2. Memiliki pemahaman mengenai kedudukan media dalam sistem pembelajaran
      3. Memiliki pemahaman mengenai ruang lingkup sumber belajar dan media pembelajaran
    • PB III: Klasifikasi Media Pembelajaran

      PENDAHULUAN

      Adik-adik Mahasiswa yang saya hormati....mari mulai aktivitas belajar ini dengan terlebih dahulu membaca doa bagi yang beragama Islam di bawah ini dan agama yang lain sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

      ?+++ ?+++++ ?+++++ ++?+?+++++++ ++++++ +++?+++++++ ++++ ++++++++++

      Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

      Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh"

      Agar pemahaman kita tentang PB III: Klasifikasi Media Pembelajaran lebih terstruktur maka bagian bawah ini akan disajikan mengenai Deskripsi tentang topik yang dipelajari, relevansi materi ajar, serta tujuan yang ingin kita capai dari aktivitas belajar online ini. Selamat Belajar Yaaa!!!

      Deskripsi

      Pada dasarnya seorang guru yang melakukan aktivitas pembelajaran bersama dengan siswa baik disadari atau tidak maka guru tersebut sudah memanfaatkan media pembelajaran, baik media itu sebagai alat bantu, alat peraga maupun sebagai media penyaji. Jika guru dengan menggunakan media sederhana saja mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran tentunya dengan media yang lebih terencana dan media yang lebih baik maka proses dan hasil pembelajaran juga lebih meningkat. Namun sebelum memanfaatkan media dalam pembelajaran alangkah lebaiknya dipahami dulu tentang jenis-jenis media yang dapat digunakan.

      Pada PB III: Klasifikasi Media Pembelajaran, kita akan mempelajari beberapa sub pokok bahasan sebagai berikut:

      1. Klasifikasi Media menurut Ahli
      2. Berbagai jenis Media
      3. Jenis Media yang Mudah Dikembangkan
      Relevansi

      Dalam aktivitas pembelajaran di kelas seorang guru pada dasarnya menggunakan media pembelajaran baik berupa alat bantu maupun alat peraga, baik disadari atau tidak disadari oleh guru tersebut media-media tersebut sudah mampu membantu guru menyampaikan pesan pengetahuan. Tentunya dengan lebih memahami berbagai klasifikasi media yang digunakan akan lebih memberikan dampak pada proses pembelajaran yang berlangsung.

      Sub CMPK PB III

      Setelah mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan melalui sistem pembelajaran daring, maka mahasiswa diharapkan dapat:

      1. Memahami berbagai klasifkasi dan jenis media menurut berbagai pendapat ahli
      2. Memahami klasifikasi media berdasarkan penggunaannya, modernnitasnya, bentuk dan ciri khasnya
    • Topic 4