Enrolment options

PERANGKAT EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD copy 1
SUHARJO [DOSEN]

PERANGKAT EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD copy 1

Matakuliah Perangkat Evaluasi Pembelajaran di SD membahas 9 unit materi sebagai berikut.

Unit 1: konsep dasar penilaian yang mencakup pengertian penilaian, asesmen, pengukuran, dan tes; fungsi, tujuan, prinsip-prinsip penilaianp;  ruang lingkup, jenis, dan teknik penilaian pembelajaran serta taksonomi hasil belajar.

Unit 2: standar penilaian  yang berisikan: latar belakang Standar Penilaian Pendidikan sebagai standar nasional penilaian pendidikan, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar menurut SNP, serta bagaimana pro kontra pelaksanaan standar penilaian menurut SNP.

Unit 3: prosedur asesmen pembelajaran di SD yang meliputi bagaimana prosedur dan langkah pokok asesmen pembelajaran di SD.

Unit 4: pengembangan tes sebagai instrumen asesmen, meliputi jenisjenis instrumen asesmen, pengertian, jenis, dan langkah-langkah menyusun tes, kriteria tes yang baik, serta bagaimana mengembangkan tes.

Unit 5: mengembangkan instrumen non tes, yang meliputi instrumen asesmen autentik dan asesmen alternatif serta bagaimana mengembangkan dan melaksanakan instrumen non tes tersebut.

Unit 6: analisis hasil asesmen yang meliputi pengertian skor dan nilai, merubah skor menjadi nilai dengan berbagai skala, distribusi dan standardisasi nilai serta menginterpretasikan hasil asesmen.

Unit 7: refleksi terhadap proses dan hasil asesmen yang meliputi pencermatan terhadap kriteria keberhasilan proses dan hasil belajar, bagaimana melakukan self evaluation terhadap proses belajar yang telah dilakukan, faktor-faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan bersama pihak-pihak terkait dan langkah-langkah optimalisasi proses dan hasil belajar.

Unit 8: tindak lanjut hasil asesmen yang berupa perbaikan rencana pembelajaran, upaya optimalisasi proses pembelajaran, serta pelaksanaan pembelajaran remidi.

Unit 9: jenis dan model laporan asesmen proses dan hasil belajar, siapa saja pengguna laporan asesmen, dan bagaimana mengkomunikasikan berbagai jenis laporan asesmen proses dan hasil belajar.

Guests cannot access this course. Please log in.